Belajar Nge-Blog : 30 Juta Pertama dari Blog

belajar ngeblog cover

Niat saya untuk serius menekuni dunia blogging adalah sekitar akhir tahun 2019. Baru niatnya itu. Mulai rutin menulis dan belajar lebih banyak tentang blogging sekitar awal tahun 2020. Artinya, sudah hampir 2 tahun saya beneran menghidupkan kembali blog yang pernah mati suri ini. Senang!

Meskipun sudah hampir 2 tahun, saya merasa masih harus banyak belajar banget dan selalu memposisikan diri sebagai blogger pemula. Haha. Saya senang mengikuti kelas-kelas belajar nge-blog dan berusaha untuk menerapkan ilmu yang didapatkan.

Beberapa waktu lalu, saya mengikuti kelas yang dimentori oleh Mbak Shafira Adlina, Mbak Jihan Mawaddah dan Mas Rozak dengan topik "30 Juta Pertama dari Nge-Blog". Judulnya sangat eye-catching, berasa langsung melihat tumpukan uang 30 juta di depan mata. lol.

30 juta pertama dari ngeblog

Kelas yang merupakan short course ini berlangsung selama 3 hari mulai dari tanggal 26 Oktober sampai 28 Oktober 2021, setiap jam setengah 8 hingga 9 malam. Waktu yang cukup krusial bagi saya karena harus membagi waktu untuk menyiapkan makan malam, menyuapi anak dan menemani anak siap-siap tidur.


Alhamdulillah, 3 hari saya berhasil mengikuti kelas tanpa distraksi berarti. Materinya pun sangat menarik setiap harinya sehingga tanpa terasa mengikuti kelas hingga selesai.

Dari 3 hari tersebut, ada tiga materi yang dibawakan yakni "Cara Menulis Artikel yang Menarik", "SEO dan Tips Menang Lomba Blog" serta "Google Adsense dan SEO". Penasaran materinya seperti apa? Saya rangkum sedikit dalam tulisan ini ya..

Short Course - Day 1

belajar ngeblog 30 juta dari blog

"Cara Menulis Artikel yang Baik" adalah materi pertama yang dibawakan oleh Mbak Shafira Adlina pemilik blog www.ceritamamah.com. Berdasarkan ceritanya, Mbak Shafira ini rutin memulai nge-blog di waktu yang kurang lebih sama dengan saya, tapi prestasinya sudah jauh luar biasa.

Dari nama blog-nya, sudah jelas kebanyakan artikel yang beliau tulis adalah tentang parenting. Selain memaparkan mengenai cara menulis artikel yang baik, di kelas blog hari pertama Mbak Shafira juga menyampaikan materi mengenai "Tujuan Blogging" dan "Cara Mendapatkan Penghasilan dari Blog".

Tujuan Blogging

Rasanya nggak hanya blogging, setiap aktivitas yang kita lakukan memang sebaiknya memiliki tujuan. Dengan adanya tujuan ini, kita akan menjadi lebih fokus dalam mengerjakan aktivitas tersebut dan tujuan ini yang akan menjadi strong why ketika di tengah jalan kita merasa oleng.

Kalau tujuan blogging sekedar mau berbagi cerita dan informasi, boleh. Ingin tulisannya dibaca oleh lebih banyak orang supaya bisa menginspirasi banyak orang, boleh banget berusaha supaya artikelnya nangkring di pejwan Google. Atau ingin menghasilkan pundi-pundi tabungan dari kegiatan blogging? Boleh juga.

Semua boleh kecuali yang tidak boleh. Asalkan kita fokus dan mantap melangkah untuk mencapai tujuan tersebut.

Cara Mendapatkan Penghasilan dari Blog

Ternyata, banyak lho channel yang bisa blogger manfaatkan untuk mendapatkan penghasilan. Beberapa cara yang dapat teman-teman blogger tekuni untuk mendulang cuan dari blog antara lain :

  • Marketplace Job seperti vira.id, sosiaGo dan lainnya.
  • Sponsored post
  • Content placement
  • Adsense
  • Afiliasi
  • Lomba
Saya sendiri lebih banyak memanfaatkan sponsored post, content placement dan lomba untuk mencoba peruntungan mendapatkan penghasilan dari blog.

