Pengalaman Perpanjang SIM Online Terbaru 2024

Pengalaman Perpanjang SIM Online Terbaru 2024

Pakeeett..

Saya buru-buru mengambil bergo dan membukakan pintu untuk bapak yang datang mengantar paket ke rumah. Melihat dua dokumen yang sudah saya tunggu-tunggu mendarat dengan selamat di tangan, dalam hati saya mengucap syukur.

Sabtu, 6 Januari 2024, saya memperpanjang SIM yang akan habis masa berlakunya di pertengahan Januari ini. Setelah membaca-baca review dan mendengar sendiri pengalaman teman dekat memperpanjang SIM secara online, jiwa-jiwa mager saya tergerak untuk mencobanya. Haha.

Enak banget nih, tinggal duduk manis handphone-an bisa beres urusan perpanjangan SIM. Gampang banget ngurusin SIM jaman sekarang! Ekspektasi udah sat-set-das-des beres nih kan..


Ternyata, nggak semulus itu, Ferguso! Saya menemukan banyak kendala saat mengurus perpanjangan SIM secara online. Sempat menyerah karena kesal, akhirnya saya mencoba lagi dan berhasil!

Nah! Mae frens yang masa berlaku SIMnya juga sudah mau habis dan ingin mencoba perpanjangan secara online, baca dulu pengalaman saya agar nggak mengalami drama serupa.

Cara Memperpanjang SIM Online Terbaru 2024

Perpanjangan SIM ini nantinya dilakukan menggunakan ponsel, ya. Sebelum teman-teman melakukan proses perpanjangan SIM secara online, ada baiknya kalian mempersiapkan syarat-syarat yang dibutuhkan yakni:
  1. Pas foto dengan background biru (resolusi 480 x 640, foto wajah menghadap ke depan, tidak menggunakan hijab berwarna sama dengan background, tidak menggunakan kacamata atau softlens berwarna, tidak menggunakan topi, peci atau penutup kepala lainnya)
  2. Tanda tangan di atas kertas putih
  3. Foto fisik e-ktp
  4. Foto fisik SIM lama yang akan diperpanjang

Berikutnya, ikuti langkah-langkah di bawah ini:
  • Download aplikasi DIGIKORLANTAS di Playstore atau Appstore.
langkah-langkah-perpanjangan-sim-online
  • Lakukan verifikasi data dengan memasukkan nomor KTP dan face recognition.
  • Jika sudah berhasil, pilih opsi SIM - Perpanjangan SIM.
langkah-langkah-perpanjangan-sim-online
  • Di sana akan terlihat persyaratan apa saja yang dibutuhkan, termasuk tes kesehatan dan psikotes (cara tes kesehatan dan psikotes akan dijelaskan di bawah), klik Lanjutkan.
  • Pilih jenis SIM yang akan diperpanjang, tidak bisa dua sekaligus, harus satu per satu.
  • Kemudian isi data sesuai arahan, input semua persyaratan, cek kelengkapan data (tes kesehatan dan psikotes).
  • Pilih Lokasi Satpas yang terdekat dengan domisili Mae frens.
  • Isi nomor rekening yang akan dipakai untuk pengembalian dana ketika dibutuhkan.
  • Isi alamat tempat tinggal kalian (boleh tidak sesuai KTP).
  • Lakukan pembayaran sesuai jumlah yang tertera (SIM+ongkir), pembayaran hanya bisa melalui transfer ke rekening BNI.
  • Pantau progress perpanjangan SIM melalui aplikasi.

Cara Tes Kesehatan Online untuk Perpanjangan SIM Online

Di atas sudah saya mention kalau dokumen hasil tes kesehatan masuk sebagai syarat perpanjangan SIM online. Nah, jangan khawatir karena hanya dengan duduk manis dasteran atau sarungan aja di rumah, kalian bisa melakukan tes kesehatan secara online. Caranya adalah melalui website e-Rikkes.

Daftar dengan memasukkan NIK dan lakukan verifikasi. Prosesnya mirip ya dengan saat kita mendaftar di aplikasi Digikorlantas. Kemudian pilih keperluan yakni untuk perpanjangan SIM, bagi yang ingin memperpanjang SIM A dan SIM C seperti saya, pilih SIM A dan C.

Berikutnya, pilih lokasi tes kesehatan di Jakarta Pusat - Puldokes Polda, agar kalian tidak perlu datang ke lokasi dan bisa melakukan tes secara online saja. Selanjutnya, lakukan tes kesehatan dengan menjawab pertanyaan yang diajukan.

