Scarlett Glowtening - Acne Series, Beneran Bikin Kulit Glowing?

scarlett glowtening acne series

Sejak drama Korea dan K-Pop hadir dan digemari oleh berbagai lapisan masyarakat di Indonesia, kiblat fashion maupun make-up seolah-olah berubah haluan dari a la Hollywood style menjadi Korean style.

Menonton drama Korea dan melihat performa idol K-Pop di atas panggung, membuat perhatian para penggemarnya tak luput dari wajah mulus tanpa cela mereka. Kulitnya licin banget, glowing, shining, shimering, splendid. Ulala~ siapa yang nggak mau kayak mereka?


Yang bikin amaze lagi adalah, look para eonni yang seolah tidak menua meski usianya semakin bertambah. Euleuh, bikin penasaran pakai skin care apa mereka? Tak ayal, skin care asal Korea pun booming dan dipercaya dapat membuat kulit tampak glowing dan sehat layaknya wanita-wanita Korea.

Sekarang ini, nggak perlu kita repot-repot berburu skin care Korea lagi sebab produk lokal pun ternyata oke punya untuk membuat kulit cerah, sehat dan glowing. Salah satu produk yang nggak pernah mengecewakan saya adalah Scarlett by Felicya Angelista.

Di tulisan kali ini, saya mau bercerita tentang pengalaman saya menggunakan face care terbaru dari Scarlett yang katanya bisa bikin kulit terlihat glowing secara alami. Uwow!

Urutan Menggunakan Face Care

Sejak kenal dengan rangkaian face care dari Scarlett by Felicya Angelista ini, saya susah dan males banget untuk nyoba-nyoba merk lain karena merasa bahwa produk ini cocok banget dengan apa yang kulit wajah saya butuhkan.

Surprisingly, saya juga jadi rajin menggunakan rangkaian skin care wajah lengkap, mulai dari facial wash sampai krim wajah. Tadinya, inget cuci muka aja alhamdulillah. lol!

Ternyata, menggunakan serangkaian skin care wajah memang sepenting itu untuk kesehatan kulit. Dengan rutin menggunakan face care yang cocok dengan jenis kulit kita, artinya kita berusaha untuk mencegah penuaan dini, mengatasi permasalahan kulit wajah, mengurangi resiko timbulnya masalah kulit wajah, membuat kulit kita lebih cerah, melindungi kulit ketika kita akan atau setelah menggunakan make-up dan membuatnya tetap sehat.

Adapun urutan dari penggunaan face care yang tepat adalah sebagai berikut :

Facial Wash

Langkah pertama adalah dengan mencuci wajah menggunakan produk facial wash. Fungsinya adalah untuk mengangkat sebum dan sel kulit mati yang ada pada wajah. Selain itu, rutin membersihkan wajah dengan facial wash juga dapat mencegah iritasi, serta menjaga kesegaran dan kelembaban alami pada wajah. 

Toner

Setelah membasuh muka dan mencucinya dengan sabun wajah, langkah selanjutnya adalah menggunakan toner. Fungsinya adalah sebagai double cleansing, mengangkat sisa kotoran yang ada pada wajah termasuk sisa-sisa make-up.

Di samping itu penggunaan toner juga memiliki fungsi untuk melembabkan kulit, mengatasi jerawat hingga menyeimbangkan pH pada kulit wajah.

Serum

Serum digunakan setelah kita membersihkan wajah dan sebelum menggunakan moisturizer atau krim wajah. Serum ini sendiri fungsinya tergantung pada jenis serum yang kita gunakan, tentunya disesuaikan dengan jenis kulit dan permasalahan kulit wajah yang dihadapi.

Beberapa tipe serum yang biasa digunakan adalah serum anti-aging, serum untuk mencerahkan wajah seperti Scarlett Brightening Serum, serum untuk kulit berjerawat seperti Scarlett Acne Serum dan serum untuk melembabkan wajah bagi yang memiliki wajah kering.

