Review Scarlett Herbalism Mugwort & Seriously Soothing Hydrating Gel Mask

review masker scarlett

Dari sekian banyak perawatan wajah yang biasa dilakoni, menggunakan masker wajah adalah kegiatan yang paling saya sukai. Dibandingkan dengan perawatan wajah lainnya, saya merasa setelah menggunakan masker wajah, efeknya langsung terasa.

That's why saya semangat sekali untuk mencoba dua masker viral dari Scarlett by Felicya Angelista yakni Scarlett Herbalism Mugwort dan Seriously Soothing & Hydrating Mask. Masker wajah ini termasuk produk keluaran terbaru dari Scarlett yang langsung hits di pasaran.

Manfaat Menggunakan Masker Wajah

Sebelum ke pembahasan review produk, berikut adalah manfaat menggunakan masker wajah yang membuat saya sukaaa sekali merawat wajah menggunakan masker :

manfaat masker wajah
4 Manfaat Menggunakan Masker Wajah

1. Memberi Nutrisi ke Dalam Kulit

Sesaat setelah menggunakan masker wajah, salah satu manfaat yang akan langsung terasa adalah kulit menjadi lebih tampak sehat dan ternutrisi. Tentu saja, sebab masker wajah biasanya mengandung berbagai macam vitamin, essential oil serta bahan-bahan lain yang memberikan nutrisi ke dalam kulit wajah.

2. Melembapkan Kulit Wajah

Manfaat lain yang didapatkan dari rutin menggunakan masker wajah adalah melembapkan kulit wajah. Lembap yang dimaksud adalah terjadinya keseimbangan pada kulit wajah sehingga wajah yang kering akan lebih terhidrasi dan minyak yang ada di wajah akan lebih terkontrol.

3. Mencerahkan Kulit Wajah

Fungsi dari masker wajah salah satunya adalah mengangkat sel-sel kulit mati yang menyebabkan wajah kusam. Oleh sebabnya, setelah menggunakan masker wajah, kulit akan tampak lebih cerah dan berseri.

4. Mengatasi Permasalahan Kulit

Kandungan dalam masker wajah biasanya disesuaikan dengan kebutuhan kulit untuk mengatasi permasalahan yang ada. Ada masker yang memiliki kandungan untuk kulit berjerawat, kulit kusam, hingga kulit kering.

Setidaknya keempat manfaat itulah yang saya rasakan ketika menggunakan masker wajah dan membuat kegiatan maskeran di rumah menjadi me time yang rutin dilakukan. Hehe.


Review Scarlett Herbalism Mugwort & Seriously Soothing Hydrating Mask

Kedua produk masker dari Scarlett yakni Herbalism Mugwort dan Seriously Soothing & Hydrating Mask ini meupakan produk masker pertama yang diluncurkan oleh Scarlett.

Masing-masing memiliki fungsi yang berbeda di mana Scarlett Herbalism Mugwort Mask diperuntukkan untuk mengatasi masalah kulit berminyak dan berjerawat sedangkan Scarlett Seriously Soothing & Hydrating Mask untuk mengatasi kulit yang kering dan kusam. Tapi, kedua masker ini bisa juga digunakan untuk semua jenis kulit.


scarlett mugwort mask

Kedua masker ini tidak diragukan lagi aman untuk digunakan karena sudah memiliki nomor registrasi BPOM, teruji tidak diujicobakan pada hewan serta tidak mengandung merkuri dan hydroquinone.

Oiya, teman-teman bisa melakukan pengecekkan keaslian produk Scarlett dengan membuka link verify.scarlettwhitening.com kemudian isi data yang diminta. Jangan lupa untuk memasukkan kode di bawah barcode yang terdapat pada produk untuk cek kode serinya.

