Review Drama Korea : Our Beloved Summer (2021), Cinta Lama Belum Kelar

review our beloved summer

"Our Beloved Summer", drama Korea bergenre romantic-comedy yang sukses bikin saya nyesek dan ikutan tersedu-sedu saking bapernya sama kisah Choi Ung dan Yeon Su..

Yeorobun, annyeonghaseyo!

Sudah nonton drakor "Our Beloved Summer" yang tamat bulan Januari lalu dan belum move on? Atau belum nonton dan sedang mencari reviewnya di internet, makanya mampir ke tulisan ini?

Drama yang tayang perdana di bulan Desember tahun 2021 kemarin ini, memang sempat rame banget diomongin di berbagai media sosial. Banyak disebut-sebut sebagai salah satu drama romantis terbaik, drama dengan ceritanya yang menghangatkan dan chemistry pemainnya yang bikin penonton jadi shipper-nya Kim Da Mi dan Choi Woo Sik. Ihiiy~


Menurut saya sendiri gimana ya? Baca ulasannya sampai selesai ya ;)

Profil K-Drama "Our Beloved Summer"

poster our beloved summer

Judul : Our Beloved Summer / That Year We
Korean Title : Geu Hae Woorineun (그 해 우리는)
Sutradara : Kim Yoon Jin
Penulis Naskah : Lee Na Eun
Ditayangkan di : SBS, Netflix
Cast :
Choi Woo Sik sebagai Choi Ung
Kim Da Mi sebagai Kook Yeon Su
Kim Sung Cheol sebagai Kim Ji Ung
Roh Jeong Ui sebagai NJ
Ahn Dong Go sebagai Koo Eun Ho
Park Jin Joo sebagai Lee Sol Yi

Karakter Utama dalam K-Drama "Our Beloved Summer"

Sebenarnya semua karakter dalam drama "Our Beloved Summer" ini punya sisi menarik untuk dibahas, tapi dalam tulisan ini saya hanya mau membahas 3 karakter utama yang menjadi sorotan dalam drama ini.

Choi Ung

Diperankan oleh Choi Woo Sik. Karakter Choi Ung ini digambarkan sebagai sosok laki-laki yang senang menyendiri sejak kecil. Ia tidak punya teman ngobrol atau bermain hingga akhirnya bertemu dengan Kim Ji Ung di sekolahnya.

choi woo sik
Ung-aa ...

Choi Ung tumbuh besar tanpa memiliki hasrat, tujuan hidup atau cita-cita yang sangat ingin ia raih. Kalau ditanya apa cita-citanya saat dewasa nanti? Jawabnya ingin leyeh-leyeh, tidur-tiduran di bawah pohon di depan rumah orang tuanya. Haish..

Semasa SMA, Choi Ung selalu menempati ranking terakhir di sekolahnya. Posisi ini membawanya menjadi pemeran dalam film dokumenter mengenai kehidupan siswa dan siswi peringkat teratas dan terbawah di sekolahnya.


Dalam film dokumenter ini, ia dipasangkan dengan siswi teladan nan berprestasi, Kook Yeon Su. Beberapa bulan menjalani syuting dengan duduk sebagai teman sebangku membuat keduanya mengembangkan perasaannya.

Bersama Yeon Su inilah karakter Choi Ung yang tadinya pendiam dan cenderung dingin perlahan berubah. Definisi love can change your world gitu lah yaa..

Kook Yeon Su

kook yeon su our beloved summer
Yeon su-yaa ...

Karakter utama wanita dalam drama "Our Beloved Summer" ini diperankan oleh Kim Da Mi sebagai Kook Yeon Su. Digambarkan sebagai sosok perempuan yang ambisius, nggak mau kalah dan egois.

Di SMA, Yeon Su selalu menjadi menduduki peringkat pertama. Unbeatable. Ia kemudian menjadi pemeran utama dalam film dokumenter bersama Choi Ung. Mereka pun menjalin kisah cinta hingga 5 tahun lamanya sebelum akhirnya Yeon Su memutuskan Choi Ung secara sepihak. Jreeeng!

Takdir akhirnya mempertemukan mereka kembali 5 tahun kemudian. Di situasi dan kondisi yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya, di mana roda berputar.

