Review K-Drama : So I Married the Anti-fan (2021), Tak Kenal Maka Jadi Hater


Di tengah banyaknya drama-drama thriller dan romantis melodrama di tahun 2021 ini, akhirnya aku menemukan satu drama yang drakor banget. Hehe. Kayaknya termasuk drakor terklise yang kutonton sepanjang tahun 2021 ini, "So I Married the Anti-fan".

Kemarin-kemarin jantung dibuat jedag-jedug saat nonton "Mouse", lalu sempat mengikuti drama romcom "Oh! Master" yang mendadak di tengah cerita berbelok menjadi melodrama hingga berujung sad ending. Lah! Rasanya butuh hiburan yang ringan dan menyenangkan, deh.


Bermula dari rasa penasaran karena salah satu webtoon favoritku "My Anti-fan" diangkat menjadi sebuah drama, akhirnya aku menemukan drama yang menjunjung tinggi pakemnya drama Korea, klise dan manis. Pecinta romcom merapat yuk!


Tentang K-Drama "So I Married the Anti-fan"

poster so i married the antifan
Poster "So I Married the Anti-fan" (soompi)

So I Married the Anti-fan / Geuraeseo Naneun Antipaengwa Gyeolhonhaedda
Hangeul : 그래서 나는 안티팬과 결혼했다
Sutradara : Kang Cheol Woo
Penulis Naskah : Kim Eun Jung (Novel), Nam Ji Yeon
Ditayangkan di : Naver TV, iQIYI, Viki
Jumlah Episode : 32 (30 menit per episode) / 16 (60 menit per episode)
Cast :
Choi Tae Joon (Who Joon)
Choi Sooyoung (Lee Geun Young)
Hwang Chan Sung (Jae Joon / JJ)
Han Ji An (Oh In Hyung)
Kim Seon Hyuk (Seo Ji Hyang)
Kim Min Kyu (Ko Soo Hwan)

Sinopsis K-Drama "So I Married the Anti-fan"

Drama ini bercerita tentang seorang reporter bernama Lee Geun Young (Choi Sooyoung) yang hidupnya berantakan setelah berurusan dengan seorang idol tampan pujaan ribuan warga Korea Selatan, Who Joon (Choi Tae Joon) hanya karena kesalahpahaman.

Aksi pelemparan sepatu yang dilakukan oleh Lee Geun Young di klub malam miliki Jae Joon (Hwang Chan Sung) terhadap Who Joon (Choi Tae Joon) adalah awal dari petaka kehidupan Geun Young. Tak lama setelah aksinya viral di sosial media, nama Geun Young mendadak terkenal sebagai satu-satunya pembenci Who Joon.

sooyoung so i married the antifan
Geun Young setelah diserbu fans Who Joon (iQIYI)

Bak habis jatuh tertimpa tangga, Geun Young mengalami serentetan kemalangan nasib. Ia harus rela kehilangan pekerjaan bahkan tempat tinggalnya. Sebuah stasiun TV kemudian memberi Geun Young sebuah harapan untuk bertahan hidup, syaratnya ia harus menjadi pasangan Who Joon dalam sebuah reality show "So I Married the Anti-fan". Macam "We Got Married" gitu deh ceritanya.


Awalnya tentu Geun Young menolak mentah-mentah karena tidak ingin harga dirinya kembali jatuh di depan idol yang menurutnya bermuka dua. Baik di depan fans tapi memiliki perangai yang buruk di belakang. Geun Young akhirnya menerima tawaran tersebut dengan alasan ingin menguak kepribadian Who Joon yang sebenarnya.

so i married the antifan variety show
Syuting reality show bersama (iQIYI)

Geun Young kemudian menempati rumah milik Who Joon yang dijadikan sebagai tempat syuting reality show tanpa sepengetahuan pemiliknya. Malang tak dapat ditolak, Who Joon mendapati Geun Young sedang leyeh-leyeh di rumah yang hanya sesekali disinggahinya tersebut.

Berkat kebaikan hati Who Joon, Geun Young tetap dapat tinggal di sana. Mereka berdua pun menjadi semakin akrab di luar syuting acara reality show. Who Joon kerap menyambangi Geun Young di rumahnya saat sedang butuh teman untuk bercerita.

Lama kelamaan, perasaan benci di antara keduanya pun mulai samar dan berubah menjadi perasaan ... Apa yaaaa? Haha. Ya ngertilah ya gimana drama Korea. Hehe.

Diadaptasi Dari Novel dan Webtoon

Drama ini sebenarnya adalah adaptasi dari novel yang berjudul sama yaitu "So I Married the Anti-fan" dan webtoon yang berjudul "My Anti-fan". Aku sendiri belum membaca novel yang sudah diterbitkan sejak tahun 2010 ini, namun aku sudah mendengar spoiler isi novel tersebut dari teman yang sudah membacanya. Kalau versi webtoon yang tayang sejak tahun 2018 sampai 2020 lalu, aku sudah selesai membacanya.

so i married the antifan novel
So I Married the Anti-fan versi novel (goodreads)

Saking populernya, novel dan webtoon "So I Married the Anti-fan" ini juga pernah ditayangkan sebagai film di tahun 2016. Film tersebut diperankan oleh Chanyeol (EXO) sebagai Who Joon dan Yuan Shanshan sebagai Lee Geun Young.

