7 Peluang Karir Menulis di Era Digital

7 Peluang Karir Menulis di Era Digital

Menulis adalah aktivitas yang sudah kita lakukan sejak kecil. Dimulai dengan belajar menulis pakai tangan, kata demi kata, lalu belajar menyusun kalimat hingga paragraf dengan baik. Aktivitas menulis pun banyak dijadikan sebagai hobi maupun terapi untuk melepas stress.

Saya sendiri senang menulis karena kegiatan ini sangat membantu untuk melepaskan keruwetan yang ada di dalam pikiran. Dulu, ketika masih duduk di bangku sekolah, saya senang menulis cerita fiksi. Pikir saya, enak juga ya berimajinasi, lalu menuliskannya menjadi sebuah buku, kemudian bisa jadi kaya raya seperti J.K Rowling.

Namun, setelah comeback menulis beberapa tahun lalu, saya merasa lebih nyaman menulis non-fiksi sebagai blogger. Ternyata pintu rezeki saya pun terbuka dari sini.

Baca juga: Tips Realistis Membangun Konsistensi Menulis

Di era digital yang perkembangannya sangat pesat ini, peluang pekerjaan di berbagai bidang termasuk menulis juga mengalami transformasi yang signifikan. Dengan kemajuan teknologi, saat ini menulis bukan hanya sekadar hobi untuk meningkatkan keterampilan literasi, tetapi juga bisa mendatangkan kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan dan penghasilan.

7 Peluang Karir Menulis di Era Digital

Meskipun pekerjaan menulis katanya bisa tergantikan oleh kemunculan AI (Artificial Intelligence), faktanya peluang pekerjaan yang membutuhkan penulis masih terbuka lebar.

Nyatanya, AI belum bisa memberikan "nyawa" ke dalam tulisan sebagaimana seorang penulis yang meramu dan merangkai kata. Nah, buat Mae frens yang hobi nulis dan ingin mencoba peruntungan mengetuk pintu rezeki dari menulis, di bawah ini adalah 7 peluang karir menulis yang bisa kalian coba:

1. Blogger

blogger-di-era-digital

Ada yang mau coba seperti saya, menjadi seorang blogger? Hehe. Blogger adalah individu yang membuat dan mengelola konten berupa tulisan artikel di blog pribadi atau platform blog lainnya. Biasanya, para blogger punya niche tulisan tertentu seperti gaya hidup (lifestyle), travel blog, teknologi, beauty, dan lain sebagainya.

Dari mana seorang blogger mendapatkan pekerjaan? Blogger memiliki peluang untuk cuan melalui iklan, kerja sama dengan brand, dan sponsor. Banyak lho, brand yang menawarkan kerjasama dalam bentuk review product, content placement, affiliate dan sebagainya yang bisa dimanfaatkan oleh para blogger sebagai sumber penghasilan.

Untuk bisa mendapatkan penghasilan dari blog, tentunya Mae frens harus mempersiapkan blog kalian terlebih dahulu agar bisa meraih berbagai kesempatan tersebut.

Baca juga: Tips Mempersiapkan Blog agar Berpenghasilan

2. SEO Content Writer

Peluang karir berikutnya adalah SEO content writer. Para penulis SEO ini berfokus pada penulisan konten yang dioptimalkan untuk mesin pencari (Search Engine Optimization). SEO content writer menggabungkan keterampilan menulis yang baik dengan pemahaman mendalam tentang kata kunci, struktur konten, dan optimasi SEO untuk meningkatkan peringkat halaman web.

Baca tentang: Belajar SEO, Tips PDKT dengan Mesin Pencari

Dalam era digital, banyak perusahaan dan situs web yang sangat menggantungkan diri pada SEO untuk meningkatkan visibilitas online. SEO content writer pun memiliki peluang besar untuk bekerja di agensi pemasaran digital, perusahaan e-commerce, atau sebagai freelancer.

Baca juga: Menulis di Blog Menghasilkan Dollar, Begini Caranya!

Saya sendiri sejak tahun 2020 lalu menekuni pekerjaan sebagai freelancer SEO content writer dan pernah bekerja di beberapa agensi digital marketing. So far ini adalah zona nyaman saya selain menjadi blogger, walaupun masih banyak lagi yang harus saya pelajari terkait SEO.

3. Copywriter

Selanjutnya ada copywriter dengan scope pekerjaan bertanggung jawab untuk menciptakan teks persuasif, seperti iklan, teks pemasaran, dan materi promosi. Pekerjaan ini membutuhkan kemampuan untuk menarik perhatian dan memotivasi pembaca untuk melakukan tindakan tertentu, seperti membeli produk atau mendaftar layanan.