Hasilnya langsung jadi sesaat setelah kalian mensubmit jawaban-jawaban dari pertanyaan yang diajukan. Tes kesehatan ini akan langsung terhubung dengan aplikasi Digikorlantas, sehingga there's nothing to do anymore after this.

Cara Psikotes untuk Perpanjangan SIM Online

ePPsi

Bagi saya kemarin, tes kesehatan di atas adalah part termudah dalam proses perpanjangan SIM ini. Setelah selesai tes kesehatan, kita lanjut ke psikotes yang juga dilakukan secara online melalui ePPsi SIM.

Sebelum masuk ke website dan melakukan tes, lakukan pendaftaran dan verifikasi akun seperti part-part sebelumnya ya. Berikutnya lakukan pembayaran sebesar Rp48.500,- melalui bank BNI. Setelah itu, mulai deh mengisi soal-soal psikotes dan hasilnya apakah lulus atau tidak juga langsung jadi.

ePPsi
invoice ePPsi

Jika Mae frens lulus psikotes, hasilnya akan langsung terintegrasi dengan aplikasi Digikorlantas. Jadi, ketika melakukan pengecekkan kelengkapan data saat proses perpanjangan SIM online, data-data dari e-Rikkes dan ePPsi SIM langsung muncul.

Total Biaya untuk Perpanjangan SIM Online

Berapa biaya yang saya keluarkan untuk perpanjangan SIM online kemarin? Saya memperpanjang SIM A dan C sekaligus, rincian biayanya adalah sebagai berikut:
  • Tes kesehatan Rp0,-
  • Psikotes Rp48.500,-
  • SIM A Rp123.501,-
  • SIM C Rp118.501,-
Jadi, total biaya yang saya keluarkan untuk perpanjangan SIM secara online di bulan Januari 2024 ini adalah Rp290.502,-. Oiya, fyi pengiriman dilakukan melalui POS Indonesia dan saya memilih pengiriman express dengan ongkos kirim sebesar Rp33.000,- untuk masing-masing SIM. Yap! Meskipun satu alamat, tapi karena prosesnya harus satu per satu, jadi ongkirnya double.

Saya melakukan rangkaian proses perpanjangan SIM di hari Sabtu, tanggal 6 Januari 2024, malam hari. Kedua SIM saya sampai ke rumah di hari Rabu siang, tanggal 10 Januari 2024. Jadi, waktu tunggunya sekitar 3 hari kerja.

Drama Perpanjangan SIM Online

Salah satu alasan mengapa saya memilih pengiriman express adalah karena trust issue selama proses perpanjangan SIM yang saya lakukan. Kalau teman-teman membaca tulisan ini dari awal, tampak mulus banget ya prosesnya. Tinggal klik ini itu, lakukan pembayaran, SIM pun diantar ke rumah.


Nyatanya, saya mulai memproses perpanjangan SIM di pagi hari dan baru berhasil sekitar jam setengah sembilan malam! Ternyata ada beberapa kendala dan drama yang saya temui sebelum akhirnya, atas izin Allah, proses perpanjangan SIM online saya berhasil.

Berulangkali Face Recognition 

Pertama, mulai dari proses verifikasi melalui face recognition. Saya mencoba hingga lebih dari 5 kali sampai finally berhasil. Padahal saya sudah mengikuti instruksi yang diberikan, tidak menggunakan kacamata atau soflens berwarna, pencahayaan sudah optimal, tetap masih gagal.

Akhirnya, yang saya lakukan adalah mirip-miripin ekspresi di KTP dengan ekspresi saat face recognition.

Aplikasi Tidak Bisa Mengakses Galeri

Drama berikutnya, failed terus saat mencoba untuk menginput persyaratan karena tidak bisa mengakses galeri. Ya kali, gue harus foto direct pake background biru, dikira rumah gw studio foto. Asli part ini adalah part terngeselin, sih.

Saya sampai menginstall aplikasi Digikorlantas juga di ponsel suami, dan hasilnya tetap saja aplikasi tidak bisa mengakses galeri. Mulanya, siang hari setelah psikotes yang juga cukup melelahkan, saya masih bersabar dan menunggu. Sore harinya, saya coba lagi masih tidak bisa. Oke, lagi error kali.

