Rekomendasi Drama Office Romance Terfavorit 2022

drama-office-romance-2022

Halo! Annyeonghaseyo!

Kangen banget rasanya menulis tentang drama Korea di blog sendiri. Ada banyak sekali drama Korea yang sudah saya tonton dan ingin dituliskan di blog, tapi.. setelah nonton dan sibuk dengan prioritas menulis yang lain, alhasil banyak deh drama yang saya suka tapi ke skip reviewnya di blog ini. Heu!

Di tahun 2022 ini, ada banyak banget ya drama-drama baru yang bermunculan dengan aktor dan aktris yang memikat penonton untuk icip-icip ngikutin drama mereka.

Entah kepincut sampai akhir atau berhenti di tengah jalan, coba nonton aja dulu dramanya kayak "Our Blues" yang dimainkan oleh Shin Min Ah dan Kim Woo Bin atau "My Liberation Notes" yang pemerannya uri eonnie Kim Ji Won.

Pada akhirnya saya drop nonton drama tersebut karena nggak kuat dengan ritmeny yang buat saya terlalu slow dan ceritanya yang nggak gue banget.

Genre yang gue banget itu drama-drama konyol yang receh dan penuh romansa kehidupan, lol! Kayak 5 drama bertema office romance yang akan saya ulas di bawah ini.

5 Drama Office Romance Terfavorit

Terfavorit di sini versi saya loh ya! Mungkin teman-teman punya drama favorit versi sendiri ya monggo ora popo..

Don't know why padahal drama berlatar office romance tuh udah buanyak banget dan sebetulnya ceritanya klise terus gampang ketebak, tapi tiap ada drakor dengan latar tersebut tayang, tetep laris manis tanjung kimpul di pasaran.

Sepertinya memang drama bergenre romcom ini evergreen meski dengan cerita klisenya. Drama romcom bak sebagai penyeimbang drama-drama bertema berat seperti crime, misteri atau thriller

Nah, buat yang punya genre favorit drakor sama seperti saya, udah pada nonton belum nih 5 drama bertema office romance tahun 2022 di bawah ini?

1. Shooting Stars

Sepanjang 2022 ini, "Shooting Stars" jadi salah satu drama yang paling saya rekomendasikan untuk ditonton semua yang nanya, "Drama apa ya yang bagus?" :D

Drama ini berlatar belakang hiruk pikuk kehidupan di agency artis Korea Selatan. Di episode pertama, kita bisa melihat bagaimana sibuknya reporter, manager artis hingga tim public relation saat menangani skandal artis di agensinya.

shooting-stars-office-romance

Di drama ini, Oh Han Byeol (Lee Sung Kyung), ketua Divisi Public Relation dari Starforce Entertainment, harus kembali menghadapi perilaku bullying dari Gong Tae Sung (Kim Young Dae), artis tenar yang bekerja di bawah naungan Starforce Entertainment setelah ia kembali dari Afrika.

Sudah sejak lama, hubungan mereka berdua bak kucing dan anjing. Ribut bae kalo ketemu. Dalam drama ini, yang bikin gemes nih.. di setiap akhir episode penonton diberikan clue, kalau sebenarnya Gong Tae Sung ini menyukai Oh Han Byeol.

Selain romansa antara Oh Han Byeol dan Gong Tae Sung, seperti drama Korea lainnya, drama ini menghadirkan cerita-cerita kehidupan lain setiap karakter yang ada di dalamnya. Ada kisah profesionalisme dalam bekerja, persahabatan, kekeluargaan bahkan bromance antara Gong Tae Sung dan Do Soo Hyuk (Lee Jung Shin).

Asli, buat teman-teman yang suka drama ringan, manis tapi nggak bikin eneg dan nggak suka dengan konflik yang njelimet, tonton deh "Shooting Stars"!

2. Business Proposal

Drama favorit saya berikutnya yang berlatar belakang office romance adalah "Business Proposal". Drama romcom ini sempat booming di masa penayangannya karena akting juarak dari Kim Sejong yang memerankan Shin Ha Ri.

business-proposal-office-romance

"Business Proposal" adalah sebenar-benarnya drama Korea klasik. Bercerita tentang wanita yang berasal dari keluarga pas-pasan, hidup dan bekerja menanggung hutang keluarga namun kemudian terselamatkan oleh seorang pria chaebol yang memberikannya sejumlah uang untuk berpura-pura menjadi tunangannya.

