Jumat, 07 Mei 2021

Kebaikan Bahan Alam Untuk Atasi dan Cegah Jerawat


Mempelajari farmasi bahan alam semasa kuliah dulu membuatku semakin mengerti, bahwa alam menyajikan banyak sekali kebaikan dan manfaat bagi manusia. Nggak heran, slogan "back to nature" menggema di mana-mana.

Tidak hanya bermanfaat sebagai obat, sebagian besar tanaman juga bisa diolah dan digunakan sebagai bahan untuk kosmetik. Dalam mata kuliah "Kosmetika Alami", kami mempelajari berbagai macam bahan alam yang memiliki ragam manfaat dalam dunia kecantikan.

Standar Kecantikan

Ngomong-ngomong soal kecantikan, apa sih definisi cantik menurut teman-teman? Cantik itu relatif, benar nggak? Nggak bisa kecantikan itu di standarisasi.

Kulit cerah, tubuh langsing, hidung mancung, bulu mata lentik, bisa jadi itu definisi cantik menurut si A. Tapi si B, lebih menilai seseorang itu cantik karena inner beauty-nya yang terpancar dari keramahan atau kecerdasannya.

Inget dong ketika Lee Su Ho dan Han Seo Joon dalam drama Korea "True Beauty" tetap memperebutkan Lim Ju Kyung meskipun sudah tau wajah asli Ju Kyung tanpa make up? Jadi memang ya, cantik itu nggak melulu soal fisik yang tampak sempurna tapi juga kharisma yang terpancar dalam diri.


Tapi, menurutku pribadi nih ya, sebagai seorang wanita memang sepantasnya kita menjaga dan merawat kulit tubuh termasuk kulit wajah. Nggak usah demi memberi kesan baik untuk orang lain dulu deh, rawatlah diri kita untuk diri sendiri aja.

Beberapa cara untuk merawat kulit wajah agar tetap sehat adalah dengan mencukupi kebutuhan minum, makan makanan yang sehat, memiliki pola istirahat (tidur) yang baik dan rutin membersihkan wajah serta menggunakan skin care.

Permasalahan Kulit Berminyak : Jerawat

All skin type (freepik)

Dulu, aku tuh males banget untuk masuk ke ranah mengenal skin care. Kenalannya aja sudah nggak mau, apalagi memakainya? Ribet kan ya tuh skin care-an harus bertahap-tahap. Belum nunggu meresapnya, nunggu keringnya. Keburu ngantuk! Udah lah, modal bersih-bersih pakai air wudhu aja.

Ternyata, nggak seperti orang lain yang wajahnya bisa bersinar hanya dengan air wudhu, wajahku kayaknya butuh booster deh. Haha. Permasalahan kulit wajahku yang menurutku ganggu banget adalah kulit berminyak yang rentan menyebabkan jerawat.

Padahal dulu, kulitku itu termasuk normal. Nggak ada masalah dan mulus-mulus aja tanpa bantuan skin care. Yaiyalah, dulunya itu waktu masih SD. Haha! Setelah beranjak remaja, jadi anak ABG, mulai deh merasakan poblematika yang ternyata juga menjadi kebanyakan masalah kulit orang Indonesia, oily skin.

Kulit berminyak ini terjadi ketika kelenjar sebasea yang terdapat pada kulit menghasilkan terlalu banyak sebum. Sebum sendiri adalah minyak alami yang memiliki manfaat untuk melapisi kulit dan rambut. Kalau sebumnya terlalu banyak, ya kebayang dong wajah akan tampak mengkilap dan berkilau.

Sayangnya, kondisi too oily ini bisa menimbulkan masalah baru yaitu mudahnya jerawat untuk muncul pada permukaan kulit. Sebabnya adalah kotoran akan lebih mudah menempel, juga sel-sel kulit mati yang seharusnya terlepas justru malah susah lepas pada si pemilik oily skin ini. Akibatnya, kotoran dan sel kulit mati tersebut menyumbat pori-pori. Inilah yang kemudian menyebabkan timbulnya jerawat.

