Peran Blogger, Konten Digital dan Internet dalam Persatuan Indonesia

internet-menyatukan-indonesia


Mungkin bagi teman-teman yang biasa baca artikel saya di blog ini sedikit mikir, tumben-tumbenan nih judul artikelnya PPKN banget. Hehe. Pakai bawa-bawa sila ke-3 dari Pancasila segala. Nggak apa-apa lah ya, sekali-kali saya menunjukkan sisi nasionalisme lewat tulisan.

Momennya pas banget juga dengan hari kelahiran Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Juni 2022 kemarin. Setelah beranjak dewasa dan mulai banyak pikiran bisa mikir lebih smart, ternyata penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari ini luas banget.

Aku tidak mengatakan bahwa aku menemukan Pancasila. Apa yang aku kerjakan adalah menggali jauh ke dalam bumi kami, tradisi-tradisi kami sendiri, dan aku menemukan lima butir mutiara yang indah...

-Ir. Soekarno

Saat ini pekerjaan utama saya adalah sebagai ibu rumah tangga. Di samping itu, saya punya hobi menulis di blog yang juga saya jadikan sebagai ladang untuk mencari penghasilan tambahan dari rumah.


Kegiatan saya sebagai blogger yang kerjaannya adalah membuat konten digital ternyata memiliki peran penting dalam persatuan Indonesia. Aktivitas yang saya lakukan ini tentu saja tidak lepas dari yang namanya internet.

Internet menyatukan Indonesia, betul banget. Apalagi setelah 2 tahun lalu bangsa kita struggle untuk bangkit dari pandemi Covid-19, internetlah yang menjadi jembatan hampir seluruh masyarakat dalam menjalankan aktivitasnya dari dalam rumah.

Menurut pandangan dan opini saya, serta beberapa sumber yang saya baca, peran blogger, konten digital yang dihasilkan serta internet dalam persatuan Indonesia ini saling berkesinambungan. Setidaknya, ada 5 peran dari ketiganya yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila, terutama dari sila ke-3 yakni Persatuan Indonesia :

blogger-konten-digital-internet-menyatukan-indonesia

1. Menyebarkan Konten Informatif dan Edukatif

Mengambil data dari website Kominfo, di tahun 2021 pengguna internet di Indonesia melonjak hingga 11% dari tahun sebelumnya. Di mana di tahun 2020 ada sekitar 175,4 juta pengguna internet dan di tahun 2021 lalu jumlahnya meningkat hingga 202,6 juta pengguna internet.

Mudahnya mendapatkan akses internet di masa sekarang, membuat masyarakat dikit-dikit Googling, apa-apa Googling untuk mencari tahu berita-berita ter-update atau hal-hal lain yang ingin mereka ketahui.

Di sisi lain, pekerjaan blogger adalah menyediakan informasi-informasi tersebut sehingga bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan dari masyarakat yang menuliskan kata kunci di mesin pencari.

Sebagai pembuat konten digital, ada etika-etika digital yang harus ditaati oleh semua blogger seperti tidak membuat konten yang berisi ujaran kebencian, memprovokasi untuk melakukan tindak kejahatan atau menyebarkan hoax.


Adanya pelanggaran etika digital yang dilakukan oleh pembuat konten digital dapat menyebabkan perpecahan dalam masyarakat. Mungkin saat ini yang banyak terlihat adalah hate speech yang dilontarkan oleh netizen di dunia maya.

Saya pribadi sebagai blogger merasa memiliki tanggung jawab untuk membuat konten-konten digital yang informatif dan edukatif. Ini sesuai dengan tujuan awal saya menulis di blog yakni untuk membagikan tulisan yang membawa kebermanfaatan bagi pembaca blog saya.

Memilih untuk membuat dan menyebarkan konten yang positif atau negatif membuat peran internet menyatukan Indonesia akan sangat terasa.

2. Mengenalkan Indonesia melalui Tulisan

Masing-masing blogger memilih untuk menulis sesuai niche yang membuat mereka berbinar dan bahagia. Dalam berbagai kesempatan, para blogger ini banyak sekali mengenalkan Indonesia melalui tulisan-tulisan yang mereka publikasikan.

