Memanfaatkan Media Sosial untuk Meningkatkan Traffic Blog

cara meningkatkan traffic blog

Salah satu hal yang membuat saya menyukai kegiatan blogging adalah ketika ada pembaca yang dapat mengambil manfaat dari apa yang saya tulis.

Beberapa kali saya mendapatkan komentar di blog serta DM di media sosial dari orang yang tidak saya kenal sama sekali dan beliau-beliau ini mengapresiasi tulisan saya. Kata-kata tersebut bagaikan suntikan dolar bagi saya untuk terus semangat menulis sesuatu yang berfaedah.

Bagi seorang blogger, bertambahnya jumlah pembaca akan menjadi pemantik semangat untuk berkarya lagi melalui tulisan-tulisannya. Traffic yang terus meningkat pun akan mendatangkan banyak kesempatan sehingga blogger tersebut dapat bekerja sama dengan brand dan beneran menghasilkan dolar. Menarik ya?


Saya yang awalnya nggak terlalu peduli dengan jumlah pembaca, semakin ke sini semakin aware dan berusaha juga untuk meningkatkan traffic blog supaya nggak mandeg. Tentunya, saya ingin blog ini tidak stuck dan terus berkembang. Berkembang dari segi tulisan, jumlah pembaca dan juga pendapatan. Hehe.

Apalagi setelah saya memberanikan diri untuk memasang Google Adsense sebagai salah satu jalan untuk mendapatkan penghasilan dari blog, mau gajian kapan kalau pembaca nggak bertambah atau malah berkurang? Andweee!

Beruntungnya, saat ini media sosial bisa menjadi jembatan para blogger untuk mendatangkan traffic menuju blognya. Tentunya dengan pemanfaatan media sosial yang tepat dan efektif.


Beruntungnya lagi, saya berkesempatan mengikuti workshop "Cara Menaikkan Traffic Lewat Media Sosial" yang diadakan oleh salah satu komunitas parenting yang saya ikuti.

menaikkan traffic blog via media sosial
e-flyer workshop "Cara Menaikkan Traffic Lewat Media Sosial"

Menghadirkan Kirana Anggraini, Head of Content The Asian Parent, sebagai salah satu pembicaranya, workshop yang saya ikuti fokus membahas apa manfaat yang didapatkan ketika traffic meningkat, bagaimana membangun media sosial dan bagaimana cara meningkatkan traffic blog melalui media sosial?

Traffic Blog Meningkat, Terus Kenapa?

Dalam digital marketing, adanya peningkatan traffic ke suatu website menandakan meningkatnya peluang untuk mengembangkan bisnis. Meningkatnya traffic ini juga bisa menjadi salah satu investasi, bukan hanya untuk jangka pendek tapi juga jangka panjang.

blog traffic
Blog Traffic - Freepik

Dari naiknya traffic ke sebuah website, dalam hal ini blog kita sendiri, kita bisa mempelajari orang-orang yang membaca blog kita beserta aktivitas yang mereka lakukan. Contohnya, kita bisa mengetahui topik apa yang paling disukai oleh pembaca yang mampir ke blog, siapa saja yang sering meninggalkan jejak di kolom komentar, waktu yang paling efektif untuk memposting sebuah tulisan dan kriteria lainnya.


Selain itu, apabila kita menjual produk (online shop), meningkatnya traffic juga dapat meningkatkan konversi pengunjung tersebut menjadi buyer dari website yang kita kelola. Kita juga dapat mengembangkan pelayanan menggunakan survey.

Last but not least, meningkatnya traffic ke blog dapat mendatangkan peluang untuk bekerja sama dengan brand. Para blogger yang sudah sering dapat job pasti can relate kan ya? Traffic ini menjadi salah satu indikator penting ketika brand ingin mengajak kita bekerja sama.

Mulai dari Membangun Media Sosial

media sosial untuk meningkatkan traffic
Cung yang belum punya media sosial? - Freepik

Hari gini siapa yang nggak kenal media sosial? Bahkan, data dari We Are Social menyebutkan bahwa ada lebih dari 130 juta pengguna media sosial di Indonesia, di mana rata-rata orang mengakses media sosialnya hingga 3 jam 23 menit.

Sehingga, dengan penggunaan media sosial yang optimal kita berkesempatan untuk meningkatkan pembaca ke website yang kita kelola. Bagi para pelaku usaha, hal ini juga berarti membuka kesempatan lebih besar untuk mendatangkan pembeli.

Manfaat Ber-Media Sosial

Setidaknya ada 6 manfaat kita menggunakan media sosial, antara lain :

Menambah Jangkauan

Memperluas target market.

Akuisisi

Mendapatkan audiens atau pelanggan baru.