Kedua masker ini dibanderol seharga Rp75.000,- untuk kemasan 100 gram. Worth to try banget sih dengan harga segitu ;)

Scarlett Herbalism Mugwort Mask

scarlett mugwort mask

Produk pertama yang akan saya tuliskan reviewnya adalah Scarlett Herbalism Mugwort Mask. Salah satu fungsi utama dari masker ini adalah untuk mengeksfoliasi wajah. Rutin melakukan eksfoliasi ini penting banget agar kulit wajah bebas dari komedo dan masalah pori-pori besar.

Mugworth to try! Begitulah tagline yang saya baca di media sosial. Makanya saya penasaran sekali untuk mencoba produk ini karena beberapa permasalah kulit yang saya alami sepertinya cocok jika diatasi menggunakan Scarlett Herbalism Mugwort Mask.

Packaging

Nuansa hijau yang dihiasi dengan gambar-gambar dedaunan menjadi ciri khas dari kemasan sekunder (box) maupun kemasan primer (jar) dari Scarlett Herbalism Mugwort Mask. Sekilas saya teringat pada kemasan krim pagi dan malamnya yang serupa tapi tak sama.

Meskipun kemasannya dalam bentuk jar, di dalamnya terdapat tutup pembatas yang mencegah agar masker tidak mudah tumpah dan berceceran. Terdapat juga spatula mini yang dapat digunakan untuk mengaplikasikan masker pada wajah.

Seperti biasa pada kemasannya terdapat informasi lengkap mengenai nama produk, kandungan utama serta formula lengkapnya, manfaat, nomor ijin BPOM serta kode seri barcode, cara penggunaan dan penyimpanan serta stiker hologram penanda keaslian produk.

Kandungan

Scarlett Herbalism Mugwort Mask cocok untuk kulit yang memiliki permasalahan berupa kulit berminyak dan berjerawat, sensitif, normal, kering dan kombinasi.Adapun kandungan utama yang terkandung dalam produk ini beserta manfaatnya adalah :

1. Mugwort Extract

Membantu menghidrasi dan menenangkan kulit. Mugwort extract kaya akan vitamin E, fungsi lainnya adalah sebagai anti-inflamasi alami yang dapat membantu peradangan pada kulit berjerawat.

2. Vitamin C

Berfungsi untuk mencerahkan kulit dengan menyamarkan hiperpigmentasi, membantu mengurangi kemerahan yang disebabkan oleh paparan sinar UV-B, mengurangi tanda-tanda penuaan dan melawan radikal bebas.

3. Glutathione

Membantu kulit menjadi lebih cerah dan lembap.

4. Niacinamide

Membantu merawat kulit berjerawat dan iritasi, menyamarkan pori, mengatur produksi minyak pada wajah dan memudarkan bekas jerawat.

5. Bamboo Charcoal

Membantu menyerap minyak berlebih dan berfungsi sebagai natural eksfoliator yang mampu mengangkat sel kulit mati sehingga wajah terlihat lebih cerah.

6. Chlorophyllin

Berfungsi sebagai anti-inflamasi dan anti-bakteri yang membantu mengurangi peradangan dan menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

7. Green Tea Powder

Mengurangi tanda-tanda penuaan kulit dan membantu melawan radikal bebas oleh karena adanya sifat antioksidan dari Green Tea. Cocok digunakan pada kulit yang memiliki masalah berminyak dan berjerawat karena dapat mengurangi kadar minyak dan melawan bakteri penyebab jerawat.

8. Allantoin

Membantu untuk menghidrasi kulit, mempercepat penyembuhan luka dan menghaluskan kulit.

9. Enkapsulasi Salicylate

Merupakan asam salisilat yang dienkapsulasi sehingga lebih mudah masuk ke pori-pori. Asam salisilat sendiri berfungsi untuk mengontrol minyak berlebih dan mengatasi kulit berjerawat.

10. Galactosyl Salicylate

Antiseborrheic yang memiliki sifat melembapkan.

Tekstur

Scarlett Herbalism Mugwort Mask memiliki tekstur seperti mud-mask pada umumnya. Creamy dan kental. Meski demikian, pengaplikasiannya di wajah cukup mudah. Saya pribadi lebih senang mengaplikasikannya dengan tangan ketimbang spatula yang tersedia.