Malam harinya tetap nggak bisa dong. Ternyata, teman saya yang juga mencoba memperpanjang SIM online juga mengalami kendala yang sama. Yang bener-bener aje aplikasi yang harusnya membantu rakyat Indonesia untuk mengurus SIM dengan praktis, malah nggak user friendly begini, ya kaaan.. Hhhmm..

Sumbu pendek nggak sabaran nih. Dah lah, Senin saya perpanjang SIM aja melalui SIM keliling yang ada di dekat sekolah anak saya, tapii.. saya kasih review dulu ah aplikasi ini di Playstore! Di sana, saya membaca-baca review dari pengguna lain yang ternyata banyak memberikan bintang 1, 2, 3. Hehe, I'm not alone.

Kemudian saya membaca salah satu review yang penggunanya juga mengalami permasalahan sama persis dengan saya. Tak hanya memberikan komplain, dia juga memberikan solusi dengan menyarankan untuk mendowngrade OS Android yang digunakan. Jadi menurutnya, aplikasi ini tidak compatible dengan OS Android versi-versi terbaru.

Akhirnya, saya coba download lagi aplikasi Digikorlantas untuk yang ketiga kalinya, di ponsel yang berbeda, saya menggunakan ponsel saya yang udah lawas, di mana OS Androidnya sudah tidak bisa di-upgrade lagi. Ponsel yang saya gunakan adalah Samsung A5 2017. Hamdallah, proses perpanjangan SIM langsung langsung lancar jaya tanpa kendala dan drama lagi!

Tips Perpanjangan SIM Online 2024

Nah, drama-drama di atas yang membuat saya memiliki trust issue dengan perpanjangan SIM online. Saya jadi memilih ekspedisi express supaya nggak berlama-lama berurusan dengan per-SIM-SIM-an ini!

Meskipun ada kendala dan dramanya, buat kalian tim mager maksimal yang ingin memperpanjang SIM dari rumah aja, nggak perlu ke mana-mana dan tinggal nunggu SIM diantar ke rumah, berikut tips dari saya:
  • Bagi pengguna Android, jangan dulu upgrade OS ke versi terbaru agar bisa mengakses galeri melalui aplikasi. Barusan banget, saya mencoba mengakses galeri melalui ponsel saya yang sudah upgrade, ternyata belum bisa, gais!
  • Supaya face recognition lancar, ekspresikan wajah seperti yang ada di e-KTP.
  • Makan dan tenangkan pikiran sebelum melakukan psikotes. Pilih tempat yang membuat fokus kalian tidak mudah teralihkan.
  • Perbanyak bismillah dan sabar.

Masukan dari saya untuk Korlantas Indonesia, agar segera mengembangkan layanan Pengaduan yang ada di aplikasi. Saat menemui kendala kemarin, saya kesulitan mencari-cari informasi bagaimana mengatasi masalah tersebut.

langkah-langkah-perpanjangan-sim-online
Layanan pengaduan di aplikasi dan DM Twitter yang tidak bisa diakses

Layanan Pengaduan di aplikasi nggak bisa digunakan, saya DM Twitter @korlantasid juga nggak bisa karena harus upgrade ke akun premium dulu, saya mention pun tidak ada tanggapan. Menghadeh..

Sayang banget aplikasi ini masih punya kekurangan-kekurangan yang memperumit masyarakat saat hendak mengurus SIM secara online. Padahal, aplikasi Digikorlantas ini potensial banget dan sangat membantu orang-orang yang hendak memperpanjang SIM tanpa ingin antri dan pergi ke lokasi. Bisa sangat menghemat waktu kalau nggak ada kendala dan masalah teknis yang seharusnya bisa cepat diperbaiki.

Semoga pengalaman saya ini bisa membantu Mae frens semua yaa, dan untuk Korlantas Indonesia semoga bisa lebih memberikan pelayanan yang lebih baik dan berkualitas lagi untuk masyarakat Indonesia :)

Posting Komentar

17 Komentar

  1. aku kira setelah kirim pas foto bisa langsung tanpa face recognition. Ternyata masih perlu face recognition. Sistem face recognition memang masih jadi kendala tersendiri. Dulu pernah nyoba di aplikasi lain, tapi masih susah terbaca dengan.

    Pengembangan sistem kayak gini memang bagus. Masyarakat bisa jadi lebih kudah. Namun, sistem yang belum berjalan baik akan menimbulkan masalah tersendiri. Bukannya mempercepat, tapi malah memperlama proses.