Kualitas Interaksi

Menjaga dan meningkatkan komunikasi dengan audiens.

Meningkatkan Popularitas

Tingkat awareness audiens terhadap diri kita atau brand yang kita miliki.

Meningkatkan Traffic

Menggiring lebih banyak pengunjung menuju website yang kita kelola.

Loyalitas

Dengan memanfaatkan socmed activation, kita dapat meningkatkan loyalitas audiens terhadap media sosial milik kita.

Mengelola Media Sosial dengan Optimal

Melihat Instagram saya yang postingnya kadang seminggu dua kali, sebulan sekali atau bahkan berbulan-bulan sekali, rasanya isin banget karena sebagai orang yang ngakunya blogger, tapi jarang sekali membranding diri sendiri. Huweee~

Di workshop kemarin, Kirana menyampaikan langkah-langkah agar media sosial yang kita miliki dapat bekerja secara optimal dan memberi manfaat bagi kita yakni dengan meningkatnya traffic ke website yang kita kelola.

Menentukan Media Sosial

Langkah pertama, tentunya pilih media sosial tempat teman-teman ingin fokus untuk berkembang. Disarankan agar lebih fokus supaya bisa opimal mengelola media sosial tersebut. Bagi yang mempunyai tim, dapat dilakukan diskusi terkait media sosial mana yang ingin dikembangkan.

Social Media Rank

Dalam ber-media sosial, kita dapat memilih inner circle yang paling potensial dalam artian ada kemungkinan hingga 50% nih cocok dijadikan target audiens. 

Selalu Eksplor

Rutin melakukan eksperimen dari penggunaan fitur yang ada di media sosial dan mengambil pelajaran dari apa yang telah dilakukan untuk pengembangan media sosial tersebut.

Meningkatkan Kualitas Komunikasi

Rajin membangun interaksi dengan audiens di media sosial untuk meningkatkan engagement audiens pada media sosial milik kita.

Social Media Activation

Mengadakan activation, selain untuk mempertahankan dan meningkatkan engagement audiens juga untuk meningkatkan virality media sosial kita.

Strategi Influencer

Membangun networking dan relasi yang baik dengan influencer nano dan macro untuk meningkatkan awareness juga trust terhadap brand.

Meningkatkan Traffic Blog via Media Sosial

traffic blog meningkat melalui medsos
Increase your visitor - Freepik

Setelah kita punya gambaran apa fungsi dari meningkatnya traffic ke website yang kita kelola, kita juga sedikit banyak mengetahui bagaimana cara membangun media sosial dan memanfaatkannya, sekarang lanjut ke bagaimana cara meningkatkan traffic blog melalui media sosial?

Ada 3 cara di mana kita bisa mengoptimalkan fitur yang ada di media sosial untuk meningkatkan awareness audiens hingga akhirnya berujung pada kunjungan mereka ke blog yang kita kelola :

Memanfaatkan Fitur Ads

Fitur iklan yang memungkinkan kita untuk menjangkau lebih banyak audiens terhadap konten kita di media sosial sudah banyak sekali digunakan. Kita pun dapat memanfaatkan fitur tersebut untuk membuat audiens minimal tau dulu nih kalau kita ada loh!

Semakin sering iklan kita muncul di laman media sosial milik target audiens kita, semakin besar juga peluang mereka untuk mengunjungi media sosial kita dan akhirnya ikut membaca tulisan kita di blog.

Menganalisa Konten

Konten yang dianalisa tentunya merupakan konten yang memiliki performa terbaik dalam kurun waktu sekitar 3 hingga 12 bulan terakhir. Tujuannya untuk mengetahui dan memahami interest audiens dengan lebih baik.

Bergabung di Komunitas Online

Komunitas online dapat menjadi sarana untuk membagikan link tulisan di blog sehingga memudahkan teman-teman sesama komunitas menemukan tulisan terbaru kita dan mengunjungi blog kita.

Perhatikan Hal Ini Saat Ber-Media Sosial!

meningkatkan traffic blog
Attention Please! - Freepik

Tips terakhir dari Kirana untuk mengoptimalkan media sosial kita sehingga membawa banyak pengunjung ke blog kita adalah dengan memperhatikan hal-hal berikut :

Good Wording

Gunakan kata-kata yang baik, menarik dan cukup membuat audiens penasaran dengan konten blog yang kita tawarkan. Ingat ya teman-teman, untuk selalu memperhatikan etika dalam bermedia sosial.

Branding

Perhatikan konten yang kita buat memang sesuai dengan persona yang ingin kita tampilkan. Terutama apabila kita ingin memperluas jangkauan konten kita menggunakan fitur ads.


