Staycation di Hotel Santika Sukabumi, Libur Sejenak dari Pekerjaan Rumah!

PPKM yang terus diperpanjang beberapa bulan belakangan membuat saya sempat merasa burnout di rumah. Akhirnya, sebelum istrinya suntuk dan ngomel-ngomel berkepanjangan, suami mengambil inisiatif untuk mengajakku beristirahat sejenak dari tugas domestik dan mencari udara segar dengan menginap selama 3 hari 2 malam di Hotel Santika Sukabumi. Staycation kami ceritanya :)

Hotel ini terletak tidak jauh dari rumah kami, hanya sekitar 5 km. Kami sekeluarga memang belum berani bepergian yang jauh-jauh gitu. Gak apa-apa, liburan di tempat yang jaraknya hanya sejengkal dari rumah saja saya sudah senang sekali!

Hptel Santika Sukabumi beralamat di Jl. Bhayangkara RT03/RW01, Gunung Puyuh, Sriwidari, Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi, Jawa Barat, 43121. Kami menempuh perjalanan kurang dari 15 menit lah dari rumah, lol.

Bukan hanya aku yang bahagia diajak off dari rutinitas sehari-hari di rumah, anak kami pun senang sekali ketika tahu dirinya akan pergi menginap di luar rumah. Semangat loh dia packing bajunya sendiri. Hehe. Bagi suamiku pun, tampaknya agenda ini menjadi penyegaran setelah sekian lama pemandangan yang ia lihat hanya kantor dan rumah.

Persiapan Menginap di Hotel Santika Sukabumi

Alasan kami memilih Hotel Santika Sukabumi sebagai tujuan staycation adalah karena Hotel Santika merupakan salah satu hotel ternama di Indonesia yang terkenal dengan service-nya yang menyenangkan.

Denger-denger juga nih, makanan di Hotel Santika Sukabumi enak-enak. Hehe. Berhubung setelah menjadi orang tua pertimbangan kami adalah kenyamanan anak, akhirnya kami putuskan untuk menginap di hotel ini dengan harapan service dan makanannya memang sebaik itu sehingga kami bertiga sama-sama nyaman di sana.

Selain itu, kami juga mencari tempat yang terbukti menerapkan protokol kesehatan. Kalau dari hasil penelusuran di sosial media, sepertinya hotel ini menerapkan protokol kesehatan dengan baik. Bismillah, meskipun saya dan suami sudah 2 kali vaksin, tetap dong ya menomorsatukan kesehatan adalah yang paling penting.

Kami menyewa hotel ini selama 3 hari 2 malam dan memilih kamar dengan tipe Superior Room Hollywood Staycation. Harga yang harus kami bayarkan adalah sebesar Rp393.000,- per malam. Kami memesan kamar hotel melalui aplikasi travel langganan.

Sebetulnya, tidak ada persiapan yang gimana-gimana sebelum berangkat ke sana. Merencanakan staycation ini juga hanya sekitar seminggu sebelumnya atau bahkan kurang dari itu. Jarak dari rumah ke Hotel Santika Sukabumi juga tidak terlalu jauh, jadi nggak ada persiapan yang spesial gitu.

Satu hal yang aku khawatirkan adalah saat malam tiba anakku kan kadang masih suka mengompol, ribet kan ya kalau seprei hotel diompolin. Sementara ia sendiri sudah tidak nyaman lagi menggunakan pospak. Aku sudah berniat untuk memasukkan perlak yang travel size, tapi ternyata kelupaan. Duh!

Check-in di Hotel Santika Sukabumi

Sepulangnya suamiku dari bekerja, hari Jum'at tanggal 20 Agustus 2021, kami bertiga berangkat selepas sholat magrib. Sebelum tiba di hotel, kami sempat mampir ke minimarket untuk membeli camilan. Meminimalisir pengeluaran jika harus beli-beli makanan dari hotel lah ya. lol.