Cara Menulis Artikel yang Baik

Content is the Key

Tanpa tulisan yang baik, tidak akan tercipta sebuah artikel yang menarik. Setidaknya, ada 7 langkah untuk menulis artikel yang menarik pembaca agar dapat menikmati tulisan kita :

Tentukan Niche Blog dan Target Pembaca

Alangkah baiknya jika seorang blogger memiliki niche terfokus untuk blognya. Niche ini akan menjadi branding sekaligus menentukan siapa target pembaca blog kita.

Kalaupun terpaksa harus gado-gado (seperti blog saya ini. heu..) at least teman-teman masih punya jalur tema tulisan favorit yang biasa ditulis di blog. Seperti saya yang tidak hanya senang menulis tentang travelling tapi juga parenting, K-Drama dan tulisan seputar blogging dan literasi.

Belief Without Border

Jangan biarkan diri dibatasi oleh self-talk

Pesan penting dari Mbak Shafira untuk kita semua. Jangan biarkan ketakutan atau kekhawatiran yang ada di dalam pikiran kita menguasai sehingga membatasi diri kita untuk melangkah maju.

Dulu, saya juga termasuk orang yang dipenuhi oleh pikiran-pikiran negatif sehingga saya ragu untuk memulai langkah saya menulis di blog. Mau publish tulisan aja isin banget, padahal sudah dipublish pun waktu awal-awal nge-blog kan ya belum punya pembaca juga. lol.


Memaksakan diri untuk terus belajar nge-blog dan berlatih menulis membawa saya akhirnya terbiasa untuk menulis. Sehari minimal membuat outline atau kerangka tulisan, kadang hanya menulis beberapa paragraf entah di awal atau di akhir, setidaknya sudah berusaha untuk tetap menulis.

Buat Judul yang Menarik

Dalam menulis sebuah artikel, judul ini termasuk yang paling krusial. Gimana enggak, apabila kita ingin bersaing di mesin pencari seperti Google, judul yang menarik lah yang akan membawa pembaca meng-klik artikel kita dan membacanya.

Judul yang menarik itu jangan mengandalkan click-bait tapi memasukkan unsur informatif yang akan pembaca dapatkan ketika membuka blog kita. Buatlah judul yang relevan dengan tulisan dan berikan bumbu yang pas pada judul sehingga orang lain tertarik pada artikel kita.

Gunakan Format Jelas Agar Mudah Dibaca

Seperti menggunakan font yang enak dibaca, sederhana dan tidak membuat pusing pembaca. Demikian dengan font size, sesuaikan agar mata pembaca tidak sakit ketika membaca artikel di blog milik kita.

Pengaturan margin setelah paragraf sebaiknya 1.5 - 2. Gunakan gambar dan infografis yang agar pembaca tidak bosan sebab hanya melihat tulisan. Terakhir, jangan lupa untuk menggunakan sub-heading agar tulisan pada artikel lebih terstruktur dan jelas.

Terapkan Piramida Terbalik

Yang dimaksud dengan piramida terbalik di sini adalah menulis dengan menggunakan paragraf deduktif, yakni menjabarkan informasi dari umum ke khusus.

Pertama yang harus kita tulis adalah informasi yang menggambarkan tulisan kita secara umum agar pembaca melanjutkan membaca artikel kita hingga selesai. Kemudian, berikan informasi dan penjelasan yang lebih mendetail.

Terakhir, jangan lupa untuk memberikan kesimpulan dari apa yang sudah kita tuliskan dan gambaran dari apa yang pembaca dapatkan setelah selesai membaca artikel tersebut.

Tingkatkan Kualitas dan Bobot Isi Artikel

Caranya adalah dengan memperbanyak membaca, baca sesuatu yang berkaitan dengan topik yang ingin kita tulis. Mencari topik dengan pembahasan luas, tidak perlu memperpanjang tulisan dengan kalimat-kalimat yang melenceng jauh dari topik utama.

