Say Bye to Acne dengan Scarlett Acne Day Cream dan Acne Night Cream

cover scarlett acne cream

Beberapa bulan yang lalu, aku sudah pernah menulis tentang pengalamanku mencoba serum anti jerawat dari Scarlett by Felicya Angelista. Ternyata, sesuka itu aku dengan serum wajahnya. Love banget deh! Akhirnya, aku melengkapi rangkaian perawatan wajahku dengan Scarlett Acne Series lainnya yaitu day cream dan night cream.


Sebelumnya, aku jarang menggunakan krim untuk wajah baik pagi maupun malam hari. Berhubung ingin mengoptimalkan efek anti-acne dari produk Scarlett face care ini, akhirnya aku beranikan diri untuk mencoba menggunakan krim pagi dan malam harinya.

Tentunya sebelum mencoba menggunakan krim untuk pagi dan malam ini, aku mencari tahu terlebih dahulu mengenai manfaat menggunakan kedua krim tersebut dan apa sih perbedaannya? Ternyata, banyak loh manfaat apabila kita rutin menggunakan krim wajah untuk merawat kulit kita.

Perbedaan Day Cream dan Night Cream

Serius aku baru mencari tahu mengenai perbedaan krim pagi dan malam ini sesaat sebelum aku memutuskan untuk membeli rangkaian produk acne series dari Scarlett. Kalau krim pagi bisa digunakan untuk malam hari juga, kenapa harus beli dua? Gitu kan mikirnya, lol.

Perbedaan dasar pada kedua krim wajah ini adalah dari segi kandungan, tekstur dan waktu pengaplikasiannya.

Kandungan Formula

Dari segi kandungan, krim pagi diformulasikan untuk melindungi wajah dari kejamnya efek sinar matahari. Oleh sebabnya, banyak krim pagi yang mengandung SPF serta vitamin C yang berfungsi sebagai anti oksidan dan melindungi kulit dari radikal bebas yang disebabkan oleh sinar matahari.

Berbeda dengan krim pagi, krim malam tidak mengunggulkan SPF tapi biasanya mengandung lebih banyak moisturizer serta anti oksidan yang lebih tinggi agar dapat menghidrasi kulit dan memaksimalkan proses regenerasi sel kulit wajah. Krim malam ini yang biasanya berfungsi untuk mencegah tanda-tanda penuaan dini.

Tekstur

Perbedaan antara krim pagi dan malam berikutnya adalah dari segi tekstur. Krim pagi memiliki tekstur lebih ringan dan mudah menyerap ke dalam kulit dibandingkan dengan krim malam yang teksturnya lebih padat dan lebih memakan waktu untuk terserap sempurna di kulit wajah kita.

Alasannya adalah krim pagi banyak digunakan orang (terutama wanita) sebelum memakai make-up. Tekstur yang ringan dan mudah menyerap ini akan membuat make-up yang diaplikasikan ke wajah tidak cakey dan tetap compact looks perfect, halah! Kebayang lah ya maksudnya? Hehe.


Sementara itu krim malam itu terasa lebih padat, lengket dan membutuhkan waktu penyerapan lebih lama karena kandungannya yang juga lebih kompleks untuk bekerja maksimal selama kita tidur di malam hari.

Waktu Pengaplikasian

Gampangnya krim pagi digunakan di pagi hari dan krim malam ya pasti untuk dipakai di malam hari, lah! Hehe. Perbedaan lainnya adalah, krim pagi digunakan sebelum kita membubuhkan make-up pada wajah. Kalau krim malam, tentu digunakan sesaat setelah wajah kita bersih dan bebas make-up.

Manfaat Menggunakan Krim Wajah

Day Cream / Krim Pagi

Krim pagi atau day cream memiliki manfaat utama untuk mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari. Di samping itu, tentunya krim pagi didesain untuk menghidrasi kulit wajah agar tidak mudah kering selama melakukan aktivitas baik indoor maupun outdoor.

