Sabtu, 22 Mei 2021

KDrama Review : Mouse (2021), Roller Coaster Kehidupan Sang Predator


Baru kemarin pagi, aku menyelesaikan episode terakhir drama Korea "Mouse" yang ramai diperbincangkan.

Sama seperti menonton "Flower of Evil", niatnya sih nggak marathon dan bisa finish ketika episode terakhir sudah tayang. Namun apa daya, rasa penasaran membuatku nambah satu episode lagi, lagi dan lagi sampai akhirnya harus menunggu beberapa hari untuk menonton episode terakhir.


Drama bergenre thriller ini, selama perjalanannya mulai dari episode pertama hingga ke-19 sukses membuat penonton bergidik dan ketakutan melihat rangkaian pembunuhan berantai yang disajikan.

Lee Seung Gi dan rasa penasaran lah yang membuatku bertahan menonton hingga episode terakhir. Secara personal, aku cukup lega dengan akhir dari drama "Mouse". Tidak ada pertanyaan yang tidak terjawab. Semua misteri terpecahkan dan dunia dalam drama menjadi lebih "bahagia".

Sebelum teman-teman membaca lebih lanjut, aku ingin mengingatkan kalau drama ini tidak cocok ditonton oleh teman-teman yang tidak suka dengan genre thriller, psikopat dan darah-darah. Langsung skip aja deh!

Aku sendiri termasuk yang jarang nonton drama-drama thriller kecuali pemainnya bikin aku penasaran. Dalam drama "Mouse"  Lee Seung Gi yang biasanya berakting sebagai cowok baik-baik dan menantu idaman, ditantang untuk memerankan seorang predator keji.

Jadi pengen tau kan seperti apa peran yang dimainkan Lee Seung Gi dalam drama ini.

Profil KDrama "Mouse"


Drama : Mouse (마우스)
Director : Choi Joon Bae
Writer : Choi Ran
Network : TvN, dapat juga ditonton melalui aplikasi VIU
Episode Numbers : 20
Duration : 80 minutes per episode
Genre : Thriller, Psychopath
Cast :
Lee Seung Gi as Jung Ba Reum
Park Ju Hyun as Oh Bong Yi
Kwon Hwa Woon as Seong Yo Han
Lee Hee Joon as Go Moo Chi
Kyung Soo Jin as Choi Hong Ju
Ahn Jae Wook as Han Seo Joon
Jo Jae Yoon as Lee Daniel
Kim Jung Nan as Song Ji Eun

Gen Psikopat yang Dapat Diturunkan

Di episode pertama, penonton sudah disuguhkan oleh adegan pembunuhan yang dilakukan oleh seorang pembunuh berantai kejam. Ia meninggalkan tubuh korbannya tanpa kepala. Hiiiy!

Identitas pembunuh berantai yang dijuluki Head Hunter ini kemudian terungkap setelah seorang anak berhasil selamat dari pembunuhan yang dilakukan psikopat tersebut. Anak laki-laki tersebut bersembunyi ketika dengan sadis Head Hunter menghabisi nyawa ayah, ibu dan (nyaris) kakak laki-lakinya.

Go Moo Chi, adalah anak laki-laki yang berhasil mengungkap bahwa dokter bedah ternama, Han Seo Joon, merupakan seorang pembunuh berantai.


Moo Chi bersama polisi bahkan menemukan kepala ibunya di dalam kepala boneka salju yang dibuat oleh Han Seo Joon. Kraaay!

Meet Han Seo Joon, The Head Hunter (TvN)

Han Seo Joon kemudian dipenjara dan dijatuhi hukuman mati. Ia meninggalkan istrinya, yang saat itu sedang mengandung. 

Seong Ji Eun, istri dari Han Seo Joon mengalami dilema berat pasca mengetahui kebenarannya. Apakah dia harus mempertahankan bayi dalam kandungannya atau menghabisi nyawa bayi tersebut?

