7 Ide Topik Menulis Seputar Ibu Rumah Tangga

7 Ide Topik Menulis Seputar Ibu Rumah Tangga

Salah satu tulisan saya di blog ini yang berjudul 6 Tips Mengusir Kebosanan untuk Ibu Rumah Tangga selalu menjadi tulisan populer setiap bulannya di blog ini. Nggak nyangka juga, tulisan curhat yang tidak begitu memperhatikan dan menerapkan SEO on-page malah mendapatan traffic tinggi.

Sejak banyak pengunjung yang masuk ke blog saya melalui kata kunci ibu rumah tangga, IRT, ibu bekerja di rumah, dan sinonim lainnya, saya juga jadi lebih banyak menulis mengenai keseharian saya sebagai ibu rumah tangga.

Ada juga pembaca blog saya yang mengirimkan DM melalui Instagram, menanyakan bagaimana caranya menjadi seorang blogger, dari mana saja saya mendapatkan ide tulisan dan apakah mereka yang juga ibu rumah tangga bisa membuat tulisan yang menarik dari aktivitas sehari-hari mereka?

Saya yang juga seorang ibu rumah tangga tentu saja menjawab bisa. Justru ada banyak sekali ide topik menulis seputar ibu rumah tangga yang bisa dieksplorasi.

Terkadang, untuk memulai sesuatu rasanya sulit karena overthinking, tidak percaya diri dan mind block lainnya. Padahal, yang terpenting bikin dulu aja blognya dan mulai menulis tanpa banyak overthinking. Hehe.

Ide Topik Menulis Seputar Ibu Rumah Tangga

Dalam dunia blogging, kita mengenal bermacam-macam niche. Beberapa yang paling populer adalah teknologi, keuangan, parenting, travel and culinary, beauty dan bisnis. Teman-teman yang baru mau mulai blogging bisa memikirkan kira-kira niche apa yang ingin dipilih, berdasarkan topik yang paling dikuasai.

Untuk ibu rumah tangga sendiri, umumnya akan memilih niche parentingtravel and culinary atau beauty ya yang cukup relate dengan kehidupan ibu. Namun, nggak salah juga kalau kalian ingin menulis blog yang berisi artikel-artikel seputar aktivitas ibu rumah tangga. Beberapa ide topik menulis yang bisa menjadi inspirasi adalah sebagai berikut:

1. Manajemen Waktu Ibu Rumah Tangga

Seperti yang kita ketahui, pekerjaan sebagai ibu rumah tangga itu bagaikan lingkaran yang tak berujung. Kita nggak punya jam kerja tetap dan harus standby 7x24 jam sebagai seorang istri dan ibu. 

Kurangnya manajemen waktu bisa membuat kita kewalahan menghadapi pekerjaan yang tak pernah usai dan kurang mendapatkan me time. Buat yang sudah bisa mengatur dan membagi waktunya dengan baik, topik mengenai manajemen waktu ibu rumah tangga ini bisa menjadi ide menarik untuk dibuat menjadi sebuah artikel.

Kalian bisa bercerita soal pengalaman mengatur waktu, atau memberikan tips bagaimana cara yang paling efisien untuk mengatur waktu antara pekerjaan rumah, mendampingi anak dan waktu pribadi. Saya sendiri belum pernah menulis tentang ini karena merasa manajemen waktu saya masih berantakan. Hehe.

2. Pemanfaatan Teknologi bagi Ibu Rumah Tangga

Pemanfaatan Teknologi bagi Ibu Rumah Tangga

Salah satu stigma yang melekat pada seorang ibu rumah tangga adalah gaptek dan nggak gaul. Padahal, dengan semakin berkembangnya teknologi di zaman sekarang ini, teknologi dapat membuka banyak kesempatan bagi ibu untuk berkarya dan memberikan dampaknya. Salah satunya adalah melalui media sosial.

Baca juga: Peran Strategis Media Sosial bagi Ibu Rumah Tangga

Saat ini, sudah banyak sekali lho ibu rumah tangga yang semakin berdikari dengan memanfaatkan peluang-peluang yang ada melalui perkembangan teknologi. Contohnya saya ibu rumah tangga yang sukses menjadi content creator atau yang mendulang cuan melalui affiliate program.

Hal-hal seperti ini juga bisa menjadi ide topik menulis yang menarik banyak pembaca. Mungkin, dari satu topik ini bisa menjadi beberapa tulisan jika di-breakdown lagi.

3. Hobi Ibu di Rumah

Membicarakan soal hal yang paling kita senangi pasti nggak akan habisnya. Maka dari itu, topik seputar hobi yang biasa dilakukan ibu dari rumah bisa menjadi pilihan untuk menjadi sebuah artikel yang ciamik. Bahkan mungkin, bisa dipilih sebagai niche blog kalian.