Mungkin karena tidak terbiasa menggunakan spatula, agak sulit untuk meratakan maskernya di wajah. Lebih gampang pakai jari, tentunya cuci tangan yang bersih dulu sebelum menggunakan masker ya.

Dengan fungsinya sebagai eksfoliator, terdapat butiran-butiran scrub di dalam masker ini. Akan tetapi, butiran scrub-nya ini halus banget dan nyaman banget saat di oleskan ke wajah. Nggak bikin sakit gitu.

Petunjuk Penggunaan dan Penyimpanan

Ambil masker dengan mini spatula, ratakan masker ke seluruh wajah. Diamkan masker 15-20 menit dan bilas hingga bersih. Lanjutkan perawatan wajah dengan toner, serum dan krim.

- Cara Pemakaian Scarlett Herbalism Mugwort Mask

Setelah digunakan, tutup jar dengan rapat dan simpan di tempat yang kering dan terhindar dari sinar matahari langsung.

Saya sendiri baru sekitar 2 minggu ini menggunakan Scarlett Herbalism Mugwort Mask. Pemakaiannya seminggu sekali karena diselingi juga dengan Scarlett Seriously Soothing & Hydrating Gel Mask.

scarlett mud mask

Kesan pertama menggunakan mud-mask dari Scarlett ini suka sekali karena terasa banget membersihkan wajah sampai ke dalam pori-pori dan membuat komedo-komedo terutama di hidung pada kabur!

Di awal pemakaian, saya merasa ada efek hangat gitu. Awalnya udah takut bakal iritasi atau nggak cocok, tapi lama-lama justru efek hangatnya itu yang bikin calming. Efek nyata lainnya yang saya rasakan adalah kulit jadi lebih lembap, ternutrisi dan berasa sehat.

Scarlett Seriously Soothing Hydrating Gel Mask

scarlett soothing mask

Belum selesai reviewnya teman-teman! Masih ada masker unik dari Scarlett yakni Seriously Soothing & Hydrating Gel Mask yang juga mau saya tuliskan reviewnya.

Nggak lengkap rasanya kalau belum mencoba semua rangkaian face care dari Scarlett. Dari pada kepikiran, sekalian aja nyobain Scarlett Seriously Soothing & Hydrating Gel Mask. Nama produknya serius banget nih kayaknya. Hehe.

Produk ini cocok digunakan untuk semua jenis kulit mulai dari berminyak, berjerawat, sensitif, normal, kering dan kulit kombinasi.

Packaging

Jika Scarlett Herbalism Mugwort Mask memiliki kemasan bernuansa hijau dengan ornamen dedaunan, lain halnya dengan Scarlett Seriously Soothing & Hydrating Gel Mask yang bernuansa pink dengan hiasan buah-buahan di kemasannya.

Lainnya sama persis dengan kemasan sekunder dan primer dari Scarlett Herbalism Mugwort Mask termasuk informasi yang terdapat pada kemasannya.

Kandungan

Scarlett Seriously Soothing & Hydrating Gel Mask memiliki fungsi utama untuk melembabkan dan menghaluskan kulit dengan kandungan 7 berry extract dan Centella asiatica extract. Adapun kandungan lengkap dari masker berbentuk gel ini adalah :

1. Seven Berry Extract

  • Blackberry membantu menghidrasi kulit.
  • Blackcurrant membantu meredakan peradangan.
  • Blueberry kaya akan anti oksidan untuk membantu melawan radikal bebas.
  • Raspberry membantu meningkatkan produksi kolagen.
  • Cranberry membantu mencerahkan dan membuat kulit tampak lebih bersinar.
  • Acai Berry membantu mencegah tanda-tanda penuaan dini.
  • Strawberry membantu mengangkat sel-sel kulit mati sehingga dapat membantu mencerahkan kulit. 