Pasalnya, seorang dokter bernama Daniel Lee mengungkap bahwa gen psikopat dapat diturunkan. Setelah melakukan pemeriksaan terhadap kandungan Seong Jieun, ia mendapati bahwa anak tersebut memiliki cikal bakal seorang psikopat. Akan tetapi, kelemahan dari teori ini adalah gen psikopat 99% mirip dengan gen yang dimiliki oleh orang yang genius.

Di tengah kegalauannya, Ji Eun bertemu dengan wanita lain yang juga sedang mengandung. Ia bercerita bahwa gen psikopat juga ditemukan dalam anak yang sedang dikandungnya. 

Keduanya bingung, apa yang harus diperbuat pada calon anak mereka. Membiarkan mereka hidup dan tumbuh besar sebagai seorang pembunuh atau mengakhiri hidup bayi tersebut sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan?

Jung Ba Reum, Polisi Baik Hati Sang Putera Nasional

Setelah episode awal yang suram tadi, penonton akan dibawa ke masa 25 tahun setelahnya. Go Moo Chi, anak laki-laki yang berhasil selamat dari pembunuhan keji Han Seo Joon telah menjadi seorang detektif di kepolisian Moojin Bukbu.

Go Moo Chi, Detektif Andalan Kota Moojin (TvN)

Ia memiliki tempramen yang cukup buruk. Suka mabuk-mabukan dan emosi tingkat dewa, dikit-dikit ngegas. Sebab mengemudi secara terburu-buru, ia hampir saja menabrak seorang polisi yang hendak menyelamatkan seekor burung yang kakinya patah di tengah jalan. Polisi tersebut adalah Jung Ba Reum.

Ba Reum adalah polisi yang terkenal karena kebaikan hatinya membantu siapapun. Ia juga memiliki perasaan yang halus karena tidak tega melihat ada yang tersakiti meskipun hanya seekor hewan kecil seperti burung atau kucing. Fisiknya juga tampak lemah karena tak pandai berkelahi.

Kayak gitu kok bisa ya jadi polisi? Haha.

Jung Ba Reum (TvN)

Meskipun yatim piatu, Jung Ba Reum hidup berdampingan dengan seorang nenek tua yang memiliki cucu perempuan, Oh Bong Yi. Ba Reum juga akrab dengan kakak laki-laki Moo Chi yaitu Go Moo Woon yang kondisi fisiknya tidak lagi sempurna sebab kejadian 25 tahun silam. Moo Woon menjadi seorang pendeta di gereja dekat tempat tinggal Ba Reum.

Kehebohan tiba-tiba terjadi ketika satu demi satu korban pembunuhan berantai berjatuhan. Pembunuhnya meninggalkan jejak dengan mematahkan jari tengah korban dan menunjukannya ke arah salib (lambang agama) berada.

Gegerlah seketika kota Moojin. Pihak kepolisian dituntut untuk segera menangkap pembunuh keji tersebut. Singkat cerita, Go Moo Chi dan timnya mencurigai Seong Yo Han sebagai pembunuh berantai tersebut.

Seong Yo Han adalah putera dari Han Seo Joon yang dilahirkan dan dibesarkan oleh Seong Ji Eun sebagai seorang dokter. Dari hasil penyelidikan, diketahui Seong Yo Han memiliki bukti-bukti kuat seperti foto-foto semua korban dari rangkaian pembunuhan berantai.

Seong Yo Han, yang digadang sebagai putera pembunuh berantai (TvN)

One day, Seong Yo Han mencoba membunuh Jung Ba Reum dan Go Moo Chi melesatkan peluru ke arah Yo Han. Keduanya ditemukan bersimbah darah di atap rumah Ba Reum. Luka yang dialami oleh keduanya sangat parah, Seong Yo Han kemudian dinyatakan meninggal dunia dan Jung Ba Reum dapat diselamatkan.

Saat terbangun, Ba Reum kehilangan ingatannya. Meski demikian, ia dielu-elukan oleh masyarakat sebagai "Putera Nasional" karena telah berani menghadapi pembunuh berantai, Seong Yo Han.

Predator yang Sesungguhnya

Jung Ba Reum yang kehilangan ingatannya merasa ada yang berbeda dengan dirinya. Ia sering merasa memiliki hasrat atau insting untuk membunuh.