Buat yang sudah menonton drama Lovers of the Red Sky dan terpesona dengan Ahn Hyo Seop di sana sebagai Ha Ram, siap-siap kesengsem lagi di "Business Proposal" dengan perannya sebagai Kang Tae Moo.

Dalam drama ini, Shin Ha Ri yang diperankan oleh Kim Sejong menyamar menjadi Shin Geum Hui dan berpura-pura sebagai tunangan Kang Tae Moo (Ahn Hyo Seop) di hadapan kakek Kang Tae Moo. Shin Ha Ri ini bekerja sebagai peneliti makanan di perusahaan milik kakek Kang Tae Moo.

Baik Kang Tae Moo maupun kakeknya, tidak mengetahui bahwa Shin Geum Hui adalah Shin Ha Ri. Jadi, tiap kali akan berpapasan di kantor, Ha Ri selalu berusaha kabur untuk menghindari kedua atasannya tersebut. Ribet deh hidupnya!

"Business Proposal" ini diangkat dari sebuah webtoon populer berjudul sama, oleh sebab itu kehadiran drama ini sangat dinantikan terutama oleh pembaca webtoon-nya. Meskipun ternyata ada beberapa perbedaan antara drama dan webtoon-nya, drama "Business Proposal" terbilang cukup sukses sebagai drama adaptasi webtoon.


Selain cerita romance kocak antara Shin Ha Ri dan Kang Tae Moo, pasangan lain yang juga mencuri perhatian penonton adalah Jin Young Seo (Seol In Ah) dan Cha Sung Hoon (Kim Min Kyu).

3. Crazy Love

Awalnya saya agak skeptis ya menonton beberapa episode pertama "Crazy Love", setelah setengah jalan menonton barulah drama ini terasa menarik dan sayang kalau ditinggalkan begitu saja. Drama ini diperankan oleh Krystal Jung yang berpasangan dengan Kim Jae Wook.

crazy-love-office-romance

Ceritanya tentang Lee Shin Ah (Krystal Jung) yang divonis menderita kanker otak tepat setahun setelah ia bekerja sebagai sekretaris CEO diperusahaan GoTop Education. CEO dari perusahaan tersebut adalah Noh Go Jin (Kim Jae Wook) yang dikenal tidak punya hati dan selalu memperlakukan bawahannya dengan semena-mena.

Merasa penyakitnya ini disebabkan oleh Noh Go Jin, Lee Shin Ah pun melampiaskan amarahnya dengan mendatangi villa milik Noh Go Jin di tengah malam. Ia membuat kekacauan di sana dan merasa tidak menyesal sebab ia pikir usianya sudah tidak akan lama lagi.

Namun, di malam itu juga Noh Go Jin mengalami kecelakaan yang membuatnya menderita amnesia. Lee Shin Ah yang panik karena takut dicurigai polisi, akhirnya berbohong dan berpura-pura menjadi tunangan Noh Go Jin.

Buat teman-teman yang ingin menonton drama ini, saya sarankan untuk bersabar di episode-episode awal. Menurut saya permulaannya itu terasa sangat lambat dan humornya nggak masuk gitu. Tapi, di pertengahan hingga akhir episode, ada banyak pesan kehidupan yang disampaikan dari drama ini.

Spoiler alert! Ending drama "Crazy Love" ini tuh manis sekali. Penyelesaian konfliknya pun tuntas hingga tidak menyisakan tanda tanya dan rasa sesal di hati penonton yang sudah mengikuti keseluruhan episodenya.

4. Kiss Sixth Sense

Next, ada "Kiss Sixth Sense". Drama ini merupakan drama adaptasi webtoon berjudul sama. Drama ini bergenre fantasi dengan latar belakang cerita office romance. Diperankan oleh Seo Ji Hye dan Yoon Kye Sang.