Sebut saja travel blogger yang akan bercerita mengenai pengalaman mereka mendatangi berbagai tempat-tempat wisata di Indonesia, mulai dari Sabang sampai Merauke. Sadar nggak sadar, para travel blogger ini sebenarnya bersatu untuk mempromosikan pariwisata di Indonesia.


Begitu pula dengan beauty blogger yang nggak jarang mengulas produk-produk dalam negeri dan kemudian merekomendasikannya untuk digunakan oleh para pembacanya. Secara tidak langsung, mereka bersatu untuk mendukung pertumbuhan inovasi-inovasi skin care mau pun make up dari brand lokal.

Makanya nggak jarang, instansi-instansi baik swasta mau pun pemerintah mengundang para blogger untuk bekerja sama mengkampanyekan program-program yang sedang mereka jalankan.

3. Meningkatkan Minat dan Kecakapan Literasi Digital

Kembali mengacu pada data Kominfo di tahun 2021,  indeks literasi digital di Indonesia adalah sebesar 3,49 dari skala 0 - 5. Angka ini menunjukkan bahwa Indonesia berada di dalam kategori sedang.

Membuat konten digital melalui media blog dengan tulisan-tulisan yang menarik dan bermanfaat, sudah menjadi indikasi bahwa kita sebagai blogger mengambil peran untuk meningkatkan minat dan kecakapan literasi digital di Indonesia.

Peran ini sejalan dengan upaya pemerintah untuk mewujudkan Indocesia Cakap Digital yang diinisiasi oleh Kemkominfo dan GNLD (Gerakan Nasional Literasi Digital).

4. Menjalin Relasi dengan Sesama Blogger

Siapa sangka, saya yang pekerjaan utamanya adalah mengurus anak dan rumah, ternyata tetap bisa punya banyak teman dan kenalan hingga ke seluruh penjuru Indonesia? Semua bisa terjadi setelah saya menekuni hobi menulis di blog.

Saat ini, ada banyak banget ya komunitas-komunitas blogger di Indonesia. Saya sendiri tergabung dalam beberapa komunitas blogger dan merasakan manfaat dari sana. 

Tujuan utama dari dibentuknya sebuah komunitas adalah mewadahi orang-orang yang punya minat, visi dan misi yang sama. Dalam berkomunitas, saya menemukan support system yang membantu saya untuk terus mengembangkan skill menulis dan skill lain terkait nge-blog.


Biarpun selama 2 tahun nge-blog saya belum pernah bertatap muka dengan teman-teman blogger, selama ada koneksi internet yang lancar kami tetap bisa menjalin relasi serta sharing ilmu mengenai dunia kepenulisan blog secara virtual.

5. Jembatan Antara Brand dengan Calon Customer

Salah satu cara mendapatkan uang melalui blog adalah dengan menerima kerja sama dari brand untuk mengulas produk mereka. 

Selain menguntungkan bagi brand dan blogger ternyata ulasan yang publish oleh blogger bisa mendatangkan manfaat juga untuk calon customer yang ingin mencoba menggunakan produk dari brand tersebut.

Ulasan yang detail, informatif dan ditambah pengalaman blogger saat mencoba produk tersebut membuat calon customer tidak hanya disodorkan iklan semata.

Beberapa kali saya punya pengalaman menerima DM dari orang-orang yang bertanya lebih detail mengenai pengalaman saya dalam menggunakan produk yang sebelumnya saya ulas di blog.

Di sana, saya memberikan pendapat secara objektif dan sama sekali tidak menonjolkan unsur ngiklan terhadap produk tersebut namun hanya menjembatani calon customer mengetahui lebih banyak mengenai produk dari suatu brand melalui pengalaman saya menggunakan produknya.

Optimalkan Internet untuk Aktivitas Sehari-hari

Blogger, konten digital dan internet memang tidak bisa terpisahkan. Oleh sebabnya, penting banget bagi saya untuk memilih provider internet yang menunjang kegiatan sehari-hari saya di mana hampir semuanya membutuhkan koneksi internet.

Untuk beraktivitas di rumah, saya percayakan kebutuhan internet pada Telkomgroup yakni IndiHome. Sejauh ini saya puas dengan koneksi internetnya yang sangat mendukung kegiatan daring saya seperti blogging, podcasting, online meeting dan lainnya.