Ia juga dapat menjelaskan bagaimana seorang pembunuh dapat melancarkan aksinya pada pihak kepolisian. Berkat kemampuan Ba Reum ini, ia kemudian diangkat sebagai bagian dari tim detektif bersama dengan Go Moo Chi.

Akan tetapi, Jung Ba Reum merasa gift-nya ini adalah karena operasi otak yang dijalaninya. Ia juga berhalusinasi mengenai pembunuhan-pembunuhan yang dilakukan Seong Yo Han. 

Setelah mencari tahu kebenarannya, ia mendapati bahwa Han Seo Joon telah melakukan transplantasi otak Seong Yo Han pada dirinya.

Ba Reum takut bahwa pikiran-pikiran Yo Han untuk menghasutnya melakukan pembunuhan menjadi nyata. Sampai akhirnya, saat berhadapan dengan seorang pembunuh berantai, Ba Reum kehilangan kendali dan melakukan pembunuhan pertamanya.

Saat melakukan aksi pembunuhan tersebut, Jung Ba Reum merasakan sensasi kepuasan dan kesenangan yang belum pernah ia rasakan. Namun setelahnya, ia merasa sangat menyesal, bersedih dan merasa hidupnya dipenuhi dengan dosa. Karena insting membunuhnya telah diaktifkan, Ba Reum melakukan pembunuhan-pembunuhan selanjutnya.

Meskipun target yang ia buru adalah para penjahat, tentu masyarakat merasa resah akan tindakan main hakim sendiri ini.

Di sisi lain, saat kepingan ingatan Ba Reum mulai pulih, another fact terungkap bahwa BUKAN YO HAN yang melakukan pembunuhan berantai TAPI JUNG BA REUM.

Setelah banyaknya plot twist yang ada dalam drama ini, penonton ditunjukkan kebenarannya lewat episode spesial "Mouse, The Predator". Di sana penonton akan dibawa melihat betapa palsunya Jung Ba Reum dihadapan semua orang, betapa kejinya ia sebagai seorang predator.

Tonton "Mouse, The Predator" untuk melihat buasnya predator sesungguhnya
(soompi.com)

Lalu, kenapa setelah operasi Ba Reum jadi memiliki perasaan sedih, menyesal dan bersalah setelah membunuh? Sebab Seong Yo Han itu adalah orang baik yang memiliki perasaan dan sebagian otaknya dipindahkan ke kepala Jung Ba Reum. Sehingga, Ba Reum tidak lagi menjadi seorang predator tak berperasaan. Ia sudah memiliki emosi.

Ternyata, ada plot twist lain dibalik terjadinya operasi ini. Masih banyak misteri-misteri lain yang akan mengungkap kehidupan Jung Ba Reum dan Seong Yo Han semasa kecil, bagaimana mereka tumbuh hingga mereka dewasa.

Mangga ditonton sendiri, jangan skip satu episode pun kalau nggak mau bingung. Hehe.

Akhir Cerita "Mouse"

Banyak yang berpendapat bahwa akhir cerita Mouse seperti yang dipaksakan, setelah terungkap bahwa Jung Ba Reum adalah seorang psikopat ceritanya jadi melebar ke mana-mana. Bagiku, cerita Mouse masih make sense sampai akhir.

Di akhir episode 15, penonton akan melihat Ba Reum yang ingin bunuh diri karena merasa bersalah luar biasa setelah melakukan banyak pembantaian. Kenapa nggak diakhiri saja sampai situ? Kenapa malah ada pihak ketiga lagi, cerita lain-lain lagi sampai episode 20?

Karena kalau diakhiri begitu saja, nggak adil buat Seong Yo Han. Haha. Setelah episode itu, lebih banyak fakta-fakta yang mengungkap seperti apa Seong Yo Han, seperti apa Jung Ba Reum, siapa yang menjadi dalang sebenarnya dari terpantiknya jiwa psikopat di dalam diri Ba Reum. Harus dijelasin detail memang.