Bonus lain menggunakan day cream adalah untuk mencegah penuaan dini yang terjadi pada kulit wajah. Kalau sudah mendengar kata early aging gini, cewek-cewek biasanya langsung was-was nih. Krim pagi yang mengandung anti oksidan dapat menangkal radikal bebas yang menyebabkan tanda-tanda penuaan dini.

Krim Malam / Night Cream

Krim malam, diformulasikan secara khusus agar dapat bekerja maksimal di saat kita beristirahat sepanjang malam. Dari teksturnya yang padat dan kandungan yang lebih kompleks, night cream berfungsi untuk merevitalisasi kulit setelah seharian beraktivitas. 

Selain itu, krim malam memiliki fungsi untuk melembabkan dan memberikan nutrisi pada kulit wajah. Kandungan ultra hydrating-nya membantu agar kulit wajah tampak lebih sehat dan segar di pagi harinya. 

Fungsi lain dari rutin menggunakan night cream adalah mencegah tanda-tanda penuaan dini dengan merangsang produksi kolagen dan elastin. Bye-bye deh tuh yang namanya keriput!

Review Scarlett Acne Day Cream and Acne Night Cream

scarlett acne day and night cream

Setelah sukses membuatku jatuh cinta dengan acne serumnya, akhirnya aku mencoba untuk rutin menggunakan "Scarlett Acne Day and Night Cream" guna menghempaskan jerawat-jerawat nackal yang suka iseng timbul tenggelam ini.

Pertimbanganku yang lain adalah karena sejak menggunakan acne serumnya aku merasa wajahku lebih less oily than before, maka kedua rangkaian acne cream ini aku pilih supaya jenis kulitku yang sekarang jadi normal ini tetap terjaga.

Sepengetahuanku, produk ini aman digunakan karena sudah memiliki nomor ijin BPOM dan tidak mengandung mercury dan hydroquinone dan atau kandungan berbahaya untuk kulit lainnya.

Aku membeli "Scarlett Acne Day and Night Cream" masing-masing seharga Rp75.000,- di official store yang ada di Shopee. Teman-teman juga bisa mendapatkan produk ini di salah satu link berikut : Scarlett Whitening.

Dalam tulisan kali ini, aku ingin berbagi cerita tentang pengalamanku menggunakan "Scarlett Acne Day and Night Cream" selama kurang lebih hampir tiga minggu ini. Keep reading, ladies!

Scarlett Acne Day Cream

scarlett acne day cream
Scarlett Acne Day Cream

Krim pertama yang akan aku ulas adalah "Scarlett Acne Day Cream", mulai dari packagingnya, kandungan, tekstur serta pengalaman pribadiku setelah menggunakan produk ini.

Packaging

"Scarlett Acne Day Cream" dikemas dalam sebuah botol kaca berukuran 20 Gram dan ditandai dengan label bernuansa putih keunguan. Selain nama produk, pada label juga terdapat informasi mengenai nomor ijin BPOM-nya, manfaat menggunakan krim pagi ini, formula yang terkandung di dalam produk serta petunjuk penggunaan dan penyimpanannya.

Di samping itu, ada juga stiker hologram penanda keaslian produk, nomor batch produksi serta barcode produk. Pastikan semua tanda tersebut ada ya supaya terhindar dari produk yang palsu.

Tutup botol kaca dari "Scarlett Acne Day Cream" berwarna putih, cara membuka dan menutup botolnya adalah dengan memutarnya sesuai dengan ulirnya. Setelah dibuka, terdapat pembatas yang berfungsi untuk menjaga produk agar tidak mudah tumpah dan meleber ke mana-mana.

packaging scarlett acne day cream

Ukuran jar-nya yang mungil membuat produk ini travel friendly sekali. Tidak akan memakan banyak tempat ketika dimasukkan ke dalam tas.

Menurut pendapatku, ada satu yang kurang yaitu tidak tersedianya spatula untuk mengambil krimnya. Jadi, betul-betul pastikan tangan kita bersih saat hendak menggunakan produk ini ke wajah.

