Peta Belajar Blogging 2022

peta belajar blogging bunda cekatan

Pekan ini, adalah pekan terakhir di tahap telur kelas Bunda Cekatan Institut Ibu Profesional batch 3. Alhamdulillah 3 tahap telur sebelumnya yakni telur hijau, telur merah dan telur oranye sudah saya lewati.

Di tahap terakhir ini, kami diminta untuk membuat peta belajar. Peta yang berisi tujuan belajar serta ilmu-ilmu yang dibutuhkan sehingga kami dapat terampil dalam aktivitas yang telah kami pilih sebelumnya.

Pada tahap telur oranye, saya sudah memutuskan memilih dua ilmu yang ingin saya kuasai menjadi terampil di dalamnya. Kedua ilmu tersebut adalah menulis (blogging) dan manajemen emosi.

Project Belajar "Blogging" 2022

Dalam membuat peta belajar, yang pertama kali ditentukan adalah nama dari project belajar yang akan dijalankan. Setelah memikirkan tentang tema besar dari project belajar yang akan saya kerjakan, akhirnya saya memberi judul "Fun Blogging for Happier Me" untuk project belajar saya.

Mengapa akhirnya saya memilih blogging untuk menjadi tema besar dalam project belajar saya? Karena blogging merupakan aktivitas yang saya lakukan sehari-hari sebagai pekerjaan sampingan di rumah selain sebagai ibu rumah tangga.

Saya menjadikan blog sebagaiwadah untuk menyalurkan hobi menulis, mengisi waktu luang dan mendapatkan penghasilan tambahan. Sehingga kebutuhan saya akan ilmu yang berkaitan dengan blogging ini menjadi prioritas saat ini.

Sedangkan manajemen emosi, adalah salah satu hal yang menurut saya penting untuk saya kuasai ketika saya harus menjalankan peran sebagai seorang blogger sekaligus ibu.

Di banyak waktu dan kesempatan, saya harus belajar menjaga emosi saya ketika saat sedang bekerja lalu anak saya yang masih toddler menginginkan perhatian lebih dari ibunya. Deadline nungguin tapi anak berulah kan rasanya hmmm sekali ya...


Oleh sebabnya, manajemen emosi menjadi salah satu cabang ilmu yang ingin saya pelajari lebih dalam dari project belajar saya ini. Sehingga saya dapat menekuni hobi nge-blog saya tanpa meninggalkan prioritas saya sebagai seorang ibu dari toddler yang sedang banyak membutuhkan perhatian.

Tujuan Pembelajaran

Ketika kita merencanakan sesuatu, alangkah baiknya kita menentukan terlebih dahulu tujuan akhir dari apa yang ingin kita lakukan. Goals inilah yang kemudian menjadi strong why kita saat menjalankan rencana tersebut.

Dari peta belajar yang saya susun ini, seperti yang sebelumnya sudah saya sampaikan bahwa blogging adalah aktivitas yang menjadi hobi saya, saya lakukan di waktu luang sebagai me time dan juga sebagai sarana untuk mendapatkan penghasilan tambahan, goals-nya sebenarnya di sini adalah

Saya menjadi seorang ibu yang menekuni hobi menulisnya di blog dengan lebih profesional tanpa meninggalkan tanggung jawabnya bersama keluarga.

Menekuni hobi, dalam hal ini menulis di blog (blogging), membuat saya less tantrum dibandingkan dengan ketika saya berkutat terus menerus dengan pekerjaan rumah tangga.

Menulis membuat saya memiliki ruang untuk menjadi diri sendiri dan bergaul dengan teman-teman di komunitas yang tidak bisa saya peroleh di lingkungan sekitar rumah.

Tentunya saya ingin aktvitas blogging yang saya jalani ini adalah sesuatu yang always fun. Tidak menjadi beban yang terbawa hingga berdampak ke keluarga. Ketika suami dan anak senang melihat saya sungguh-sungguh menekuni apa yang menjadi kesenangan saya, maka dukungan akan datang dengan sendirinya. Alhamdulillah.