2. Ekstrak Ginseng

Meningkatkan produksi kolagen. Bersifat sebagai anti-aging, mampu menyeimbangkan kadar minyak pada kulit. Sifat anti-inflamasinya dapat membantu meringankan kemerahan dan pembengkakan.

3. Allantoin

Membantu untuk menghidrasi kulit, mempercepat penyembuhan luka dan menghaluskan kulit.

4. Centella asiatica Extract

Membantu melawan radikal bebas, mempercepat penyembuhan luka, menenangkan dan menghidrasi kulit, meningkatkan produksi kolagen serta membantu mengatasi kulit kering, kemerahan dan iritasi.

5. Grape Water

Menghidrasi kulit.

6. Rose Water

Memberikan efek menenangkan, mengurangi peradangan kulit dan menyamarkan pori-pori.

7. Vitamin C

Berfungsi untuk mencerahkan kulit dengan menyamarkan hiperpigmentasi, membantu mengurangi kemerahan yang disebabkan oleh paparan sinar UV-B, mengurangi tanda-tanda penuaan dan melawan radikal bebas.

8. Niacinamide

Membantu merawat kulit berjerawat dan iritasi, menyamarkan pori, mengatur produksi minyak pada wajah dan memudarkan bekas jerawat.

9. Watermelon Extract

mengandung vitamin A, C, dan Lycopene yang mampu menangkal radikal bebas, membantu mencegah garis-garis halus di kulit, dan jerawat.

Buah semangka memiliki kandungan air yang tinggi sehingga berperan sebagai pelembap alami untuk menjaga kelembapan kulit.

10. Sea Cucumber

Sea cucumber mengandung peptide dan linoleic acid. Peptide berfungsi untuk menjaga dan memperbaiki kulit yang rusak karena mengandung kolagen. Sementara itu, linoleic acid berperan sebagai antioksidan.

11. Rosa Galica

Sumber vitamin C yang membuat kulit lebih bercahaya.

Tekstur

Sesuai namanya, Scarlett Seriously Soothing & Hydrating Gel Mask berbentuk gel yang memiliki tekstur lembut dan terasa watery. Warna gel-nya orange tua tapi bening gitu. Ketika diaplikasikan ke kulit wajah, langsung terasa adeem dan calming.

Aromanya juga light banget dan justru itu yang membuat saya suka. Menggunakan masker gel ini kayak nggak pakai masker gitu, kulit wajah cuma terlihat glowing-glowing dari efek gel-nya.


Petunjuk Penggunaan dan Penyimpanan

Ambil masker dengan mini spatula. Ratakan masker ke seluruh wajah. Diamkan masker 15 - 20 menit dan bilas hingga bersih. Lanjutkan perawatan wajah dengan toner, serum dan krim.

- Cara Penggunaan Scarlett Seriously Soothing & Hydrating Gel Mask

Jangan lupa setelah menggunakan masker, tutup kembali wadahnya dengan rapat dan simpan di tempat yang kering serta terhindari dari sinar matahari langsung.

Kesan pertama setelah menggunakan Scarlett Seriously Soothing & Hydrating Gel Mask, saya suka banget dengan efek menghidrasi kulitnya. Kulit memang terlihat jadi lebih lembap dan terasa kenyal ketika dipegang.

scarlett soothing gel mask

Scarlett Seriously Soothing & Hydrating Gel Mask recommended untuk teman-teman yang memiliki jenis kulit normal atau kering.

Overall, seperti biasa aku suka dengan rangkaian produk face care dari Scarlett termasuk duo masker ini. Keduanya membuat kulitku nyaman dan makin terlihat sehat. Untuk produk seharga Rp75.000,- per item sih worth to try banget!

Produk ini juga ternyata aman untuk digunakan oleh ibu hamil dan menyusui. Akan tetapi, lebih baik jika berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan mengenai pemakaian untuk ibu hamil terutama di trimester pertama.