Tak berapa jauh dari minimarket, kami sudah sampai di Hotel Santika Sukabumi. Area parkirnya luas dan kosong banget saat kami tiba. Kami memilih untuk memarkir kendaraan di basement dan naik menggunakan lift di sana untuk mencapai lobi hotel dan melakukan check-in.

lobi hotel santika sukabumi
Situasi di lobi hotel

Di lobi hotel, hanya tampak seorang pria yang sedang duduk di sofa. Tidak ada orang lain lagi selain kami bertiga, pria tersebut dan seorang petugas hotel yang menerima tamu untuk check-in. Proses check-in nggak membutuhkan waktu lama, kami langsung diberikan kartu akses untuk kamar nomor 608.

Lobi hotelnya sendiri menurutku minimalis aja ya, nggak terlalu besar dan terdapat 2 buah sofa panjang serta 4 buah sofa kecil untuk tamu. Di kelilingi oleh jendela kaca tanpa tirai yang membuat para tamu hotel bisa melihat langsung kolam renang serta restaurant hotel.

Superior Room Hollywood Staycation

Setelah mendapatkan kartu akses kamar, kami pun langsung menuju lantai 6 untuk beristirahat. Kartu akses yang diberikan berfungsi juga saat kami naik menggunakan lift, kartunya spesifik hanya untuk menuju ke lantai 6. Begitu tiba di depan pintu kamar, anak kami semangat banget ingin membuka pintu menggunakan kartu akses.

Aku sendiri nggak 'ngeh' kalau tipe kamar ini adalah memang kamar yang diperuntukkan bagi tamu yang ingin staycation. Tapi, dilihat dari sosial media milik Hotel Santika Sukabumi memang tersedia paket-paket staycation gitu.

superior bedroom hotel santika sukabumi

Ukuran kamarnya standar dengan kasur berukuran queen, dilengkapi dengan fasilitas standar hotel juga seperti sandal kamar, lemari, brankas, meja untuk meletakkan barang bawaan, televisi dengan channel TV kabel, 4 botol air minum (2 di meja kamar dan 2 di letakkan di toilet), gelas kopi beserta kopi; teh; gula dan creamer, pemanas air serta daftar menu.

fasilitas kamar hotel santika sukabumi

Saat itu, kami memang berencana ingin memesan makan malam dari restaurant hotel saja tapi melihat menunya kok dikit banget yaa? Serius menu di restaurant hotel cuma segini doang? Kemudian, aku mencoba untuk mencoba menghubungi resepsionis untuk menanyakan menu makanan dengan telepon yang tersedia di sisi tempat tidur.

menu makanan di kamar hotel santika sukabumi

Another keanehan adalah ketika aku mencoba menekan '0' yang mana biasanya merupakan nomor panggilan ke resepsionis tidak tersambung. Suamiku mencoba mencari daftar nomor panggilan di sekeliling kamar pun nggak nemu. Lah, aneh banget di kamar hotel nggak ada informasi tentang daftar nomor telepon.

Kami pun memutuskan untuk memesan makanan dari luar saja menggunakan jasa Go-Food. Saat makanan pesanan kami tiba, suami dan anakku turun ke bawah untuk mengambilnya sekaligus menanyakan keanehan seputar menu dan nomor panggilan telepon ke resepsionis.

Ternyata, menu lengkap bisa didapatkan dengan melakukan scan barcode di meja yang ada di restaurant. Sementara untuk masalah nomor telepon, katanya sih benar harusnya '0' merupakan nomor panggilan untuk ke resepsionis, mungkin tadi teleponnya sedang sibuk aja (???).

kamar mandi fi kamar hotel santika sukabumi

Soal fasilitas kamar lainnya no problem. Seperti kamar mandi yang semua clean, handuk bersih tersedia, sikat dan pasta gigi, sabun dan shampoo, keran, toilet flusk serta shower dan air panas yang berfungsi dengan baik :) so happy kalau mendapat kamar mandi seperti ini. Bikin betah mandi air hangat berlama-lama. Hehe.

