Milestone dan Harapan di Hari Blogger Nasional

hari-blogger-nasional

National Blogger Day (Hari Blogger Nasional) akan jatuh pada tanggal 27 Oktober 2023 mendatang. Terharu nih, ternyata di tahun ini saya kembali menulis mengenai hari yang dirayakan oleh seluruh narablog di Indonesia ini.


Membuat blog sejak tahun 2010, saya tidak tau kalau blogging bisa seasyik ini. Kembali aktif ngeblog setelah merantau jauh dari keluarga, yakni tahun 2020, saya seperti menemukan dunia baru di sini. 

Menulis di blog bukan hanya sebagai sarana melepaskan beban pikiran semata, dengan blogging saya bisa terhubung dengan teman-teman sesama blogger dari mana-mana. Padahal sayanya diam di rumah, terlockdown karena pandemi. Fufu~

Saya pun mendapatkan banyak inspirasi dan pengalaman. Dari menulis di blog juga, saya jadi tau bagaimana rasanya mempunyai hobi yang dibayar. Sebagai ibu rumah tangga yang memiliki side hustle dan penghasilan dari hobinya, membuat saya makin semangat untuk menekuni dunia blogging ini.

Dengan pengalaman dan manfaat yang saya dapatkan dari ngeblog, saya jadi tergerak untuk berbagi ilmu. Meskipun nggak seberapa, tapi saya senang jika sedikit ilmu yang saya miliki ini bisa membantu teman-teman lain yang baru mau mulai menjadi blogger.

Selama 3 tahun ngeblog, sudah ngapain aja ya si Mae?

Milestone Sebagai Blogger di Tahun 2023

Perjalanan menjadi seorang narablog selama 3 tahun belakangan ini tidak bisa dibilang mudah. Menjaga konsistensi adalah bagian tersulit dari aktivitas ngeblog yang sering disandingkan dengan kegiatan lari marathon ini.

Hobi menulis dan support system lah yang membuat saya masih bertahan mengisi blog ini dengan tulisan-tulisan organik. Kalau advertorial post nggak perlu dibahas lah ya, semua blogger pasti semangat menulis jika ada brand dan klien yang menghubungi :P


Hal lain yang membuat saya masih bersemangat untuk membranding diri sebagai seorang blogger adalah adanya berbagai kesempatan yang datang. Jika dirangkum, kesempatan-kesempatan yang saya ambil ini, akhirnya menjadi sebuah milestone dalam perjalanan di tahun ketiga saya menulis di blog.

milestone-blogging-2023

1. Mengelola Website Baru

Akhir tahun kemarin, saya mendapat tawaran untuk membuild dan mengelola website program inovasi dari salah satu komunitas besar di Indonesia. Saya membayangkan akan membuat website berbasis Wordpress atau Blogger. Ternyata salah!

Saya diminta untuk mengembangkan website di platform Wix, frens! Sebuah platform blogging yang sering saya dengar namanya, tapi belum pernah menggunakannya. Guna menambah-nambah portofolio saya yang masih cimit, saya pun menerima tawaran tersebut.


Pengalaman ini memberikan ilmu baru tentunya. Ini merupakan pengalaman pertama saya membuatkan dan mendesain website untuk orang lain. Saya pun memegang tanggung jawab untuk mengelola tim yang ada di dalamnya.

2. Mengisi Kelas Blogging

Di tahun 2023 ini, saya juga mendapat kesempatan untuk mengisi beberapa kelas blogging. Saya membawakan topik mengenai Optimasi Blog dengan SEO di kelas blogger untuk pemula. Selain itu, saya juga memperkenalkan tata cara menulis artikel berita untuk sebuah website portal berita.

Dari pengalaman ini, saya jadi tau kalau ternyata banyak loh teman-teman yang baru mau mulai menulis di blog. Banyak teman-teman yang tertarik untuk menjadi blogger tapi bingung harus mulai dari mana.

Hal ini kemudian menjadi salah satu visi saya ke depannya. Saya ingin membantu teman-teman yang berniat untuk menjadi blogger dengan membagikan sedikit banyak ilmu yang saya miliki.

3. Mengikuti Tantangan Menulis di Blog

Pencapaian saya berikutnya adalah kembali mengikuti tantangan menulis. Hore! Setelah tahun lalu saya sama sekali tidak ikut challenge menulis apapun, artikel ini menjadi tulisan ketujuh yang saya ikutkan dalam tantangan menulis blog Kumpulan Emak Blogger (KEB).

KEB adalah salah satu komunitas blogger yang cukup aktif di Indonesia. Ada banyak teman-teman blogger yang mengikuti tantangan yang dibuat untuk menyambut Hari Blogger Nasional ini. Inilah yang membuat saya semangat untuk mengisi blog dan menyelesaikan tantangan.

Harapan di Hari Blogger Nasional 2023

Setiap individu pasti mempunyai harapan-harapan atas pencapaian yang telah berhasil diraihnya untuk masa depan. Demikian juga dengan saya, dengan milestone yang sudah diraih tahun ini.

