Skin Preparation for Make Up, Yuk Mulai Lakukan!

Skin Preparation for Make Up

Tahun lalu, saya sempat mengikuti kelas komprehensif mengenai Kecantikan dan Kebugaran. Di sana, saya mendapatkan banyak insight terkait gaya hidup sehat, olahraga, seputar skincare dan juga make up. Salah satu topik yang menarik adalah mengenai skin preparation for make up.

Jujur saja, saya baru kali itu mendengar istilah tersebut. Sependek pengetahuan saya ya hanya skincare rutin saja yang dilakukan sebelum menggunakan make up. Ternyata, skin preparation for make up ini adalah tahapan penting yang sayang jika dilewatkan.

Mengenal Skin Preparation for Make Up

Singkatnya, istilah ini juga dikenal dengan nama skin prep. Istilah tersebut merujuk pada serangkaian langkah yang dilakukan untuk mempersiapkan kulit sebelum mengaplikasikan make up. Skin prep ini sendiri termasuk ke dalam bagian dari skincare.

Tujuan utama dan manfaat dari melakukan step ini sebelum berdandan adalah untuk menciptakan permukaan kulit yang halus, lembut dan siap menerima make up dengan baik. Hal ini tentunya memungkinkan hasil akhir dari pengaplikasian make up menjadi lebih tahan lama dan terlihat flawlessNo more cakey!

Manfaat Melakukan Skin Preparation for Make Up

Manfaat Melakukan Skin Preparation for Make Up

Jika sebelumnya sudah disinggung mengenai manfaat utama dari skin prep, ada baiknya juga teman-teman tau apa saja manfaat lain dari rangkaian ritual sebelum berdandan ini:

1. Menciptakan Permukaan Kulit yang Lebih Halus

Teman-teman, pernah nggak sih kalian langsung berdandan tanpa membersihkan dan mempersiapkan wajah terlebih dahulu? Sepengalaman saya, ketika kita memoleskan make up, contohnya bedak, di kulit yang nggak dipersiapkan terlebih dahulu, hasilnya pasti kurang mulus dan kurang bagus.

Sementara itu, hasil berbeda akan terlihat ketika kita melakukan persiapan pada kulit wajah, minimal pembersihan. Berdandan setelah membersihkan wajah menggunakan facial foam atau toner, akan membuat kita menjadi lebih mudah dalam memulas make up pada wajah. Selain itu, hasilnya pun akan tampak lebih halus.

2. Membuat Make Up Lebih Tahan Lama

Dengan melakukan skin prep yang baik, make up akan memiliki daya tahan yang lebih lama. Contohnya saja ketika teman-teman menggunakan primer sebagai based make up. Fungsi dari primer itu sendiri adalah untuk membantu menciptakan lapisan pelindung di antara kulit dan make up.

Dengan demikian, primer akan mencegah make up agar tidak cepat luntur atau pudar. Ditambah lagi, jika kulit kita terhidrasi dengan baik, penggunaan produk make up lain seperti concealer dan foundation pun akan stay lebih baik di wajah.

3. Hasil Make Up Terlihat Flawless

Salah satu rahasia make up terlihat flawless dan paripurna, ternyata adalah skin preparation for make up ini. Pada dasarnya, skin prep ini bertujuan untuk mempersiapkan kulit menerima paparan make up dengan menghidrasinya dengan baik.

Jika kulit sudah terhidrasi dengan baik, kulit akan menjadi dasar yang lebih baik untuk produk make up. Polesan produk make up pun akan tampak lebih menyatu dengan kulit dan memberikan looks yang lebih alami dan glowing naturally.


4. Memberikan Perlindungan Terhadap Kulit Wajah

Skin prep ini juga berfungsi sebagai perlindungan untuk kulit, terutama bagian wajah. Misalnya, penggunaan tabir surya atau produk dengan SPF akan melindungi kulit kita dari kerusakan akibat sinar UV.

Catat nih, gais, penggunaan tabir surya atau sunscreen ini penting banget untuk mencegah penuaan dini, bintik-bintik hitam, dan risiko kanker kulit.

5. Sebagai Perawatan Kulit Wajah yang Optimal

Manfaat selanjutnya dari melakukan skin prep ini adalah memberikan kesempatan bagi kita untuk secara lebih optimal merawat kulit wajah.  Langkah-langkah seperti pembersihan, toning, dan penggunaan pelembap membantu menjaga kebersihan, kelembapan, dan keseimbangan pH kulit.

Dengan melakukan langkah-langkah dalam skin preparation for make up ini, kita dapat dapat mengurangi risiko iritasi dan masalah kulit lainnya yang mungkin muncul akibat penggunaan make up.