Zaman sekarang, internet menyatukan Indonesia. Jadi kita sebagai user harus bisa pintar-pintar dalam mengoptimalkan penggunaan internet untuk aktivitas sehari-hari sehingga bisa memberi sumbangsih kebermanfaatan untuk Indonesia.

Sukabumi, 10 Juni 2022

Posting Komentar

134 Komentar

  1. Terima kasih sudah mengambil peran yang sangat baik dari rumah. Semangat terus berkarya, papa dan dipta selalu dukung! πŸ€—

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimikici papa dan dedeekk πŸ₯°

      Hapus
    2. Aaahhh emang benar jaman sekarang internet adalah salah satu jembatan untuk mempersatukan bangsa . Seperti dua mata pedang, tergantung pada diri masing-masing dalam penggunaan nya.

      Hapus
  2. Ini bener banget melalui internet, semua wilayah di Indonesia bisa tersebar informasi, yang dari ga kenal jadi temen mentorship, kaya kita gini ya kan mbaa🀭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahaha iya masha Allah banget ya, Mba. Ketemu di dunia maya tapi bisa klik, belajar bareng-bareng supaya cekatan di passionnya 🀩

      Hapus
  3. Bener banget, harus pintar pintar menggunakan internet. Dunia digital sangat bermanfaat kalau kita pintar menggunakannya, tapi kalau enggak bisa bisa menjebak kita ke arah sebaliknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju teh, semoga bisa terus mengoptimalkan peran internet untuk menyatukan Indonesia nih bukan sebaliknya.

      Hapus
    2. MasyaAllah kereeen

      Hapus
  4. MΓ sya Allah keren ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masha Allah, makasih teh Arie udah mampir ke mari 😁

      Hapus
  5. Welldone.. semangat ibu Pembaharu yg ikut menyelesaikan permasalahan dunia dari dalam rumah. Semangat teh ima πŸ’™

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yeay semangat terus juga buat teh Fan. Hatur nuhun sudah berkunjung..

      Hapus
  6. Masyaallah keren teh I'm.. terima kasih sudah menyalurkan energi utk menulis kembali 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayoo semangat lagi nulisnya. Dari bahasanya ini Teh Ulfah bukan yeu? Hoho..

      Hapus
  7. Keren sekali teh Ima, doakan aku ya.. Yang baru memulai job baru sebagai Financial tutor online πŸ₯Ί

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaakk Teh Raisa mah selalu keren lah. Sukses terus buat project-projectnya teh!

      Hapus
  8. Wah, kece nih artikelnya teh Ima, good one πŸ‘πŸ» -rri-

    BalasHapus
  9. Mantab artikelnya πŸ‘πŸ˜ para Blogger diluar sana bakal makin semangat dan bangga kalo baca artikel teh Ima..btw, dulu pelajaran PPKN dpt nilai brp teh? πŸ˜„

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha SD mah bagus-bagus ya nilai pelajaran PPKN. Mulai SMA ngapalin butir-butir Pancasila sama pasal-pasal mulai lieur. Wkwk..

      Hapus
  10. Semangat terus berkarya teh Ima 😘😘

    BalasHapus
  11. Ternyata blogger juga punya peran strategis ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yap, semoga bisa mengambil peran yang bermanfaat bagi masyarakat ya..

      Hapus
  12. Semoga tetap semangat menyebarkan kebikn melalui tulisan. Walaupun aktivitas online berkurang karena situasi mulai stabil, semoga peelngunjung blognya tetap ramai dan memetik pengetahuan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Justru kalau sudah mulai offline makin banyak juga bahan tulisannya. Apalagi saya yang suka traveling, nggak sabar banyak-banyak jalan dan nulis. Hoho.

      Hapus
  13. Waah keren.. terimakasih teh Ima dan teman2 diluaran sana yg sudah banyak menebar manfaat lewat tulisan ditengah gempuran konten ga baik. Keep inspiring yaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sami nuhun semoga bermanfaat buat yang baca juga..

      Hapus
  14. Internet menjadi jembatan ibu-ibu yang terbatas tembok untuk produktif dan berkarya. Tanpa sadar jadi lebih bangga sebagai blogger.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus dong mendalami setiap peran yang diambil. Apalagi kalau suka, ngejalaninnya selalu enjoy. Hehe.

      Hapus
  15. Peran internet sangat terasa, apalagi di masa pandemi. Beruntung saat pembatasan kegiatan di luar rumah sudah ada internet. Klo kayak zaman dulu, gak kebayang bosannya.