Kandungan

kandungan utama scarlett acne day cream

"Scarlett Acne Day Cream" memiliki 6 kandungan utama yang semuanya saling bersinergi untuk menyehatkan kulit serta mencegah dan atau mengobati jerawat yang sedang meradang. Keenam kandungan utama beserta manfaat yang terdapat dalam "Scarlett Acne Day Cream" adalah :

Double Action Salicylic Acid

Berfungsi untuk mengatasi jerawat serta mencegah timbulnya jerawat di kemudian hari.

Natural Squalane

Meningkatkan hidrasi kulit sehingga kulit akan tampak lebih cerah dan sehat.

Hexapeptide-8

Membantu mengurangi kerutan yang merupakan tanda awal penuaan dini.

Natural Vitamin C

Berfungsi sebagai antioksidan dan melindungi sel kulit dari radikal bebas yang disebabkan oleh paparan sinar UV.

Triceramide

Membantu melembabkan kulit serta mencegah tanda-tanda penuaan kulit seperti kerutan dan di wajah.

Aqua Peptide Glow 

Meningkatkan hidrasi kulit dan membuat kulit tampak lebih bersinar.

Tekstur

Warna krim dari "Scarlett Acne Day Cream" ini adalah putih susu. Tekstur krimnya tidak terlalu padat dan tidak terlalu cair. Sangat mudah diambil menggunakan jari dan diaplikasikan ke wajah. Krim ini cepat meresap ke dalam kulit dan terasa ringan serta tidak meninggalkan rasa lengket setelah dipakai.

Petunjuk Penggunaan dan Penyimpanan

Pakai "Scarlett Acne Day Cream" pada wajah yang bersih dan kering atau setelah pemakaian serum. Pijat lembut hingga merata.

-Petunjuk penggunaan "Scarlett Acne Day Cream"

Setelah digunakan jangan lupa untuk ditutup rapat-rapat dan simpan di tempat yang bersih dan kering, jauhkan dari sinar matahari langsung.

petunjuk penggunaan scarlett acne day cream
Petunjuk penggunaan dan penyimpanan "Scarlett Acne Day Cream"

Biasanya aku menggunakan krim pagi ini setelah mandi dan sebagai tahap terakhir dalam urutan penggunaan face care. Kesan pertamaku saat menggunakan produk ini, aromanya khas banget. Kulit wajahku juga nggak memberikan reaksi yang aneh setelah menggunakan day cream ini.

Setelah pemakaian sekitar hampir 3 minggu, yang aku rasakan adalah kulitku terasa lebih lembab dan kenyal tapi nggak jadi yang lembab banget over gitu, loh. Pas aja rasanya, nih. Kalau dulu, aku merasa kulitku ini cenderung oily. Nah, setelah rutin menggunakan face care dari Scarlett by Felicya Angelista ini rasanya jenis kulitku berubah lebih ke kulit normal.

Pastinya, yang paling aku suka dari produk ini adalah kemampuannya menghempaskan jerawat yang memang oke. Meskipun kadang jerawat masih suka ada menjelang datang bulan, tapi nggak jadi yang meradang banget gitu. Dalam hitungan 3 - 4 hari biasanya sudah musnah sendiri.

Jadi, dapat disimpulkan kalau "Scarlett Acne Day Cream" ini cocok di kulitku.

Scarlett Acne Night Cream

scarlett acne night cream

Selanjutnya adalah mengenai "Scarlett Acne Night Cream". Produk yang satu ini membuatku cukup dag-dig-dug melihat dari efek pertama yang ditimbulkannya. Gimana tuh? Lanjut dulu ya bacanya.

Packaging

Sama persis dengan kemasan "Scarlett Acne Day Cream", yang membedakan adalah warna kemasan yang sepenuhnya bernuansa ungu untuk "Scarlett Acne Night Cream" ini.