Kulitku sendiri sebenarnya bukan yang terlalu oily gitu, sih. Hanya di sekitar T-zone yang kerasa banget agak berlebihan sebumnya dibandingkan bagian wajah lainnya. Sebetulnya jenis wajah ini lebih cocok disebut tipe kombinasi kali ya, tapi karena permasalahan jerawat sering muncul ya aku pasti mencarinya produk untuk mengatasi dan mencegah jerawat.

Bahan Alami Untuk Mengatasi dan Mencegah Jerawat

Ngomongin soal produk untuk mengatasi dan mencegah jerawat, aku sendiri lebih prefer menggunakan produk yang berbahan dasar bahan alami. Selain untuk meminimalisir resiko terhadap kulit wajah, hasil yang diberikan oleh produk berbahan dasar alami itu akan tampak lebih natural dan make sense. Maksudnya, hasilnya nggak instan tapi slowly but sure.


Serem banget kan, kalau kita memakai suatu produk dan hasilnya langsung terasa dalam hitungan hari atau jam. Mencurigakan banget, jangan-jangan mengandung merkuri atau hidroquinone. Untungnya, saat ini sudah banyak skin care yang mengusung konsep back to nature. Beberapa bahan alami yang biasa digunakan sebagai bahan skin care anti acne antara lain :

Centella asiatica (Pegagan)

Tanaman Centella asiatica (L.) Urban (wikipedia.id)

Tanaman liar yang banyak ditemukan di tepian sawah, pinggir jalan juga perkebunan ini ternyata memiliki banyak manfaat. Selain untuk kesehatan, ekstrak daun pegagan juga menunjukkan banyak manfaat di bidang kecantikan.

Centella asiatica memiliki fungsi bagi kulit wajah di antaranya untuk menjaga kelembaban, mengurangi peradangan, mencegah dan mengurangi kerusakan kulit, serta mempercepat penyembuhan luka pada kulit.

Tea Tree Water

Tea tree water dari tanaman Melaleuca alternifolia

Tea tree water merupakan olahan yang didapat dari ekstrak tanaman Melaleuca alternifolia. Jadi, nggak ada hubungannya sama tanaman teh yang banyak tumbuh di daerah pegunungan dan biasa kita konsumsi itu ya, ternyata. Hehe.

Tanaman Melaleuca alternifolia ini originalnya dari Australia, namun beberapa spesiesnya juga ditemukan di daerah Indonesia. Tea tree water ini bermanfaat untuk melawan bakteri penyebab jerawat, melembabkan kulit, membantu mengurangi bruntusan serta minyak di wajah.

Vitamin C


Manfaat vitamin C dalam dunia kecantikan sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Vitamin C berguna untuk membantu menghilangkan flek dan bekas jerawat, mencegah dan melindungi kerusakan sel juga jaringan kulit akibat paparan radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini pada kulit.

Liquorice Extract

Liquorice extract

Ekstrak liquorice ini didapatkan dari tanaman akar manis. Tanaman ini banyak tumbuh di Indonesia dan umum digunakan sebagai pemanis alami. Akan tetapi ternyata tanaman akar manis atau liquorice ini juga memiliki segudang manfaat untuk kecantikan.

Ekstrak liquorice berfungsi untuk menutrisi kulit, melindungi kulit dari paparan sinar matahari, mengatasi jerawat dan kulit kemerahan, mencegah hiperpigmentasi, dan menyerap kelebihan minyak di wajah.

Dari sekian yang aku sebutkan di atas, ada satu brand yang mengkombinasikan bahan-bahan tersebut menjadi sebuah produk anti acne. Melihat review jujur di mana banyak yang cocok dengan produk tersebut, akupun penasaran dan akhirnya ikut mencoba produk tersebut. Produk tersebut adalah Scarlett Acne Serum.

Untuk melengkapi rangkaian face care dari Scarlett Whitening, aku juga mencoba Scarlett Brightening Facial Wash-nya.

Scarlett Brightening Facial Wash


Sebelum menggunakan serum, tentu wajah kita harus dibersihkan terlebih dahulu. Rutin menggunakan facial wash adalah salah satu cara agar wajah kita senantiasa bersih. Sudah sekitar 2 mingguan ini aku menggunakan facial wash dari Scarlett Whitening.