Terakhir adalah jangan lupa untuk memposisikan diri kita sebagai pembaca. Apakah kita nyaman membaca tulisan kita sendiri?

Bangun Kebiasaan Menulis dan Membaca

Menulis dan membaca merupakan kegiatan yang sangat berkaitan satu dengan lainnya. Membiasakan diri menulis akan membuat kegiatan menulis menjadi sebuah budaya yang tertanam bagi diri sendiri. 

Adapun dengan rajin membaca, kosakata kita maupun kemampuan kita dalam menulis akan semakin baik. Seperti yang disampaikan oleh Tere Liye,

Untuk bisa menulis, membaca adalah harga mati tidak bisa ditawar-tawar lagi."

Short Course - Day 2

belajar ngeblog 30 juta dari blog

Di hari kedua, Materi dibawakan oleh Mbak Jihan Mawaddah. Beliau adalah blogger di blog www.jeyjingga.com yang sudah sering kali memenangi lomba blog. So inspiring sebab Mbak Jihan ini bisa dikatakan super duper niat saat mempersiapkan diri untuk mengikuti lomba blog.

Mbak Jihan menyampaikan materi terkait "SEO Dasar dan Tips Menang Lomba Blog".

Belajar Nge-Blog tentang SEO Dasar

Bagi teman-teman yang ingin serius menekuni dunia blogging, mempelajari SEO ini merupakan salah satu kunci agar blog kita bisa sukses. Menerapkan SEO dalam nge-blog akan membantu agar tulisan kita dapat terindeks oleh mesin pencari dan semakin membuka peluang agar lebih banyak orang yang bisa membaca artikel kita.

Langkah-langkah untuk menerapkan tulisan dengan teknik SEO adalah sebagai berikut :

Menentukan Topik Tulisan

Agar dapat menulis dengan fokus dan tidak melenceng jauh dari apa yang ingin disampaikan, langkah pertama adalah menentukan topik apa yang ingin kita tuliskan.

Melakukan Riset Keyword

Selanjutnya adalah melakukan riset keyword (kata kunci) untuk topik yang akan dituliskan. Kata kunci yang akan kita gunakan ini nantinya akan dioptimasi sehingga mesin pencari dapat menemukan artikel kita dan memasukkannya ke dalam halaman pertama.

Pastikan keyword yang kita pilih sesuai dengan kebutuhan yang banyak dicari oleh orang lain melalui mesin pencari.

Optimasi Konten Menggunakan Keyword

Setelah kita menemukan keyword yang akan digunakan dalam artikel, langkah berikutnya adalah menyisipkan keyword tersebut ke dalam tulisan kita secara optimal. Caranya adalah dengan menambahkan keyword pada judul artikel, paragraf pertama, tengah dan akhir, alt image serta permalink.

Menghindari Keyword Stuffing

Tidak perlu memasukkan keyword ke dalam artikel secara berlebihan. Ingat bahwa yang terpenting selain artikel kita nangkring di halaman pertama mesin pencari, juga kenyamanan pembaca saat membaca artikel yang kita buat.

Menggunakan Outbound Link dan Internal Link

Menambahkan link ke luar serta link ke artikel terkait dalam blog kita sendiri juga akan meningkatkan nilai SEO pada tulisan kita.

Membagikan Tulisan ke Sosial Media

Begitu pula dengan banyaknya jumlah share yang dilakukan dari sebuah artikel ke berbagai platform sosial media.

Tips Menang Lomba Blog

Mbak Jihan super baik banget nih, dengan sukarela membagikan rahasianya dalam memenangkan lomba blog. Setidaknya ada 8 tips yang dibagikan sebagai ikhtiar dalam memenangi lomba blog :

  1. Mempelajari penyelenggara lomba blog yang akan diikuti
  2. Mempelajari tema serta melakukan riset yang cukup sebagai bahan tulisan
  3. Memikirkan pokok bahasan yang tidak pasaran / unik / out of the box
  4. Mengkorelasikan tema dengan user experience atau pengalaman pribadi
  5. Memberikan gambar dan infografis pendukung
  6. Menyertakan data unuk memperkuat pendapat dalam tulisan
  7. Memastikan bahwa tulisan yang dibuat mengandung manfaat yang dapat diambil oleh pembaca
  8. Berdo'a
Lengkap banget tips dari Mbak Jihan, membuat saya semangat untuk belajar nge-blog lagi dan memberanikan diri untuk mengikut lomba blog. Sekali-kali mencoba keluar dari zona nyaman, deh.

