SISTAR, Bintang yang Selalu Bersinar

By Imawati A. Wardhani - Agustus 22, 2020


Setidaknya bagiku, meskipun saat ini SISTAR sudah tidak lagi eksis di jagat K-Pop, lagu-lagunya masih sering aku dengarkan. SISTAR, bisa dibilang satu-satunya girlband yang setiap comeback selalu aku tunggu-tunggu.

Lupa pastinya sejak kapan aku mengenal girlband asal Korea Selatan yang hits dengan lagu Loving U-nya ini. Seingatku, mulai kuliah aku sudah mendengarkan lagu-lagu SISTAR karena beberapa teman kos yang juga suka menikmati lagunya.

Tentang SISTAR

SISTAR (씨스타) adalah idol yang dibawahi oleh Starship Entertainment. Tidak seperti SNSD atau Girl's Generation yang jumlah anggotanya banyak, SISTAR beranggotakan 4 orang cewek cantik nan seksi. Ya, image dari girlband favoritku ini bukan yang centil unyu-unyu seperti kebanyakan girlband K-Pop pada masanya, melainkan lebih menunjukkan sisi dewasa, tampil berani dan seksi.

Soyou-Dasom-Hyolyn-Bora
Source : kpop.net
Keempat anggota SISTAR adalah Hyolyn, Soyou, Dasom dan Bora. Jujur saja awal mula aku mencari tau tentang SISTAR adalah saat aku melihat Bora bermain dalam sebuah drama Korea, cakep amat nih cewek! Haha. Kemudian aku mencari tau lebih lanjut tentang dirinya hingga menemukan informasi mengenai SISTAR.

Di Korea Selatan, SISTAR merupakan salah satu girlband yang namanya cukup diperhitungkan dalam dunia K-Pop sejak tahun 2010. Grup ini memenangkan cukup banyak penghargaan musik diantaranya 25th Golden Disk Awards, 3rd Melon Music Awards, Mnet 20's Choice Awards dan masih banyak penghargaan lain.
Pada tahun 2011, SISTAR membentuk sub-unit girlband SISTAR-19 yang hanya beranggotakan Hyolyn dan Bora. Sub-unit girlband ini adalah yang pertama dibentuk oleh management Starship Entertainment. Penggemar merespon SISTAR-19 dengan cukup baik setelah mereka merilis single Ma Boy yang juga merupakan salah satu lagu kesukaanku.

SISTAR-19
Source : kpop.net
Setelah 7 tahun berkarya sebagai grup, di tahun 2017 SISTAR memberi pengumuman yang mengejutkan bahwa mereka harus bubar. Ketika membaca berita itu, terpoteq hatiku guys! Alasan pembubaran SISTAR adalah karena masing-masing personilnya ingin fokus merintis karir sebagai solo artist.

Meskipun saat ini mereka tidak lagi bersama sebagai grup yang berada dalam satu management, keempat mantan personil SISTAR masih saling berhubungan baik dan mendukung karir satu sama lain.

Selanjutnya, aku akan menceritakan sedikit mengenai keempat mantan personil SISTAR yang selain memiliki visual yang oke, juga bertalenta dalam hal bermusik dan menari.

Hyolyn

Source : Instagram @xhyolynx
Bisa dibilang, Hyolyn adalah salah satu penyanyi dengan suara terbaik yang dimiliki oleh dunia musik Korea Selatan. Penyanyi bernama asli Kim Hyo Jung ini mempunyai suara yang khas yaitu serak-serak merdu. Hehe.

Teman-teman yang sering mendengarkan lagu-lagu SISTAR pasti tidak butuh waktu lama untuk bisa mengenali suara Hyolyn saat bernyanyi. Nggak heran, selain didapuk sebagai leader dari SISTAR, ia juga menggawangi sub-unit SISTAR yaitu SISTAR-19 bersama Bora.

Hyolyn pernah bermain peran loh dalam drama Korea berjudul Dream High 2 pada tahun 2012. Disana, ia berperan sebagai idol juga dari sebuah grup menyanyi. Sebelas duabelas dengan kehidupan nyata lah yaa.

Di tahun 2013, Hyolyn dipercaya untuk mengisi salah satu lagu yang menjadi OST drama Korea berjudul Master's Sun. Sebagian drakorian pasti nggak asing lagi dengan drama yang cukup populer di masanya ini. Judul lagu yang ia bawakan adalah Crazy of You, lagu yang bikin susah move on dari drama yang rada-rada spooky ini.

Selain Master's Sun, masih banyak drama Korea lain yang OST-nya pernah dibawakan oleh Hyolyn seperti Hello Goodbye (OST. My Love From Another Star), I Miss You (OST. Uncontrollably Fond), Become Each Other Tears (OST. Hwarang), Come A Little Closer (OST. Warm and Cozy), Spring Watch (OST. Black Knight) dan Because It's You (OST. Glory Jane).

Sampai saat ini, Hyolyn masih aktif dengan kegiatan bernyanyinya. Beberapa judul lagu solonya adalah I Choose to Love You, One Way Love, Lonely dan Dally.