Informasi yang tertera pada label juga sama seperti "Scarlett Acne Day Cream" yaitu mencakup nama produk, nomor ijin BPOM-nya, manfaat menggunakan krim malam, formula yang terkandung di dalam produk serta petunjuk penggunaan dan penyimpanannya.

keterangan scarlett acne day cream
Barcode produk, nomor batch produksi serta keterangan ED ada di bagian bawah kotak kemasan "Scarlett Acne Night Cream"

Sama halnya dengan "Scarlett Acne Day Cream", terdapat pula tanda keaslian produk yang terdiri dari stiker hologram bertuliskan "SCARLETT", nomor batch produksi juga barcode produk.

Kandungan

kandungan scarlett acne night cream

Terdapat 7 kandungan utama dalam "Scarlett Acne Night Cream" yakni :

CM Acnatu

Berperan sebagai antibacterial alami dan anti-inflamasi yang berfungsi untuk melawan bakteri penyebab jerawat.

Natural Squalane

Meningkatkan hidrasi kulit sehingga kulit akan tampak lebih cerah dan sehat.

Hexapeptide-8

Membantu mengurangi kerutan yang merupakan tanda awal penuaan dini.

Triceramide

Membantu melembabkan kulit serta mencegah tanda-tanda penuaan kulit seperti kerutan dan di wajah.

Poreaway

Berfungsi untuk mengencangkan pori-pori.

Natural Vitamin C

Berfungsi sebagai antioksidan dan melindungi sel kulit dari radikal bebas yang disebabkan oleh paparan sinar UV.

Aqua Peptide Glow

Meningkatkan hidrasi kulit dan membuat kulit tampak lebih bersinar.

Tekstur

Warna krim dari "Scarlett Acne Night Cream" ini adalah putih susu. Tekstur krimnya cukup padat dan lebih creamy dibandingkan dengan "Scarlett Acne Day Cream".

Cukup mudah diambil menggunakan jari dan diaplikasikan ke wajah. Krim ini membutuhkan waktu untuk meresap ke dalam kulit dan terasa lebih berat setelah digunakan.

tekstur scarlett acne night cream

Jangan heran ya, karena seperti penjelasan sebelumnya bahwa krim malam memang didesain memiliki kandungan yang lebih kompleks agar dapat bekerja secara maksimal di malam hari.

Petunjuk Penggunaan dan Penyimpanan

Pakai "Scarlett Acne Night Cream" pada wajah yang bersih dan kering atau setelah pemakaian serum. Pijat lembut hingga merata.

-Petunjuk penggunaan "Scarlett Acne Night Cream"

Setelah digunakan, simpan produk di tempat yang kering, bersih dan terhindar dari paparan sinar matahari langsung. Tutup rapat juga botol kacanya, jangan lupa.

penggunaan dan penyimpanan scralett acne night cream
Petunjuk penggunaan dan penyimpanan "Scarlett Acne Night Cream"

Aroma dari "Scarlett Acne Night Cream" ini lebih menyengat dibandingkan "Scarlett Acne Day Cream". Menurutku pribadi, aroma ini tidak mengganggu dan justru malah membuat kulit kita lebih rileks.

Untuk mencoba krim malam ini di awal-awal, aku tidak menggunakannya di hari yang sama dengan saat menggunakan krim pagi. Sehingga, ketika wajah kita menimbulkan reaksi maka kita bisa mengetahui kira-kira produk mana yang menyebabkannya.

Pagi harinya setelah pertama kali mencoba "Scarlett Acne Night Cream", di wajahku justru muncul jerawat. Nah loh! Jadi was-was gitu awalnya, cocok nggak ya sama produk ini? Jerawat yang muncul ini nggak banyak sih, hanya satu - dua gitu dan kecil-kecil banget.

Akhirnya aku memutuskan untuk melanjutkan menggunakan krim malam dari Scarlett Acne Series ini. Ternyata, kejadian tersebut hanya berlangsung dua hari aja. Setelahnya, nggak ada lagi jerawat yang muncul kecuali ketika masa menstruasi tiba.

Huff~ lega deh cocok juga sama "Scarlett Acne Night Cream" ini. Mungkin pada saat itu kulitku memunculkan reaksi sebab sebelumnya kan sama sekali belum pernah mencoba produk night cream.