Peluang bagi copywriter sangat luas di era digital seperti sekarang, terutama di industri digital marketing. Jika Mae frens menjadi seorang copywriter, kalian bisa bekerja untuk agensi iklan, perusahaan e-commerce, atau menjadi freelancer yang bekerja dengan klien-klien yang beragam.

4. Technical Writer

technical-writer-di-era-digital

Berhubung saya baru saja resign dari agensi tempat saya bekerja sebagai SEO content writer beberapa bulan lalu, saya jadi sering buka-buka platform pencari kerja lagi. Di sana, saya melihat banyak sekali perusahaan yang membutuhkan technical writer.

Technical writer adalah seseorang yang menciptakan dokumentasi teknis, manual book, panduan, dan materi lainnya yang menjelaskan produk atau layanan secara detail. Biasanya technical writer mengkolaborasikan keahlian teknis dengan kemampuan menyampaikan informasi secara jelas dan mudah dimengerti.

Pekerjaan ini sangat dicari oleh perusahaan teknologi, perusahaan perangkat lunak, dan juga start-upTechnical writer berperan penting dalam menyajikan informasi teknis dengan jelas kepada pengguna atau pemangku kepentingan.

5. Script Writer

Berikutnya ada script writer, di mana tanggung jawab pekerjaan ini adalah membuat naskah untuk film, acara TV, video promosi, animasi, podcast atau konten multimedia lainnya. Untuk kalian yang suka mengembangan cerita, dialog, dan struktur naratif lainnya, sepertinya bisa mencoba pekerjaan ini.

Peluangnya juga nggak main-main, lho. Dengan pesatnya konsumsi konten video online, script writer memiliki peluang besar di platform streaming, YouTube, dan industri produksi video maupun audio digital lainnya. Para script writer dapat bekerja untuk perusahaan produksi, studio film, atau sebagai freelancer di pasar digital.

Baca tentang: Tetap Kreatif dari Rumah dengan Creative Writing

6. UX Writer

Sebelum kecemplung di dunia penulisan SEO, sebenarnya saya lebih dulu tertarik untuk mempelajari UX writer ini. Namun, kesempatan yang menghampiri duluan adalah untuk menjadi SEO content writer. Hehe..

User Experience (UX) writer atau penulis pengalaman pengguna, bertanggung jawab untuk membuat teks yang ditempatkan dalam antarmuka pengguna aplikasi atau situs web. Tugas utamanya adalah memastikan bahwa setiap kata dan frasa tidak hanya menjelaskan fungsi, tetapi juga meningkatkan pemahaman dan pengalaman pengguna secara keseluruhan.

Pekerjaan ini akan bekerja sama dengan desainer UI/UX untuk mencapai konsistensi dan keterbacaan dalam produk digital. Dengan semakin banyaknya perusahaan yang fokus pada pengalaman pengguna yang optimal, permintaan untuk UX Writer semakin meningkat.

Peluang karir sebagai UX writer pun bisa ditemukan di berbagai industri. Mulai dari industri teknologi, e-commerce, fintech, hingga aplikasi mobile.

7. Penulis Cerita di Platform Digital

novelist-di-era-digital

Last but not least, buat yang masih suka menulis fiksi, kalian bisa banget mengambil peluang sebagai seorang penulis cerita di platform digital. Saat ini ada banyak sekali platform kepenulisan online yang bisa dimanfaatkan untuk memperluas karya kalian.

Teman-teman bisa menulis berbagai genre, termasuk fiksi, non-fiksi, atau cerita-cerita berdasarkan pengalaman pribadi. Penulis juga dapat berinteraksi dengan pembaca melalui komentar untuk mendapatkan feedback, maupun interaksi sosial lainnya.

Era digital membuka peluang yang luas bagi penulis cerita dengan menyediakan platform untuk menjangkau audiens secara global. Penulis dapat memanfaatkan platform self-publishing untuk menghasilkan pendapatan, atau bekerja sama dengan penerbit digital.

Selain itu, adanya crowdfunding dan model monetisasi lainnya juga memungkinkan penulis untuk mendapatkan support secara langsung dari pembaca mereka.

Katanya sih, pekerjaan yang paling menyenangkan itu adalah hobi yang dibayar. Setuju nggak nih? Nah, buat kalian yang suka menulis, tertarik nggak untuk mengambil peluang karir menulis di era digital seperti saat ini? Mana yang paling ingin kalian tekuni? Share di kolom komentar, yuk!

