K-Drama Review : The Devil Judge (2021), Balas Dendam Hakim Iblis

the devil judge cover

Annyeonghaseyo, chingudeul!

Akhirnya setelah menyelesaikan beberapa deadline aku kembali menuliskan review drama Korea di sini. Pastinya drama Korea yang aku review di blog ini adalah drama Korea yang membuatku terkesan dan menurutku patut untuk direkomendasikan.

Kali ini drama Korea yang akan aku ulas adalah "The Devil Judge" (2021). Sebenarnya aku menonton drama ini secara on going dan sudah menamatkannya berminggu-minggu lalu, tapi sadly baru sempat aku tuliskan di blog sendiri nih.

Sudah pasti aku menonton drama ini karena Ji Sung oppa yang menarikku ke dunia perhakiman dalam "The Devil Judge". Plotnya yang menarik dari episode ke episode dan rasa penasaran akan endingnya membuatku lancar jaya menyelesaikan drama ini.

Meskipun demikian, ada juga hal-hal yang membuatku berkomentar, "Hah? Gini doang?" karena ternyata tidak sesuai dengan ekspektasiku.


Profil K-Drama "The Devil Judge"

poster the devil judge

Judul : The Devil Judge
Hangeul : μ•…λ§ˆνŒμ‚¬
Sutradara : Choi Jung Kyu
Penulis Naskah : Moon Yoo Seok
Ditayangkan di : TvN, VIU
Jumlah Episode : 16
Pemain :
Ji Sung sebagai Kang Yo Han
Park Jin Young sebagai Kim Ga On
Kim Min Jung sebagai Jeong Seon Ah
Park Gyu Young sebagai Yoon Soo Hyun

Sinopsis K-Drama "The Devil Judge"

Negara Republik Korea Selatan diceritakan sedang mengalami krisis yang berujung pada situasi distopia. Kekacauan dan kerusuhan terjadi, rakyat tidak lagi percaya pada hukum dan keadilan yang ditegakkan di negaranya sendiri.

The Devil Judge
Kang Yo Han, The Devil Judge (tvN)

Untuk mengatasi situasi ini, pemerintah sepakat untuk mengadakan live court atau siaran langsung persidangan yang dipimpin oleh seorang hakim bernama Kang Yo Han (Ji Sung). Yo Han sendiri terkenal dengan sebutan sebagai 'hakim iblis', semua orang terdekatnya meragukan isi hati Yo Han. Tidak ada yang benar-benar tau, apakah dia memang baik atau punya niat terselubung dibalik tindak tanduknya.

ga on yo han The Devil Judge
Bromance story Yo Han - Ga On (tvN)

Salah seorang yang mencurigai Yo Han adalah Kim Ga On (Park Jin Young), hakim pembantu yang menjadi rekan kerja Yo Han di siaran langsung persidangan. Ketua Mahkamah Agung, Min Jung Ho (Ahn Nae Sang) yang membuatnya begitu mencurigai Yo Han dan meyakini bahwa ada niat jahat dari setiap keputusan Yo Han dalam persidangan.

ga on  soo hyun
Ga On - Soo Hyun (tvN)

Ga On tidak sendirian, ia memiliki Yoon Soo Hyun (Park Gyu Young), sahabat masa kecilnya yang berprofesi sebagai detektif, membantu Ga On dalam menyelidiki siapa Kang Yo Han sesungguhnya.

Di laih pihak, banyak orang-orang ternama yang ingin menjatuhkan Kang Yo Han. Mereka adalah Presiden Republik Korea Selatan, Heo Jung Se (Baik Hyun Jin); Menteri Kehakiman, Cha Kyung Hee (Jang Young Nam); Sekretaris Yayasan Tanggung Jawab Sosial, Jung Seon Ah (Kim Min Jung); dan beberapa orang lain yang memegang peranan penting dalam negara.

Dipenuhi Karakter Berambisi

the devil judge characters

Jangan kaget dan jangan heran, ketika teman-teman menyaksikan betapa semua karakter yang ada di dalam drama ini merupakan orang-orang yang dipenuhi oleh ambisi. Nampaknya, ini gambaran realita ketika orang-orang berhadapan dengan harta dan kekuasaan.

Masing-masing dari setiap karakter memiliki tujuan utama dan menggunakan berbagai macam cara untuk mencapainya. Dalam drama ini kita bisa melihat, bagaimana pejabat-pejabat yang seharusnya sibuk memikirkan kesejahteraan rakyat malah sibuk mencari cara untuk memperkaya dirinya sendiri.