Krim Pagi / Malam

Krim wajah ini merupakan langkah terakhir dalam rangkaian penggunaan face care. Krim wajah sendiri biasanya terbagi menjadi krim pagi dan malam hari. Fungsi serta perbedaan antara krim pagi dan malam hari sudah pernah saya tuliskan dalam tulisan "Say Bye to Acne dengan Scarlett Acne Day Cream dan Acne Night Cream".

Nah, yang akan saya review dalam tulisan ini adalah Scarlett Acne Essence Toner dan duo serum ajaibnya yaitu Scarlett Acne Serum dan Scarlett Glowtening Serum.

face care scarlett by felicya angelista
My new face care collection ;)

Scarlett Acne Essence Toner

scarlett acne essence toner

Jujur sejak Scarlett mengeluarkan acne essence toner ini, saya langsung penasaran banget segimana bagus dan enaknya digunakan di kulit saya. Sebab, so far saya cocok menggunakan acne cream dan serumnya.

Akhirnya nggak ragu untuk mencoba "Scarlett Acne Essence Toner" karena produk ini sudah teregistrasi BPOM dengan nomor registrasi NA 18210104716. Selain itu, produk ini tidak diujicobakan pada hewan, serta teregistrasi tidak mengandung merkuri maupun hydroquinone.

Packaging

botol scarlett acne essence toner

"Scarlett Acne Essence Toner" dikemas dalam botol plastik berukuran 100 ml. Label cute bernuansa keunguan menghiasi botol bening tersebut. Dikemas juga dalam kemasan sekunder berupa box.

Pada kedua kemasan, baik kemasan primer maupun sekundernya dilengkapi dengan informasi mengenai produk. Mulai dari nama produk, kandungan, nomor registrasi BPOM, serta petunjuk penggunaan dan penyimpanan.

Sebagai penanda keaslian produk, pada kemasan juga dilengkapi dengan nomor batch, barcode serta label hologram. Ada juga tanggal kadalwarsa sebagai petunjuk untuk konsumen yang menggunakannya.

Botolnya yang merupakan botol pump, sangat memudahkan user untuk menggunakannya. Ukurannya yang tidak terlalu besar pun membuat produk ini travel friendly.

Kandungan dan Manfaat

kandungan toner scarlett acne series

Sebagaimana namanya, "Scarlett Acne Essence Toner" diperuntukkan bagi teman-teman yang memiliki masalah kulit berminyak, rentan berjerawat dan sensitif. Setidaknya ada 8 kandungan utama dalam produk ini yang masing-masing memiliki manfaat bagi kulit wajah :

Zinc Sebum

Meminimalisir kemerahan yang diakibatkan oleh jerawat.

Green Tea Water dan Tea Tree Water

Memiliki sifat antimikroba, membantu menenangkan dan merawat kulit berjerawat.

Phyto Squalene

Sebagai anti-inflamasi yang berfungsi untuk mengatasi kemerahan serta terjadinya pembengkakan.

Mugwort Hydrosol

Melindungi, menutrisi dan menghidrasi kulit.

Vitamin C

Meningkatkan produksi kolagen.

Ginko Extract

Meningkatkan kelembaban dan kehalusan kulit.

Succinic Acid

Mengontrol dan menyeimbangkan produksi sebum.

Glucunolactone

Mengangkat sel kulit mati dari permukaan kulit dengan lembut, membuat kulit jadi lebih halus dan membantu meratakan warna kulit.

Tekstur

Selayaknya toner pada umumnya, tekstur dari "Scarlett Acne Essence Toner" berupa cairan bening dan memiliki aroma khas yang light dan tidak menyengat. Lucunya, produk ini mengandung butiran-butiran kecil yang nampak seperti boba berwarna keunguan. Cute banget!

