Tulisan Untuk Teman-Teman yang Ingin Nge-Blog

By Imawati A. Wardhani - Juni 12, 2020


Tulisan ini diperuntukkan teman-teman yang belakangan bertanya bagaimana caranya menjadi seorang blogger dan tips-tips blogging untuk pemula. Tidak menyangka, aku yang belakangan suka mengunggah tulisan di blog ini ke media sosial membuat beberapa teman tertarik untuk mencoba nge-blog.

Sebenarnya aku juga masih belajar, gaes! Banyak blogger yang memiliki jam terbang dan pengalaman lebih tinggi dari pada aku. Tapi, tidak apalah aku akan mencoba memberi pencerahan bagi teman-teman yang menunjukkan ketertarikan untuk menjadi seorang blogger.

Jadi yang disebut blogger itu apa? Kegiatan blogging itu ya seperti yang kita ketahui adalah menulis di platform blog. Orang yang rutin menulis di blog kemudian dikenal dengan sebutan blogger. Dari kegiatan ini, kita bisa mengembangkannya menjadi suatu pekerjaan yang menghasilkan rupiah bahkan dollar.

Untuk lebih jelasnya apa saja kegiatan yang dilakukan seorang blogger silakan baca tulisanku yang berjudul Jadi Blogger? Apa yang Dikerjakannya? . Jangan malas membaca ya, karena poin penting dari kegiatan blogging ini selain menulis adalah membaca. Hehe.

Lalu, bagaimana cara untuk memulai kegiatan sebagai seorang blogger? Berikut ada beberapa tips yang bisa aku bagikan untuk teman-teman yang ingin mulai nge-blog. Disimak sampai akhir ya ;)

1. Tentukan Tujuan Nge-Blog

Melakukan suatu hal dengan menentukan tujuan awal akan membuat kita lebih fokus dan terarah dalam menjalankannya. Langkah awal sebelum teman-teman memulai kegiatan nge-blog adalah menentukan tujuan untuk apa kalian menulis di blog?

Alasannya macam-macam ya, bisa disimak di tulisan Untuk Apa Nge-Blog? atau mungkin kalian punya alasan tersendiri. Apapun itu, pastikan kalian memiliki tujuan untuk membantu kalian berjalan menuju goals yang ingin dicapai.

2. Tentukan Platform Blog

Sekarang sudah banyak situs-situs baru yang bisa menjadi wadah kegiatan blogging. Namun tetap yang paling banyak peminat adalah Blogger (blogspot) dan Wordpress.

Sebelum memilih dan menentukan wadah dimana kalian wajib mencari tau dulu apa kelebihan dan kekurangan masing-masing platform. Oiya, saranku untuk permulaan baiknya mencoba blog gratisan dulu alias non-TLD (Top Level Domain). Setelah kalian mantap untuk melanjutkan karier sebagai seorang blogger baru kalian membeli domain sendiri.

Blog maeshardha.com ini sendiri menggunakan platform Blogger. Alasannya karena aku sudah membuat blog sejak 10 tahun yang lalu, sayang saja rasanya pindah ke platform lain tanpa bertanggung jawab mengisi dan mengurus blog ini dengan semestinya. Haha. Akhirnya aku memutuskan untuk melanjutkan menggunakan Blogger untuk tempat nge-blog.

3. Tentukan Nama Blog

Selanjutnya adalah menentukan nama untuk blog kalian. Seperti blog ini aku beri nama maeshardha yang merupakan singkatan dari nama lengkapku dimana orang-orang terdekat banyak memanggilku Mae.

Baca : Rumah Baru

Nama blog ini ibaratnya akan menjadi wajah kalian nanti saat mengunggah tulisan kalian ke media sosial. Jadi, pikirkan nama sebaik mungkin dan sebisa mungkin pilih nama yang singkat saja juga tidak terlalu rumit.

4. Pilih Template Blog

Selanjutnya, tugas kalian adalah mempercantik tampilan blog dengan memilih template yang sesuai dengan kata hati dan kepribadian kalian sebagai penulis blog.

Di masing-masing platform biasanya banyak menyediakan template gratisan yang merupakan bawaan dari platform menulis itu sendiri. Pilihlah template yang tidak neko-neko, tidak terlalu banyak corak dan warna yang netral agar tidak menyakitkan mata saat membaca blog kalian.