Seperti yang dikatakan di awal tulisan ini, aku pribadi cukup puas dengan akhir dari cerita Mouse. Rasanya semua misteri dan plot twist sudah diluruskan dan tidak ada hal penting yang disisakan sebagai pertanyaan. Biarpun ceritanya emang jadi panjang, tapi nggak ada tambahan-tambahan pemain baru gitu. Pemainnya ya itu-itu aja, hanya lebih menjelaskan apa yang terjadi puluhan tahun sebelumnya.

Meskipun ada beberapa hal yang mengganjal seperti, kenapa nenek-nenek pimpinan OZ tetap dibebaskan pada akhirnya? Woy, intrik politik memang ngeselin sampe ke ubun-ubun, ye! Terus, nasib dokter penemu gen psikopat, Daniel Lee, gimana tuh? Tetap mendekam di penjara atau jadi apa?

Ya gitu deh, pertanyaan-pertanyaan yang termasuk minor ya. Overall, semua sudah dikembalikan ke tempatnya semula. Nama baik Seong Yo Han berhasil dikembalikan, Jung Ba Reum pun membayar semua kejahatannya. Paling puas tentu sama apa yang terjadi pada Han Seo Joon. Hoho~

Akting Daebak Pemain Drama "Mouse"

Selain plot twist-nya, yang aku suka dari drama ini adalah akting semua pemainnya yang to-ta-li-tas. Parah sih semuanya daebak. Semua karakternya itu nggak ada yang sia-sia, punya peran pentingnya masing-masing bahkan sampai Nenek Bong-Yi yang udah ditewaskan dari episode awal-awal.

Salut banget sama aktingnya Lee Seung Gi, yang bisa memerankan tokoh Jung Ba Reum dengan abis-abisan. Akting jadi anak baik menantu idaman bisa, jadi psikopat nggak punya hati oke, jadi pembunuh yang berperasaan juga keren aktingnya! Luar biasa oppa ini ya.


Selain itu, pemeran Seong Yo Han dan Go Moo Chi pun bagus banget aktingnya. Bikin penonton dapet banget feel-nya. Bisa ikut curiga sama Yo Han di awal dan prihatin sama doi di akhir. Moo Chi tu bikin penonton ikut kesel dan emosi juga liat kelakuannya yang emosian. Hehe.

Love story yang setipis kertas 70 gram (TvN)

Satu lagi nih, Oh Bong Yi (Park Ju Hyun) yang sebelumnya aku underestimate karena nggak kenal pun, jadi salut sama dia. Perannya yang penuh emosi karena udah cinta sama Ba Reum tapi berubah jadi benci ini bikin penonton ikut ngerasain juga betapa ngenesnya nasib gadis satu itu. Hiks..

Jadi, recommended nggak nih dramanya? Kayaknya drama Lee Seung Gi nggak ada yang gagal, deh. Buatku sih, boleh lah kalau teman-teman bosan dengan cerita cinta klasik ala drama Korea dan pengen icip-icip drama thriller. Tapi, sekali lagi drama ini dark sepanjang 20 episodenya. Jangan harap bakal ada hal-hal manis yang bikin kalian dugeun-dugeun gemas ya.

Sukabumi, 22 Mei 2021

2 komentar:

  1. Justruuuu drama yg thriller penuh darah beginiiuu favoritku mba :D. Ini udh masuk dlm list Drakor yg hrs aku tonton sebenrnya. Tp memang aku nunggu tamat dulu, supaya bisa marathon dan yakin kalo endingnya ga gantung :D. Aku sebel kalo ending sedih apalagi menggantung.

    Juga Krn sdg marathon Drakor lain, makanya mouse msh blm aku tonton.

    Gilaaa seru banget sih baca sinopsisnya doang :D. Aku memang udh suka dari dulu Ama drama2nya Lee seung Gi. Makanya pas keluar mouse udh yakin banget hrs nonton :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kalo suka drama thriller, yang ini nggak boleh kelewatan Mbak. Apalagi kalo suka Lee Seung Gi, akting'y udh di another level nih! Mantepp..

      Hapus