Butiran-butiran ini bukan hanya hiasan semata melainkan phyto squalene. Saat diaplikasikan ke kulit, essence sekaligus toner ini cepat menyerap ke kulit dan tidak meninggalkan rasa lengket.

Petunjuk Penggunaan dan Penyimpanan

Setelah membersihkan wajah, tuangkan secukupnya "Scarlett Acne Essence Toner" ke tangan, dapat digunakan dengan atau tanpa kapas. Usapkan secara merata sampai meresap sepenuhnya ke wajah.

- Cara Pakai "Scarlett Acne Essence Toner"

Setelah digunakan, jangan lupa tutup kembali botol pump-nya dengan rapat dan disimpan di tempat yang kering dan terhindar dari paparan sinar matahari langsung.

Scarlett Acne Serum

scarlett acne serum

Sebelum mencoba produk terbaru Scarlett yakni Glowtening Serum, seperti biasa saya mengaplikasikan dulu "Scarlett Acne Serum". Produk mini ukuran 15 ml ini termasuk my favorite, sih. Perjalanan saya menggunakan "Scarlett Acne Serum" dapat teman-teman baca di tulisan "Kebaikan Bahan Alam untuk Cegah dan Atasi Jerawat".

Kemasan

scarlett acne serum pipet

Dikemas dalam botol kaca yang dilengkapi dengan pipet, kemasan "Scarlett Acne Serum" dilengkapi dengan informasi tentang nama produk, kandungan, nomor ijin BPOM dan penanda keaslian produk yakni barcode serta stiker hologram.

Ada pula cara pemakaian, petunjuk penyimpanan serta nomor batch produk serta tanggal kadalwarsanya. Meskipun botolnya berukuran mini, informasinya sudah dicantumkan lengkap di sana.

Kandungan dan Manfaat

"Scarlett Acne Serum" memiliki kandungan utama yaitu tea tree water, salicylic acid, liquorice extract, Jeju Centella asiatica dan vitamin C.

Manfaat dari kandungan utama yang terdapat dalam produk ini antara lain :
  • Membantu melawan bakteri penyebab jerawat
  • Membantu mengontrol kadar minyak berlebih di kulit wajah
  • Mengangkat kotoran penyumbat pori-pori pada kulit wajah
  • Meningkatkan kelembaban dan elastisitas kulit
  • Memberikan perlindungan dari radikal bebas akibat paparan polusi dan sinar UV

Tekstur

Berbasis air, "Scarlett Acne Serum" memiliki tekstur berupa cairan yang nggak oily dan nggak meninggalkan rasa lengket di kulit.

Menurut saya, dengan teksturnya yang seperti ini ditambah dengan produk ini hanya mengeluarkan aroma yang light, memudahkan banget bagi teman-teman untuk lanjut ke penggunaan face care layer berikutnya.

Petunjuk Penggunaan dan Penyimpanan

Teteskan 2 - 3 tetes serum, usap dan pijat secara perlahan sampai merata pada kulit wajah. Diamkan beberapa saat agarserum meresap ke kulit wajah.

- Cara Pemakaian "Scarlett Acne Serum"

Produk ini saya gunakan pagi dan malam hari, tentunya setelah mencuci muka dan menggunakan toner wajah. Setelah digunakan, jangan lupa untuk menutup dan menyimpannya kembali di tempat yang kering, bersih dan terhindar dari sinar matahari langsung.

Scarlett Glowtening Serum

scarlett glowtening serum

Setelah menggunakan acne serum, saya mencoba juga meng-combo-kannya dengan "Scarlett Glowtening Serum" yang katanya dapat membuat kulit wajah tampak glowing alami. Glowing karena sehat tentunya ya, bukan karena banyak kilang minyak. Hehe.

Meskipun tergolong produk yang baru diluncurkan, saya nggak khawatir mencoba produk ini karena sudah teregistrasi BPOM, tidak diujicoba pada hewan dan bebas dari bahan-bahan berbahaya.