Tak terkecuali dengan Kang Yo Han, meskipun uang bukanlah motif dibalik tindakannya, ambisinya untuk memberantas orang-orang yang memegang posisi penting di pemerintahan sangat besar. Ia juga menggunakan berbagai macam cara untuk menjatuhkan mereka.

Pembalasan Dendam Adalah yang Utama

Balas dendam, adalah pangkal semua yang dilakukan oleh Kang Yo Han. Menjadi anak yang berbeda sejak kecil, Yo Han tumbuh tanpa kasih sayang dari ayah dan ibunya. Hanya kakak laki-laki tirinya lah yang memerhatikan dan menyayangi Yo Han selayaknya saudara kandung.

Namun, sebuah peristiwa kebakaran merenggut nyawa orang yang dianggap Yo Han paling berharga itu. Kakak laki-lakinya meninggalkan seorang puteri kecil bernama Elijah (Jeon Chae Eun) yang terpaksa harus duduk di kursi roda akibat peristiwa kebakaran di gereja tersebut.

elijah the devil judge
Elijah pun mencurigai pamannya (tvN)

Dengan mata kepala sendiri, Yo Han melihat bagaimana egoisnya orang-orang yang ingin menyelamatkan diri dari peristiwa kebakaran hingga harus menyingkirkan orang lain demi hidup mereka. Ketika melihat kakak laki-lakinya didorong, diinjak-injak serta ditinggalkan begitu saja, Kang Yo Han tidak bisa tinggal diam.


Selama bertahun-tahun, ia menyusun rencana untuk membalaskan dendamnya pada orang-orang yang terlibat dalam kebakaran di gereja tersebut. Ndilalah, mereka semua saat ini sudah menduduki posisi penting di pemerintahan.

Dari 16 episode, inilah yang menjadi inti ceritanya. Cerita lain yang membuat teman-teman frustasi, nggak usah lah dipikir berat-berat. Hehe.

Penyelesaian Konflik yang Berujung Tanya (???)

Plot dan alur cerita yang menurut saya menarik banget, sama halnya ketika saya menonton drama "Mouse (2021)", menurut saya memiliki kekurangan terutama pada bagian penyelesaian konflik. Banyak sekali momen-momen yang terlihat menjanjikan pembalasan dendam yang 'wow banget' tapi ternyata 'gitu doang'. I'm sorry I have to say this.

cha kyung hee the devil judge
Menteri Kehakiman, Cha Kyung Hee (TvN)

Cha Kyung Hee, wanita yang digadang-gadang sebagai kartu AS dari orang-orang yang terlibat dalam korupsi di pemerintahan, ternyata disingkirkan paling awal. Padahal saya menanti-nanti banget bagaimana Cha Kyung Hee bisa bertahan dan menjadi 'lawan duel' dari Kang Yo Han.

Begitu pun dengan nasib Jung Seon Ah, inget banget di salah satu episode "The Devil Judge", Kang Yo Han mengatakan pada Jung Seon Ah kalau ia akan membunuh Seon Ah dengan cara terkejam dan yang membuatnya merasa sangat menderita dan kesepian.

Tapi-tapi-tapi... Saat menonton bagaimana akhir perjalanan wanita ambisius dan licik ini, lagi-lagi saya cukup kecewa dengan eksekusinya.

jung seon ah the devil judge
Jung Seon Ah, Sekertaris Direktur Yayasan Kesejahteraan Sosial (tvN)

Belum lagi dengan masalah Yayasan Tanggung Jawab Sosial dan kondisi distopia yang terjadi di Korea Selatan. Semuanya ditutup dengan adegan Kang Yo Han dan Kim Ga On yang saling menatap dan tersenyum penuh tanda tanya (?) Waeyoo~

Meskipun demikian, aku tetap suka dengan cara Yo Han menghakimi para penjahat yang tanpa ampun dan belas kasihan. Aku juga suka bagaimana akhirnya Yo Han berhasil membalaskan dendamnya seperti yang sudah ia rencanakan selama bertahun-tahun.

Memang mereka-mereka itu patut sih mendapatkan balasan yang tsadiiss mengingat apa yang mereka lakukan bukan hanya pada Kang Yo Han tapi juga pada rakyat Korea Selatan.

Rekomendasi

Aku sih tetap merekomendasikan drama ini, terutama untuk penggemar Ji Sung yang belum nonton dan menantikan comeback-nya dalam dunia perdrama-Koreaan. Parah sih, aktingnya semakin totalitas dan membuat karakter Kang Yo Han ini membekas banget sebagai 'hakim iblis'.