    Terima kasih buat para content creator yang sudah berbagi melalui media digital. Jadi lebih banyak tahu tentang Indonesia dan banyak hal yang positif dan informatif.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huwaahh udah lupa mbak rasanya zaman tanpa internet. Wkwk. Sekarang wifi dan kuota udah jadi bagian dari kebutuhan bulanan buat orang-orang terutama yang kerjanya di dunia digital gini ya.

      Hapus
  16. Ahsani Taqwim13 Juni 2022 09.50

    Sukses selalu teh ima masyaAllah kereen 😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nuhun teh Sanii udah mampir ke mari πŸ₯°

      Hapus
  17. Keren Mba. Meski di rumah saja tetap bisa berkontribusi untuk persatuan bangsa, lewat tulisan-tulisan yang bermanfaat ini. Semoga aku bisa jadi content creators juga yaa. Salam dari Ibu rumah tangga juga hihi

    BalasHapus
  18. Luar biasaa mbaa Imsss… 😍😍tulisannnyaaa bener2 membuat orang lain sadar akan pentingnyaa peran blogger, konten digital dan internet dalam persatuan Indonesia… tentunyaa menjadi blogger bisa memberikan inspirasi dan cara kepada orang lain untuk memanfaatkan internet semaksimal mungkin kearah yg baik. Semangat terus menebarkan kebaikan dan ilmunya lewat tulisan yaa mba Imss -Tiya- πŸ₯°

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasiiihh komentarnya memotivasi sekali Anda bu tiyaaak. Sukses selalu juga yaak!

      Hapus
  19. Masya alloh... selalu kagum sama imaa... semangat terus berkarya & produktif ima... 😍😍😍

    BalasHapus
  20. Menyebarkan konten informastif dan edukatif, untu menyetukan Indonesia. Berat memang kesannya..tapi lewat tulisan kita bisa melakukannya. Dan IndiHome dengan koneksi internetnya sangat mendukung kegiatan content creator baik untuk blogging, podcasting, online meeting dan lainnya.

    BalasHapus
  21. Setuju banget,. Mbak. Tulisan kita harus menebar manfaat sekecil apapun itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga selalu bisa membuat karya yang terbaik ya mba..

      Hapus
  22. Masya Allah, siapa kira ibu rumah tangga cuma ngurus suami, anak, dan urusan rumah saja..ternyata secara ngga langsung bisa menerapkan nilai² Pancasila di kehidupan sehari². Terus menebar semangat positif, Ma!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you, dari gaya bahasanya ini Dedod ya? Mangat juga bund!

      Hapus
  23. Masya Allah.. tulisannya sangat menginspirasi teh imaaa.. semangat berkarya, mengeratkan, menyatukan persatuan ibu2 indonesia lewat tulisan.. 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah. Nuhun Teh Cindy, jadi semangat kalo ada yang nyemangatin. Hehe..

      Hapus
  24. Semangat teh, yuk berperan untuk bangsa walau dari pojok rumah.

    BalasHapus
  25. MasyaAllah keren tulisannya. Menginspirasi utk semangat nulis. Semoga bisa menular ke aku ya Imaa🀲🏼πŸ₯°

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yeaayy ayok Mbak Nuri pasti bisaa laah panutanku!

      Hapus
  26. Senang ya menjadi blogger, bisa berperan lansung dalam menyatukan Indonesia, sebagai perwujudan dari sila-sila pancasila :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbaak, nggak nyangka bakal ampe bahas-bahas pancasila loh di blog. wkwk..

      Hapus
  27. Mantab Mba, selalu keren πŸ₯°πŸ€©

    BalasHapus
  28. Ternyata Pak Karno pernah berkata demikian ya, Pancasila itu bukan ditemukan tapi nilai-nilai yang memang ada di masyarakat kita. Tanpa sadar kita juga berperan, kelihatannya nulis doang gitu tapi kalau dilakukan dengan sungguh-sungguh dan sebaik-baiknya pasti ada peran kebaikan yang bisa kita ambil ya Mbak Ima. Masya Allah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masha Allah semoga dimudahkan ya Mbak Firaa..