Setelah membandingkan antara film, novel dan webtoon dengan versi drama Korea, sepertinya drama Korea lebih banyak mengadaptasi dari webtoon. Meskipun tentu banyak hal yang ada di webtoon namun tidak ada di drama dan sebaliknya.

Beberapa hal yang sebenarnya menarik dalam webtoon namun tidak diceritakan dalam drama adalah saat Who Joon cemburu pada Geun Young yang terlihat tertarik pada Ji Hyang, manager Who Joon yang juga tak kalah good looking. Padahal pasti gemes banget lihat akting Choi Tae Joon ngambek-ngambek nggak jelas. Hehe.

so i married the antifan webtoon
Geun Young dan Who Joon versi webtoon (naver)

Pertemuan Geun Young dengan ibu Who Joon di Alaska yang diceritakan dalam webtoon juga tidak ikut keangkut dalam dramanya. Karakter Jae Joon di webtoon dan di drama pun dibuat berbeda, kalau di webtoon itu nyuebelin pol tapi di dramanya masih dibuat punya perasaan. Cerita kehidupan Oh In Hyung pun sedikit banyak berbeda.

Selain itu, ending cerita versi novel, webtoon dan drama pun berbeda-beda. It's okay buatku karena sama-sama apik dan berkesan dengan style-nya masing-masing.

Bisa dikatakan, aku cukup puas dengan drama "So I Married the Anti-fan" yang merealisasikan bayanganku akan cerita dari versi webtoonnya. Bahkan untuk akhir cerita, aku jelas lebih suka versi dramanya.

Yang Bikin "So I Married the Anti-fan" Menarik Untuk Ditonton

Padahal ceritanya klise, benci jadi cinta. Konfliknya juga nggak rumit serta nggak ada tokoh yang digambarkan benar-benar antagonis. Lalu apa yang membuat drama ini menarik untuk ditonton?

Visual Pemainnya

Waktu tau Choi Sooyoung yang akan memerankan Lee Geun Young dan ada Chan Sung oppa yang jadi Jae Joon, drama ini langsung masuk ke watch list-ku. Bahkan sejak episode pertama, aku mengikuti drama ini secara on going. Wow, sesuatu banget buat aku yang biasanya nunggu belasan episode dulu baru nonton. Hehe.

Sebagai penggemar K-Pop angkatan lawas, siapa sih yang nggak kenal yekaan sama Sooyoung SNSD dan Chan Sung 2PM? Ini adalah alasan utama kedua aku menonton drama "So I Married the Anti-fan", yang pertama adalah karena adaptasi webtoon favoritku tentunya.

cast so i married the antifan
Visual menjanjikan dari 4 tokoh utamanya (asianwiki)

Biarpun aku belum pernah melihat akting Choi Tae Joon dalam drama, ternyata selain visualnya yang oke, aktingnya juga sip ya! Apalagi aktingnya saat melakukan pendekatan pada Geun Young dan jatuh cinta. Situ yang akting kok sini yang senyum-senyum, sih?

Satu-satunya yang menurutku yang kurang pas adalah Han Ji An sebagai Oh In Hyung. Aku juga belum pernah melihat akting Mbaknya sebelumnya, meskipun visualnya menjanjikan ternyata aktingnya kurang greget. Personal preference ya ini, mau akting bahagia, marah, ngeselin maupun sedih pun nggak nyampe feel-nya ke penonton.

Ceritanya Drakor Banget!

Di awal aku sudah menyebutkan bahwa "So I Married the Anti-fan" termasuk drama romcom yang menganut pakem drama Korea. Menonton drama ini membawaku kembali ke masa menonton "Full House" (2004), "Sassy Girl Chun-Hyang" (2005) dan drama sejenisnya.

Geun Young dan Who Joon benar-benar seperti kucing dan anjing pada permulaannya. Saling ingin menjatuhkan dan merasa tidak peduli satu sama lain. Tapi lama-lama, witing tresno jalaran soko kulino alias cinta tumbuh karena terbiasa.

so i married the antifan umbrella scene
Dipayungi saat hujan sama Who Joon, berani nolak? (iQIYI)

Bersama Geun Young, Who Joon merasa bisa menjadi diri sendiri tanpa harus berpura-pura seperti yang ia tunjukkan di depan publik. Geun Young pun yang awalnya membenci kelakuan Who Joon lambat laun menjadi paham dan berempati melihat betapa susahnya menjadi idol sepopuler Who Joon.

Banyak adegan konyol dan manis yang disuguhkan dalam drama ini. Membuat penonton terhibur deh!

