Review Duo Serum Scarlett : Niacinamide 5% dan Retinol Serum

scarlett-niacinamide-retinol-serum

Buat teman-teman yang ngikutin blog saya, kayaknya baru kemarin ya saya review produk shampoo dari Scarlett by Felicya Angelista yaitu Scarlett Yordanian Sea Salt Shampoo and Conditioner.

Dalam tulisan kali ini, saya mau review produk lain dari Scarlett yaitu dua serum yang jadi andalan saya belakangan ini, Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract Serum dan Skin Smoothing Retinol Serum. Agak panjang yaa namanya, selanjutnya saya sebut Niacinamide 5% dan Retinol Serum aja deh ya..

By the way, dua bulan terakhir ini saya lagi ikutan Kampung Bakat dari Kampung Komunitas Ibu Profesional. Di sana, saya mengambil Kabin Kecantikan dan Kebugaran.

Di Kabin Keantikan dan Kebugaran tersebut, salah dua dari bahan untuk skincare yang dibahas adalah Niacinamide dan Retinol yang punya manfaat luar biasa bagi kulit. Kedua bahan ini terkandung dalam produk Scarlett Niacinamide 5% dan Retinol Serum.


Saya sendiri mencoba kedua produk ini karena permasalahan kulit yang saya alami belakangan ini nampaknya bisa teratasi apabila menggunakan skincare dengan kandungan Niacinamide dan Retinol. Seperti yang teman-teman ketahui, saya adalah pengguna skincare Scarlett sejak lama dan udah ngerasa klik sama produk ini, jadi tiap ada produk baru Scarlett yang launching pasti ingin memiliki deh! Hehe.

Sudah dua minggu ini saya menggunakan Scarlett Niacinamide 5% dan Retinol Serum untuk mengatasi beberapa masalah kulit seperti kulit kusam, bekas jerawat dan kekhawatiran saya terhadap sinar UV karena saya sudah mulai rutin beraktivitas di luar rumah (anter jemput anak sekolah. Hehe!).

Review Scarlett Niacinamide 5% dan Retinol Serum

review-serum-scarlett-niacinamide-retinol

Scarlett Niacinamide 5% dan Retinol Serum sudah terdaftar BPOM dan tidak mengandung bahan-bahan berbahaya seperti merkuri atau hydroquinone. Selain itu, keaslian produk juga dapat langsung dicek melalui website https://verify.scarlettwhitening.com/.

Langsung aja ya ke review produk dan pengalaman saya menggunakan Scarlett Niacinamide 5% dan Retinol Serum selama kurang lebih 2 minggu terakhir ini.

Packaging

Buat teman-teman yang sudah pernah mencoba produk serum dari Scarlett yang lain seperti Acne Serum, Glowtening Serum maupun Brightly Ever After Serum, kemasan dari Scarlett Niacinamide 5% dan Retinol Serum ini nggak jauh berbeda.

Seperti biasa, kemasan primernya berupa botol kaca dengan tutup pipet yang juga digunakan sebagai aplikator untuk menuang isi serum. Kemasan sekundernya berupa box dengan ornamen bunga-bunga yang mempercantik packagingnya.

Yang membedakan antara Scarlett Niacinamide 5% Serum dengan Scarlett Retinol Serum adalah warna kemasannya. Untuk Scarlett Niacinamide 5% Serum kemasannya berwarna ungu dan putih, sementara Scarlett Retinol Serum kemasannya bernuansa hijau dan putih.

Pada kemasan tertera jelas nama produk beserta manfaatnya untuk kulit, ukuran produk yakni 15 ml / 0.5 fl. oz, kandungan lengkap, nomor registrasi BPOM, industri kosmetik yang memproduksi produk ini beserta alamatnya, cara pemakaian, cara penyimpanan dan terakhir adalah informasi barcode dan nomor seri produk yang bisa digunakan untuk mengecek keaslian produk.