Kalau kalian kurang tertarik dengan template bawaan platform blog yang kalian pilih, tersedia juga situs-situs yang menyediakan template blog baik free maupun berbayar. Saranku, sebaiknya mencoba template yang gratisan dulu seperti nama blog tadi. Jika sudah pasti akan mengurus blog dengan baik dan sungguh-sungguh, barulah boleh berpikir untuk membeli template.

5. Tentukan Topik Tulisan di Blog

Seorang blogger, biasanya akan mencari spesifikasi dari diri mereka untuk membangun branding sebagai blogger. Mereka akan memfokuskan diri untuk menulis salah satu topik yang paling mereka kuasai. Sebut saja ada yang memilih niche travelling, kuliner, teknologi, otomotif, parenting, financial, business dan lain sebagainya.

Pemilihan topik spesifik ini akan membuat kalian jadi lebih mudah dikenal oleh orang lain sesuai dengan niche blog yang kalian pilih. Misalnya sebagai travel blogger, beauty blogger dan lainnya.

Akan tetapi, kalau kalian tidak ingin mengkotak-kotakan tulisan kalian pada niche tertentu ya tidak masalah. Seperti blog aku ini, yang terdiri dari banyak tema tulisan. Aku menulis bukan karena spesifik menguasai hal tertentu, tapi karena pure ingin berbagi apa yang ada dalam pikiranku dalam bentuk tulisan.

Namun, lama-lama kalian akan menemukan kok tema atau topik-topik apa yang paling kalian minati untuk terus ditulis. Jadi, kalau masih bingung menentukan topik untuk blog ya let it flow saja dan biar waktu dan tulisan-tulisan kalian saja yang menjawab. Hehe.


6. Mulai Menulis

Setelah poin 1-5 sudah kalian kerjakan, langkah terakhir tapi menjadi paling utama adalah mulai menulis! Ya, mulai aja dulu. Tulis apa yang ada dalam benak kalian.

Tulis satu kalimat awal dan kembangkan menjadi paragraf-paragraf hingga menjadi satu tulisan utuh. Tips dariku, saat awal-awal menulis tidak usah terlalu memikirkan hasilnya nanti akan seperti apa. Coba saja untuk membuat tulisan dulu, kalau terlalu banyak mikir maka kertas kosong akan tetap menjadi kertas kosong.

Jika di awal menjadikan blog sebagai tempat curhat, tidak masalah. Belum mau menulis sesuatu yang berat dan perlu pemikiran serta data tambahan ya nggak apa-apa. Yang terpenting adalah mengambil langkah pertama untuk menulis dan mengunggah hasil tulisan kalian di blog yang telah kalian buat.

Baca juga : Mengapa Menulis?

Ayo semangat dan mulai menulis!

As simple as that ya kelihatannya. Hehe. Tapi teman-teman, ada banyak hal yang harus kita perhatikan dan pahami ketika akan terjun ke dunia blogging. Hal-hal tersebut antara lain :

1. Jangan Berharap Terlalu Tinggi

Di awal aku memang mengatakan seorang blogger bisa memperoleh penghasilan baik dalam bentuk rupiah hingga dollar. Namun jangan berpikir ini terjadi dalam waktu singkat atau instan. Untuk menjadi seorang blogger profesional yang memperoleh penghasilan tinggi butuh waktu yang tidak sebentar dan usaha yang tidak main-main.

Jangan berharap tulisan-tulisan pertama kalian langsung mendapat ratusan bahkan ribuan pembaca. Jangan terlalu berharap di awal kalian menulis, postingan kalian akan langsung bertengger di halaman pertama Google.

Jangan mementingkan dan terlalu memikirkan statistik blog kalian dulu, deh. Viewers masih sedikit, blog belum terindex oleh mesin pencari, DA (Domain Authority) masih di angka yang rendah, semua pasti dilalui oleh blogger pemula. Kalau kata orang Sunda kalem weh! Sabar, karena semua butuh waktu.

Di awal berkegiatan sebagai blogger, yang harus diperhatikan adalah bagaimana kalian menghasilkan konten-konten yang berkualitas dan bermanfaat bagi pembaca. Udah itu dulu deh! Jadi, tidak usah membuang waktu untuk memikirkan penghasilan yang banyak dari ngeblog kalau kalian masih bingung mau menulis tentang apa? Hehe.

2. Percaya Diri

Ini juga permasalahan banyak individu sepertinya, banyak yang ingin nge-blog tapi isin memperlihatkan tulisannya. Ya nggak apa-apa kalau tujuannya hanya untuk self-healing atau nulis di blog sebagai pengganti dari buku diary. Tapi kalau ingin tulisannya dibaca banyak orang dan tujuannya menjadi inspirasi untuk orang lain pastinya harus di publish supaya pembaca tau.