Choi Ung yang dikenalnya tidak memiliki ambisi itu ternyata menjadi sosok yang lebih sukses dari Yeon Su yang mati-matian mengejar cita-citanya menjadi wanita karir yang sukses.

Kim Ji Ung

kim ji ung our beloved summer
PD-nim

Setelah nonton Kim Sung Cheol di "Do You Like Brahms" sebagai second lead yang mengsedih, ketemu lagi sama beliau di "Our Beloved Summer" sebagai Kim Ji Ung yang lagi-lagi jadi second lead.

Another introvert character dalam drama ini, Kim Ji Ung digambarkan sebagai sosok yang kurang kasih sayang dari orang tuanya. Ayahnya entah di mana dan ibunya, seorang single parent yang sibuk bekerja hingga jarang pulang ke rumah. Kalaupun di rumah, habis tenaganya untuk sekadar menemani Ji Ung bermain atau ngobrol.

Sejak mengenal Choi Ung dan sering numpang di keluarganya, Ji Ung merasa iri dengan kehidupan sahabatnya itu. Iri dengan keluarganya, iri dengan kehidupannya yang tanpa beban dan juga iri pada Choi Ung yang berhasil merebut hati Kook Yeon Su yang sebenarnya dia sukai sejak lama. Ouch!


Ketika Choi Ung dan Yeon Su putus dan Ji Ung kembali bertemu dengan Yeon Su, akankah Ji Ung menyatakan perasaannya? Atau diem-diem bae 'til the last episode?

Sinopsis K-Drama "Our Beloved Summer"

Choi Ung menjadi seorang artist yang sukses, kemampuan gambarnya yang luar biasa membuat dirinya terkenal dibalik nama samaran, Go Oh.

Setelah 5 tahun berpisah dari Kook Yeon Su, mereka berdua dipertemukan kembali ketika Yeon Su mendapatkan proyek untuk bekerja sama dengan Go Oh dalam sebuah pameran seni.

ung yeon su

Proyek mereka berdua tidak berhenti sampai di sana ketika film dokumenter yang mereka bintangi semasa SMA kembali viral dan penonton menginginkan cerita lanjutan dari film dokumenter tersebut. Kim Ji Ung, yang saat itu bekerja sebagai sutradara akhirnya menyanggupi untuk membuat kembali film dokumenter dua sahabatnya tersebut.

Tentang Kisah Cinta yang Belum Selesai

Cerita inti dari "Our Beloved Summer" ini sebenarnya klise dan sederhana aja. Dua pasangan yang masih saling suka memutuskan untuk berpisah dan dipertemukan kembali secara tidak sengaja. Keduanya kemudian terlibat proyek bersama yang membuat mereka harus menghabiskan waktu bersama-sama.

Penonton drakor udah hapal lah ya cerita modelan begini. Kkk~ Tapi cerita Choi Ung dan Yeon Su yang belum kelar ini nggantung banget. Yeon Su memutuskan Choi Ung dalam kondisi mereka lagi fine-fine aja tanpa penjelasan apa-apa.

our beloved summer

Lah! Choi Ung ya bingung dong ya, bertahun-tahun dia harus move on tanpa tau salah dia apa sampai diputusin dan ditinggalin gitu aja? Meskipun sebenarnya, Yeon Su punya alasan sendiri kenapa bikin keputusan kayak gitu walau kata-kata terakhirnya saat putus dari Choi Ung lain di bibir lain di hati.

You are the only thing I can throw away!
-Kook Yeon Su, Our Beloved Summer

Jadi, ketika melihat mereka berdua bertemu kembali dengan perasaan patah hatinya masing-masing ditambah gengsi yang aduuhaay, bikin ikutan gemes dan nyesek sendiri sama kelakuan both Choi Ung dan Yeon Su.


Akhirnya ya mereka berdua sibuk dengan prasangkanya masing-masing, nggak ada niatan mau meluruskan kesalahpahaman tapi nggak bisa juga denial kalau keduanya sama-sama masih punya perasaan yang sama.