Seo Ji Hye memerankan karakter Hong Ye Sool, seorang AE (Account Executive) di perusahaan periklanan. Ia memiliki kekuatan super yakni bisa melihat masa depan tiap kali bibirnya menyentuh bagian tubuh dari orang lain.

kiss-sixth-sense-office-romance

Suatu ketika, ada sebuah kecelakaan kecil yang menyebabkan bibirnya menyentuh bibir Cha Min Hu (Yoon Kye Sang), atasannya di kantor. Dalam visualisasi masa depannya, ia melihat hari-hari bahagia yang dihabiskan bersama atasannya tersebut.

Nggak terima dong Ye Sool! Pasalnya, Cha Min Hu ini sering kali menyudutkan dan memberikan banyak pekerjaan pada Ye Sool yang membuat ia harus lembur hingga berhari-hari di kantor.

Ye Sool melihat Cha Min Hu sebagai sosok yang selalu menekannya karena ada dendam pribadi yang tak terungkapkan. Padahal, Cha Min Hu sebenarnya selalu memperhatikan Ye Sool dan memberikan support dalam setiap pekerjaan yang dilakukannya.

Ye Sool pun akhirnya mencari cara untuk memastikan visualisasi masa depannya tersebut. Selain karakter mereka berdua, ada pula karakter Lee Pil Yo (Kim Ji Seok) sosok mantan kekasih Hong Ye Sool yang tiba-tiba muncul kembali.


Sebagai penggemar cerita fantasi, saya suka dengan jalan cerita dalam "Kiss Sixth Sense". Diceritakan juga bagaimana mulanya Ye Sool bisa mendapatkan kemampuan melihat masa depan tersebut, ada juga cerita masa lalunya bersama Cha Min Hu yang tidak ia sadari.

5. Extraordinary Attorney Woo

Drama favorit saya berikutnya yang juga akan saya rekomendasikan untuk teman-teman yang nyari drama seru di 2022 adalah "Extraordinary Attorney Woo".

Drama ini sukses mengantarkan Park Eun Bin meraup penghasilan dua kali lipat dibandingkan sebelumnya dengan nominal sekitar 2 milyar per episode. Goks!

"Extraordinary Attorney Woo" juga sukses membuat sebagian penonton terJunho-Junho karena akting Kang Tae Oh sebagai Lee Jun Ho. Ini merupakan drama terakhir Kang Tae Oh sebelum berangkat wamil tanggal 20 September 2022.

extraordinary-attorney-woo-office-romance

Drama ini bercerita mengenai Woo Young Woo (Park Eun Bin), pengacara perempuan autis pertama di Korea Selatan. Ia menderita spektrum autisme sejak kecil namun memiliki kecerdasan yang luar biasa.

Saat usia 5 tahun, Woo Young Woo sudah bisa menghapal pasal-pasal hukum baik pidana maupun perdata dari buku-buku milik ayahnya. Ia pun lulus sebagai sarjana hukum dengan nilai tertinggi dari universitas terbaik di Korea Selatan.

Woo Young Woo kemudian bekerja sebagai pengacara di Hanbada, sebuah firma hukum. Di sanalah ia bertemu dengan Lee Jun Ho, staff di bagian Litigasi yang sering membantu pengacara-pengacara di Hanbada.

Lee Jun Ho jatuh hati dengan karakter dan kepribadian Woo Young Woo. Ternyata, Woo Young Woo pun baru pertama kali merasakan ketertarikan dengan lawan jenis. Dengan keterbatasan yang dimiliki oleh Young Woo, kira-kira berlayar nggak nih kapal mereka?

Saya suka drama ini nggak cuma karena cerita romance Woo Young Woo dengan Lee Jun Ho saja. Setiap episodenya menghadirkan kasus-kasus baru yang menarik untuk diikuti penyelesaiannya. Di sana penonton bisa melihat bagaimana para pengacara berusaha mengumpulkan data dan fakta untuk membela kliennya di pengadilan.

Selain itu, kisah persahabatan dan kekeluargaan dalam drama ini juga nggak kalah menarik.

Rekomendasi Hiburan di Waktu Senggang

Itu tadi 5 drama office romance terfavorit saya sepanjang tahun 2022 ini. Dari 5 drama di atas, nggak ada yang konfliknya berat banget atau ceritanya njelimet bikin penonton pusing mikirin plot twist. Cocok sebagai tontonan ringan yang menghibur di waktu senggang.