      Hapus
  29. Mantap teh imaa. Aku mau belajar juga dong dari teteh😘 tulisan itu selalu memberi makna dan manfaat ya, sukses teh imaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nuhun teh Gesti, bu dokter kepercayaan keluarga IP Sukabumi yang selalu menginspirasi juga nih!

      Hapus
  30. betul banget mbak, itulah mengapa salah satu alasan saya untuk menjadi blogger

    BalasHapus
  31. Internet sekarang ini sudah jadi nyawa kedua. Apakah artinya dunia digital tanpa jaringan internet ya? Alhamdulillah IndiHome sudah sampai ke kampung saya juga. Dua belas tahun langganan, sejak masih belum fiber optic sampai sekarang hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantab dua belas tahun. Pelanggan setia nih euy!

      Hapus
  32. Dulu kalo mau belajar, rajin rajin dateng ke toko buku. Sekaramg makin banyak informasi di internet tinggal klik aja. Sekarang tinggal gimana kemauan dan konsistensi kita untuk belajar aja, semua udah ada di internet

    BalasHapus
  33. Alhamdulilah dg kemajuan teknologi ..apalagi pas covid n harus wfh. Internet penting bgt buat kebutuhan pokok setiap hari untk jalanin aktivitas. Manfaat bgt lah internet dlm menyatukan indonesia dlm beraktivitas n membuka jendela dunja melalui digitalisasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul dhis, apa-apa pakai internet ya sskarang. Harus pinter-pinter milah informasi dari sana..

      Hapus
  34. Mantapppppppu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih yaa udah mampir. Next time mungkin bisa kasitau namanya yaa. Hehe.

      Hapus
  35. Nice infoo maee πŸ₯°

    BalasHapus
  36. Wah mantap. Semoga selalu menginspirasi tulisannya mba imss

    BalasHapus
  37. Pas pandemi hingga era new normal seperti sekarang emang ngga bisa bohong kalau ngga bisa hidup tanpa internet sih huhu. aku pun merasakannya, dan jadi berkah tersendiri dan akhirnya berani untuk ngeblog lagii hehe. Semangat mbaa!

    BalasHapus
  38. Kerenn.. Semangat terus berkaryaa imsss πŸ˜„

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maacii. Semoga terjaga selalu semangatnya nih. Hehe.

      Hapus
  39. Ga nyangka, ternyata kita mengambil peran juga buat meningkatkan minat dan kecakapan literasi digital

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, loh! Tampat tidak tampak padahal banyak perannya..

      Hapus
  40. Luar biasa sekali, di era digital ini peran internet bisa jadi powerfull kalau digunakan secara positif. Sukses terus ya teh Ima, salam kenal

    BalasHapus
  41. Ada banyak sekali peran blogger dalam menyediakan informasi. Dan di sini jaringan internet sangat dibutuhkan untuk memperlancar hal tersebut.

    Semoga blogger bisa menjadi agent perubahan dan penyampai informasi yang baik untuk masyarakat.

    BalasHapus
  42. Kereennn.. semangat selalu tehπŸ₯°πŸ˜

    BalasHapus
  43. setuju jadi tambah relasi dan info di internet tersebar luas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, bisa kenal banyak orang hebat karena ada koneksi internet..

      Hapus
  44. Setuju banget mbak sama yang disampaikan mbak Ima. Apalagi untuk orang yang sedikit-sedikit cari infonya by searching. Pendapat para blogger sangat penting nih untuk disimak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak manda, dikit-dikit googling ya orang tuh sekarang. Hoho..

      Hapus
  45. Alhamdulillah, sudah bisa memanfaatkan Internet dengan baik. Bisa berkontribusi menjadi ibu yang berdaya. Semangat trus ya mba buat kita! Semoga bisa menulis hal hal baik dan berbagi informasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Literasi digital penting buat emak-emak sebagai pendidik utama anak-anak yang lahir di era digital.

      Hapus
  46. setuju nih moms sama pendapatnya tentang blogger, banyak hal yang membantu dari tulisan para blogger emang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makin semangat ya, Kak, bikin konten yang bermanfaat terus..

      Hapus
  47. Setuju banget sih.. Saat ini bangsa kita emang butuh blogger2 dan pebulis2 yg informatif buat menyingkirkan oknum2 hoax yg tidak bertanggung jawab..
    Semangat kakak ima buat terus berkontribusi buat bangsa.. 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih semangatnya! Semoga konsisten nih nulis konten bermanfaat..