Sebelumnya, aku hanya tahu kalau Scarlett Whitening by Felicya Angelista merupakan brand body care. Ternyata, sekarang produk mereka berkembang hingga meluncurkan face care. Scarlett Brightening Facial Wash memiliki beberapa kandungan utama yaitu glutathione, vitamin E, rose petal dan Aloe vera.

Glutathione akan membantu meningkatkan kelembapan dan elastisitas kulit, memberikan perlindungan dari radikal bebas serta mencerahkan kulit. Vitamin E berfungsi untuk melembapkan kulit, membantu mengatasi peradangan dan menenangkan kulit.

Rose petal akan membuat kulit wajah lebih segar, sedangkan kandungan terakhir yaitu Aloe vera membantu menangkan kulit dan meredakan peradangan kulit, serta melembapkan dan menghaluskan wajah.

Packaging


Kemasan dari Scarlett Brightening Facial Wash ini berbentuk botol bening berukuran 100 ml. Dari luar botol, kita dapat melihat isi dari facial wash berupa cairan bening berupa gel yang dihiasi dengan bulir berwarna pink serta rose petal. Cantik deh visual dari produk ini.

Pada botol yang dibuka dengan sistem flip-top ini terdapat beberapa informasi seputar produk seperti kandungan produk, manfaatnya, cara pemakaian, tanggal kadalwarsa serta nomor registrasi BPOM. Oiya, dilengkapi juga dengan stiker hologram yang menandakan kealsian produk.

Tekstur, Warna dan Wangi

Tekstur dari Scarlett Brightening Facial Wash berupa cairan yang tidak terlalu padat tapi tidak terlalu encer juga. Facial wash ini jenis yang berbusa jika kita campurkan dengan air, tapi busanya nggak terlalu banyak. Warnanya bening disertai dengan yang sudah aku sebutkan tadi, bulir-bulir berwarna pink serta beberapa helai kelopak mawar.


Wanginya segar aroma bunga-bungaan, lembut dan tidak menyengat. Pas lah untuk hidung ketika wajah kita diusap dengan facial wash tersebut. Setelah dibasuh dengan air, kulit wajah akan terasa lebih segar juga lembab.

Cara Pemakaian

Tuangkan secukupnya facial wash ke telapak tangan. Usap merata ke seluruh area wajah, lalu bilas dengan air. Gunakan secara rutin setiap hari, pagi dan malam untuk hasil yang lebih maksimal.

-Cara pemakaian Scarlett Brightening Facial Wash

Selama 2 mingguan menggunakan produk ini, tidak ada masalah yang terjadi pada kulit wajahku. Wajahku selalu terasa lebih segar dan lembab setelah menggunakan facial wash ini. Setelah mengeringkan wajah, kulit wajah juga terasa lebih halus.

Scarlett Brightening Facial Wash juga nggak membuat kulitku jadi terlalu lembab atau terlalu kering. Pas aja gitu kelembabannya. Nggak bikin wajah ketarik juga. Normal aja kayak biasa setelah pakai produk ini.

Meskipun demikian, efek mencerahkan dari produk ini belum terlalu terlihat di wajahku. Aku juga nggak berharap wajahku akan langsung cling-cling kayak idol K-Pop. Haha. Kita lanjutkan saja dulu pemakaiannya dan tunggu mencerahkannya setelah pemakaian beberapa minggu ke depan (lagi).

Scarlett Acne Serum


Ini dia, produk berbasis bahan alam yang diklaim mampu menuntaskan masalah jerawat. Banyaknya review dari beauty enthusiast terhadap produk ini membuatku penasaran, se-magic apa sih produk baru berupa serum anti acne dari Scarlett Whitening ini?

Produk ini memiliki kandungan utama dari bahan alam yaitu tea tree leaf water, Jeju Centella asiatica, liquorice extract, vitamin C dan dikombinasikan dengan salicylic acid yang berfungsi untuk meredakan peradangan yang terjadi akibat jerawat, mengangkat kotoran penyumbat pori-pori yang berpotensi menjadi komedo.