Sukabumi, 2 September 2022

Posting Komentar

12 Komentar

  1. Baru attorney woo doang yg aku udh tonton. Lainnya LGS aku masukin ke list 😍. Naah aku pun suka genre Drakor yg ringan begini, walopun fav ku sebenernya horor dan thriller. Tapi kadang kalo sdg nonton yg berat, aku butuh tontonan Drakor yg ringan, jadi ga bikin kepala makin mumet 😂

    Liberation notes aku masukin tuh ke list mba. Tapi blm aku tonton sih. Kata temen bagus, cuma kadang aku ngikutin mood kalo filmnya model lambat begitu. Tetep ditonton Ampe habis, tapi biasanya ga cepet 🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku suka juga mbaa drama thriller, crime tapi tergantung yang main siapa sih. Kalo "kenal" baru kutonton kayak Lee Seung Gi Mouse atau Ji Sung The Devil Judge gitu. Kalo nggak kenal aktor aktrisnya males nontoninnya. Wkwk..

      Drama-drama ini emang ringan banget sih, wes gak pake mikir tinggal ketawa ketiwi aja Mbak. Hehe..

      Hapus
  2. Belum pernah nonton semuanya, hehe. Tapi Business Proposal tak asing di telinga. Cukup familiar.

    Tapi dari ulasan tipis-tipisnya, saya tertarik dengan karakterisasi pemeran di Drama Korea. Walau genrenya mirip-mirip office romance, tapi punya karakter yang beda-beda, nggak itu-itu saja.

    BalasHapus
  3. Extraordinary Attorney Woo kayanya seru. Pernah liat cuplikannya berseliweran di reel instagram. Auto masuk list nih

    BalasHapus
  4. Huwaaa aku jadi ikutan penasaran sama Kiss Sixth Sense deh. Aku suka nih yang ala ala magical realism gini. Jadi pengen nyari tau deh si drakor adaptasi webtoon satu ini ditayangin di platform mana.

    BalasHapus
  5. Baru kelar attorney woo nih tapi buka list bingung mau nonton yg mana lagi. Mau nyoba yg bussiness proposal ah. Aku suka drama kantoran gini karena fashionnya suka dapat nih

    BalasHapus
  6. waaa saya jadi inget udah lama ga nonton drama romance, kayak ga sabar aja mantengin jalan ceritanya. business proposal sepertinya menarik untuk ditonton

    BalasHapus
  7. woo young dan shin ha ri memang keren dramanya. apalagi pas awal-awal episode yang bussines proposal itu sukses ngakak melulu lihat kelakuan shin ha ri yang kucing-kucingan sama bosnya

    BalasHapus
  8. Kisah Office Romance ini selalu bisa menjadi daya tarik yaa..
    Sebenernya aku seneng yang banyak "kerja"nya daripada romance-nya. Jadi keliatan perkembangan romance nya tuh nyata dari daily lyfe.

    Yang paling aku suka dari drama Office Romance apa yaa..?
    hahaa...aku suka genre thriller siih.. Office romance nih semacam selewat-lewat aja. Tapi ya, ditonton juga, hahaha.. Apalagi yang main bias ultimate. Mantul~

    BalasHapus
  9. Arggghhh, teracun! Sudah lama tidak nonton seria Korea. Nggak kuat harus menunggu, selalu nonton 1 film dalam 1 hari. Tapi artinya jadi nggak bisa ngerjain hal lain. Setelahnya juga susah move on. Aduh,,,, tapi kayaknya boleh deh siapkan waktu khusus untuk nonton film di list ini.

    BalasHapus
  10. Belum pernah nonton semuanyaaaaaa. Wkwkwkwk. Terakhir itu nontonnya mungkin pas lagi candu drakor era 2007-2018. Setelah itu udah eneg sama drakor, move on ke C-drama sampaiiiiiiii hari ini.

    BalasHapus
  11. dari semua yang disebut di atas, saya baru menamatkan Kiss Sixth Sense. yang lain baru selesai di-download dan baru ditonton beberapa episode aja. nanti mau coba lanjutin ahh

    BalasHapus