Kalian tertarik mau mencoba kedua masker ini? Boleh ceki-ceki ke link pembelian "Scarlett Whitening".

Semoga ulasan ini bermanfaat ya. Stay healthy and beautiful, ladies!

Posting Komentar

25 Komentar

  1. Produk Scarlett makin lengkap sukaaaa saya, apalagi masker seperti Scarlett Seriously Soothing & Hydrating Gel Mask yang praktis dan banyak manfaatnya seperti ini. Harga pun amaaan! Pengin beli!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beneran maskernya enak banget, rutin saya pakai terutama yg mugwort mask karena cocok sama jenis kulit. Hasilnya oke punya..

      Hapus
  2. Waa, maskernya bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori juga ya Mbak. Sebagai pemilik kulit wajah berminyak dan problem dgn pori2 besar, rasa ingin tahu dan mencoba saya pun bergolak jadinya hehe Harganya pun terjangkau banget ya. Makasi reviewnya ya Mbak. Auto intip produknya ke market place deh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba berasa banget pori-pori jadi sedikit-sedikit mengecil dan muka kelihatan lebih mulus ya. Terutama buat saya di bagian hidung yang paling berasa..

      Hapus
  3. Scarlett Herbalism Mugwort & Seriously Soothing Hydrating Gel Mask ini emang banyak yang merekomendasikan mbak
    Kualitas bahannya terbukti bagus untuk merawat kulit

    BalasHapus
  4. Scarlett itu beneran menyediakan semua kebutuhan perempuan ya. Produknya banyak banget ternyata. Dari ujung rambut sampai kaki, semua diperhatikan Scarlett banget...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hoho iya bener juga ya, dari body care dan face care ada. Makin ke sini variasi produknya juga makin banyak deh..

      Hapus
  5. Waduh, semakin semakin aja nih si Scarlett, berawal dari handbody langsung satsetsatset mengembangkan produk2 lain yang pastinya sangat bermanfaat bagi kita para perempuan. Mau cobain maskernya aaahh

    BalasHapus
  6. Waah jadi mupeng sama yang mugwort nih, coba ah kapan2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat mencoba semoga suka dan cocok juga deh mba.

      Hapus
  7. Penasaran mau coba ini ah. Aku selalu suka produk scarlett, enak dimuka aku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cocok sama muka-muka orang indonesia memang sepertinya..

      Hapus
  8. Wahhh ada green teanya ini nih yang aku cari buat obatin jerawat hihi, mau cobain juga ahh kayaknya enak di wajah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di awal pemakaian kerasa agak anget gitu, tapi nggak yang ganggu. Saya suka sama hasilnya. Hehe.

      Hapus
  9. Aku juga penasaran sama masker dari Scarlett, dan kayanya aku juga lebih suka mengaplikasikannya pakai tangan deh. Rasanya lebih puas aja gitu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, pakai spatula kok ya malah rempong gitu terus susah merata kalo saya mba.

      Hapus
  10. saya juga pengguna scarlett, tapi belom lengkap. baru punya body care dan skincare wajah beberapa. penasaran dengan duo masker ini. wajib dicoba nih

    BalasHapus
  11. Wah Scarlett ada produk masker, pengen coba aku cocok pakai Scarlett dari bodycare sampai face carenya. Wanginya tahan lama 💕

    BalasHapus
  12. Scarlett ini ternyata ga hanya body care aja, ya
    Ada lagi aja produk terbarunya, belum ku coba semua eh ada yang baru

    BalasHapus
  13. Aku mau coba yg soothing ntr mba. Sama nih, akupun paling suka pake masker wajah, soalnya adeeeeem begitu dipake.

    Blm cobain yg Scarlett punya, Krn maskerku msh banyak . Ntr kalo udh abis, kali ini mau coba Scarlett. Soalnya kalo masker kan ga tiap hari dipakai Yaa, makanya lama abis.

    Aku biasa pake kuas masker , gampang ngeratain juga. Kalo spatula memang susah...

    BalasHapus