Call to Action

Jangan lupa untuk menambahkan kalimat yang berisi ajakan untuk audiens agar mereka berinteraksi pada konten yang kita buat.

Say No to Clickbait

Pasti tau kan ya gimana rasanya baca judul yang wow banget ketika dibaca isinya nggak sesuai sama sekali. Males banget sama penulis yang kalo ngasih judul itu clickbait. It's like wasting my precious time to read their article :(


Sebagai sesama penulis, judul clickbait ini menjadi suatu hal yang harus dihindari deh. Pilihlah judul yang menarik tapi tetap sesuai dengan isi konten, sehingga audiens nggak merasa tertipu begitu membuka blog kita.

Semoga informasinya aplikatif dan bermanfaat bagi teman-teman untuk meningkatkan traffic blognya melalui pemanfaatan media sosial.

Sukabumi, 26 Januari 2022

Posting Komentar

16 Komentar

  1. Tiap kali posting tulisan baru blog di medsos, akupun berusaha utk ga asal2an mba, teutama jangan sampe clickbait 😁. Krn aku sendiri sebel pas buka artikel ternyata isi dan judul ga sinkron 🤣. Rasanya LGS pengen mem-blacklist penulisnya . Dari situ, sadar diri lah, utk ga ngelakuin kesalahan yg sama :).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener Mbak Fan.. Saya juga kalo mau bikin judul itu hati2 banget jangan sampai terlalu lebay apalagi clickbait dan nggak nyambung sama isi tulisan. Karena kalo baca artikel clickbait itu rasanya hadeeeehhh..

      Hapus
  2. Aku juga selalu pakai medsos untuk sharing tulisan2ku di blog mba. Masih sadar diri, blog ku belum setenar blognya mba trinity traveler yang baru posting aja langsung diserbu fans nya 😂.

    Medsos masih aku butuhin utk share tulisan2. Walaupun memang belum tertarik utk nyari duit dari sini, tapi aku tetep seneng kalo traffic blogku rame 😁.

    Naah kalo click bait, nyebelin bangettt memang. Biasa yg beginu aku blacklist sih, ga bakal aku buka2 lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaa betul, ah saya nggak jauh2 ke trinity Mbak Fan. Pengen blognya sekece Mbak Fanny aja udah oke banget. Haha..

      Yoii, makin semangat nulis yaa kalo banyak yang mampir. Kalo baca artikel click bait langsung aku close aja biar bounce rate dia tinggi (jahad) 😂

      Hapus
  3. asal bisa menggunakan sosial media dengan baik, penjualan via online pun juga bisa berkembang pesat
    dulu waktu awal-awal ada IG, aku ga pernah share blog pribadi melalui sosmed, dan hanya temen-temen tertentu yang tau kalau aku punya blog
    makin kesini,perkembangan dunia digital marketing makin rame, jadi ga ada salahnya juga dipelajari

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, Mbak. Sebagai blogger yang kerjaannya di dunia digital mau nggak mau harus ngikutin juga perkembangan media sosial salah satunya untuk branding diri. Hihi..

      Hapus
  4. wah tipsnya bermanfaat banget nih apalagi kalo buat branding diri nih penting banget biar trafficnya naik

    BalasHapus
  5. Sampai sekarang masih konsisten gak mau bikin judul clickbait, karena aku juga kesel kalau baca tulisan yang clickbait doang :)))

    BalasHapus
  6. Jadi lebih semangat nulis blog kalau traffic blog kita bagus hehe semangat selalu sukses bersama

    BalasHapus
  7. Media sosial emang punya pengaruh besar terhadap traffic blog, akupun merasakannya. Kita harus pandai branding supaya lebih dikenal dan orang-orang tertarik untuk ke blog kita.

    BalasHapus
  8. Paling ampuh nih sosial media, kalau mau dapetin traffic di blog, lumayan lah selain optimasi tulisan SEO

    BalasHapus
  9. Bener bgt. Blog sm medsos bisa mendatangkan banyak cuan kalo dikelola dgn baik & profesional. Apalagi skrg apa2 serba online & digital

    BalasHapus
  10. Setuju kak,kalau saat ini media sosial bisa menjadi jembatan para blogger untuk mendatangkan traffic menuju blognya. Aku juga akhirnya sering share2 ke medsos.

    BalasHapus
  11. Setuju, media sosial itu salah satu cara untuk maksimalkan traffic blog, akupun pake

    BalasHapus
  12. Ternyata banyak juga ya cara untuk meningkatkan traffic blog, aku baru cjba lewat medsos doank

    BalasHapus
  13. Ketemu juga ulasan yang bagus untuk naikin traffic blog. Thanks kak untuk sharingnya semoga blog saya juga bisa lebih naik seperti punya kakak

    BalasHapus