Tentunya saya nggak mau dong ya, tau-tau berhenti menulis setelah bisa mendapatkan berbagai pengalaman, peluang dan kesempatan dari blogging. Harapan-harapan inilah yang akan menjadi goals baru ke depannya, sehingga semangat untuk menjadi blogger itu akan tetap ada.

harapan-di-hari-blogger
Sumber gambar: Canva

1. Tetap Berjejaring dengan Teman-teman Blogger

Menulis di blog adalah kegiatan yang individualis. Di sana hanya ada aku, laptop dan suara keyboard. Jika aktivitas ini berulang-ulang dalam jangka waktu yang lama, sepertinya saya akan bertemu dengan titik jenuh yang membuat saya enggan untuk kembali membuka laptop dan menulis.

Bagi saya, ngobrol dengan teman-teman blogger itu refreshing. Saya jadi berasa punya teman kerja dan tidak bekerja sendirian. Meskipun kami nggak selalu membahas hal-hal terkait blog, ngobrol dan bersosialisasi dengan sesama blogger penting untuk menjaga blogging spirit.


Teman-teman ini juga lah yang membuka kesempatan dan peluang untuk mendapatkan pengalaman-pengalaman baru. Nggak jarang kan, blogger dapat info job dari rekan-rekannya sendiri?

2. Mengikuti Event Blogger secara Offline

Salah satu cita-cita saya saat pandemi resmi diakhiri adalah mengikuti event blogger yang diadakan secara offline. Seru banget melihat teman-teman yang diundang ke berbagai acara blogger. Saya yang kemarin-kemarin berdomisili di Sukabumi, tidak banyak berharap sebenarnya. Haha.

Sekarang, saya sudah melipir ke Jabodetabek, semoga ada waktu dan kesempatan yang cocok untuk bisa ikut event offline. Asyik banget bisa bertemu dengan blogger-blogger yang biasanya hanya saya sapa lewat blogwalking.

3. Terus Menulis untuk Berbagi

Meskipun blogging sudah menjadi bagian dari side hustle, saya berharap semangat menulis untuk berbagi akan selalu hadir. Berbagi apa aja deh, review drama Korea, tips parenting, cerita perjalanan dan hal-hal lain yang menurut saya menarik untuk dibagikan.

Membaca komentar-komentar organik yang masuk ke blog, DM Instagram hingga email, membuat saya merasa hidup jadi lebih berfaedah dan bisa memberikan dampak bagi orang lain. Mungkin dampaknya tidak besar dan luas, namun insya Allah bisa membantu mereka yang mencari jawaban dengan mampir ke blog saya.

4. Mengambil Peluang dan Kesempatan Lain

Sebagai blogger yang masih seumur jagung, tentu saya membuka diri selebar-lebarnya untuk terus mencari pengalaman dan ilmu dari aktivitas ngeblog ini. Masih banyak hal yang belum saya coba, ingin saya pelajari dan aplikasikan sebagai seorang blogger.

5. Menularkan Semangat Menulis Blog

Setelah mendapatkan pengalaman mengisi kelas blogging, saya jadi ingin terus menularkan semangat blogging untuk teman-teman yang baru memulai perjalanan ngeblognya. Saya paham betul, bagaimana senang dan bersemangatnya ketika mendapatkan suntikan semangat dari teman-teman blogger yang lebih senior.

Harapannya, saya tidak hanya bisa membawa dampak bagi pembaca blog, tapi juga untuk teman-teman sesama blogger lain. Utamanya blogger-blogger pemula yang masih ragu, mau maju atau mundur saja. Yuk semangat yuk nulisnya!

Harapan untuk Komunitas Bloggerku, Kumpulan Emak Blogger

Tulisan ini saya sertakan dalam tantangan ngeblog yang diadakan oleh Kumpulan Emak Blogger (KEB). Jadi, saya juga akan membagikan harapan saya untuk KEB ke depannya, sebagai salah satu komunitas blogger yang saya ikuti.

1. Terus Aktif dan Membawa Angin Segar

Harapan pertama saya tentu saja agar KEB bisa terus eksis dan panjang umur. KEB adalah salah satu komunitas blogger yang sudah hadir cukup lama dan memiliki member yang semakin bertambah. Sebagai member, tentu saya ingin komunitas ini terus aktif dan selalu membawa vibes positif bagi para membernya.

Mengadakan sharing seperti yang selama ini dilakukan, mengundang blogger untuk hadir ke berbagai event, berbagi info job blogging, hingga menggelar challenge menulis seperti ini merupakan kegiatan-kegiatan yang saya harapkan terus ada.

Kegiatan-kegiatan inilah yang membuat saya pribadi sebagai member betah dan merasa diayomi oleh KEB.

2. Menjadi Sumber Inspirasi

Saat ini, semakin banyak komunitas-komunitas blogger bermunculan. I think it's a good news. Artinya blog masih memiliki banyak peminat, di tengah gempuran konten-konten dari berbagai platform digital. Namun demikian, sebagai salah satu komunitas pioneer, saya berharap KEB bisa menjadi sumber inspirasi bagi komunitas lain.

Semoga ke depannya KEB terus melahirkan inovasi-inovasi program yang semakin menarik dan mengasah kreativitas blogger. Jadi, meski banyak komunitas blogger lain di luar sana, KEB tetap menjadi sumber inspirasi.

Harapan terakhir tentu saja, agar KEB tetap bisa menjadi wadah yang nyaman bagi para blogger membagikan tulisan-tulisan di blognya. Semoga KEB terus menjadi wadah untuk bloggers support each other!

Kalau Mae frens punya harapan apa di Hari Blogger Nasional tahun ini?

tantangan-blogging-keb


Posting Komentar

0 Komentar