      Hapus
  48. Aku setuju banget dengan kalimat di artikel Mbak tentang tulisan bloger yang mengedukasi dan informatif

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe makasih, semangat terus memanfaatkan internet untuk kebaikan..

      Hapus
  49. Terimakasih untuk para blogger yg selalu menyebarkan berita yg positif dan bermanfaat semoga kedepannya minat baca masyarakat semakin meningkat, semangat u tuk para blogger. Semoga selalu dpt inspirasi menarik untuk para pembacanya πŸ€—

    BalasHapus
  50. Masya Allah mang bener internet tu bisa jembatani info apa aja, sama ak jg IRT jd paling seneng dpt info2 dr internet dr cara perawatan anak, masak2, sampe skincare. Semoga bermanfaat terus ya para blogger 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener yaa dari rumah juga bisa dapat segala macam informasi berkat adanya internet

      Hapus
  51. Bersyukur ada internet, jadi mudah mencari informasi & memperluas wawasan, juga makin mendekatkan yg jauh ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju kak laksmi. Mendekatkan yang jauh, semua bisa jumpa via daring.

      Hapus
  52. Informasinya ok babget, jadi makin semangat huat memanfaatkan laynan internet biar lebih produktif dan menghasilkan hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat terus menulis dan menghasilkan. Hehe..

      Hapus
  53. Bener banget nih. Merasa banget manfaatnya internet yang dapat menyatukan Indonesia. Lewat jejaring ini juga saya bisa kenal dengan teman2 blogger dari seluruh penjuru Indonesia. Apalagi didukung pula dengan layanan IndiHome ya sehingga aktivitas blogging pun jadi lancar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sejak pakai IndiHome, semua aktivitas daring lancar yaa..

      Hapus
  54. Bagus banget artikelnya kak, aku setuju banget sih soalnya semuanya karna ada internet jadi bisa akses lebih luas lagi..

    BalasHapus
  55. Mantap tulisannya. Hebat bisa beperan sebagai Ibu rumah tangga dan blogger. Semangat terus ya Ima😘

    BalasHapus
  56. Masyaallah mak keren pisan tulisannya😍 makasih udh berbagi, makin sukses lg mamak Diptaaaa

    BalasHapus
  57. Untuk orang-orang yang mau belajar dan berkembang, internet memang membuka akses yang bagus ya untuk bertemu dengan orang-orang dengan visi dan misi yang sama :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju, Mbak. Seneng rasanya bisa memanfaatkan internet untuk sesuatu yang positif..

      Hapus
  58. Yeeees... kereen...semangat terus ya menulis ponakanku sayang...πŸ‘πŸ‘πŸ₯°πŸ₯°

    BalasHapus
  59. Konten nya bagus semoga terus berkarya walau sebagai ibu rumah tangga... Ayoo semgat salam buat Dipta... makin lucu Dipta...πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe makasih, waalaikumsalam kata Dipta nih..

      Hapus
  60. Terus lah berkarya...

    BalasHapus
  61. Kerennn mba Ima, teruslah berkarya melalui tulisan-tulisan yang informatif dan edukatif untuk anak bangsa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap, om! Makasih udah mampir dan kasi komen..

      Hapus
  62. Betull membuat kita bs tau sgl berita dr pelosok dunia dan menyatukan kita yg tersebar dimana mana πŸ‘

    BalasHapus
  63. Teguh Ismant23 Juni 2022 19.30

    Oke banget tulisan nya... semangat terus berkarya..

    BalasHapus
  64. Teguh Ismant23 Juni 2022 21.05

    Karya tulis yg sangat bagus... teruskan semangaaatt

    BalasHapus
  65. Sangat menarik dan sangat menginspirasi . Menyalurkan energi positif dr rumah...sukses dan terus semangat menulis ya , ima...😘

    BalasHapus
  66. Agustina Indahwati24 Juni 2022 11.28

    Kereenn....sgt menginspirasi...sukses dan semangat terus utk menulis ya , ima😘

    BalasHapus
  67. Kereen ...sgt menginspirasi smg semangat terus utk menulis ya , ima

    BalasHapus
  68. Semakin keren aja bahasannya 😍 Semangat terus utk selalu menginspirasi, bestie..

    BalasHapus