Konflik yang Terselesaikan

Dalam drama "So I Married the Anti-fan", konflik persahabatan yang ditunjukkan oleh Who Joon, Jae Joon dan Oh In Hyung sebenarnya sederhana tapi dibuat rumit oleh Jae Joon. Mereka bertiga yang awalnya bersahabat sejak masih menjadi trainee di salah satu agensi, harus tercerai berai karena hanya Who Joon yang diorbitkan.

Jae Joon sendiri kemudian memegang posisi CEO di perusahaan agensi milik keluarganya di mana In Hyung ikut dengannya. Namun, entah mengapa Jae Joon enggan untuk mengorbitkan In Hyung juga hingga In Hyung terus menjadi trainee hingga bertahun-tahun berlalu.

so i married the antifan main character
Awkward moment (iQIYI)

Kisah hubungan Jae Joon dan In Hyung juga sebetulnya hadeuh apa sih? Tarik ulur, salah paham, bolak balik gitu aja. Mohon maaf kalau adegan mereka banyak aku skip-skip. Hehe.

Masalah lainnya adalah tentang asal usul cincin milik Who Joon yang memiliki ukiran bertuliskan "YAMA". Cincin tersebut adalan kunci Who Joon bisa menemukan ayahnya yang belum pernah ia temui sejak kecil.

Pada akhirnya, semua konflik yang ada dalam drama ini terselesaikan dengan baik. Tidak lagi meninggalkan pertanyaan, bahkan sampai masalah Who Joon dengan CEO agensinya pun berakhir dengan damai.

Memaknai Persahabatan

Melihat kelakuan Jae Joon pada Who Joon yang merasa sebal karena iri nasib sahabatnya lebih baik mengingatkanku pada Ron Weasley saat ia merasa kalau Harry Potter memiliki segalanya termasuk popularitas. Meski demikian, mereka berdua tetap bersahabat di dalam hati masing-masing.

Sejatinya, seorang sahabat tidak akan benar-benar tega membenci sahabatnya sendiri dan pasti berusaha untuk membantu sahabatnya saat sedang kesusahan. Sama halnya dengan Who Joon, Jae Joon dan In Hyung.

Sementara Lee Geun Young, memiliki nasib lebih beruntung dalam hal menjalin persahabatan. Ia memiliki sahabat baik yaitu Shin Mi Jung (Kim Ha Kyung) dan Ko Soo Hwan (Kim Min Kyu). Dengan sigap mereka akan membantu Geun Young ketika para fans Who Joon mengincar dirinya serta menjadi tempat teraman di mana Geun Young bisa berlindung.

friends so i married the antifan
Geun Young bersama sahabat-sahabatnya (Naver)

Kisah persahabatan yang manis ini juga menjadi salah satu daya tarik drama "So I Married the Anti-fan". Jadi ingat betapa beruntungnya kita jika memiliki sahabat-sahabat seperti mereka.

Pesan Untuk Saling Percaya dan Setia

Nggak hanya sekedar menghibur, drama ini juga membawa pesan penting untuk saling percaya dan setia pada orang terdekat kita. Saat Geun Young diterpa masalah yang membuatnya disudutkan banyak pihak, Who Joon tidak goyah dan tetap percaya padanya. Begitu pun saat Who Joon harus berada diujung karirnya sebagai selebritas, Geun Young tetap setia menunggu hingga Who Joon menyelesaikan masalahnya dan siap kembali padanya.

so i married the antifan yama
Manager Ji Hyang yang setia mendampingi Who Joon (iQIYI)

Begitu pula dengan manager pribadi Who Joon, Seo Ji Hyang (Kim Seon Hyuk) yang tetap setia menemani Who Joon sejak awal perjalanan karirnya hingga akhir. Bukan hanya berperan sebagai manager artis, Ji Hyang juga bertindak layaknya seorang sahabat dan kakak bagi Who Joon.

Rekomendasi

Drama ini sebenarnya sudah diproduksi di tahun 2018 silam. Namun, baru ditayangkan di tahun 2021 sekarang. Meskipun demikian, cinematografinya sudah oke dan nggak ketinggalan zaman, loh!

Untuk para penyuka drama ringan bergenre romcom, yang ceritanya manis dan bikin kita ikut tersipu-sipu nontonnya, berarti "So I Married the Anti-fan" ini harus masuk watch list kalian.

Sukabumi, 3 Juli 2021

Posting Komentar

2 Komentar

  1. Ini udah aku masukin list doooong ;). Belum ditonton aja. Dr awal udah tertarik Krn kok ingetin aku Ama full house nya rain dan song Hye Kyo :p. Kangeeen nonton drama yg begitu. Ntr abis tamatin 5 Drakor yg sdg aku balap, baru nonton anti fans ini ;D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap Mbak Fanny, ringan aja dramanya tapi menghibur dan bikin mesem-mesem nontonnya. Hehe..

      Hapus