Posting Komentar

45 Komentar

  1. Setuju banget, tuh, Kak, pekerjaan yang paling menyenangkan adalah hobi yang dibayar. Saya juga lagi nginceng-nginceng peluang kerjaan di bidang tulis menulis, nih. Hehe. Doakan bisa segera ketemu jodoh (kerjaan)nya ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Semoga segera nemu pekerjaan yang cucok ya Mbaa..

      Hapus
  2. Banyak banget jenis pekerjaan sebagai writer ya.. setelah dipetakan secara jelas di tulisan ini, saya jadi ingin mencoba semua tipe writer ini agar ketemu yang paling cocok sama saya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, aku juga jadi pengen nyobain macem-macem supaya kalo ada peluang bisa lebih mudah diambil. Haha..

      Hapus
  3. Peluang menulis di era digital emang banyak banget, jadi bisa dilakukan di rumah aja. Blogger misalnya, bisa banget monet dari ngeblog dan menghasilkan cuan. Eh sekarang bisa menulis cerita di platform digital juga yaa. Cocok nih yang hibby nulis non fiksi juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, banyak juga nih penulis-penulis fiksi dari platform yang ceritanya akhirnya dibukukan karena banyak yang baca.

      Hapus
  4. Wah bagus banget referensi bagi Umma yang suka menulis jadi bersemangat deh menulis nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yeay semangat umma menulisnya. Terus menginspirasi melalui tulisan yaa..

      Hapus
  5. Sekarang peluang menulis saat ini sdh banyak ya di era digital saat ini. Saya tertarik dengan technical writer deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba Nunu, banyak dipakai di perusahaan ini tech writer. Aku juga jadi tertarik buat belajar tentang itu..

      Hapus
  6. Teknologi semakin canggih, buat yang punya hobi menulis tidak hanya menyalurkan hobi saja ya. Bisa memberikan manfaat dan dapat penghasilan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah ya terbantu banget sama perkembangan zaman, apalagi buat ibu rumah tangga kayak saya gini, tetep bisa dapat berbagai peluang dari menulis di rumah.

      Hapus
  7. Kalau saya kepingin banget bisa mulai berkarir sebagai technical atau UI/UX writer. Tapi sepertinya memang harus dimulai lagi dari awal, karena background sebelumnya bukan ini. Mudah-mudahan bisa segera mulai ya.

    BalasHapus
  8. Wah, ada banyak sekali peluang usaha di era digital yaa..
    Semua pasti butuh proses belajar dan explore yang gak sedikit untuk bisa mencapai titik profesyenel. Jadi menekuni salah satunya bisa menjadi ladang cuan yang menjanjikan.

    Aku baru tau nih UX Writer.
    Ka Mae perjalanan menulisnya luar biasaaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perjalanan nulisku belum sejauh dirimu Mbak Lendy. Hihi.. Masih banyak eksplor, belajar dan mencari jati diri. Kalo Mba Lendy kan udah mantep sama branding dan niche-nya. Lebih luar biasa lah ituu 😍

      Hapus
    2. Aku jadi inget sama quotenya Deddy Corbuzier tentang hobi yang dibayar ini.
      Ternyata, hobi ini kudu realistis bukan sekedar "Karena aku lagi disini, jadi aku suka".

      Memang mendalami diri sendiri ini bagian yang terpenting yaa..
      Apalagi yang hobinya nulis di era digital. Which is lebih banyak menghadap laptop.

      Hapus
  9. Sepakat, pekerjaan yang menyenangkan adalah pekerjaan yang dibayar, selain itu terus menerus meningkatkan skill sehingga kualitas hasil pekerjaan juga semakin baik dari waktu ke waktu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, apalagi mulanya dari hobi dan belajarnya otodidak jadi harus effort buat bisa ningkatin skill supaya profesional ya..

      Hapus
  10. Peluang menulis di era digital ini memang saat ini banyak banget. menurutku kalau yang paling banyak dicari biasanya copywriter

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, copywriter saingannya banyak banget kayaknya zaman jigeum.

      Hapus
  11. Peluang nulis skrg memang luas sekali apalagi dengan berkembangnya dunia digital. Banyak pilihan platform gratis yang terpercaya juga, hanya tinggal keinginan kitanya aja dimantapkan untuk memulai dan konsisten terhadap menulis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, konsisten itu yang harus dijaga. Sama bisa melihat peluang sih menurut saya ya..