Nggak hanya Ji Sung, semua aktor dan aktris yang berperan dalam drama ini menurutku menunjukkan kemampuan akting yang sangat mumpuni. Buktinyaaa, aku bisa sampai sebegitu kesalnya dengan karakter Heo Jung Se, Presiden Korea Selatan dalam drama "The Devil Judge" yang diperankan oleh Baik Hyun Jin. Karakter lainnya juga, men! Nggak ada yang nggak oke aktingnya.

Drama ini juga memvisualisasikan bagaimana rakyat begitu menginginkan keadilan ditegakkan di negaranya sendiri. Begitu pula denganku, meskipun hukuman yang diberikan pada penjahat-penjahat dalam drama ini terbilang kejam, tapi aku pribadi puas melihatnya, lol.

Dunia dalam drama ini memang disetting sedemikan rupa menjadi dunia fantasi di mana para penjahat kelas kakap semacam koruptor tidak bisa hidup tenang karena dihantui ketakutan akan dihakimi oleh rakyat di negaranya sendiri. Di dunia nyata? Hmm.. Para koruptor bisa melenggang bebas ke mana-mana tanpa rasa berdosa.

Bagi kalian pecinta drama romance dan mengharapkan adanya bumbu-bumbu romantis dalam drama ini, mending mundur teratur dan nonton drama lain semacam "So I Married the Anti-fan (2021)" aja deh. Hehe.

Saranku untuk teman-teman yang ingin menonton drama "The Devil Judge", tidak usah terlalu baper, jangan terlalu berpikir keras dan berekspektasi macam-macam. Nikmati saja alur setiap episodenya, akting pemainnya dan jangan begitu frustasi memikirkan akhir cerita drama ini.

Sekian.

Sukabumi, 20 September 2021


Posting Komentar

16 Komentar

  1. menarik ini kayaknya seru jalan ceritanya kebetulan suka sama drama yang genre gini nih masuk list nanti ah mau tonton

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seruu sih, tapi jangan terlalu baper ya nontonnya. Haha..

      Hapus
  2. Belum sempat nonton drama ini😭 tapi masuk list sih, tahun ini dan tahun sebelumnya banyak banget drama yang seru-seru. Tapi belum semua di tonton.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga ada waktu me time untuk ngedrakor ya Mbak. Kalau buat saya nonton drakor itu pelepas lelah sama healing. Wkwk. Kalau udah mulai bersumbu pendek biasanya cari2 deh tuh drakor biar gak spaneng mikirin masalah. Haha..

      Hapus
  3. Relate banget ya gambaran orang-orang yang berhadapan dengan harta dan kekuasaan sih biasanya akan seperti ini. Penasaran mau nonton euy.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kalau sudah ada hubungan sama kekuasaan dan uang udah deh semua cara dihalalkan oleh para pejabat 🀭

      Hapus
  4. Racun buat ngedrakor lagi ini mbak. Jadi rekomendasi nih buat aku yang gak terlalu suka drakor yang Bucin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pas banget karena romancenya setipis kertas 70 gram. Wkwk. Hampir nggak ada..

      Hapus
  5. Bener bener bikin berpikir keras, tapi oenasaran juga tiap episodenya seru banget 🀭🀭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gemes ya di tiap perpotongan episodenya. Waktu kemarin nonton on going, penasaran banget nungguin seminggu berasa lamaa.. Haha..

      Hapus
  6. Abis liat reviewnya, film ini akan masuk daftar nontonku selanjutnya, secara filmnya seru

    BalasHapus
  7. Genre favorit aq nih, dah masuk waiting list buat dinonton tp blm ad kesempatan, hikss

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bisa menemukan waktu yang tepat dan santai buat nontonnya, karena udah tamat pasti gak sabar buat next2 episode. Hehe..

      Hapus
  8. Aghhhhhh aku udh masukin drakor ini ke list ku mba. Tapi belum nonton aja, Krn waktu itu nunggu tamat. Aku ga suka nonton on Going. Dan kangen liat aktingnya yg jadi Jung Seon ah lagi :D. Aku sukaaa banget Ama dia, sejak liat drakornya yg man to man, hahahaha kocaaak 🀣. Tapi di sini dia jd jahat yaa... Gpp laaah, mukanya tetep kereeeen πŸ˜„. Ga masalah sih drakor tanpa romance gini , aku suka semua genre kecuali ttg selingkuh πŸ˜…

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwk big no banget ya emang drakor selingkuh2an tuh, capek sendiri deh nontonnya. Wah ternyata ada biasnya Kim Min Jung nih.. Jahat-jahat pikasianeun gitu sebenernya karakter dia di sini Mbak..

      Hapus