Senin, 28 September 2020

Step by Step Mendapatkan Traffic Bagi Blogger Pemula


Tanggal 30 Agustus 2020 yang lalu, aku berkesempatan untuk mengikuti salah satu dari rangkaian webinar yang diadakan oleh komunitas Ibu-Ibu Doyan Nulis. Materinya menurutku menarik sekali yaitu tentang Mendapatkan Traffic Untuk Blogger Pemula, sebagai blogger yang masih bisa terbilang sebagai pemula aku penasaran seperti apa sih tips yang diberikan oleh blogger senior?

Pembicara atau narasumber dari webinar ini adalah Mugniar Marakarma, seorang ibu rumah tangga sekaligus blogger dan penulis yang sangat produktif asal kota Makassar. Saat daftar riwayat pengalaman menulisnya dibacakan, takjub sekali saat mendengar Mbak Mugniar sudah menghasilkan puluhan ribu tulisan baik di blog maupun media lainnya.

Mbak Mugniar bisa dibilang begitu konsisten menulis dan selalu meluangkan waktu setiap hari untuk menulis, tentunya ini tidak dilakukan seminggu atau sebulan melainkan bertahun-tahun! Luar biasa sekali ya, bisa konsisten menulis dan menjadi blogger selama kurang lebih 10 tahun. Pantaslah, Mbaknya dipercaya menjadi narasumber dalam webinar yang diselenggarakan atas kerjasama dengan Indosat IM3 ini.

Beberapa hal yang aku garis bawahi saat mengikuti dan menyimak materi dari webinar Mendapatkan Traffic Untuk Blogger Pemula ini adalah :

Jadikan Blog Sebagai Galeri Tulisan


Ibarat galeri seni, blog adalah suatu tempat menyimpan hasil karya yang sudah kita ciptakan. Saat kita akan membuat suatu galeri, tentu kita harus punya tujuan untuk apa galeri tersebut dibuat? Seberapa besar keinginan kita agar orang-orang tertarik dan datang berkunjung ke galeri dan melihat karya-karya yang telah kita ciptakan?

Jadi, balik lagi ke tujuan Untuk Apa Nge-Blog? Punya tujuan ini ternyata penting sekali, tujuan akan selalu menjadi pengingat dan alasan mengapa kita harus terus menulis dan mengisi blog kita dengan berbagai konten.

Sebagain besar blogger tentunya ingin agar tulisan-tulisan yang disimpan di dalam blog dapat mendatangkan manfaat bagi para pembacanya, aku pun demikian. Dengan adanya tujuan seperti ini saja contohnya, akan menjadi salah satu motivasi para blogger untuk terus mengisi blognya dengan tulisan-tulisan yang dapat bermanfaat bagi orang lain.

Seberapa penting traffic untuk para blogger hanya bisa terjawab dari apa tujuan teman-teman ngeblog.

Traffic menjadi penting bagi seorang blogger ketika ia ingin hasil karyanya dilihat oleh banyak orang. Bagi blogger yang menulis untuk berbagi, traffic menjadi penting karena semakin banyak orang berkunjung dan membaca tulisan-tulisannya, ia berharap semakin banyak orang yang dapat menerima manfaat dari apa yang sudah ditulisnya.

Apalagi, bagi blogger yang menjadikan cuan sebagai alasan untuk terus ngeblog, traffic menjadi salah satu faktor penting yang menunjang penghasilan dari ngeblog.

Buat Pengunjung Blog Nyaman dan Betah


Bagi penulis yang mengharapkan banyak orang untuk datang berkunjung dan membaca tulisan-tulisan di blognya, tentunya kita ingin membuat para pengunjung betah dan nyaman berlama-lama mengunjungi galeri kita. Bagaimana caranya? Dengan membuat tampilan sefriendly mungkin bagi mata pembaca.

Ini dapat dilakukan dengan mengatur dan memilih template blog sehingga mobile friendly, karena kebanyakan zaman sekarang orang lebih senang membuka website melalui ponsel. Selain itu, perhatikan tampilan blog secara keseluruhan. Mulai dari pemilihan warna, background, font dan font size tulisan sampai dengan kecepatan loading blog. Malas banget kan kalau buka website kemudian lemot? Jangan sampai ini terjadi pada blog kita.

Yang terpenting dari semuanya adalah teman-teman harus rajin mengupdate konten. Blog dengan konten yang selalu diisi secara rutin akan lebih menyenangkan untuk dikunjungi dibandingkan dengan blog yang sepi konten. Bayangkan kita sedang berada di dalam galeri lukisan, lalu lukisan yang kita lihat itu-itu melulu selama berbulan-bulan. Tentu kita merasa tidak butuh untuk datang kembali ke galeri tersebut, ya kan?

