Review Drama Korea "Happiness" : Mencari Kebahagiaan di Tengah Wabah

happiness blog cover

Annyeonghaseyo~

Happy new year, teman-teman! Sudah nonton drama Korea apa di awal tahun ini? Hehe.

Menjelang akhir tahun kemarin, buka Netflix vibes-nya Nataru banget. Drama Korea pun tersingkir karena saya lebih memilih film-film romcom Hollywood yang berlatar belakang musim dingin.

Tapi, begitu dengar dramanya Park Hyun Shik dan Han Hyo Joo berakhir manis, saya langsung dong marathon "Happiness". Hehe.

Saat drakor "Happiness" masih tayang on going, saya mengikuti sampai episode keempat aja. Sengaja nunggu tamat untuk make sure endingnya nggak akan mengecewakan saya.


Ya gue bisa ikutan crazy kalau udah nonton drama yang isinya tentang penyakit orang gila dan ternyata berakhir mengenaskan atau nggak ada happiness-nya sama sekali.

Maaf ya dari awal udah spill akhir ceritanya aja. Buat yang masih mau baca review drama "Happiness" ini, let's go!

Profil K-Drama "Happiness"

cover drama happiness
"Happiness" (2021)

Judul Drama : Happiness
Hangeul : ν•΄ν”Όλ‹ˆμŠ€
Sutradara : Ahn Gil Ho
Penulis Naskah : Han Sang Wook
Ditayangkan di : tvN, TVING, Viu, iQiyi
Jumlah Episode : 12
Genre : Thriller, Action
Pemain :
Han Hyo Joo sebagai Yoon Sae Bom
Park Hyung Sik sebagai Jung Yi Hyun
Jo Woo Jin sebagai Han Tae Seok
Baek Hyun Jin sebagai Oh Joo Hyeong
Lee Jun Hyuk sebagai Kim Jung Kook

Sekilas K-Drama "Happiness"

Penyakit Orang Gila

Bercerita tentang life after Covid-19 pandemic di Korea Selatan. Tentang wabah baru yang muncul dikarenakan orang-orang mengkonsumsi pil yang merupakan obat pneumonia gagal. Mereka yang mengkonsumsi pil (bentuk sediaannya capsugel sih sebenernya) tersebut akan menunjukkan gejala seperti orang yang terkena rabies.

Ngerinya, penyakit yang disebut sebagai penyakit orang gila ini menyebabkan penderitanya berubah seperti zombie saat sedang kumat. Dengan ciri-ciri merasa kehausan yang amat sangat, pupil matanya berubah dan tidak ragu untuk mengigit manusia untuk meminum darahnya.

virus lytta happiness
Salah satu penduduk yang terinfeksi virus Lytta

Selain orang yang mengkonsumsi obat gagal tersebut, penyakit ini dapat menular apabila seseorang tergigit atau tercakar oleh orang yang sudah lebih dahulu terinfeksi.


Yoon Sae Bom (Han Hyo Joo) merupakan anggota dari South Korean Unit (SOU), polisi wanita yang tangguh, cekatan dan berani dari unit khusus antiterorisme. Suatu hari, secara tidak sengaja ia tercakar oleh salah seorang rekannya yang ternyata terinfeksi penyakit orang gila.

Menikah Untuk Mendapatkan Tempat Tinggal

Yoon Sae Bom kemudian ditangani oleh Han Tae Seok (Jo Woo Jin), Letnan Kolonel dari pusat layanan kesehatan militer.

Di tengah wabah yang mulai merebak, Sae Bom mengajukan keinginannya untuk mendapatkan tempat tinggal di apartemen Le Ciel Seyang Forest yang dijanjikan oleh pemerintah akan diberikan pada pegawai pemerintah yang qualified.

Merasa Sae Bom memiliki kualifikasi untuk mendapat fasilitas hunian tersebut, Han Tae Seok menjanjikannya apartemen itu asalkan Sae Bom memenuhi salah satu persyaratannya yakni sudah menikah.

saehyun couple happiness
Foto SMA penuh kenangan

Tanpa pikir panjang, Sae Bom mengajak sahabatnya sejak SMA, Jung Yi Hyun (Park Hyung Sik), untuk menikah kontrak dengannya dengan tujuan memiliki apartemen tersebut. Yi Hyun yang sudah lama memiliki perasaan pada Sae Bom pun setuju untuk menikahi Sae Bom.

Bertahan Hidup di Tengah Wabah

Belum lama menikmati kehidupan sebagai newlyweed, Sae Bom dan Yi Hyun harus menghadapi fakta bahwa area apartemen tempat mereka tinggal harus di lockdown karena penyebaran penyakit orang gila tersebut ditemukan masif di area apartemen Le Ciel Seyang Forest.

saebom yihyun
Newlyweed yang rajin patroli

Sae Bom yang merupakan anggota SOU dan Yi Hyun yang merupakan seorang detektif akhirnya maju untuk mencari cara agar penghuni unit apartemen mereka tetap aman selama lockdown. Kim Jung Kook (Lee Jun Hyuk), rekan kerja Yi Hyun pun ikut ter-lockdown di sana.

police in happiness
Squad polisi yang ter-lockdown

Malang tak dapat ditolak, akibat kebodohan salah satu penghuni apartemen, virus Lytta, penyebab penyakit orang gila tersebut pun masuk ke dalam unit apartemen mereka. Gimana cara para penghuni apartemen bertahan hidup di sana hingga antivirus ditemukan? Chingudeul, di sinilah letak keseruan drama ini.

(Hampir) Semua Jadi Gila karena Wabah

Nggak seperti judulnya, "Happiness" justru membuat saya gedeg dan emosi sepanjang 12 episode. Kalau bukan karena Saehyun couple, kayaknya saya ikutan stress liat penghuni apartemen yang kebanyakan kelakuannya nggak ada akhlak. lol.