Short Course - Day 3

belajar ngeblog 30 juta dari blog

Di hari terakhir, materi semakin berat tapi semangat nggak boleh turun. Justru makin semangat karena Mas Rozak, penulis di Inspiratips Media, membagikan tips bagaimana agar blog kita sukses mendulang cuan dari Google Adsense dan bagaimana kita bisa menerapkan SEO lanjutan untuk optimasi blog.

Belajar Nge-Blog tentang SEO Lanjutan

Selama hampir 2 tahun nge-blog, jujurly saya masih menerapkan SEO dasar untuk mengoptimasi tulisan-tulisan saya. Kebanyakan teori tentang SEO malah membuat saya bingung apa yang harus dilakukan terlebih dahulu?

Dalam short course "30 Juta Pertama dari Blog" ini, Mas Rozak memaparkan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menerapkan SEO lanjutan saat menulis artikel. Ini juga bisa diterapkan untuk blog dengan Google Adsense. Hal-hal tersebut adalah :

Menulis dengan Niche Terfokus

Tadi sudah dibahas juga pada short course hari pertama kalau sebaiknya memang seorang blogger memiliki niche terfokus. Tujuan yang juga merupakan keunggulannya adalah untuk memudahkan branding diri, mendapatkan trafik serta menurunkan bounce rate sebab tentunya akan ada banyak internal link yang bisa kita sematkan dalam sebuah artikel pada blog yang memiliki niche terfokus.


Melakukan Riset Keyword

Tidak hanya penting untuk mengetahui apa yang banyak dicari oleh orang lain tapi juga bagi pengguna Google Adsense, kita dapat mengetahui berapa CPC (Cost per Click) atau penghasilan yang kita dapatkan dengan menggunakan kata kunci tersebut.

Salah satu caranya adalah dengan menggunakan Ubersuggest.

Membuat Pilar Keyword dan Golden Keyword

Mas Rozak menjelaskan juga bagaimana keyword dapat dioptimasi lagi jika kita menggunakan pilar dan golden keyword.

Mendulang Penghasilan Melalui Google Adsense

Materi terakhir yang disampaikan adalah untuk teman-teman yang tertarik mendapatkan penghasilan dari blog melalui Google Adsense. Sistemnya adalah dengan memasang iklan pada blog kita sehingga kita akan mendapatkan penghasilan melalui kunjungan ke blog maupun ke iklan yang terpasang di blog.

Meskipun terdengar menggiurkan, ternyata blog kita harus dioptimasi terlebih dahulu agar dapat diterima adsense. Beberapa persyaratannya seperti jumlah artikel yang dihasilkan, kualitas konten yang ditulis, jumlah pengunjung dalam sehari maupun perbulan dan niche blog yang dipilih.

Jika serius dan ingin sukses mendulang rupiah melalui Google Adsense, kerja keras adalah kuncinya. Pesan Mas Rozak untuk semua blogger yang ingin serius belajar nge-blog dan mendapatkan penghasilan dari blognya adalah :

Tidak ada blogger yang sukses dari malas-malasan. Konsisten dan terus belajar harus terus dijalankan..

 

Belajar Nge-Blog, Santai tapi Serius

Gimana nih, setelah membaca sekilas materi dari short course yang saya ikuti, jadi tambah semangat nge-blog atau semakin pusing? Haha.

Bagi saya, mempelajari suatu hal yang ingin kita perdalam harus dilakukan dengan tekun, nggak angin-anginan atau musiman saja. Sehingga, saya mencoba untuk santai dalam belajar tapi serius untuk terus belajar dan menerapkan ilmu yang telah saya dapatkan.

Semoga tulisan ini bermanfaat ya!