Content adalah yang Utama


Content is the key

Begitulah yang dikatakan oleh Bill Gates dan disampaikan kembali oleh Mbak Mugniar dalam webinar. Menulislah dari hati, karena apa yang kita tulis dapat dirasakan oleh para pembaca. Menulislah apa adanya dengan menjadi diri sendiri. Tidak perlu menulis layaknya Tere Liye atau Andrea Hirata jika itu jauh dari diri kita yang sebenarnya. Pastikan kita memiliki style menulis sendiri dan tidak harus sama dengan yang lain.

Kita dapat menulis tentang hal apapun dan sebaiknya mulailah menulis dari hal-hal yang kita sukai. Dengan menulis konten mengenai hal yang kita suka, menulis akan menjadi lebih mudah dan mengalir. Kumpulkan informasi dan data-data terlebih dahulu jika memang memungkinkan dan dapat digunakan sebagai penunjang tulisan kita.

Jangan lupa untuk selalu merendah dan tidak cepat berpuas diri terhadap pencapaian. Selalu buka diri kita untuk menerima ilmu-ilmu baru terkait blogging dan kepenulisan. Ini akan menjadi faktor penting yang membuat skill menulis kita semakin terasah.

Saat ini, banyak blogger yang berlomba-lomba meningkatkan kemampuan diri mereka dengan mempelajari ilmu lain yang dapat menunjang pekerjaan mereka sebagai blogger. Misalnya saja fotografi, membuat dan mengedit video, membuat infografis serta belajar membuat Podcast.

Pesan yang selalu diulang oleh Mbak Mugniar adalah konsistenlah dalam menulis dan mengunggah konten! Kalau perlu buat jadwal rutin untuk menulis setiap harinya, jadikanlah menulis sebagai pekerjaan rutin sehingga lama-lama akan terbiasa dan menjadi bagian dari keseharian.

Branding dan Percaya Diri


Kalau sudah terjun ke dunia blog dan ingin blognya banyak dibaca orang, tentu kita harus percaya diri untuk memperkenalkan diri kita sebagai blogger. Ketidakpercayaan diri akan menghambat diri kita sendiri untuk berkembang.

Bener banget sih, dulu aku sempat tidak percaya diri dan merasa tulisanku itu masih banyak kurangnya, tidak layak untuk dibaca oleh banyak orang, malu dan hal lain yang akhirnya aku sadari malah tidak membuatku maju dan hanya diam di tempat.

Mbak Mugniar bahkan bercerita kalau dirinya pernah memperkenalkan dirinya sebagai blogger pada driver ojol. Ia pun tanpa sungkan menjelaskan pekerjaannya dan menunjukkan beberapa tulisannya di blog. Hihi, sempat-sempatnya ya...

Untuk menarik orang lain agar datang mengunjungi blog kita, kita juga harus pintar-pintar menggunakan sosial media yang saat ini memiliki pengaruh cukup besar. Jangan ragu-ragu untuk membagikan hasil tulisan kita di blog ke Instagram, Facebook, Twitter dan bahkan kita bisa memanfaatkan fitur Whatsapp story.

Teman-teman juga bisa memanfaatkan komunitas yang diikuti untuk membagikan hasil tulisan di blog, sembari meminta saran dan kritik untuk tulisan yang sudah dibuat. Intinya jangan malu dan jangan minder jika kita ingin blog kita dikunjungi oleh banyak orang. Pikirkan saja hal positif yang bisa diperoleh ketika kita menunjukkan tulisan di blog pada publik.

Kuasai Search Engine Optimization (SEO)

Source : responsify.com

Seperti yang dikatakan di atas kalau kita harus terbuka terhadap ilmu dan pengetahuan baru seputar ngeblog. Salah satu ilmu yang perlu dikuasai untuk menarik banyak traffic ke blog adalah SEO.

Mempelajari SEO berarti kita mempelajari cara menulis menggunakan kata kunci yang nantinya akan terindeks oleh Google. Kebayang kan kalau tulisan kita terindeks oleh mesin pencari sekelas Google dan banyak yang mencari tulisan dengan topik atau kata kunci seperti yang kita buat? Hmm... Jangan kaget kalau pengunjung blog bisa mencapai ratusan bahkan ribuan. Haha.

Tapi, ini tidak serta merta terjadi begitu saja loh! Tentu butuh usaha, kerja keras, waktu yang tidak sebentar hingga akhirnya tulisan kita menduduki halaman satu Google. Jadi, jangan cepat putus asa dan terus belajar ya!

Jalan Pintas Mendapatkan Traffic


Semua poin yang sudah disebutkan di atas adalah cara alami untuk mendatangkan traffic ke blog. Waktunya tidak sebentar dan butuh kesabaran.

Kalau tidak sabaran bagaimana? Ternyata ada juga nih jalan tikus yang bisa ditempuh. Caranya adalah dengan membayar orang yang sudah ahli di bidang blogging untuk mengelola blog kita. Jadi, kita tinggal mengeluarkan modal dan menunggu hasilnya.

Tapi, pasti feel-nya akan berbeda dengan ketika kita sendiri yang berjuang dan berusaha mengurus dan mengelola blog sendiri. Untuk poin yang ini sepertinya aku memilih untuk berusaha mandiri dulu, deh. Hehe.

