Menulis di Blog Menghasilkan Dollar, Simak Caranya!

menulis di blog menghasilkan dollar

Menulis di Blog Menghasilkan Dollar - Dari awal saya memulai kembali aktivitas blogging, salah satu goal saya adalah memang untuk mendapatkan penghasilan.

Bukan ikut-ikutan tren, namun sejak memutuskan menjadi ibu rumah tangga di tahun 2018 lalu, cita-cita saya adalah bisa bekerja dari rumah. Sebelum work from home dipopulerkan oleh Covid-19, saya sudah lebih dulu mencari jalan agar bisa bekerja remote dari rumah.

Beberapa cara sudah saya coba. Berjualan skincare hingga menjadi reseller pakaian anak-anak. Akan tetapi, semua saya tinggalkan begitu saja karena kurang telaten ngurusinnya. Kemudian saya memilih untuk kembali menekuni hobi menulis.


Ternyata, aktivitas inilah yang paling membuat saya senang dan nyaman. Allah SWT pun membukakan pintu rezeki untuk saya dari kegiatan menulis di blog. Menulis di blog menghasilkan dollar.

Yap! Teman-teman tidak salah baca, bukan hanya dibayar pakai rupiah tapi dollar. Mau tau gimana ceritanya? Lanjut ya bacanya ;)

Belajar Mengelola Blog

Di tahun 2019, saya sempat mengalami post power syndrome. Setelah aktif bekerja di ranah publik selama 3 tahun, hidup saya berkutat dengan pekerjaan rumah dan mengurus anak. Hal tersebut membuat saya merasa saya bukan apa-apa dan saya bukan siapa-siapa.


Apalagi melihat teman-teman yang karirnya semakin bersinar atau pendidikannya semakin tinggi. Wah, aku mah apa atuh! Hidup terasa jalan di tempat, mengerjakan pekerjaan rumah tangga sehari-hari pun terasa menjadi beban yang saya sama sekali tidak enjoy menjalankannya.

Menulis menghasilkan dollar

Setelah pindah dari Bandung untuk ikut suami bekerja di Sukabumi, saya mulai mencari kegiatan yang bisa memicu semangat saya. Berkomunitas adalah kegiatan yang saya pilih dan akhirnya memilih Ibu Profesional sebagai wadah untuk kembali bangkit dari perasaan useless tersebut.

Saya pun memutuskan untuk kembali menekuni hobi menulis yang sudah lama terkubur. Menulis di blog adalah salah satu me time yang saya lakukan di sela-sela pekerjaan rumah yang tidak habis-habis. 

Saking semangatnya menulis di blog, saya yang waktu itu belum memiliki laptop menulis menggunakan ponsel. Terkadang, saya bahkan menulis di blog sembari mengASIhi anak saya.


Suami yang melihat istrinya kembali menemukan desire to live, sangat mendukung hobi saya ini hingga akhirnya saya dijajanin laptop sendiri. Hore! Dari sana lah, saya bergabung dengan berbagai komunitas blogging dan mencoba untuk lebih tekun mengelola blog ini.

Mendapatkan Job dari Menulis di Blog

Seperti yang sudah saya ceritakan sebelumnya, salah satu goal saya dari kegiatan blogging ini memang untuk cuan. Saya pikir, mungkin setelah setahun ngeblog, baru deh ya bisa dapet job seperti teman-teman blogger lain yang selama ini saya kagumi.

Namun, rezeki datang dari arah yang tidak disangka-sangka. Sebuah brand properti mengirimkan email untuk menawarkan kerjasama advertorial post di bulan Mei 2020.


Belum setengah tahun saya fokus mengelola blog, cita-cita saya sudah otw tercapai. Sempat ragu juga dan mengira itu adalah email penipuan, tapi ternyata beneran kok. Hehe.

Setelah job pertama saya itu, tentu saja saya makin rajin belajar mengelola blog ini. Makin aktif juga di berbagai komunitas dan mengambil berbagai kesempatan yang datang.


Alhamdulillah, sampai hari ini blog maeshardha.com yang teman-teman baca ini menjadi salah satu sumber penghasilan saya. Nangis banget, Allah Maha Baik!

Menulis di Blog Menghasilkan Dollar melalui Intellinfluence

Ada banyak sekali cara untuk menghasilkan cuan dari blog. Selama ini yang saya lakukan adalah bekerja sama dengan brand untuk advertorial post ataupun content placement.

Pernah juga saya mencoba menulis untuk affiliate program tapi ternyata tidak semudah itu mendapatkan penghasilan dari sana. Selain itu, saya juga memasang iklan di blog ini melalui Google Adsense untuk mendapatkan penghasilan tambahan.