"Scarlett Glowtening Serum" ini menarik banget karena infonya cocok untuk semua jenis kulit mulai dari kulit normal, kering, kombinasi, rentan berjerawat dan sensitif.

Packaging

pipet scarlett glowtening serum

Kemasan "Scarlett Glowtening Serum" merupakan botol kaca berisi 15 ml cairan serum. Dikemas lagi dalam box kemasan sekunder. Packagingnya sendiri berwarna pink dan putih.

Informasi yang tertera pada label kemasan sudah lengkap mulai dari nama produk, kandungannya, cara pemakaian dan penyimpanannya serta informasi terkait keaslian produk seperti nomor BPOM, barcode, nomor batch produksi, stiker hologram hingga tanggal kadalwarsanya.

Kandungan dan Manfaat

Mengandung 5 bahan utama yang ketika dikombinasikan ternyata cocok untuk digunakan semua jenis kulit. Manfaatnya pun banyak banget untuk kulit :

Tranexamide Acid

Berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV, meratakan warna kulit serta meredakan peradangan pada kulit.

Calendula Oil

Memiliki sifat anti-inflamasi. Selain mencegah dan mengatasi peradangan, berfungsi juga sebagai anti-aging, mencegah timbulnya jerawat dan melembabkan sekaligus menenangkan kulit.

Olive Oil

Terbukti melembabkan kulit, mengatasi berbagai permasalahan kulit hingga melindungi kulit dari radikal bebas yang disebabkan oleh paparan sinar UV.

Allantoin

Zat yang memiliki antioksidan tinggi sehingga membantu memproduksi kolagen pada kulit.

Licorice Extract

Berfungsi untuk mengatasi radang pada kulit, melembabkan kulit, mencegah timbulnya tanda penuaan dini serta mencerahkan kulit wajah.

Tekstur

scarlett glowtening serum

Berbeda dengan acne serum yang teksturnya cair banget kayak air, "Scarlett Glowtening Serum" memiliki tekstur yang lebih kental dan berwarna putih susu.

Biarpun kental, tapi ketika diaplikasikan ke wajah nggak bikin lengket dan hitungannya cepat terserap ke dalam kulit. After effect-nya, kulit jadi lembab dan auto kelihatan glowing.

Petunjuk Penggunaan dan Penyimpanan

Teteskan 2 - 3 tetes serum, usap dan pijat secara perlahan sampai merata pada kulit wajah. Diamkan beberapa saat agarserum meresap ke kulit wajah.

- Cara Pemakaian "Scarlett Glowtening Serum"

Sama ya penggunaannya dengan "Scarlett Acne Serum" tadi. Penyimpanannya pun demikian, setelah digunakan jangan lupa untuk ditutup rapat kembali botolnya dan simpan di area yang bersih, kering dan tidak terkena sinar matahari langsung.

Pengalaman Menggunakan Scarlett Glowtening - Acne Series

Fyi, saya membeli rangkaian produk Scarlett ini dari Shopee "Scarlett_Whitening" dengan harga Rp75.000,- ajah. Affordable dan worth it banget untuk ukuran produk lokal yang rekomen kayak gini.

Jujur selama dua minggu menggunakan ketiga produk Scarlett ini, yang paling saya suka adalah essence tonernya. Dari awal, gabungan antara essence dan toner ini udah ide yang bagus banget.


Seperti tadi yang sudah saya jelaskan kalau toner ini salah satu fungsinya adalah untuk mengangkat sisa-sisa kotoran serta menyeimbangkan kembali pH kulit wajah, sedangkan essence berguna untuk mempersiapkan kulit kita untuk masuk ke tahap penggunaan face care berikutnya.