Tahapan Skin Prep yang Perlu Diketahui

Setelah membahas apa itu skin prep dan apa saja manfaatnya, pastinya teman-teman yang masih belum familiar dengan part of skin care routine ini bertanya-tanya, apa aja sih tahapannya? Di bawah ini adalah rangkaian persiapan kulit yang dapat kita lakukan sebelum menggunakan make up:

Tahapan Skin Prep yang Perlu Diketahui

1. Membersihkan Wajah

Langkah pertama untuk mempersiapkan wajah kita sebelum memoles make up adalah membersihkannya terlebih dahulu. Fungsi dari pembersihan wajah ini adalah untuk membantu menghilangkan kotoran, minyak berlebih dan sisa-sisa make up sebelumnya yang mungkin masih tertinggal.

Jangan lupa untuk menggunakan produk pembersih wajah yang sesuai dengan kondisi kulit teman-teman. Setelah membersihkan wajah, kulit kita pun akan tampak lebih fresh dan ready untuk touch up!

2. Menggunakan Toner

Jika membersihkan wajah biasanya kita lakukan menggunakan facial foam pada saat mandi, selanjutnya yang perlu kita lakukan adalah menggunakan toner. Fungsi dari penggunaan toner ini sendiri bisa sebagai double cleansing yang penting dilakukan setelah mencuci wajah.

Menggunakan toner bisa mengembalikan keseimbangan pH kulit wajah sekaligus menyegarkannya. Toner juga akan membersihkan kembali sisa-sisa kotoran yang mungkin masih tertinggal di wajah, dan memperkecil tampilan pori-pori.

3. Memakai Pelembap

Next adalah menggunakan pelembap yang sesuai dengan jenis kulit wajah kita. Baik pemilik kulit wajah kering, berminyak maupun kombinasi, perlu banget loh menggunakan pelembap.


Produk moisturizer akan membantu kulit terhidrasi, menjaga elastisitasnya dan membentuk permukaan yang lebih lembut sehingga lebih mudah ketika mengaplikasikan make up.

4. Mengaplikasikan Primer

Apa sih pentingnya memakai primer sebelum make up? Jadi, primer ini merupakan produk yang dapat menciptakan lapisan pelindung antara kulit dan make up yang digunakan.

Primer akan membantu menyamarkan pori-pori, mengisi garis-garis halus yang ada pada kulit wajah serta memberikan permukaan yang halus dan juga rata untuk pengaplikasian make up.

5. Jangan Lupa Memakai Sunscreen

Apabila aktivitas yang akan kita lakukan terpapar sinar matahari langsung, menggunakan sunscreen akan menjadi hal yang tidak boleh terlewatkan. Di dalam ruangan saja disarankan tetap memakai sunscreen, apalagi saat kita berada di luar ruangan ya kan?

Penggunaan tabir surya dengan SPF dan PA yang memadai, akan memberikan perlindungan pada kulit terhadap berbagai efek dari radiasi sinar UV. At least, memakai sunscreen ini bisa mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini, bintik hitam dan masalah kulit lainnya.

Setelah rangkaian skin preparation for make up ini dilakukan, wajah kita pun akan lebih siap menerima make up dan hasilnya jauh lebih glowing serta flawless! Nah, selama ini persiapan kulit apa saja yang teman-teman sudah lakukan sebelum menggunakan make upSharing yuk!

Posting Komentar

4 Komentar

  1. skin preparation memang penting. Tidak hanya untuk membuat make up lebih awet, tapi juga untuk perawatan rajah serai-hari biar terjaga kelembabannya

    BalasHapus
  2. Aku pikir yang namanya make up tuh uda mengandung kandungan yang blablabla agar stand-out di wajah plus bikin wajah flawless. Ternyata tetep butuh yang namanya skin preparation yaa..

    Jadi meskipun daily make up yang biasa aja, tetep kudu disiplin melakukan skin preparation for make up?

    BalasHapus
  3. Skin preparation ini kayak pakai skincare sebelum make up ya mbak
    Aku malah seringan pakai skincare aja haha
    Tapi emang kalau kita melakukan skin preparation, make up lebih lama stay
    Wajah juga terawat
    Btw primer itu apa seperti foundation atau cushion gitu ya?
    Aku habis skincare protection, paksinya cushion, klo g ya bb cream
    Itu benar nggak tahapannya?

    BalasHapus
  4. aku termasuk jarang sih pakai primer sebelum make up. yang penting aku pakai pelembap sama sunscreen dulu setelahnya tergantung sempat nggaknya hihi

    BalasHapus