Rekomendasi

Setelah kurang lebih dua dan hampir tiga minggu ini menggunakan "Scarlett Acne Day Cream & Scarlett Acne Night Cream", aku sih cukup puas dengan hasilnya. Apalagi dicombo dengan menggunakan Scarlett Acne Serum, love banget serius!


Di kulit wajahku sendiri, kedua krim wajah ini cukup efektif dalam mengatasi dan mencegah jerawat. Meskipun, nggak yang musnah selama-lamanya alias sometimes masih ada lah satu dua jerawat yang muncul, terutama menjelang datang bulan.

before after scarlett acne cream
Foto "before - after" pemakaian Scarlett Acne Day Cream dan Acne Night Cream

Untuk proses penyembuhan jerawatnya pun tidak instan dalam semalam. Sekitar tiga atau empat hari setelah menggunakan kedua krim wajah ini baru terlihat jerawat mengempes dan tersisa bekasnya. Nah, bekasnya ini akan memudar secara perlahan.

Overall, aku merekomendasikan produk ini bagi kalian yang memiliki masalah jerawat pada kulit wajah. Eits tapi perlu diingat juga kalau skin care ini sifatnya cocok-cocokan ya. Semoga kalian suka dengan review-ku dan bagi yang ingin mencoba produk "Scarlett Acne Day Cream & Scarlett Acne Night Cream" semoga cocok juga seperti aku.

Terima kasih sudah membaca.

Sukabumi, 13 September 2021

Posting Komentar

17 Komentar

  1. Scarlet emang sip manfaat bagus banget ya apalagi varian yang ini mah biar ga insecure sama wajah jerawat

    BalasHapus
  2. kelihatan hasilnya di wajah jadi lebih bersih ya mbak emang mantul sih kandungannya si scarlett ini

    BalasHapus
  3. aku juga pakai scarlett tapi belum pernah coba day and night creamnya.. jadi kepingin cobaūüėć

    BalasHapus
  4. Formula dan manfaatnya ok banget ya, jadi pengen cobain deh, soalnya aku baru coba bodycarenya aja hehe
    Makasih infonya

    BalasHapus
  5. Yeay samaan.. aku jg pake Scarlett utk acne ini.. cocok deh, 3 hari jerawat kempes, seminggu lgsg bersih plus glowing

    BalasHapus
  6. Penasaran banget sama krimnya Scarlett. Pakai face washnya cocok di kulit aku

    BalasHapus
  7. Aku pakek produk Scarlett juga tapi serum sama body lotion. Jadi pengen coba untuk krim siang dan malamnya juga. Semoga cocok..

    BalasHapus
  8. aku juga suka pakai produk bya scarlett kak cuma lebih ke bodycarenya karena semua wanginya enakkk bgt gak nahan

    BalasHapus
  9. Aku pakai Day cream yang brightening, kalau yang acne aku belum coba. Karena kulit wajahku cenderung kering jadi jerawatan itu sekali-sekali aja.

    BalasHapus
  10. Reoomended banget nih ya kak, aku belum make tapi bisa aku kadoin buat ponakanbyangbbatu beranjak remaja dan banyak jerawat nya nih

    BalasHapus
  11. Liat dari segi teksturnya kayanya tipe cream yang enak dan nyaman dipakai ya.

    BalasHapus
  12. Keliatan lebih cerah mbak wajahnya. Jadi makin penasaran aku mau coba juga nih day cream dan night cream nya

    BalasHapus
  13. Wah aku butuh banget ni yang acne. Kira-kira bakal cocok enggak ya buatku. Bisa deh dicoba dulu

    BalasHapus
  14. Btw, cobain deh serumnya. bagus juga kok scarlett

    BalasHapus
  15. Jerawat hempas jauh pake rangkaian produk scarlett acne series dengan rutin

    BalasHapus
  16. Makin lengkap nih variannya scarlet, keren, bangga produk lokal makin banyak yg bagus2

    BalasHapus
  17. Makin penasaran deh, baca artikel ini ky mya racun bgt yaa. serius ini bisa gak ya buat usia teen ?

    BalasHapus