Drama ini menggambarkan bagaimana karakter asli seseorang akan terlihat ketika mereka sedang berada dalam titik terendahnya.

happiness kdrama
Para penghuni apartemen yang ter-lockdown

Ada yang semakin mempererat hubungan keluarganya, saling menjaga dan melindungi. Ada juga yang mencoba mengendalikan situasi demi keuntungan pribadi. Ada pula yang justru sengaja mengambil kesempatan untuk membahagiakan dirinya sendiri tanpa memikirkan perasaan dan kemaslahatan hidup yang lain.

Buat yang belum nonton dan ingin nonton, siapkan diri kalian untuk inhale dan exhale. Selain karena kaget melihat orang-orang yang terkena wabah, juga karena kelakuan para penghuni apartemen.

Memaknai Rumah yang Sebenarnya

I realized when you said that a home depended on whom you were with...

-Yoon Sae Bom, Happiness

Awalnya bagi Sae Bom, rumah baginya adalah tempat tinggal di daerah yang strategis, nyaman dan layak tinggal. Sebab sejak kecil, Sae Bom tidak pernah merasakan tinggal di rumah yang layak disebut tempat tinggal.

yi hyun sae bom happiness
Newlyweed couple (tvN)

Tapi kemudian ia sadar bahwa Yi Hyun adalah tempat Sae Bom pasti kembali pulang.

Sementara sejak awal, bagi Yi Hyun, rumah adalah dengan siapa kita tinggal bersama di sana. Oleh karena itu, Yi Hyun nggak rela kalau Sae Bom sampai tinggal dengan orang lain di apartemen tersebut, karena baginya Sae Bom adalah rumahnya.


Dan di tengah perjuangan bertahan hidup di tengah wabah itulah keduanya saling menyadari bahwa kebahagiaan mereka adalah bisa saling mendampingi satu sama lain. Sweet pisaan!

"Happiness", Watch It or Leave It?

Buat teman-teman penggemar drama thriller, drama ini kayaknya pas dengan selera teman-teman.

Menghadirkan zombie-zombie yang kadang ngagetin, suasana tegang dan mencekam serta upaya para tokohnya untuk bertahan hidup dan menyelamatkan diri.

Sejujurnya saya bertahan menonton drama ini sampai akhir bukan karena cerita aksi dan thriller-nya, sih.

Meskipun sutradara serta penulis naskahnya sangat cerdas dan kreatif dalam membuat cerita gila ini, tanpa adanya karakter dan romance antara Sae Bom dan Yi Hyun kayaknya saya bakal drop drama ini sejak awal. Hehe.

Yang bikin saya nonton drama ini sampai akhir adalah chemistry yang ditampilkan oleh Han Hyo Joo dan Park Hyun Shik yang luar biasa bangeet ❤

happiness commentary

happiness saehyun
Tolong ini gimana saya bisa move on?! πŸ˜…

Bahkan berminggu-minggu setelah dramanya kelar, malah saya yang belum siap untuk move on dari mereka, lol! Semakin gagal move on setelah menonton "Happiness Commentary" yang dikeluarkan TVN. Tergemaaas Saehyun couple ini~

Overall, drama Happiness ini alur ceritanya cepat, tidak bertele-tele, ide ceritanya gila tapi kreatif. Karakter dalam dramanya variatif dengan segala kebaikan dan keburukan sifatnya. Inti masalahnya pun menemukan solusi meski tidak secara gamblang dijabarkan.

So, if you fan of a thriller and kind of zombie drama, I think you should try~

Yogyakarta, 4 Januari 2022

Posting Komentar

11 Komentar

  1. yang lebih gila si penghuni apartement Seyang si mbak. Bikin ribet hidupnya pasutri ini. selama nonton saya jadi hipertensi wkkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gila sih emang itu semua penghuninya, itu pasutri tahan banget punya tetangga kayak begitu semua. Haha. Emosi saya juga nontonnya, cuma saebom sama yihyun yang bikin kalem. lol.

      Hapus
  2. saya pernah liat cuplikannya di tiktok, tapi ga disebutin apa judulnya, ternyata Happiness ya... bisa nih nanti saya masukin ke wishlist untuk weekend ini.. bahkan seru dan dramatic

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nonton lah mas, romancenya tipis banget. Lebih banyak kejar2an sama zombienya. Hehe..

      Hapus
  3. Selain di TvN bisa nonton dimana yah mba filmnya? Kayaknya menarik banget ini filmnya kalo sedikit romance

    BalasHapus
  4. Khas drama Korea banget nih, nikah gegara biar dapet tempat tinggal. Btw ngeri deh aku kalo yang ada zombie-zombienya..

    BalasHapus
  5. Iya nih thriller yah, masih masuk WL. Kemaren sempet maui nonton sih. Belum lagi ada Jirisan. Sekarang masih nonton snow drop wkwkwk.

    BalasHapus
  6. Sama mbak... Gagal move on nih dari happiness. Secara Saya memang pecinta film zombie wkwkwk tapi Kali ini beda bagus banget

    BalasHapus
  7. Seru banget liat drama Happiness.
    memang kudu ditonton kalo seneng drama Korea yang manisnya gak giung.
    Salut sama akting Han Hyo Joo dan Park Hyung Sik.

    BalasHapus
  8. aku membaca ulasan ini langsung terfikir drakor yg juga memiliki ceita tentangvirus juga. tapi ini menarik karena mengangkat covid yg kekinian ya.. duh jadi ikutan pengen nonton

    BalasHapus
  9. Dari pura-pura nikah kontrak jadi beneran gak nih ya akhirnya? Hehehe..

    BalasHapus