... I was the one who let him go but I still like him
-Kook Yeon Su, Our Beloved Summer

Tapi yang namanya drama Korea pasti ada perkembangan karakter dari setiap episodenya yang bikin penonton paham kenapa dulu begitu dan kemudian begini. Ngeliat perjalanan pendewasaan karakter mereka tuh udah kayak liat kehidupan sohib sendiri gitu. Ah, jinjja neomu joha!

Ada Keluarga di Balik Semua Alasan

Selain mengangkat cerita romance, hal lain yang ditonjolkan dalam drama ini adalah soal inner child. Ketiga karakter utamanya, Choi Ung, Yeon Su dan Ji Ung, sama-sama memiliki latar belakang keluarga yang membuat mereka tumbuh dengan kepribadian seperti itu.

Choi Ung memiliki ketakutan sendiri kalau dia punya ambisi, harapan dan keinginan, dia akan berubah jadi seseorang yang jahat. Dia takut akan melukai keluarganya sendiri kalau dia pengen macem-macem.

Yeon Su dengan kehidupannya yang keras sejak kecil, nggak punya orang tua dan hanya tinggal dengan neneknya yang hidup pas-pasan. Ia pun terbiasa hidup mandiri, bekerja keras dan tidak ingin membebani siapapun.

Lain lagi dengan Ji Ung yang terbiasa hidup kayak invisible. Nggak pernah dianggep sama emaknya, nggak pernah dapat kasih sayang keluarga sampai ia merasa kalau ya memang dirinya itu nggak layak dapat kasih sayang dari orang lain dan merasa tidak pantas dicintai. Sad ya..

ung family our beloved summer
Papa Mama Ung

Namun demikian, penonton tidak hanya disuguhkan dengan kisah sedih masa kecil karakter utamanya saja. Ada kehangatan keluarga yang membuat penonton ikut terharu dan bahagia, terutama dari penggambaran kedua orang tua Choi Ung.

Karakter luar biasa dari bapak dan ibunya Ung bikin saya mikir jauh, bisa nggak saya tumbuh jadi orang tua yang menyenangkan, penuh pengertian dan selalu hadir untuk anak-anak. Sweet banget ahjumma - ahjusshi!

Suka Bilang, Jangan Gengsi ;)

Every thin line that I drew, every second that went by, every year, every moment, Yeon Su was always there. And continuously, I will spend all my time loving Kook Yeon Su
-Choi Ung

Dalam drama ini ditegaskan bahwa yang terpenting dalam sebuah hubungan adalah komunikasi. Kalau cuma kode-kodean doang tapi gengsi masih seluas samudera, ya bubar jalan.

Nggak cuma dalam hubungan antara Choi Ung dan Yeon Su aja, berlaku juga untuk Ji Ung yang 'til the end memilih untuk diam dan memendam perasaannya pada Yeon Su. Ciyan bener liatnya, nyesek sendiri, kesel sendiri dan nggak move on ke mana-mana juga.

If there's an end to this crush, I hope it's now
-Kim Ji Ung, Our Beloved Summer

Salah satu karakter yang juga saya suka dalam drama ini adalah NJ, aktris yang mengagumi Choi Ung dan berani untuk mengungkapkan perasaannya meskipun ia tau hanya bertepuk sebelah tangan.

Having a crush is so miserable
-NJ, Our Beloved Summer

NJ pun nggak berubah jadi jahat atau berusaha untuk menikung Yeon Su. Fair banget orangnya, padahal ya dia bersusah payah juga untuk move on dari Choi Ung.

Intinya, saya suka sama drama "Our Beloved Summer". Salah satu drama yang suatu hari nanti akan saya rewatch. Sekian dulu review dari saya sebelum makin panjang dan makin banyak spoiler bertebaran di sini. Fufu~

Sukabumi, 8 Maret 2022

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Tipe Drakor yg santai ga banyak mikir sepertinya ya mbaa.. sbnrnya udh ada dlm listku. Tapi blm sempet aja aku tonton. Lagi seneng2nya yg thriller 😁. Ntr bosen thriller, baru balik ke romance .. atau kalo mumet abis nonton Drakor yg berat, naah tipe drama yg santai gini jadi pilihanku buat rileks lagi

    BalasHapus