5 Tips Sukses Workout From Home, Terbukti Efektif!

tips-workout-from-home

Mae frens, kalian tim olahraga di rumah atau di luar rumah nih?

Biasanya alasan orang lebih memilih untuk workout di tempat fitness atau gym, adalah karena kesulitan untuk terus konsisten workout from home. Sementara itu, jika bergabung menjadi membership di fitness centre, mau nggak mau pasti hadir karena nggak mau rugi!

Nah, bulan September dan Oktober ini saya mengikuti kelas diet yang salah satu programnya adalah workout from home. Selama kurang lebih 4 pekan, saya merasakan sendiri manfaat dan hasil dari kelas yang saya ikuti ini.

Gimana tips sukses workout from home yang saya terapkan selama sebulan ke belakang? Jangan mager dan lanjutkan membaca sampai selesai!

Mae, Ngapain Lo Diet?

Buat yang kenal saya dari bertahun lalu, ibarat kata dari zaman orok, jelas bertanya-tanya ngapain saya diet segala?

Wkwk! Spill dikit nih frens, jadi memang dulu badan saya itu kurus bahkan masuk kategori underweight. Timbangan saya yang nggak kunjung bergerak ke arah kanan ini menetap hingga saya hamil, 5 tahun lalu.


Kalau ibu-ibu lain berat badan awalnya ideal, setelah hamil dan melahirkan jadi overweight. Nah, saya dari underweight, jadi ideal.

Mulanya saya so happy dengan perubahan ini. Setelah bertahun-tahun nyari cara biar badan bisa berisi, akhirnya body goal tercapai juga!

quote-about-workout

Tapi, 2 tahun belakangan ini mulai terjadi perubahan yang cukup signifikan terhadap berat badan saya. Setelah 3 tahun stuck di angka 47 kg, berat badan saya terus naik hingga angka 50 kg. Dengan tinggi badan yang nggak seberapa ini, efek terhadap tubuh saya sangat terasa.

Meskipun angka tersebut masih termasuk ideal, tapi saya merasa it'll getting worse if I'm not doing anything. Biasanya hanya dengan rutin puasa berat badan saya bisa turun, ini kok terus naik? Waduh!

Alasan lain yang akhirnya membuat saya memutuskan untuk mengatur pola makan dan mulai rutin berolahraga adalah:
  • Baju dan celana mulai kesempitan
  • Tampak banyak timbunan lemak di beberapa area tubuh
  • Sering sakit kepala
  • Tidak nyaman saat bergerak
  • Mulai kurang percaya diri saat bercermin

Alasan-alasan di atas lah yang membuat saya mantap untuk fokus dan konsisten melakukan workout from home.

Tips Sukses Workout From Home

raport-diet-workout-from-home
Raport Diet dan Workout from Home selama sebulan

Selama kurang lebih satu bulan menjalankan program diet dan workout from home, penurunan berat badan memang tidak tampak signifikan.

Bisa dilihat di gambar bahwa berat badan saya hanya turun 800 gram. Namun, lihat pengurangan lingkar-lingkar beberapa area tubuh terutama perut dan paha. Buat saya, hasilnya sudah mulai terlihat dan patut diapresiasi.

Tujuan saya melakukan olahraga dari rumah ini memang bukan untuk weight loss ya, lebih ke fat loss dan maintenance.

Di bawah ini saya spill semua yang saya lakukan sehingga bisa sukses menghempaskan lemak-lemak tubuh dengan workout from home:

1. Tentukan Goal dan Strong Why

Duh, Ma, klise banget deh! Mau ngeblog harus tentukan strong why, podcast harus ada goal-nya, ini workout juga kudu ada goal dan strong why-nya?

Yes! Mae frens wajib punya tujuan dan alasan kuat kenapa kalian pengen workout? Kenapa hayoo?

Apakah cuma ikut-ikutan tren? Disuruh suami, istri, pacar atau orang tua? Atau memang panggilan hati untuk mulai aware terhadap kesehatan dan kebugaran diri sendiri?

Untuk saya pribadi, goal dan strong why ini adalah kunci yang bisa membuka pintu-pintu konsistensi ketika tertutup di tengah-tengah perjalanan.

Ayo, mulai list apa saja yang akan menjadi tujuan dan strong why kalian workout from home?

Baca tentang: 2023, Apa Resolusimu?

2. Atur Jadwal Rutin

Sebagai orang dengan tipe kepribadian ESTJ (Extroverted, Sensing, Thinking, Judging) bagi saya, memiliki jadwal yang teratur sangat penting.

Dengan adanya jadwal rutin, kita jadi punya slot waktu untuk benar-benar fokus pada kegiatan workout from home. Setelah jadwal tersebut, tentunya sudah ada rentetan jadwal kegiatan lain yang menanti, so pasti akan ada banyak alasan untuk menunda workout jika tidak disiplin terhadap jadwal.