Sementara itu, klaim dari Scarlett Acne Serum sendiri adalah :

- Membantu menyembuhkan jerawat meradang, jerawat batu, kulit kemerahan dan iritasi.
- Membantu meregenerasi dan menjaga kulit yang sensitif tanpa menimbulkan iritasi.
- Membantu menenangkan kulit, menghaluskan dan membantu memudarkan bekas jerawat atau luka.
- Membantu mencerahkan kulit secara aman karena menggunakan liquorice extract dan vitamin C yang juga berfungsi sebagai oxidant dan anti polusi.
- Membantu kadar minyak berlebih di kulit.

Packaging


Kemasan dari Scarlett Acne Serum ini adalah botol kaca dengan pipet yang berisi 15 ml serum. Cover dari kemasan ini berwarna lilac (keungunan) dengan hiasan bunga-bunga. Manis deh packagingnya. Scarlett Whitening mengeluarkan 2 jenis serum, selain untuk acne ada juga Scarlett Brightly Ever After Serum yang kemasannya berwarna pink.

Pada kemasan tercantum beberapa informasi seperti kandungan produk, manfaatnya, cara pemakaian, tanggal kadalwarsa serta nomor registrasi BPOM yaitu 18200104454. Oiya, dilengkapi juga dengan stiker hologram yang menandakan kealsian produk.

Tekstur, Warna dan Wangi

Karena produk ini basisnya adalah air, jadi teksturnya ya cair. Nggak lengket sama sekali dan tentunya nggak oily. Mudah banget mengambil dan meneteskan serum ini menggunakan pipet yang tersedia. Cairan dari serumnya bening, aromanya tipis tapi aku bisa mencium aroma herbal gitu.


Setelah diaplikasikan ke wajah, cepat meresap dan nggak bikin kulit lengket. Langsung bikin kulit terasa halus malahan. Haha. Dengan tekstur yang seperti ini, akan mempermudah teman-teman ketika ingin menggunakan produk skin care tahap berikutnya.

Cara Pemakaian

Teteskan 2-3 tetes serum, usap dan pijat secara perlahan sampai merata pada kulit wajah. Diamkan beberapa saat agar serum meresap ke kulit.

-Cara pemakaian Scarlett Acne Serum

Aku menggunakan produk ini pagi setelah mandi dan malam setelah membersihkan wajah menggunakan facial wash. Awalnya, saat pemakaian pertama kali aku merasa ada efek hangat dari serum ini. Udah mikir jangan-jangan nggak cocok atau gimana nih?!

Tapi, efek tersebut hanya muncul saat penggunaan pertama kali. Besoknya sudah biasa aja. Hasilnya yang langsung terasa di kulitku adalah lebih terasa halus dan lembut. Nggak bikin kering dan nggak bikin yang lembab banget gitu. Pas!

Saat hari pertama memakai serum ini, pas banget ada jerawat satu biji di dagu. Emang pas lagi PMS, sih. Setelah sekitar 3 harian menggunakan serum ini jerawatnya mulai kering dan mengecil. Setelahnya hilang tapi masih ada bekasnya.

Day 1, yang di dagu keliatan kan?

Wajahku bukan tipe yang acne prone, tapi jerawatnya itu muncul satu lalu hilang, lalu ada lagi satu. Jadi bekas jerawat yang lama belum hilang, ada lagi yang baru. Kan kzl ya... Setelah 2 mingguan menggunakan produk ini, sempet ada jerawat satu lagi muncul di dahi. Tapi nggak lama langsung hilang. Jerawat di dagu sudah hilang, tapi bekasnya masih tersisa.

After 2 weeks, tersisa bekas jerawat di dagu

Kesimpulannya, aku akan tetap melanjutkan menggunakan produk ini. Nggak ada masalah yang berarti setelah pemakaian Scarlett Acne Serum dan aku suka efek yang ditimbulkan serum ini ke wajahku.

Jangan Lupa Hidup Sehat!

Kedua produk dari Scarlett Whitening yaitu Scarlett Whitening Facial Wash dan Scarlett Acne Serum ini bisa didapatkan secara online melalui Shopee "Scarlett_whitening" dengan harga Rp75.000,-.


