3 Tahap Dalam Natural Korean Make-Up Look, Beginner Harus Coba!


Naturalnya, setiap peremuan pasti menginginkan wajahnya tampak cantik dan segar. Nggak usah untuk siapa-siapa dulu, deh. Saat memandang wajah sendiri di cermin, tentu ada rasa ingin melihat wajah yang rupawan membalas tatapan kita. Bukan wajah berkantung mata tebal karena begadang atau seharian bekerja mengejar deadline. Hehe.

Terlihat cantik memang membuat sebagian besar perempuan akan tampil dengan percaya diri. Baik itu cantik secara alami tanpa make-up maupun dengan riasan. Suka atau tidak suka, skincare dan make-up adalah hal yang tidak terpisahkan dari kaum hawa.

Sebagai penggemar drama Korea, tidak jarang aku mengagumi kecantikan aktris-aktrisnya yang seolah selalu awet muda dan terlihat segar meski usianya sudah tidak muda lagi. Kok iso sih? Aku yo pengin ngono, loh!

Selain perawatan wajah rutin yang merupakan hal mutlak dan kunci mendapatkan kulit wajah berseri ala aktris drama Korea, polesan make-up yang terlihat natural juga merupakan hal yang dapat membuat wajah kita terlihat lebih fresh dan memancarkan kecantikan secara alami.

Bagi perempuan yang memiliki privilege wajah flawless tanpa jerawat, bebas kilang minyak dan baby face, mungkin bepergian tanpa make-up pun tidak masalah dan tetap percaya diri. Namun, sebagian orang lainnya akan memilih untuk menutupi kekurangan yang ada menggunakan make-up.


Sebagai perempuan normal, aku sendiri suka-suka aja sebetulnya make-up. Tapi, malas ribet dengan segala peralatan dan langkah-langkahnya. Tapi pengen juga tampil flawless. Haha. Ya, usaha dong Mbak!

Beberapa waktu belakangan, aku mengikuti acara beauty class yang diadakan oleh salah satu brand kosmetik yang cukup terkenal di Indonesia. Di sana, diajarkan langkah-langkah untuk merias wajah dengan tampilan natural ala Korea dan dengan menggunakan peralatan seminimal mungkin.

Buat aku pribadi, natural Korean make-up dengan tahapan seperti ini sih cukup panjang ya. Inginnya hanya pakai bedak dan lipstick saja sudah tampak glowing. Tapi, ternyata untuk tampil maksimal harus sedikit berusaha lebih maksimal juga mengikuti langkah-langkah berikut. Hehe.

Tahap 1 : Pembersihan Wajah


Sebelum menggunakan make-up, kita wajib memastikan bahwa wajah kita sudah benar-benar bersih. Jangan sampai, ada sisa kotoran yang terdapat di wajah kita dan tertumpuk dengan riasan yang kita gunakan. Alhasil, akan timbul bermacam-macam permasalahan kulit wajah. Nggak mau kan, ya?

Di tahap awal banget ini, ada 5 langkah yang harus kita lakukan. Langkah-langkah pembersihan wajah tersebut adalah :

Membersihkan Mata dan Bibir

Gunakan pembersih khusus area mata dan bibir untuk mengangkat sisa-sisa kotoran atau riasan wajah sebelumnya. Biasanya, pembersih khusus area mata dan bibir ini mengandung bahan yang dengan mudah mengangkat kotoran atau sisa lipstick atau make-up yang digunakan di area mata.

Kebanyakan pembersih mata dan bibir juga diformulasikan khusus untuk menjaga kelembaban dan mempertahankan nutrisi yang ada di dalam kulit. Sehingga selain sebagai pembersih, berfungsi juga untuk merawat kulit.

Mencuci Muka Dengan Pembersih Wajah

Setelah memastikan bahwa area bibir dan mata telah bersih, langkah selanjutnya adalah mencuci muka menggunakan pembersih wajah. Tujuannya selain untuk membersihkan wajah adalah untuk mengangkat sebum yang berlebihan pada wajah kita, mengangkat sel kulit mati serta mencerahkan wajah.

Facial wash juga berguna untuk menjaga kesegaran dan kelembaban alami pada kulit wajah. Jangan sampai ketinggalan langkah ini karena penting sekali dalam proses pembersihan wajah sebelum menggunakan riasan.

Gunakan Micellar Water

Belum berhenti sampai membersihkan wajah dengan sabun wajah, langkah berikutnya adalah membersihkan lagi wajah kita dengan micellar water. Apa pulak ini micellar water?

Micellar water adalah air yang mengandung banyak partikel kecil yang disebut misel. Partikel ini merupakan partikel pintar yang dapat menarik minyak, kotoran hingga make-up dari kulit wajah kita tanpa mengganggu barrier lipid alami kulit.

Micellar water ini juga dipercaya meningkatkan 90% tingkat hidrasi di kulit kita. Di samping itu, micellar water dapat membuka pori-pori wajah yang tersumbat. Cara menggunakannya, cukup tuang di atas kapas dan usapkan pada wajah kita.

Gunakan Toner

Jika tadi ada micellar water, maka sekarang ada toner atau yang disebut juga sebagai water refiner. Toner ini bukan hanya bermanfaat untuk membersihkan kulit, tapi juga beragam manfaat bagi kesehatan kulit.

Fungsi toner yang membuat langkah ini sayang banget kalau dilewatkan adalah membersihkan wajah dari kotoran, melembabkan dan mencegah kulit kering, menjaga kelembaban PH alami kulit wajah, mencegah dan mengatasi jerawat.

Jenis toner saat ini bermacam-macam juga, pastikan teman-teman memilih toner yang sesuai dengan jenis kulit wajah kalian. Cara penggunaannya sama seperti micellar water tadi ya, tuangkan secukupnya pada kapas dan usapkan ke kulit wajah secara merata.

Gunakan Pelembab Wajah

Jangan buru-buru ambil foundation, Bun! Masih ada langkah terakhir dari tahap pembersihan wajah, yaitu menggunakan pelembab wajah. Hehe. Tahan dulu nih, beauty blender sama kuasnya.

Salah satu rahasia wajah flawless aktris Korea adalah rutin menggunakan moisturizer atau pelembab wajah setiap hari. Manfaat utama dari moisturizer sendiri adalah untuk mengembalikan protein keratin pada kulit wajah.

Protein inilah yang berfungsi untuk menjaga agar kulit wajah tetap halus, lembab dan juga sehat. Protein keratin ini umumnya akan hilang saat kita melakukan berbagai aktivitas salah satunya terlalu lama berdiam di ruangan yang ber-AC. Hal ini tentu akan menyebabkan kulit kita kering dan kehilangan kelembaban alaminya.

Untuk yang banyak melakukan aktivitas di luar ruangan, lebih baik juka menggunakan pelembab wajah yang sudah dilengkapi dengan SPF. Tujuannya jelas untuk melindungi wajah dari paparan sinar ultraviolet.

Tahap 2 : Complexion


Akhirnya, beres juga 5 langkah pembersihan wajah. Sekarang kita masuk ke tahap kedua dalam proses merias wajah yaitu tahap complexion.

Tahapan ini akan merepresentasikan tampilan kulit wajah termasuk warna dan tekstur dari make-up yang akan kita gunakan. Tahap ini sangat penting, karena perlu penggunaan base make-up yang halus dan merata untuk mendapatkan riasan yang flawless dan nggak cracky.

Ada 3 langkah dalam tahap complexion ini untuk mendapatkan natural Korean make-up look yang sederhana. Menurutku langkah ini cukup simple dan mudah dilakukan untuk pemula sekalipun.

Foundation

Langkah pertama adalah mengaplikasikan foundation dengan shade yang sesuai dengan warna kulit kita. Jangan sampai, kita memilih warna foundation yang jauh lebih terang atau lebih gelap daripada warna kulit kita. Supaya hasil riasannya terlihat lebih natural.

Untuk mendapatkan foundation yang set dan tidak mudah cracky, caranya adalah dengan memastikan bahwa kita sedang berada di ruangan yang tidak membuat kita keringetan. Bisa di ruangan yang ber-AC atau di dekat kipas angin, atau carilah yang berangin-angin, ya.

Kemudian, jangan usapkan foundation langsung ke seluruh bagian wajah. Sebagian-sebagian terlebih dahulu. Misalnya, area di pipi kanan dulu kemudian diratakan menggunakan beauty blender, kuas atau jari. Lalu, lanjut ke area pipi kiri dan seterusnya hingga merata ke seluruh wajah.

Cara meratakan ke seluruh wajahnya juga cukup di tap-tap saja, tidak perlu di usap-usap agar foundationnya tidak mudah bergeser dan stay there aja gitu dia. Juga akan tampak lebih merata dan rapi.

Blush On

Setelah memastikan bahwa pemakaian foundation telah sempurna, langkah selanjutnya adalah membubuhkan blush on di pipi kanan dan kiri. Tujuannya agar wajah kita terlihat merona, berseri dan lebih segar.

Face Powder

Agar tampilan complexion yang sudah kita buat lebih mapan dan ter-set secara sempurna, langkah terakhir yang perlu dilakukan adalah membubuhkan bedak supaya hasil complexion terlihat lebih halus.

Jenis bedak yang dapat digunakan bisa bermacam-macam mulai dari compact powder, two way cake maupun bedak tabur yang tidak berwarna seperti translucent powder.

Tahap 3 : Make-Up


Sampai juga kita ke tahap terakhir yaitu merias wajah. Dalam natural Korean make-up look, kuncinya adalah di pemilihan warna-warna yang coral, nude, soft dan polesan yang simple aja nggak terlalu tebal.

Ada 5 langkah lagi nih, dalam tahapan terakhir sebelum berubah wujud menjadi eonni Koweyah. Haha..

Eyebrow

Langkah pertama adalah membuat alis. Duh, kayaknya teman-teman udah pada jago nih ya bikin alis. Jujur aku tuh nggak pernah bikin alis, jadi di sini aku hanya akan menuliskan teori yang aku dapatkan pada saat beauty class.

Pertama adalah membuat tiga titik untuk membingkai alis yang diambil dengan menarik garis dari ujung cuping hidung, ujung bola mata dan ujung alis. Bingkai mengikuti bentuk alis yang sudah kita miliki. Kemudian diisi dan disisir menggunakan sisir alis.

Aku skip langkah ini karena belum punya pensil alis dan sisir alis. Nggak mungkin dong pakai sikat gigi, ye kaan?

Eyeshadow

Langkah selanjutnya adalah menggunakan eyeshadow. Penggemar drakor pasti hafal lah ya, seringnya eyeshadow yang digunakan agar terlihat natural tapi tetap cute itu adalah warna-warna pastel, coral dan yang soft.

Pemilihan warna-warna seperti orange, peach hingga pink ini ternyata dapat membuat wajah kita terlihat lebih muda. Pantes ya eonni-eonni ini pada awet muda gitu kelihatannya. Selain itu, tambahkan dengan sedikit high lighter di bagian tengah kelopak dan ujung mata agar terlihat shimmering.

Eyeliner

Riasan mata di Korea populer dengan sebutan puppy eye, salah satu rahasianya adalah di penggunaan eyeliner yang natural dan tidak terlalu tebal. Caranya cukup dengan menarik garis di area atas bulu mata sepanjang kelopak mata kita (lebih dikit juga nggak apa-apa).

Jika terjadi kesalahan saat menggunakan eyeliner, dapat dikoreksi menggunakan cotton bud dan sedikit eye remover.

Maskara

Setelah pakai eyeshadow dan eyeliner, rasanya pasti kurang jika tanpa maskara. Tips menggunakan mascara adalah dengan tidak mencelupkan maskara ke wadahnya secara berulang kali. Ini dapat menyebabkan maskara yang akan kita gunakan terlalu tebal dan mudah menggumpal.

Cara penggunaannya adalah memulai dari bagian atas bulu mata ke bawah, tujuannya adalah agar sisa-sisa dari complexion dan make-up sebelumnya bisa hilang dari bulu mata kita. Selanjutnya, baru rapikan dari bagian bawah ke atas agar bulu mata terlihat lentik.

Jangan lupa untuk melakukan langkah serupa pada bulu mata bagian bawah.

Lipstick

Make-up bibir di Korea sangat terkenal dengan ombre lips-nya. Cara membuat ombre lips ini gampang-gampang susah, yaitu dengan menempatkan lipstik berwarna lebih tua di bagian dalam bibir dan warna lebih muda di bagian luar bibir.

Kedua warna tersebut kemudian ditap-tap atau diblend menggunakan jari. Untuk merapikannya, bisa menggunakan concealer di bagian garis bibir.

Practice Makes Progress

Gimana, langkah-langkahnya menurut teman-teman mudah nggak untuk dilakukan? Untuk aku pribadi, semua tahapan yang aku tuliskan masih terlalu rempong. Haha. Apa itu no make-up make-up look?


Tapi, dibandingkan dengan langkah-langkah make-up versi lain ya, natural Korean make-up look yang aku pelajari ini memang lebih simple baik dari langkah-langkahnya maupun peralatan yang digunakan. Untuk pemula, 3 tahapan ini juga sangat bisa diaplikasikan.

Hasil belajar "Natural Korean Make-Up Look"

Nggak ada salahnya terus berlatih dan mencoba sendiri di rumah, dandan untuk diri sendiri atau untuk suami misalnya. Kalau ada keperluan pergi keluar rumah, bisa juga nih dicoba. Biarpun ujung-ujungnya tertutup masker kalau masih pandemi gini ya. Hehe.

Semoga bermanfaat!

Sukabumi, 25 Juni 2021

Posting Komentar

0 Komentar