Ketika Mae frens punya tujuan dan why yang kuat, kalian pasti akan memasukkan workout sebagai prioritas kegiatan harian. Sehingga, membuat jadwal ini sama halnya dengan menyempatkan waktu untuk menyelesaikan priotitas hidup kalian.

Saya sendiri menyempatkan diri untuk workout from home sekitar 30 menit setelah sarapan dan pulang mengantar anak ke sekolahnya. Beberapa teman saya yang bekerja di ranah publik menjadwalkan setelah sholat subuh untuk berolahraga di rumah. Nggak ada jadwal yang saklek ya, semua bisa disesuaikan dengan agenda masing-masing individu.

3. Ikuti Kelas atau Program

Saat ini, kelas dan program olahraga yang diadakan secara daring sudah banyak sekali ya. Mae frens bisa pilih mana kelas atau program yang paling cocok dan sesuai budget kalian.

Ngapain ikutan kelas? Kan tinggal liat aja videonya di Youtube?

Ya nggak salah juga jika teman-teman bisa konsisten sampai akhir hanya dengan menonton video secara mandiri.

Namun, saya merasakan perbedaan antara olahraga secara mandiri dengan setelah mengikuti kelas dan program diet.

Pertama, kita akan mendapatkan banyak teman yang memiliki kesamaan background maupun tujuan. Ini membuat you are not feel alone anymore

Berikutnya adalah ilmu yang aplikatif. Ilmu mengenai diet ini bisa dicari sendiri memang, tapi saya lebih mudah memahami penjelasan coach setelah diberikan materi. Misalnya saja, bagaimana cara menghitung kalori dan cara mudah makan sesuai kebutuhan kalori tubuh.

Plusnya lagi, kita bisa berdiskusi, bertanya dan konsultasi langsung dengan coach yang benar-benar profesional di bidangnya.

4. Bergabung dengan Komunitas

Teman-teman yang nggak suka olahraga sendirian juga bisa bergabung dengan komunitas pecinta olahraga secara daring. Hari gini, apa sih yang nggak ada di internet?

Saya pribadi mendapatkan akses untuk bergabung dengan komunitas setelah mengikuti program workout from home. Di sini saya mendapatkan circle pertemanan yang sehat dan positif.


Kami saling menyemangati, menghibur, mendukung dan menjadi tempat berbagi bagi yang lain. Sebagai orang extrovert, perlu banget untuk saya berada dalam komunitas seperti ini. Wkwk.

5. Konsisten Sampai Akhir

Ini adalah tips yang paling sulit sekaligus menjadi pintu kesuksesan workout from home. Saya sendiri setuju, susah sekali loh menjaga konsistensi ini.

Saya yang jarang olahraga, tiba-tiba harus kembali mulai olahraga, ya jelaslah sakit-sakit badan setelah pertama kali berolahraga. Akan tetapi, DOMS (Delay Onset Muscle Soreness) ini justru akan mereda dan hilang jika kita rutin berolahraga.

Dua gerakan workout yang saya inget banget awal-awal bikin badan berasa digampar adalah burpees dan military plank. Tiap mulai olahraga dan liat ada gerakan itu, rasanya mau menyerah duluan. Namun, setelah beberapa hari melakukan gerakan yang sama ternyata malah terasa lebih ringan (meskipun tetap melelahkan. lol!).

Jika konsistensi yang merupakan pintu kesuksesan workout from home kalian tertutup, maka ingat lagi apa goals dan strong why kalian? Itulah yang akan menjadi kunci untuk kembali membuka pintu konsistensi. Jadi semangat lagi sampai akhir!

Kapan Nih, Mulai Workout From Home?

quote-about-sport

Oiya, satu lagi tips dari saya untuk teman-teman yang mau olahraga dari rumah adalah nggak usah terlalu ngoyo di awal. Kalian mau jumping jack 100 kali tapi cuma bertahan 3 hari, ya tetap akan lebih terlihat hasilnya dengan yang hanya melakukannya 20 kali tapi rutin selama beberapa bulan.

Olahraga dan pola hidup sehat ini adalah habit yang harus dibangun dan dipertahankan. Jadi, mending lakukan sedikit-sedikit, semampunya dulu nggak apa-apa, asal konsisten dan terus-menerus.

Itu tadi tips sukses workout from home dari saya yang baru kurang lebih sebulan lebih ini berolahraga di rumah. Biarpun badan saya juga belum mencapai body goals, semoga teman-teman yang mau mulai workout bisa mengambil manfaat dari tulisan ini.

Jadi kapan frens mau mulai olahraga?