Bagian paling nyenengin dari penggunaan essence toner ini adalah adanya sensasi dingin-dingin yang awalnya agak nyelekit di awal pemakaian tapi setelah pemakaian kedua dan seterusnya nggak lagi. Rasa ademnya tuh awet dan bikin kulit lebih calm.
scarlett glowtening acne
Me with My Scarlett Glowtening - Acne Series

"Scarlett Acne Serum" udah nggak perlu ditanya lagi karena sebelumnya saya sudah menghabiskan dua botol serum dan ini merupakan botol ketiga saya. Sudah pernah saya bahas juga sebelumnya, jadi yaa kalo udah cocok emang susah move on saya tuh!

Dan, surprisingly "Scarlett Glowtening Serum" juga cocok di kulit saya. Mulanya agak ragu ya mau coba, soalnya berdasarkan pengalaman nih biasanya produk yang klaimnya membuat kulit glowing itu malah bikin kulit saya berjerawat.

Tapi, setelah pemakaian rutin "Scarlett Glowtening Serum" nggak ada masalah berarti sih di kulit saya. Mungkin juga karena combo dari penggunaan acne seriesnya ya. Efek yang saya rasakan setelah mengaplikasikan serum glowingnya Scarlett ini adalah wajah nampak lebih glowing dan sehat.

Ketika mengaplikasikannya di malam hari sebelum tidur, esok paginya saya merasa kulit saya lebih lembut dan kenyal. Hamdallah~

Penutup

Selain acne series, ada juga Scarlett Brightening Series yang kemasannya berwarna pink. Untuk teman-teman yang memiliki kulit normal, kering maupun kombinasi, bisa mencoba rangkaian produknya ditambah dengan glowtening serumnya.

Semua produk Scarlett by Felicya Angelista ini diklaim aman untuk ibu hamil dan juga menyusui. Meskipun demikian, tetap konsultasikan ke dokter ya sebelum menggunakan produk skin care apapun.


Penutup dari review saya kali ini, overall saya belum menemukan kekurangan dari ketiga produk ini (acne essence toner, acne serum dan glowtening serum) kecuali satu, untuk serumnya kok ukurannya mini banget yaa? Hiks.

Sekian dulu review dari saya, semoga bermanfaat bagi teman-teman yang ingin ikut mencoba rangkaian produk Scarlett Glowtening - Acne Series.

Sukabumi, 1 Februari 2022

Posting Komentar

8 Komentar

  1. sekarang ini emang lagi melejitnya produk scarlett yaa. dan banyak yang bilang kalau produk ini emang sebagus itu. setelah baca artikel ini jadi pengen ikutan nyobain produk scarlett deh

    BalasHapus
  2. Scarlett ini jenis produknya buaanyaaak banget ya. Saya amaze, Masya Allah♡. Saya termasuk acne fighter juga nih. Udah kepala 3, masih aja punya masalah jerawat, huhu.

    BalasHapus
  3. Wiwin | pratiwanggini.net8 Februari 2022 21.43

    Untuk skincare saya paling boros tuh pake serumnya. Meskipun udah diirit-irit tetap aja dia yang paling cepetan habis. Makanya selain mencari yang sesuai kebutuhan, saya lihat-lihat ukuran dan harganya juga. Scarlett serum berukuran 15 ml , ya lumayanlah ya..

    BalasHapus
  4. artis korea itu memang beneran ya kulitnya bening-bening semua. kalau main drama juga make upnya minimalis banget dan pada awet muda semuaaa

    BalasHapus
  5. Aku suka banget lihat packagingnya Scarlett ini minimalis mbak. Aku baru tahu loh ada tonernya, duh pengen banget coba deh.

    BalasHapus
  6. Betul..
    Ukuran serum dari Scarlett Glowtening - Acne Series ini mini banget.
    Tapi bisa jadi ini untuk menjaga kualitas sih yaa.. Kan PAO skincare apalagi serum memang gak lama-lama, tergantung kandungan bahan serum.

    BalasHapus
  7. Produk Scarlet lagi viral nih banyak produk barunya juga dan lengkap
    Aku blm pernah sih pake, tapi pengen coba stlh baca reviewnya. Makasih yaa

    BalasHapus