Kandungan dan Manfaat Produk

Kandungan dan manfaat dari masing-masing serum tentu berbeda ya. Saya sendiri menggunakan Scarlett Niacinamide 5% Serum khusus untuk di pagi hari dan Scarlett Retinol Serum khusus di malam harinya. Kita bahas satu per satu yuk apa saja kandungan utama dan manfaat kedua serum ini untuk kulit wajah!

Scarlett Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract Serum

Manfaat utama dari Scarlett Niacinamide 5% Serum adalah membantu merawat skin barrier dan mencerahkan kulit wajah. Saya pribadi mencoba produk ini karena memang ingin membuat kulit lebih halus dan cerah terutama setelah muncul jerawat hormonal yang bekasnya itu agak gengges ya..

Adapun kandungan dari Scarlett Niacinamide 5% ini yaitu :

Niacinamide 5%

Berfungsi untuk merawat skin barrier, mencerahkan kulit dengan lebih rata dan membantu menyamarkan noda gelap pada kulit wajah.

Beta Glucan

Memiliki manfaat untuk melindungi kulit dari tanda penuaan dini yang disebabkan oleh efek buruk akibat paparan sinar UV.

Creatine

Menyejukkan wajah dan melembabkan kulit.

Allantoin

Melembabkan kulit dan membantu menyejukkan kulit yang teriritasi ringan.

Triple Ceramide Complex

Membantu melembabkan kulit dan mengencangkan kulit wajah.

7 Phyto Extract

Terdiri dari 7 phyto extract yaitu Moringa, Mugwort, Chamomile, Bifida Fermant, Pomegranate, Lotus dan Centella asiatica extract.

Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum

Serum yang khusus digunakan di malam hari ini bermanfaat untuk membantu mencegah tanda-tanda penuaan dini, menghidrasi kulit serta menghaluskan kulit wajah.

Power ingredients dari serum ini adalah :

Encapsulated Retinol

Menyamarkan garis-garis halus di wajah, mengangkat sel kulit mati dan merawat kekencangan kulit.

Pomegranate Extract

Bermanfaat untuk melindungi kulit dari efek buruk akibat paparan sinar UV sekaligus melawan bakteri penyebab jerawat.

Hexapeptide-8

Mencegah tanda-tanda penuaan dini, menghidrasi kulit dan menyejukkan kulit yang mengalami iritasi ringan.

Allantoin

Menghidrasi dan menghaluskan kulit.

Tekstur, Warna dan Aroma

Warna yang ditunjukkan oleh Scarlett Retinol Serum yakni putih susu sementara untuk Scarlett Niacinamide 5% Serum warnanya bening tapi agak keruh sedikit.

Kedua serum ini tidak mengeluarkan aroma parfum yang menyengat melainkan hanya aroma light yang sama sekali nggak mengganggu dan justru membuat nyaman saat digunakan.


Sementara itu, untuk tekstur dari Scarlett Niacinamide 5% Serum lebih cair dibandingkan tekstur Scarlett Retinol Serum yang lebih kental. Akan tetapi, kedua serum ini mudah diblend dan diaplikasikan ke wajah. Waktu penyerapannya ke dalam kulit pun cepat sehingga tidak butuh waktu lama untuk bisa lanjut ke penggunaan skincare berikutnya.

Petunjuk Pemakaian dan Penyimpanan

Baik Scarlett Niacinamide 5% Serum maupun Scarlett Retinol Serum memiliki petunjuk penyimpanan yang sama yakni,
Simpan di tempat yang sejuk dan kering. Hindari kontak dengan matahari langsung. Tutup rapat kembali kemasan setelah digunakan.

Yang membedakan dari kedua serum ini adalah petunjuk pemakaiannya :

Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract Serum

Teteskan 2 - 3 tetes serum, usap dan pijat merata pada kulit wajah. Diamkan beberapa saat agar serum meresap ke kulit wajah.

Serum ini bisa digunakan baik di pagi maupun malam hari.

Skin Smoothing Retinol Serum

Digunakan pada malam hari saja. Teteskan sebesar ujung jari dan oleskan ke wajah juga leher yang telah dibersihkan. Lanjutkan dengan pemakaian pelembab.