Itulah tadi poin-poin penting yang aku catat ketika mengikuti webinar Mendapatkan Traffic Untuk Blogger Pemula. Kalau boleh menarik kesimpulan, rutin mengisi blog, membuat tampilan blog lebih eye friendly dan percaya diri untuk membagikan hasil tulisan adalah 3 poin yang terpenting untuk mendatangkan traffic ke blog.

Disamping yang sudah disebutkan di atas, mengadakan giveaway dan mengikuti lomba blog juga dikatakan dapat menambah traffic ke blog. Mungkin teman-teman ada nih yang terpikir untuk membuat giveaway?

Mengikuti webinar ini membuatku semakin termotivasi untuk terus konsisten menekuni hobi ngeblog, ingat tujuan ngeblog dan berusaha untuk mencapai tujuan tersebut.
Semangat untuk kita semua! Semoga tulisan ini bermanfaat ya ;)

Sukabumi, 28 September 2020

26 komentar:

  1. Keren bangeett Mak Mugniar ini.
    Bisa bikin artikel yg bermanfaat, enak dibaca. Traffic tinggi pula.
    Mantaabbb

    BalasHapus
  2. Materi webinarnya keren banget ya Mbak, bisa langsung diaplikasikan oleh bloger newbie sepertiku. Terima kaish sudah berbagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 mba, senang juga bisa menuliskan rangkuman'y dsini..

      Hapus
  3. Aku baru tahu mb ada jalan pintas juga yaa untuk meningkatkan traffic? Selain itu aku pun sedang merangkak mb hihi bukan pemula sih tapi si malas belajar karena waktu yang terasa sedikit. Semangaattt nulis hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya tp klo pake jalan pintas kyak'y kurang memuaskan deh (buat saya pribadi). Lebih asyik alon2 asal klakon klo kata org jawa. Semangat!

      Hapus
  4. Saya juga ikut webinar episode ini mbak, karena merasa masih jauh traffic blog saya. Yang terpenting kita selalu belajar untuk meng up grade diri dan PD ya biar berkembang dan tulisan kita juga semakin bagus dan bermanfaat bagi orang lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju mbak, yg penting nulis aja dulu ya. Pelan2 sambil belajar..

      Hapus
  5. Pe-er banget sampai sekarang bagi saya untuk tetap konsisten post tulisan dengan jadwal yang teratur. Jadi pingin bikin jadwal lagi nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat mba, saya pun masih berusaha konsisten terus nih.hehe

      Hapus
  6. Update konten setiap harinya pasti akan berbeda hasilnya dengan yang tidak update postingan blog sama sekali ya Mbak. Menguasai materi SEO yang banyak banget itu juga penting, agar tulisan yang sudah capek2 kita buat bisa terindeks mesin pencari dan syukur2 berada di page muda

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, haduh kayaknya bisa masuk halaman2 pertama google impian semua blogger deh ya mbak..

      Hapus
  7. Habis ikutan webinar ngeblognya IIDN x IM3Ooredoo jadi semakin tercambuk untuk rajin menulis konten buat blog, ya Mbak :D Sama, saya pun demikian. Untuk konsisten mengisi konten blog itu memang perlu komitmen kuat dari diri sendiri dan passion kita di bidang blogging dan menulis. Semangkaaa!

    BalasHapus
  8. Hu hu hu aku gak ikutan materi ini. Tapi iidn keren abis. Support dari 1m3 ooredo juga sangat membantu. Aku banyak wawasan setelah ikutan belajar ngeblog ini. Still konten is the king ya mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, semoga konten2 yang kita buat selalu bermanfaat dan menambah wawasan yang membacanya.

      Hapus
  9. Kak niar mmg blogger andalanku, yang menjebloskan saya masuk ke IIDN hehehe... thanks kak niar. Smoga menang ya lomba blognya

    BalasHapus
  10. Narasumbernya emang kece nih. Mba Mugniar memang konsisten sekali dalam menulis. Tulisannya pun sangat lengkap jika membahas sesuatu. Harus banyak belajar dari beliau nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mbak, terutama masalah konsistensi. Luar biasa bisa tetep rajin menulis selama bertahun-tahun.

      Hapus
  11. aku waktu itu gak ikut kelasnya mbak mugniar
    untung ada rangkumannya di sini
    makasih ya mbak udah dicatatkan

    BalasHapus
  12. Mba Mugniar emang kerennn! Btw sayangnya pas webinar ini saya ga bisa ikutan. Bersyukur mba Ima sharing disini jadi saya bisa dapat ilmunya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah saya lagi rajin bikin rangkuman. Habis materinya mmang menarik..

      Hapus
  13. Mbak, ini lengkap banget artikelnya. Diikutin ke Lomba Blog IM3OoredooxIIDN ajaaa, siapa tahu menang, Mbak. Mbak Mugniar emang keren sih. Tipsnya daging semua.

    BalasHapus