Selain menggunakan skin care untuk mengatasi dan mencegah masalah jerawat, yang terpenting harus dilakukan adalah menjaga pola hidup sehat.


Jangan lupa minum air putih yang cukup, jangan malas membersihkan wajah setelah menggunakan make-up, jangan lupa dirutinkan lagi makan makanan yang mengandung antioksidan tinggi serta beristirahatlah yang cukup.

Produk ini cocok di aku, belum tentu efek yang sama akan dirasakan oleh teman-teman ya. Jadi, ya bijaklah dalam memilih skin care yang cocok dengan jenis kulit wajah kalian.

Aku sendiri kayaknya tertarik sih untuk mencoba Scarlett Acne Day dan Scarlett Acne Night Cream-nya. Tapi, tunggu efek nyata dari serumnya dulu deh. Hehe.

Sekian dulu informasi yang dapat aku bagikan. Semoga bermanfaat!

Sukabumi, 7 Mei 2021

15 komentar:

  1. Tadinya saya berharap ada petunjuk cara memanfaatkan daun pegagan untuk kecantikan kulit. Eh ..., Ujung-ujungnya ke produk berkimia juga. he he ... Gak apa-apa. Yang penting setelah membaca artikel ini, pengetahuan saya bertambah. Terima kasih ananda Ima.

    BalasHapus
  2. Memang Scarlett ini favorit banyak orang, mba
    karena harga super affordable dan teruji bgt efektif hempas manja si jerawat yak.
    daku jg pakai bodycare-nya

    BalasHapus
  3. Lengkap ya produk scarlet ini ada bodycare dan facecarenya. Saya baru nyobain handbody Scarlet. Udah suka sama wanginya. Jadi pengen coba juga produk lainnya

    BalasHapus
  4. Enya Teh hasilnya terlihat beda ya. Memang produk Scarlett ini banyak yang mereview dan hasilnya mayoritas cocok. Bagus. Kualitasnya tidak diragukan lagi ya...

    BalasHapus
  5. Aku penasaran nih sama face washnya cantik banget kemasannya dan kayaknya oke nih hasilnya

    BalasHapus
  6. Semaki glowing dengan produk dan rangkaian perawatan skincare dari Scarlett anti acne yaa..
    Aku suka banget sama before and afternya yang terpampang nyataah~
    Memang kudu pinter-pinter memilih produk skincare sih yaa..

    BalasHapus
  7. Wah, kalau ada bahan alami begini untuk wajah pasti bagus. Scarlett memang juara skincarenya. Ga ragu makainya, wajah juga jadi glowing.

    BalasHapus
  8. rangkaian produk facecare dari Scarlett Whitening ini emang juara ya mbak
    ampuh banget, ternyata dari bahan yg alami y

    BalasHapus
  9. bener nih, pegagan, tea tree itu bagus buat mengatasi jerawat ya mbak. scarleet baru kucoba yang brightly, jadi penasaran yg acne series ini deh.

    BalasHapus
  10. Wah pas banget nih Aku sedang jerawatan kayaknya bakalan Cari seri acnenya Scarlett juga deh

    BalasHapus
  11. Aku pakai ini juga selama 2 Minggu, Alhamdulillah jerawat berkurang. Penasaran juga sama day cream dan night cream nya. Next mungkin mau nyoba juga ��

    BalasHapus
  12. Kulit berminyak walau konon katanya cwnderung awet muda, tapi memang drama jerawat kerap sekali terjadi. Nah, bulan lalu aku juga nyobain serum scarlett ini mam. Sama deh kita... Cocok pakai scarlet karena hasilnya nampak nyata ya

    BalasHapus
  13. Kemarin ada sepupu yang punya ank remaja laki2 dan berjerawat hingga ke pede buka masker. Saya bisa informasikan nih tulisannya. Tq

    BalasHapus
  14. Aku pakai face washnya, Mbak, emang enak banget di kulit berasa bersih tapi nggak bikin kulit terasa ketarik, malah terasa lembap. Tinggal serumnya nih yang udah masuk wishlist.

    BalasHapus
  15. Pegagan ternyata banyak ditemukan di tepian sawah ya .. sekarang memang banyak produk skin care yabg menggunakannya.

    BalasHapus