Pengalaman lain yang membuat saya semakin semangat untuk menekuni dunia blogging adalah karena potensi pendapatannya yang tak hanya rupiah saja, tapi juga dollar! Dari situs Intellinfluence, saya bisa dibayar ratusan dollar untuk satu tulisan. Auto pengen nggak nih? Hihi.

Apa itu Intellinfluence?

Jadi, saya mendapatkan informasi mengenai Intellinfluence ini juga dari teman-teman sesama blogger. Di awal-awal kemunculannya, para blogger ini heboh banget karena mereka bisa menulis di blog dan dibayar dengan mata uang dollar.

Saya pun penasaran dan mencoba untuk mencari informasi lebih lanjut mengenai situs tersebut. Jangan-jangan scam kan serem ya, bok!

Apa itu Intellinfluence
Macam-macam project yang ada di Intellinfluence

Intellinfluence sendiri merupakan sebuah platform luar negeri yang mempertemukan antara influencer dengan brand. Nantinya mereka bisa melakukan kerja sama sesuai dengan spesialisasi influencer tersebut.

Misalnya youtuber ya akan direkomendasikan ke brand yang membutuhkan jasa para youtuber untuk membuat konten video. Demikian pula dengan blogger, selebgram, dan content creator lain. Konsepnya mirip dengan platform dalam negeri seperti Sosiago, Vira maupun Rajabacklink.

Bagaimana Cara Daftar Intellinfluence?

Buat teman-teman yang juga ingin menjadi influencer di Intellinfluence, kalian harus mendaftar terlebih dahulu ke situs tersebut. Caranya adalah sebagai berikut:


  • Masuk ke website Intellinfluence
  • Lakukan registrasi atau pendaftaran
  • Isi profil termasuk foto profil teman-teman (wajib nih!)
  • Isi data-data sesuai dengan instruksi yang diberikan

Setelah selesai dan berhasil menginput data-data tersebut, teman-teman sudah bisa mulai hunting job sesuai dengan spesialisasi yang kalian pilih sebelumnya.

Skema Pembayaran Job dan Fee di Intellinfluence

Untuk bisa mencairkan pendapatan dari Intellinfluence, teman-teman harus mengumpulkan minimal $25. Pembayaran akan langsung dikirimkan melalui rekening PayPal. Jadi, pastikan kalian sudah memiliki akun PayPal terlebih dahulu ya. Wajib!

Skema Pembayaran Fee di Intellinfluence

Dari rekening PayPal tadi, kalian bisa menariknya ke rekening bank di Indonesia yang kalian miliki. Proses penarikan dana dari PayPal ke rekening pun terbilang cepat, kurang lebih 1x24 jam saldo sudah masuk ke rekening bank di Indonesia.

Memang berapa, sih, fee yang ditawarkan untuk blogger dari Intellinfluence? Spill nggak nih? Hehe. Di Intellinfluence, satu blogpost bisa dihargai $100. Bisa kurang atau bisa lebih, tergantung dari project yang ditawarkan.

Skema Pembayaran Job dan Fee di Intellinfluence

Jumlah tersebut tentu sangat besar dibandingkan fee yang saya dapatkan dari job dalam negeri yang angkanya hanya ratusan ribu rupiah. Brief pengerjaan artikelnya pun nggak rumit, dan bisa ditulis menggunakan bahasa Indonesia.

Akan tetapi, salah satu kekurangan dari Intellinfluence menurut saya adalah masih sangat terbatasnya job yang tersedia untuk Indonesia. Haha. Jadi, ketika saya mau apply suatu project akan muncul keterangan bahwa project tersebut belum diperuntukkan untuk influencer yang tinggal di Indonesia.

Begitulah pengalaman saya menulis di blog dan menghasilkan dollar melalui Intellinfluence. So far, Intellinfluence terbukti membayar meskipun kita harus menunggu kurang lebih 2-3 minggu terhitung sejak diapprove-nya artikel yang sudah kita tayangkan.

Tertarik juga untuk menghasilkan dollar dari menulis di blog? Sharing di kolom komentar, yuk!

Posting Komentar

2 Komentar

  1. saya nyobain daftar mungkin beruntung bisa dapat job

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat! Semoga ada rezekinya juga dari Intellinfluence ya..

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca tulisan saya 😊 yang mau ngobrol-ngobrol terkait artikel di atas, yuk drop komentar positif kalian di kolom komentar.

Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup ya, Frens! 😉

Satu lagi, NO COPAS tanpa izin ya. Mari sama-sama menjaga adab dan saling menghargai 👍