Ilmu yang Dibutuhkan

Dari tema besar peta belajar saya, ada beberapa cabang ilmu yang menurut saya penting untuk dipelajari baik sebagai ilmu utama dari "Fun Blogging for Happy Me" maupun ilmu penunjang untuk memperluas skill saya dalam blogging.

Adapun ilmu yang saya butuhkan adalah :

Ilmu Blogging

Judulnya aja udah blogging, pastinya ilmu blogging adalah cabang ilmu utama yang harus saya pelajari untuk menunjang aktivitas saya sebagai seorang blogger. Ilmu blogging ini masih luas lagi, dan yang ingin saya pelajari adalah yang termasuk dasar-dasarnya seperti :


  • Menulis Artikel
  • Tata Bahasa / PUEBI
  • Teknik Storytelling
  • SEO On-Page dan SEO Off-Page
  • Menggali Ide Kreatif
  • Optimasi Blog
  • Meningkatkan Traffic
  • Monetize Blog
  • Repurpose Content

Desain Foto dan Videografi

Meskipun blog itu utamanya adalah menulis, namun kemampuan yang berkaitan dengan desain dan videografi menjadi penunjang sebuah blog menarik untuk dikunjungi atau tidak.

Apalagi tren sekarang adalah video, tentunya sebagai seorang yang berkecimpung dalam dunia digital, saya nggak mau ketinggalan untuk mempelajari hal-hal baru yang akan menunjang aktivitas blogging saya seperti :

  • Membuat Infografis
  • Mengedit Video
  • Membuat Video Pendek

Personal Branding

Personal branding ini penting juga untuk dikuasai oleh para blogger terutama yang ingin lebih profesional dan mendapatkan tawaran untuk bekerja sama dengan brand. Personal branding ini erat kaitannya dengan pengelolaan media sosial.


Ilmu-ilmu yang dibutuhkan untuk membangun dan mengenalkan personal branding adalah :
  • Membangun Persona di Media Sosial
  • Membuat Konten Berkualitas
  • Optimasi Media Sosial
  • Public Speaking

Manajemen Waktu

Sebagai manusia biasa yang hanya memiliki 24 jam, tentu manajemen waktu menjadi penting untuk didalami untuk bisa mengatur aktivitas mana yang harus dikerjakan sesuai dengan skala prioritas. Yang ingin saya pelajari dari ilmu manajemen waktu ini adalah :

  • Manajemen Gawai
  • Menentukan Skala Prioritas

Manajemen Emosi

Setiap aktivitas yang dilakukan membutuhkan pengelolaan emosi yang baik. Begitu pula dengan saya yang ingin bekerja dari rumah sebagai seorang blogger dengan tetap menjalankan peran sebagai seorang ibu.

Ilmu manajemen emosi yang ingin saya pelajari dan terapkan adalah :
  • Positive Discipline
  • Temper Tantrum Management
  • Mindful Parenting
  • Komunikasi Produktif

Peta Belajar

Setelah membreakdown satu per satu mulai dari tujuan hingga ilmu-ilmu yang butuh untuk dipelajari, inilah hasil dari peta belajar saya :

peta belajar blogging
Peta belajar "Fun Blogging for Happier Me"

Semoga Allah swt. selalu memudahkan langkah kita untuk menimba ilmu dan menjadikannya bermanfaat baik untuk diri sendiri maupun orang lain.

Posting Komentar

1 Komentar

  1. kelasnya menarik juga mbak, ada management emosi
    penting banget ini buat belajar mengontrol emosi yang smooth gitu
    aku aja kalau masih ada rasa kesel, emosian beneran dikontrol tapi kayak maksain diri. Intinya nahan diri sendiri buat ga menggebu-gebu

    BalasHapus