    Kadang aku lebih memilih menyedikan waktu untuk mengurusi secara manual, ketimbang menyediakan waktu untuk memahami sistem yang sulit dimengerti.

    BalasHapus
  2. Aku udh sejak lama mbak dari awal2 aplikasi ini ada, udh perpanjangan SIM melalui aplikasi. Dulu enak bgt cepet, sat set. Mungkin krn skarang banyak yg tau dan mulai banyak yg akses jadi sering error. Ahaha

    BalasHapus
  3. sekarang ada pembuatan SIM online ya mba. Sayangnya aplikasinya belum dikembangkan dengan baik buktinya bisa diakses dengan baik jika pake software android versi bahela. harusnya juga ada notif ya, aplikasi bisa diakses oleh android versi berapa

    BalasHapus
  4. Wah ternyata bisa via online ya..mau info ke saudara deh biar nggak ribet harus ke kantor pengurusan SIM

    BalasHapus
  5. Pastinya membantu sekali. Kita bisa menyiapkan semuanya, termasuk soal biaya, prosedur pendaftaran dan lainnya termasuk soal upgrade gadgetnya tuh. Emang dramanya bikin saya deg-degan juga. Tapi Alhamdulillah akhirnya selesai juga ya SIM nya. Selamat!

    BalasHapus
  6. Aku amati, kayanya jadi lebih terjangkau mengurus SIM via online yaa.. daripada offline. Karena seingetku, ngurus offline buat satu SIM aja biayanya 290-an sendiri. Ka Mae 2 SIM biayanya juga sekitaran itu.

    Tapi kalau ada kesulitan di apps-nya, jadi lemes, hihihi..
    Kudu semangat ini mah..
    Lumayan, ga abis duit sama waktu nunggu seharian di kantor pulici.

    BalasHapus
  7. Sepertinya saya ga bisa nih mbak perpanjangan SIM online, la foto KTP saya sudah ngeblur, jadi susah nih untuk face recognition
    kapan lalu saat urus m-banking akhirnya saya ke bank karena ga bisa-bisa face recognition hiks

    BalasHapus
  8. Pernah dampingi ibu buat perpanjang sim online tahun lalu, ternyata stok sabarnya perlu diperbanyak. Saya juga kesulitan ambil gambar dari galeri, berkali-kali coba sampai entah yang keberapa baru bisa. Dari segi penggunaan aplikasinya, masih harus diperbaiki lagi sih

    BalasHapus
  9. Wah, thank you mba ini sangat informatif sekali.
    Banyak yang butuh informasi untuk perpanjangan SIM tentunya.
    Buat yang ga ada banyak waktu bisa menggunakan cara perpanjangan via online dan dengan cara-cara di atas.

    Worth to read artikelnya, mba.

    BalasHapus
  10. Sekarang tuh apa-apa sudah serba online, kemarin suami juga perpanjang SIM, STNK dan pajak motor serba online semua krn beda kota kk dengan domisili, jd mempermudah dan ga harus izin kerja

    BalasHapus
  11. Alhamdulillah kak dari rumah via ponsel bisa mengurus perpanjangan SIM. jadi hemat waktu dan tenaga

    BalasHapus
  12. Kalau udah terlanjur telat mesti bikin lagi ya. Kalaubtahu bisa online nggak akan telat deh

    BalasHapus
  13. Zaman sekarang semua serba online ya, Kak. Saya lagi mempertimbangkan opsi perpanjang SIM (dan STNK juga) lewat online, tapi masih agak ragu. Terima kasih banyak untuk sharingnya. <3

    BalasHapus
  14. Suami saya juga baru beberapa Minggu lalu perpanjang SIM online. Memang mudah sih, hasilnya juga lumayan cepat dikirim ke rumah

    BalasHapus
  15. PEMBUATAN SIM BARU MAUPUN PERPANJANGAN SIM HARUS GRATIS
    Persyaratan sudah bagus tapi begitu tidak dapat memenuhi persyaratan lalu mencari jalan dengan membayar saja dan itulah merusak negara, baik petugas maupun peserta bahkan ketertiban berlalulintaspun menjadi semrawut.

    BalasHapus
  16. Maaf bertanya, saya sudah mengisi form cek kesehatan, disuruh datang juga ke lokasi tsb. Apakah harus ke puldokes atau bagaimana ya? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo.. Iya kak supaya nggak perlu datang ke lokasi cek kesehatan pilih lokasi tes kesehatan di Jakarta Pusat - Puldokes Polda.

      Hapus