Baca tentang: Do Your Hobby and Find Your Spark Again

Saya sendiri senang menulis dan banyak menulis mengenai hobi menulis saya di kategori Blogging, termasuk catatan belajar dari berbagai webinar atau kelas yang saya ikuti. Selain itu, saya juga memiliki blog ber-niche traveling yang saya gunakan sebagai wadah untuk bercerita mengenai hobi traveling saya.

Baca juga: 7 Rekomendasi Wisata Aquarium Family Friendly di Indonesia

4. Penghasilan Tambahan dari Rumah

Bahasan soal cuan sudah pasti menarik dan mendatangkan rasa penasaran. Seperti yang saya ceritakan sebelumnya, saat ini sudah banyak ibu rumah tangga yang penghasilannya nggak kalah, bahkan lebih-lebih dibandingkan dengan pekerja kantoran.

Penghasilan Tambahan dari Rumah

Teman-teman punya pengalaman mendapatkan penghasilan tambahan dari rumah? Bisa banget jadi ide artikel. Nggak hanya satu, tapi bisa jadi beberapa artikel yang berkesinambungan. Tulisan-tulisan kalian pun bisa menjadi sumber inspirasi buat para ibu rumah tangga lain, yang mendambakan ingin bekerja tanpa meninggalkan anak-anak di rumah.

Baca juga: Milestone dan Harapan di Hari Blogger

5. Mengelola Keuangan Keluarga

Ibu rumah tangga memiliki peran penting dalam mengelola keuangan rumah tangga. Mereka sering disebut-sebut sebagai Manajer Keuangan dalam rumah tangga. Ada banyak sekali ide tulisan yang membahas soal pengelolaan keuangan keluarga.

Pertama, teman-teman dapat mengeksplorasi bagaimana strategi pengelolaan anggaran yang efektif. Misalnya saja perencanaan belanja harian, mingguan, atau bulanan, memprioritaskan kebutuhan, dan mencari cara untuk menghemat pengeluaran tanpa mengorbankan kualitas hidup keluarga.

Saat ini sudah banyak kelas-kelas financial planning yang bisa diikuti secara daring, dan banyak juga ibu rumah tangga yang mengikuti kelas semacam itu. Pemahaman yang baik tentang pendapatan dan pengeluaran dapat membantu menciptakan stabilitas keuangan dalam jangka panjang.

Ide berikutnya adalah pembahasan tentang cara mengelola utang dan menabung. Teman-teman yang berpengalaman dapat menjelaskan langkah-langkah untuk mengurangi atau mengatasi utang. Contohnya seperti restrukturisasi pinjaman atau membuat rencana pembayaran yang realistis.

Selain itu, boleh juga membagikan tips untuk menumbuhkan kebiasaan menabung. Beberapa ide yang bisa saya berikan seperti tips menyisihkan sebagian pendapatan untuk keperluan darurat atau masa depan. Topik mengenai investasi juga bisa menjadi salah satu ide yang bermanfaat bagi banyak pembaca.

6. Pengelolaan Dapur

Bagi teman-teman yang suka ngoprek dapur dan selalu bersemangat soal pengelolaan dapur, ini juga bisa menjadi salah satu topik bahasan yang seru. Beberapa ide yang bisa dituliskan seperti soal strategi perencanaan menu dan pembelian bahan makanan yang efisien.

Food preparation misalnya, bakalan bermanfaat banget bagi ibu-ibu yang nggak rapih seperti saya dan bermimpi untuk bisa tekun melakukan foodprep.

Pengelolaan Dapur

Berikutnya, teman-teman bisa membahas ide-ide kreatif untuk memasak dan menyajikan hidangan sehat bagi seluruh keluarga. Kalian bisa membagikan resep-resep sederhana, namun bergizi, serta memberikan tips tentang cara memanfaatkan bahan-bahan yang tersedia di dapur. Banyak lho ibu-ibu yang setiap harinya merasa bingung mau masak apa, salah satunya ya saya. Hehe.

7. DIY Dekorasi Rumah / Home Decor

Teman-teman senang ber-DIY (Do It Yourself) di rumah? Topik ini bisa juga jadi inspirasi bahan tulisan. Atau untuk kalian yang gemar home decor, pas banget untuk menulis berbagai tips menata rumah menjadi lebih estetik.

Ide-ide tulisan dengan topik ini bisa berupa tips memanfaatkan barang bekas atau bahan yang sudah ada untuk menciptakan dekorasi unik. Tidak hanya ramah lingkungan tetapi juga memberikan sentuhan lebih detail pada rumah.

Ibu rumah tangga juga dapat merancang kegiatan dekorasi yang melibatkan anak-anak. Misalnya nih, membuat lukisan bersama atau proyek kerajinan tangan sederhana. Bikin ibu-ibu lain terinspirasi buat ningkatin bonding sama anak-anaknya deh!

Banyak juga ya ternyata keseharian ibu rumah tangga yang bisa menjadi ide topik menulis? Selain 7 ide topik di atas, masih banyak lagi tentunya. Punya ide inspiratif lain nggak, frens?

Posting Komentar

0 Komentar