Posting Komentar

19 Komentar

  1. Menurutku yang paling susah itu konsisten nya. Dulu zaman sebelum pandemi, rajin banget jogging. Sekarang setelah pandemi malah loyo males. Nyari motivasi nya yang susah :')

    BalasHapus
  2. Udah pernah cuma ya gitu ga konsisten. Harus mulai lagi ya ini sambil menerapkan tips di atas

    BalasHapus
  3. catat ya Nov... goal dan strong why ! ( self talk ) makasih banget mbak Ima, ini beneran penting buat saya.. berkali-kali niat mulai work out dan diet, tapi ditengah jalan semangat itu menguap entah kemana...

    BalasHapus
  4. Kayaknya penting punya komunitas yah, biar ada support system. Kalau cuma sendirian, pas lagi gak mood atau males-malesan, ntar tau-tau aja berhenti. Kalau ada komunitas jadi makin semangat. Sama-sama saling support work out from home.

    BalasHapus
  5. saya juga nih harusnya benar-benar bertekad buat menurunkan berat badan. jadi ingat 2 tahun lalu benar-benar konsisten IF dan olahraga di rumah beneran cepat turun BB. sekarang bukannya turun malah naik berat badanku. huhu

    BalasHapus
  6. Yang paling susah itunm konsisten.. banget -banget susahnya .

    BalasHapus
  7. Wow jadi pingin ikut work out deh kalau seperti ini

    BalasHapus
  8. Strong Why.
    Kayanya ini yang aku kudu punyai lagi nih.. Sejak gak ikutan member club olahraga, aku jadi super mager. Uda magernya jelek, ditambahin super, pula. Makin makin yah..

    Padahal biasanya hobi banget ngikutin dance Suju Oppa.
    Tapi sejak beralih ke NCT, dance-nya rudet banget. Lebih enak nontonin mereka dance daripada aku ikutan yang jadinya malah ngerusak koreo mereka. Wkkwkw.. alesan apa si iniih??

    Intinya aku juga mau ikutan olahraga.
    Dimulai dari bismillah.. kuy bisa kuy!

    BalasHapus
  9. Susah banget buat konsisten, mungkin yang harus dirubah mindset-nya lebih dahulu dan menentukan goal dari kegiatan yang akan dijalani, biar lebih konsisten dan mantap menjalaninya.

    BalasHapus
  10. Aku juga yiga sendiri di rumah. Memang konsisten adalah koentji. Kadang kudu paham juga kalau hasil olahraga itu nggak selalu dengan penurunan berat badan. Bisa juga berat badannya tetap, tapi lingkar perut, lingkar dada, lingkar pinggulnya itu berkurang

    BalasHapus
  11. Bener banget... Awalnya semangat, tapi dua hari kemudian lambat dan malah berhenti sama sekali. Hehe ... Itu sih saya
    Emang ya mau diet ini banyak juga godaannya... Jadinya kebanyakan wacana aja
    Terimakasih nih tipsnya

    BalasHapus
  12. Setuju banget dengan pentingnya membangun habit hidup sehat. Walau tertatih-tatih, saya pun sedang berusaha untuk merutinkan workout di rumah. Terlebih lagi timbangan yang semakin semangat bergeser ke kanan. Perlu rajin memotivasi diri memang, karena kadang saat males melanda akhirnya workout pun gagal hehehe.

    BalasHapus
  13. Terasa sekali olehku sih, kalau workout itu emang harus punya teman seperjuangan alias senasib biar tetap konsisten dan punya teman berbagi yang satu frekuensi

    BalasHapus
  14. Cocok ini artikelnya menambah semangat untuk diet. Klo aq jadwal rutin untuk gym dan renang tapi problem kadang masih belum bisa atur pola makannya ini 1 bulan olahraga kurang lebih bisa turun 5kg

    BalasHapus
  15. inspiring beudsss mba.
    memang yg namanya olahraga tuh semangat (jarang) kembang (sering) kempis yah
    butuh komunitas yg sipppp bgt

    BalasHapus
  16. Yang paling sulit adalah konsisten sampai akhir kalau Olahraga sendiri di rumah tuh. Bawaan malas dan nanti nanti itu loh sulit dihapus

    BalasHapus
  17. Waaah asiik bermanfaat sekali tips nya mba, apalagi yang kerja pulang kerja pulang dan ga sempat kemana-kemana. Bisa nih pakai tips work out from home yang efektif pasti lebih simple.

    BalasHapus
  18. Gabung komunitas ini kayaknya memang penting ya, Biasanya kalau ada temannya, kita jadi bisa lebih termotivasi buat jalanin dietnya. Semangat sehat terus ya, Kak.

    BalasHapus
  19. Bener yang penting tuh konsisten ya
    Siap deh mau coba
    Pelan pelan yang penting rutin

    BalasHapus