Soyou

Source : Instagram @soooo_you
Pertama lihat Soyou, nggak percaya kalau dia gadis cantik kelahiran tahun 1992. Duh, dek! Bisa keren banget begitu dirimu di usia yang masih belia. Jaman kuliah dulu, aku berpikir demikian tentangnya.

Seperti Hyolyn, Soyou juga memiliki suara merdu yang khas. Saat mendengarnya menyanyi terutama lagu-lagu ballad, auto hanyut dalam suaranya yang indah.

Bagi yang pernah menonton drama Korea berjudul Goblin, pasti nggak asing lagi dengan salah satu OST-nya yang berjudul I Miss You. Lagu yang super melow dan mendayu-dayu tersebut dinyanyikan oleh Soyou yang memiliki nama asli Kang Ji Hyun.

Selain Goblin, Soyou juga mengisi beberapa lagu di beberapa judul drama Korea seperti She Was Pretty (You Don't Know Me) dan Lucky Romance (Tell Me).

Terkenal sebagai penyanyi dan penari yang sangat menjaga bentuk tubuhnya dengan rajin berolahraga, Soyou pernah ditunjuk menjadi mentor dalam sebuah acara di Korea Selatan berjudul Produce 48.

Soyou pun merilis beberapa single dan berkolaborasi dengan beberapa penyanyi papan atas Korea Selatan dalam membuat lagu.

Dasom

Source : Instagram @som0506
Saatnya berkenalan dengan maknae cantik dalam grup ini. Penyanyi bernama asli Kim Dasom ini lahir di tahun yang lebih muda dari ketiga partnernya yaitu pada 6 Mei 1993.

Dasom memiliki wajah manis dan tubuh yang bisa dibilang paling langsing dibandingkan dengan 3 personil SISTAR lainnya. Dengan segala talenta yang ia miliki, ternyata Dasom pernah menjadi korban bully para haters-nya.

Sepanjang perjalannya bersama SISTAR, tidak hanya fans setia mendukung karirnya yang membersamainya namun juga para haters yang menyerangnya melalui cyber bullying. Dasom bahkan sempat ingin menyerah dan mengakhiri hidup karena hal ini. Andweeeehh!!!

Berbeda dengan Hyolyn dan Soyou yang fokus pada karir bermusiknya, Dasom memilih mengembangkan bakatnya di bidang akting. Beberapa kali ia tampil sebagai pemain pendukung dalam sebuah drama Korea.
Pada tahun 2017, ia membintangi sebuah drama berjudul Band of Sister dan menjadi pemeran utama. Ia mendapat apresiasi atas perannya tersebut dengan menyabet penghargaan Best New Actress pada acara SBS Drama Awards. Drama terbaru yang dibintang oleh Dasom adalah Was It Love? yang tayang di tahun 2020 ini.

Bora

Source : Instagram @borabora_sugar
Bora adalah alasan aku mencari informasi tentang SISTAR. Aku melihatnya saat berperan dalam sebuah drama berjudul Doctor Stranger (2014). Disana ia bukanlah pemeran utama, hanya pemain pendukung.

Yoon Bora, lahir pada tahun 1989 di penghujung bulan Desember tepatnya tanggal 30. Di dalam grup SISTAR, ia mengambil peran sebagai rapper. Berkat kemampuan nge-rap dan juga dance-nya yang aduhai, bersama Hyolyn ia menjadi anggota SISTAR 19.

Di luar kegiatannya sebagai anggota girl group, Bora banyak tampil sebagai MC dalam berbagai acara musik. Ia juga tampil pada beberapa variety show sebagai bintang tamu. Sebut saja Running Man, dimana ia pernah tampil di beberapa episodenya.

Sama seperti Dasom, sepertinya Bora lebih tertarik mengasah kemampuan beraktingnya dengan menerima beberapa tawaran bermain drama.

Beberapa judul drama yang pernah ia bintangi adalah Doctor Stranger (2014), High End Crush (2015 - 2016), A Korean Odyssey (2017 - 2018) dan terakhir Dr. Romantic 2 (2020). Memang di banyak drama, Bora masih sering menjadi pemain pendukung namun boleh lah sebagai langkah awal menjajaki dunia perdrakoran.

Lagu SISTAR Favorit

Biasanya, SISTAR akan mengeluarkan single yang dilanjutkan dengan album setiap musim panas tiba. Jangan heran kalau kebanyakan lagu-lagunya mengambil gambar di pantai, kolam renang dan tema-tema yang sesuai dengan musim panas. Oleh karenanya, SISTAR mendapat julukan Queen of Summer.

SISTAR debut dengan mengeluarkan single berjudul Push-Push di tahun 2010. Di tahun 2011, mereka mengeluarkan album berjudul So Cool yang juga menjadi judul salah satu lagunya.

Tahun 2013, SISTAR kembali mengeluarkan album berjudul Give It To Me yang juga merupakan salah lagu judul lagu andalan mereka dalam album tersebut. SISTAR juga memiliki beberapa mini album yang biasa dirilis setiap musim panas tiba.
Dari sekian banyak lagu SISTAR, susah ya untuk memilih mana lagu yang ter-favorit. Haha. Tapi, tetap ada sih beberapa lagu yang stuck in my head dan masih suka aku dengarkan. Entah karena lagunya yang easy listening, dance-nya yang enak dilihat atau liriknya yang ngena banget.

Ada 7 lagu yang menjadi lagu-lagu favoritku dari SISTAR :

Loving U

Lagu SISTAR pertama yang aku dengarkan setelah tau bahwa Bora adalah salah satu personil SISTAR. Lagunya ceria, bersemangat dengan dance yang asyik untuk ditonton bahkan diikuti. Haha.

Lagu ini pernah menjadi salah satu top hits di Korea Selatan pada tahun 2012.


Ma Boy

Lagu ini adalah lagu andalan dari SISTAR-19. Lagunya sangat easy listening dengan tarian yang auto bikin pengen ikutan joget.

Saking sukanya sama lagu Ma Boy ini, selain mendengarkan lagunya berulang-ulang, aku juga menonton video-video SISTAR-19 menyanyikan lagu ini dalam berbagai acara musik selain menonton video klipnya. Hehe.



Crying

Salah satu lagu ballad yang dimiliki SISTAR nih! Jadi, SISTAR bukan hanya terkenal dengan lagu-lagu musim panasnya tapi juga lagu ballad dimana Hyolyn dan Soyou memang dikenal sebagai spesialis menyanyi lagu-lagu berjenis ini.

Lagu yang bercerita tentang patah hati pasti bikin kalian yang mendengarkan lagu ini merasakan kepiluan seseorang yang crying, crying karena sakit hati. Hiks!



Naughty Hands

Lagu ini bercerita tentang seorang cewek yang tertarik pada cowok namun ragu-ragu karena kok si cowok ternyata cukup agresif saat melakukan pendekatan. Santai aja kali, Mas! Begitu kira-kira inti pesan dari Naughty Hands.

Lagunya tentang percintaan namun dibawakan dengan asyik dan tidak membosankan saat mendengarkannya.


I Swear

Di tahun 2014, SISTAR mengeluarkan album Sweet and Sour dimana I Swear menjadi salah satu lagu andalannya.

Lagi-lagi I Swear menjadi lagu yang bertema musim panas. Lagunya yang ceria dan dance-nya yang asyik di pinggir pantai membuat aku ikut senang saat mendengarkannya.



For You

Termasuk salah satu lagu dalam album terakhir SISTAR yang keluar pada tahun 2017. For You menjadi lagu SISTAR yang cukup dikenal, apalagi di saat-saat terakhir kebersamaan Hyolyn, Soyou, Dasom dan Bora sebagai anggota idol group.

Pasalnya lirik dalam lagu ini mengandung makna yang sangat dalam. Beberapa penggalan arti lirik lagu ini adalah

From beginning to end
I'll keep you forever baby (baby)
From this moment on
I'll never forget baby (baby)
Do it all for you, you, you, you (stay)



Lonely

Di tanggal 31 Mei 2017, Starship Entertainment mengeluarkan video klip terakhir SISTAR sebagai girlband dengan judul lagunya Lonely.

Video klip ini sukses membuat mataku panas, berkaca-kaca hingga akhirnya nangis bombay. Ya sedih lah ya setelah sekian tahun menanti-nanti musik-musik dari grup favorit kita kemudian akhirnya harus menonton video klip terakhir mereka sebagai sebuah kesatuan.


Begitulah, sekilas mengenai idol K-Pop favoritku yaitu SISTAR. Meskipun mereka sudah tidak eksis lagi sebagai grup, tapi kehadiran SISTAR rasanya akan selalu bersinar di hati para penggemarnya termasuk diriku.

Bisa dibilang SISTAR adalah salah satu idol grup yang jarang sekali diterpa gosip miring, tidak pernah ada skandal dari awal perjalanan karir dan menyajikan perpisahan dengan cara yang baik-baik untuk semua penggemarnya.

Bahkan, di tahun 2020 ini keempat ex-member SISTAR mengunggah foto yang menunjukkan kalau mereka merayakan 10 tahun hari jadi SISTAR. Masih kompak dan saling support loh meski mereka tidak satu grup lagi.

Semuanya memposting di Instagram masing-masing
Sukses untuk semua ex-member SISTAR dimanapun kalian berada! Star1 akan selalu mendukung, yeay!

Sukabumi, 23 Agustus 2020

  • Share:

You Might Also Like

6 komentar

  1. Nostalgia banget ih baca ini hehhehe

    Ma Boy lagu favorit sistar kala itu

    BalasHapus
  2. Auto inget Bora doonk...
    Aku pikir SISTAR dari SM loo...soalnya deket sama Leeteuk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Inget Bora main drama apa gimana ni? Hehe. Iya mungkin karena sering bareng d acara yg sama x ya *zootoy wkwk

      Hapus
  3. Wah wah, smg mereka akan reunian ya mbak...
    Biar bs mengobati kerinduan para fansnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Duh, happy bangeeet pasti star1!!! Baik sekali mba DK doanyaaa..

      Hapus