Alasan mengapa Scarlett Retinol Serum ini digunakan di malam hari adalah karena proses regenerasi kulit lebih maksimal terjadi di malam hari.

Selain itu, ada catatan kecil juga untuk perlahan-lahan dalam menggunakan Scarlett Retinol Serum yakni dimulai dari 2 atau 3 kali seminggu di awal pemakaian dan ditingkatkan pemakaiannya ketika tidak ada efek negatif yang terjadi di kulit.

Pengalaman Menggunakan Scarlett Niacinamide 5% dan Retinol Serum

Saya excited sekali ketika paket duo serum Scarlett saya datang. Saya membeli kedua produk ini dengan harga masing-masing serum yaitu Rp75.000,- di Official Store Scarlett Whitening.

For your information, Scarlett Niacinamide 5% Serum aman digunakan untuk ibu hamil karena kandungan asalnya yaitu vitamin B. Akan tetapi, untuk Scarlett Retinol Serum sebaiknya tidak digunakan untuk wanita yang sedang hamil. Catatan ini pun tertera di kemasan produk ya.

warning-pemakaian-scarlett-retinol-untuk-ibu-hamil
Catatan untuk Bumil!

Saya menggunakan Scarlett Niacinamide 5% Serum setiap hari di pagi hari selama kurang lebih 2 mingguan ini. Efek yang saya rasakan setelah menggunakan serum ini wajah terasa lebih lembab tapi tidak berlebihan, wajah saya juga terlihat lebih cerah dan yang jelas ketika akan muncul tanda-tanda akan berjerawat, keder tuh nggak jadi muncul. Neomu johaa~

Akan tetapi, dua minggu setelah menggunakan Scarlett Niacinamide 5% Serum bekas-bekas jerawat yang ada di wajah saya belum hilang sepenuhnya. Kayaknya sih agak memudar tapi efek ini belum terlalu kelihatan. Sabar deh, lanjut dulu pemakaiannya karena saya merasa cocok dan tidak merasakan keluhan sejak pertama menggunakan serum ini.

Untuk Scarlett Retinol Serum, saya hanya menggunakannya dua kali seminggu setiap malam hari. Alasannya adalah dari berbagai sumber yang saya baca, untuk pemula yang baru pertama menggunakan retinol, salah satu efek negatif yang bisa dirasakan adalah kulit menjadi lebih kering. Ini biasanya dirasakan oleh pemilik kulit sensitif.

Alhamdulillahnya, sejak pemakaian pertama sama seperti setelah menggunakan Scarlett Niacinamide 5% Serum, saya tidak merasakan keluhan seperti kulit kering, kemerahan, breakout dan sebagainya. Namun, untuk berjaga-jaga saya tetap menggunakannya hanya dua kali dalam seminggu. Jadi, so far kurang lebih baru 4 kali pemakaian nih.

scarlett-serum-niacinamide-retinol
Before - After 2 Weeks Pemakaian Scarlett Niacinamide 5% dan Retinol Serum

Efek yang saya rasakan di pagi hari setelah menggunakan Scarlett Retinol Serum adalah kulit terasa lebih segar dan kenyal. Entah ini euforia kesenengan nyobain retinol apa gimana tapi beneran abis bangun tidur wajah terasa lebih ternutrisi dan terasa lembut juga halus. Seneng deh!

Repurchase or No?

Satu-satunya yang saya sayangkan dari produk ini adalah ukurannya yang mini banget, cuma 15 ml. Kalau digunakan setiap hari, bakal lebih cepet repurchase kedua produk ini ya kan? Hehe.

Overall, serum dari Scarlett belum ada yang mengecewakan buat saya dan udah tentu pemakaian Scarlett Niacinamide 5% Serum dan Scarlett Retinol Serum bakal saya lanjutkan kembali.

Habis ini, nyobain produk Scarlett yang mana lagi ya?

Sukabumi, 6 Agustus 2022

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Hmm jadi pengen nyoba deh, thank you reviewnya mba👍

    BalasHapus