Ini aku alami sebelum tahun 2020 datang, sebelum aku membuat resolusi nge-blog di awal tahun. Tahun-tahun yang lalu, ya ampun mana ada yang tau aku punya blog dan hobi menulis? Kalaupun menulis sebisa mungkin aku keep saking malunya tidak ingin tulisannya di baca orang. Haha.

Kemudian, setelah melalui pertapaan panjang aku memberanikan diri untuk membagikan tulisanku di berbagai media sosial. Tujuan jangka panjangku kan supaya bisa jadi freelancer, kalau tidak ada yang membaca tulisanku lalu bagaimana aku bisa dapat kesempatan menjadi freelance writer?

Yuk, yuk singkirkan rasa malu dan mulai untuk menjadi lebih percaya diri. Kalian kan tidak pernah tau apa yang akan terjadi di luar zona nyaman kalian kalau tidak berani keluar dari sana.


3. Konsisten

Menjadi penulis yang menghasilkan tulisan bagus, berisi serta enak dibaca itu bukan sesuatu yang instan. Perlu latihan terus menerus supaya jari jemari ini terlatih untuk menulis sesuai dengan kaidah penulisan yang benar.


Seorang blogger tentunya harus konsisten mengupdate blog mereka agar pembaca notice akan keberadaan dirinya sebagai blogger. Konsisten dalam menulis juga bisa membuat orang-orang tertarik untuk berkunjung dan membaca blog kita.

Konsistensi dalam menulis juga membantu kita menjadikan aktivitas menulis ini sebagai salah satu kegiatan sehari-hari. Kalian bisa membuat jadwal menulis untuk membangun konsistensi menulis. Ikuti jadwal tersebut kalaupun di kemudian hari ada suatu hal yang membuat kalian tidak bisa menulis, kalian sudah menemukan ritme kapan waktu yang tepat untuk menulis.

Kalau bisa, biasakan meluangkan waktu setiap hari untuk menulis. Meskipun dalam satu hari tidak akan jadi satu tulisan, latihan ini perlu dilakukan untuk membentuk konsistensi kita dalam menulis.

4. Tekun Belajar

Banyak membaca, banyak bertanya, aktif berkegiatan bersama para blogger lain, ikuti berbagai macam kelas menulis atau blogging. Kalau kita mau berkembang ya harus mau menimba ilmu yang sifatnya dinamis dan terus berkembang juga sesuai zamannya.

Jangan pernah berpikir pencapaian kita saat ini sudah berada di puncaknya, atau ilmu yang kita miliki saat ini sudah sangat banyak dan tidak perlu ditambah lagi. Kita harus selalu siap mengosongkan gelas dan mengisinya terus, agar pengetahuan yang kita miliki tidak mandeg dan tertinggal oleh yang lain.

5. Nikmati Prosesnya

Kalau teman-teman serius ingin menjadi seorang blogger, mulai lah dan nikmati proses panjang ini. Aku kenal teman-teman lain sesama blogger yang sudah mulai nge-blog sejak 9, 10 bahkan 11 tahun yang lalu. Wow banget kan?! Apalah arti diriku yang baru mau setengah tahun nge-blog? Haha.

Harusnya, kalau kalian memang memiliki minat dalam bidang kepenulisan dan senang menulis tentunya kegiatan nge-blog ini menjadi hobi yang selalu menyenangkan saat dilakukan.

Aku pun demikian, menjadikan kegiatan blogging ini sebagai suatu hobi yang ku nikmati saat mengerjakannya. Bahkan saat ada job untuk menulis, aku selalu enjoy dalam menjalaninya. Jangan dibuat beban karena nantinya kesenangan dalam kegiatan nge-blog ini pasti akan berkurang. Ya nggak seru dong kalau salah satu hobi kita jadi kegiatan yang nggak asik, ya kan?

Aku pikir tulisan di atas sudah cukup untuk memberi pandangan pada teman-teman yang tertarik menjadi seorang blogger. Apabila masih ada yang ingin ditanyakan atau didiskusikan aku sendiri feel free loh dihubungi via sosial media manapun termasuk japri. Atau kalian bisa membaca-baca tulisanku yang lain dengan label Blogging dan Literasi pada blog ini.

Semoga apa yang aku tuliskan ini bisa membantu kalian menemukan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan seputar kegiatan blogging. Semoga bermanfaat ya.

Sukabumi, 12 Juni 2020

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar