Rabu, 06 Januari 2021

Resolusi Literasi 2021



Mengawali tahun 2021, pasti banyak teman-teman yang sudah mempersiapkan resolusi untuk dijalankan sepanjang tahun 2021 ini. Aku jadi teringat masa kuliah dulu, di setiap akhir tahun aku bersama dengan seorang sahabatku menuliskan resolusi kami di notes ponsel masing-masing.

Bukan hanya menuliskan resolusi pribadi, aku juga menulis resolusi atau rencana-rencana yang dibuat sahabatku untuk tahun berikutnya di ponselku dan begitu pula sebaliknya. Kami sepakat untuk memberikan reward apabila kami berhasil mengeksekusi resolusi tersebut.

Selama kuliah, resolusi yang sering kali tertulis adalah harapan agar IPK menjadi lebih baik dan supaya hilal jodoh segera terlihat. Nomor dua sebenarnya untuk lucu-lucuan saja, karena sudah bertahun-tahun kami menjadi jomblo kronis pada saat itu. Haha.

Baca tentang : Jodoh Pasti Bertemu

Tahun demi tahun berganti dan aku bersama Rhadis, sahabatku masih sering membuat resolusi untuk tahun baru. Hingga akhirnya kami lulus dan berpisah kota karena mendapat rejeki di tempat yang berjauhan. Tidak pernah lagi aku menuliskan resolusi tahun baru. Terakhir kali, aku menuliskan keinginanku untuk mendapat beasiswa sekolah S2 di Inggris di tahun terakhir kuliah.

Baca juga : Mimpi yang Berubah

Tahun 2019 akhir, aku membuat resolusi tak tertulis untuk bisa menjadi seseorang yang lebih berdaya dan produktif dari rumah. Aku ingin mengembangkan potensi yang aku miliki disamping mengembangkan skill menjadi seorang ibu dan istri yang profesional.

Harapan tersebut terjuwud ketika aku menemukan kebahagiaan dengan menulis. Menulis adalah hobi yang sejak lama aku sukai namun sering kali aku kesampingkan sampai di tahun 2020 aku membiasakan diri untuk rutin menulis.

Setelah konsisten menulis sepanjang tahun 2020, nampaknya aku belum ingin meninggalkan kebiasaan menulis ini di tahun 2021. Banyak sekali ternyata hal yang bisa dicapai melalui kegiatan menulis ini, salah satu hal terpenting tersebut adalah diriku mendapat kesenangan dan kepuasan setelah menuangkan cerita dalam tulisan.

Sehubungan dengan ada beberapa hal yang ingin aku capai di tahun 2021 ini terutama di bidang literasi, sepertinya kembali menulis resolusi menjadi hal yang tepat untuk menjadi pengingat tujuan-tujuan apa yang ingin aku capai di tahun ini.

Membaca Lebih Banyak Buku

Tahun lalu, aku banyak sekali membeli buku-buku baru. Buku seputar parenting, buku pengembangan diri hingga novel dan beberapa antologi. Belinya sih semangat banget! Apalagi ketika buku-buku tersebut mendarat di tanganku, senang sekali rasanya mencium aroma buku yang baru dibuka dari plastiknya.

Sayangnya, management waktuku kurang bagus sehingga membaca buku untuk diri sendiri menjadi hal yang belum masuk daftar prioritasku di tahun 2020 lalu. Menulis sepanjang tahun bisa, kembali menikmati me time dengan nonton drakor bisa, harusnya sih meluangkan minimal sedikit waktu untuk membaca buku juga bisa, ya.

Niatku untuk membaca lebih banyak buku di tahun 2021 ini bahkan sudah kuutarakan pada suamiku. Minimal ada pengingat ketika aku mulai oleng dan lupa akan resolusiku. Haha.

Rutin Melakukan Read Aloud

Tentang read aloud beserta manfaatnya sudah pernah aku tuliskan di blog ini. Melihat manfaat read aloud yang luar biasa bagi perkembangan otak anak, rasanya sayang sekali jika aku tidak memberikan stimulasi yang optimal di masa-masa kejayaan alias golden age anakku yang berusia 2 tahun ini.


Sejak bayi, aku memang membiasakan diri untuk membacakan buku padanya. Alhamdulillah, saat ini ia sudah bisa menikmati me time-nya dengan membaca bukunya sendiri. Meski demikian, aku tidak ingin kasih kendor dalam hal membersamai anak membaca buku ini.

Usianya masih dalam masa absorbent mind, kemampuan bahasa dan literasinya pun sedang berkembang pesat, aku ingin memanfaatkan momen ini untuk mengoptimalkan kegiatan pra-membacanya. Tak apalah di masa-masa ini aku berbusa-busa membacakan buku untuknya karena aku tidak ingin menyesal di kemudian hari.


Konsisten Menulis Sepanjang Tahun

Tahun 2021 ini aku kembali ikut Kelas Literasi Ibu Profesional demi menjaga konsistensiku dalam menulis sepanjang tahun lagi seperti tahun sebelumnya.


Biar apa sih menulis sepanjang tahun? Biar aku happy lah! Haha. Aku menulis untuk mengisi waktu luangku, aku menulis untuk membuat diriku lebih bahagia, aku menulis untuk diriku sendiri. Adalah bonus jika ternyata banyak orang yang membaca tulisanku dan dapat mengambil manfaat dari apa yang telah aku tuliskan.

Di tahun 2021 ini, aku ingin lebih merawat blog ini dengan baik. Mengisinya dengan banyak tulisan seperti tahun sebelumnya. Selain itu, aku juga ingin lebih berkontribusi mengisi blog drakorclass.com.


Harapannya, di tahun ini aku juga semakin banyak mendapatkan job menulis baik di blog ini maupun sebagai freelance content writer. Semata-mata bukan hanya untuk menambah penghasilan tapi untuk menjaga konsistensi menulisku, supaya tidak kehabisan ide menulis. Haha.

Memperdalam Ilmu Menulis Fiksi

Sepanjang tahun 2020 kemarin, tidak menyangka aku bisa berkenalan bahkan berteman dengan beberapa teman satu komunitas yang merupakan penulis. Penulis beneran loh ya, bukan penulis seperti aku begini. Haha. Beberapa dari mereka juga seorang penulis cerpen.

Membaca tulisan-tulisan mereka membuat pikiranku kembali ke masa-masa masih gemar membaca novel Harry Potter. Menciptakan karakter fiksi yang begitu nyata, mengembangkan imajinasi dan membuat plot cerita sepertinya tampak menyenangkan sekali!

Di tahun 2021 ini, selain tetap rutin menulis blog, aku juga ingin membuat cerita-cerita pendek dari hasil pemikiran dan imajinasiku sendiri. Untuk menuju kesana tentu aku harus mendalami dulu ilmu tentang menulis fiksi, mungkin aku akan mengikuti kelas-kelas menulis fiksi baik yang berbayar maupun yang free (utamakan yang gratis kalau ada :p).

Setelah tahu ilmu-ilmu minimal ilmu dasarnya, bismillah harus bisa mengatur waktu lagi nih untuk berlatih. Pratice makes perfect, yeay!

Mengikuti Project Menulis

Terakhir, di tahun 2021 ini aku ingin lebih aktif lagi dalam berbagai project menulis bersama teman-teman komunitas. Tahun 2020 kemarin, aku mengikuti dua project menulis antologi yang bertema 'Mentall Illness' dan 'Serona Lengkara'. Satu buku dari project menulis antologi tersebut telah diterbitkan dengan buku berjudul PULIH, sementara satu buku dari project 'Serona Lengkara' masih dalam progress karena baru diadakan di akhir tahun 2020 lalu.

Kedua antologi tersebut merupakan antologi berdasarkan kisah nyata (PULIH) dan antologi cerita fiksi (Serona Lengkara). Aku harap tahun ini aku bisa mengikuti lebih banyak project menulis fiksi untuk mengembangkan daya imajinasi dan kreativitasku dalam menulis fiksi. Hehe.

Lima poin di atas adalah resolusiku di tahun 2021 dalam bidang literasi. Setelah menulis hal tersebut, rasanya aku menjadi lebih terencana dan tertantang untuk bisa mencapai apa yang menjadi tujuanku di tahun ini.

Bagaimana dengan teman-teman? Sudahkah kalian membuat resolusi untuk tahun ini? Semoga Allah SWT memudahkan langkah kita untuk mencapai cita-cita kita ya!

Sukabumi, 6 Januari 2021

#HelloNewYearHelloNewMe
#RumahbelajarliterasiIPSukabumi
#KomunitasIPSukabumi

2 komentar:

  1. Semangat Mbak! Ayo rancang nerbitin buku solo :)

    BalasHapus
  2. Setiap tahun aku slalu bikin resolusi ttg membaca mba, Krn membaca buku dan menulis itu udh hobi dr kecil. Cm baru 2020 & 2021 ini aku mulai membuat review dr buku2 yg aku baca di medsos. Kalo sblm2nya ga. Jd cm nargetin aja mau baca buku brp. Biasanya sih 54 buku, supaya 1 Minggu bisa 1 buku. Itu udh maksimal, Krn aku ada kerjaan lain juga. Kalo ga ada sih, bisa lebih.

    Cm menulis aja yg sampe skr msh hobi, jd aku blm mau bikin target apa2 :D. Biarlah itu utk happy2 aja :D

    BalasHapus