      Hapus
  12. saya penasaran UX writer itu seperi apa ya . Membaca referensi di google, sasay masih belum paham. Tapi penasaran banget karena sering dibahas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ikut kelas-kelasnya mungkin Mbak biar lebih jelas. Saya juga kepo banget tapi belum juga ngambil kelas terkait UX ini.

      Hapus
  13. Aku pengen coba nulis novel tapi kok imajinasinya suka macet, biasa nulis non fiksi jadi tidak mudah untuk masuk ke dunia fiksi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget. Cita-cita saya dulu mau bikin novel, sekarang kalau nulis fiksi keburu mumet sama plot biar nggak ada hole-nya, mikirin karakter dan konfliknya biar nggak membosankan. Akhirnya fokus ke dunia non fiksi di blog. Hehe..

      Hapus
  14. Setuju banget dengan 7 alternatif profesi penulis yang sudah disebutkan. Bahkan Video Creator pun butuh skill menulis untuk menuangkan ke dalam script/naskah terlebih dahulu, baru merekam video-nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa script writer banyak dicari belakangan ini. Bisa jadi peluang bagus. Hehe..

      Hapus
  15. Semua pekerjaannya mostly dapat dilakukan dari rumah ya, cocok juga menjadi alternatif pekerjaan buat ibu rumah tangga yang ingin membangun karir namun tetep bekerja dari rumah seperti menjadi blogger atau SEO content writer

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa.. Berhubung belum bisa bekerja di ranah publik, opsi pekerjaan menulis yang mom friendly ini bisa dicoba.

      Hapus
  16. Daku udah ngerasain jadi content writer sejak tahun 2017 lalu dan rasanya maknyusss, apalagi pas dikejar deadline, ngeri2 sedap. Tapi seneng sih karena sekalian belajar SEO. Sekarang pengen beralih nulis fiksi di platform novel.

    Saat ini ada banyak peluang untuk mendapatkan uang dari menulis ya, gak hanya nulis buku/novel/cerpen aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahh sudah lumayan lama juga ya Mbak sejak tahun 2017. Masih betah sampai sekarang ya?

      Hapus
  17. Mantap juga peluang karir menulis di era digital ini ya Kak. Bisa jadi pilihan nih di tengah gempuran AI yang makin-makin aja. Selalu ada caranya kok kalau kita mau berusaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul. Hehe.. Tetep harus lebih proaktif manusia supaya nggak kalah sama AI.

      Hapus
  18. dulu aku bekerja sebagai Technical Writer di salah satu perusahaan IT di Bandung, tapi setelah menikah resign dan pindah kota. sempet offline dari dunia IT karena adaptasi menjadi istri dan ibu, sekarang sudah mulai belajar dan mengembangkan diri lagi, namun kini sebagai SEO Content Writer xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat CiFer, aku juga baru mulai nyari-nyari kerjaan remote lagi nih.

      Hapus
  19. Ada banyak peluang untuk orang yang suka menulis. Sekedar suka saja sebenarnya nggak cukup. Kita juga butuh upgrade kemampuan menulis agar bisa bersaing saat ini. Karena saingannya nggak hanya sesama manusia ya.. teknologi juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget, apalagi kerjaan ini bisa dilakukan oleh siapapun, jadi harus ada nilai plusnya ya..

      Hapus
  20. Banyak banget sekarang yang memulai karir menulis cerita di platform digital, lalu dibuatkan buku fisik, bahkan beberapa di antaranya diangkat ke layar lebar. Sungguh peluang yang sebelumnya mungkin tidak terpikirkan bagi mereka yang hobi nulis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget, Mas Raja. Dulu kayak nggak terpikir sama sekali kalau nulis di platform online bisa sampai difilmkan.

      Hapus
  21. Sungguh inspiratif. Jenis pekerjaan impian saya. Bisa bekerja dari mana saja. Jika dibutuhkan, bisa bertemu banyak orang baru dengan sejuta satu kisah berbeda mereka.
    Sungguh, sungguh inspiratif.
    Semoga semakin banyak blogger seperti mbak Ima, yang selalu rajin membagikan ajakan menulis seperti di atas.

    BalasHapus
  22. Peluang bekerja sebagai penulis ternyata cukup banyak ya di masa sekarang, dan bisa menjadi ladang mata pencaharian yang diandalkan. Tinggal bagaimana caranya tetap kreatif dan juga bisa menjadi yang paling unggul dengan cara menulis hal-hal yang baik dan berkualitas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, saya juga ada yang baru tau beberapa pekerjaan menulis yang ternyata ada dan peluangnya juga bagus..

      Hapus