Sukabumi, 7 November 2021

Posting Komentar

19 Komentar

  1. Mba Imaaa ya ampuuunn ngileer bgt aku baca judulnyaaa
    Pelan² kubaca konten artikel ini, dan masyaAllah isinya dagiiing semua. Kentara bgt kalo dirimu sangaatt full atensi, mba..

    Makasii artikel dan insight nya ya

    BalasHapus
  2. Mantap banget nih materinya. Ngeblog emang asyik dan menjanjikan secara cuan bagi yang hobi menulis dan belajar

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah atas sharingnya bahkan ada tips menang lomba blog semoga suatu saat nanti saya juara ya hihi

    BalasHapus
  4. Juara banget emang para pemateri bertiga nih... Aku masih dalam tahap mendorong diri buat berani ikutan lomba, biasanya maleeess kalau diatur-atur gitu, hahahah

    BalasHapus
  5. Duh, mbak ima aku terharu sama artikelmu. InsyaAllah udah masuk semua poin penting. sejujurnya aku malu kalau ditonton sama dirimu. sama-sama belajar ya mbak, terima kasih tulisannya sekali lagi.

    BalasHapus
  6. wah tipsnya bermanfaat banget nih buat pemula kayak saya apalagi tentang SEO yang emang beneran gak tahu sama sekali mau belajar lagi ah

    BalasHapus
  7. Aku ikutan daftar ini mbak.. cuma ternyata mengikutinya butuh perjuangan dng anak 😁. Makasih mba infonya lengkap banget ini

    BalasHapus
  8. Ilmunya luengkaaaap banget, Mbak. Berasa disadarin buat terus belajar, akhir-akhir ini tuh aku sedang di fase males banget gitu upgrade ilmu blogging. Cuma sekadar nulis, upload, doang gitu

    BalasHapus
  9. Mantap nih coursenya, coachnya kompeten semuanya , banyak insight yang bikin semangat ngeblog nih

    BalasHapus
  10. Wah, Keren ini kelasnya, saya pengen daftar dan ikutan tapi udah full aja. Mba Ina dan Mba Jihan emang inspiratif banget ya. Saat saya BW ke blognya mereka emang bagus isinya. Pantes aja mereka sering juara lomba. Btw makasih sharing dan tipsnya. Buat keyword kadang lupa buat searching ke Ubbersuggest, trims udah ingetin lagi.

    BalasHapus
  11. Makasih tipsnya mba.. Semoga kita bisa mencapai 30 juta dari blog😍

    BalasHapus
  12. Seru bgt ini acaranya. Kira2 bakal ada lagi gak ya? Aku mau ikutan nih.. Btw, ini yg ngadain komunitas bukan ya?

    BalasHapus
  13. Keren banget ini acaranya. Pengisinya para suhu semua. Sayang nih saya nggak bisa ikutan tapi alhamdulillah bisa dapat ilmunya di sini

    BalasHapus
  14. Keren banget tips nya untuk aku yang masih pemula jg ka

    BalasHapus
  15. wahh mantap rangkumannya mbak ima. aku yg g ikutan kursus jadi bisa belajar. oke siap diterapkan ilmunya

    BalasHapus
  16. MasyaAllah itu serius 30 juta dari blog? Keren banget ya mbak.. jadi semangat ngeblog jadinya biar bisa Mewujudkan mimpi dari blogging 😍

    BalasHapus
  17. Artikel ini mengingatkanku untuk belajar SEO. Selama ini, aku nilis ya nulis aja karena suka, gak sampe mendalami apalagi belajar ini itu, wkwkwk.

    BalasHapus
  18. memang kalau mau dapat penghasilan apalagi 30 juta di tahun pertama ngeblog sangat amat butuh kerja keras. Makanya kalau ada short course kaya gini aku seneng banget dan share ke teman-teman blogger pemula

    BalasHapus
  19. Acara kemarin itu memang luar biasa sih. Ilmunya mantap, insight yang didapat peserta juga menjadi semakin luas, pengajarnya suhu semua. Sungkem deh sama mereka.

    BalasHapus