Breakfast Time

Keesokan paginya, kami berangkat sarapan menunggu anak kami bangun sekitar pukul 07.30 WIB. Sebelum memasuki restaurant yang lokasinya di dekat lobi, persis di sebelah kolam renang, kami diminta untuk membersikan tangan menggunakan hand sanitizer serta mengambil sarung tangan plastik.

Di luar dugaan, ternyata tidak sesepi yang aku bayangkan. Meja yang terletak di area outdoor sebelah kolam renang sudah penuh terisi, di dalam pun lumayan ramai juga suasananya. Kami memilih meja di area yang masih sepi dan mengambil jarak cukup jauh dengan tamu hotel lainnya.

Jika diperhatikan, tamu hotel yang datang kebanyakan juga membawa anak-anaknya yang masih kecil untuk staycation juga mungkin ya. Sebab, tidak tampak tamu hotel yang looks-nya seperti orang sedang dinas atau melakukan kunjungan kerja (sotoooy banget asli! lol).

Balik lagi ngomongin soal sarapan, sistem yang digunakan adalah buffet dengan tamu hotel mengambil peralatan makan sendiri dan petugas restaurant akan mengambilkan makanan yang kita minta. Jadi, bukan yang kita ngambil sendiri makanannya gitu.

Oiya, saat membawa piring dan mengambil peralatan makan seperti sendok, garpu atau pisau itu diharuskan menggunakan sarung tangan plastik yang tadi sudah diambil di awal.

Pilihan makanannya sendiri cukup banyak. Terdiri dari menu utama seperti nasi putih, nasi goreng, lauk pauk, sambal serta kerupuk. Ada pula stand lain yang menyediakan bubur ayam, soto, roti, cereal, desserts, omelete dan juga buah-buahan. Untuk minumannya standar seperti air putih, jus jeruk dan mangga, teh, susu dan kopi. Ada juga jamu-jamuan seperti beras kencur dan kunir asem.

Sayang banget aku nggak sempat mengambil gambar aneka makanan sarapan di sana. Hanya ingat memfoto makanan dan minuman yang aku ambil saja. Secara, saat mengantri untuk mengambil makannya sambil menggendong bocah yang nggak mau ketinggalan.

menu sarapan di hotel santika sukabumi
My breakfast menu

Ternyata rumor bahwa makanan di Hotel Santika Sukabumi itu enak benar adanya, guys! Mulai dari nasi, lauk pauknya, bubur, soto hingga desserts-nya enak semua. Di luar itu semua, aku juga sempat memesan menu lain di luar sarapan untuk makan siang anakku dan rasanya juga enak. Wah, senang kalau makanannya enak-enak kayak gini! ^^

Swimming Pool Area

Selain membahas kamar hotel, menu makanan, yang nggak kalah penting untuk dibahas juga adalah area kolam renang di Hotel Santika Sukabumi. Anak kami sudah nggak sabar banget untuk berenang sejak awal turun untuk sarapan. Akhirnya, kami kabulkan permintaannya untuk nyemplung setelah selesai sarapan.

Sebelumnya kami sempat kembali ke kamar untuk berganti pakaian yang lebih nyaman untuk berenang, sembari menunggu tamu lain yang sedang berenang udahan. Hehe. Eh, saat kami turun lagi untuk berenang cuaca berubah mendung. Aku yakin air kolam renang sebelum mendung sudah dingin, apalagi di cuaca mau hujan begitu kan?

Tapi namanya bocah, kekeuh tetap ingin berenang. Aku pribadi nggak nyemplung karena saat itu sedang datang bulan. Sudah hampir selesai sih, tapi malas saja rasanya untuk renang kalau belum benar-benar bersih. Akhirnya, anakku ditemani suamiku untuk renang.

kolam renang di hotel santika sukabumi
Swimming pool~

Kolam renang di Hotel Santika Sukabumi ada 2, satu kolam besar untuk dewasa dan satu kolam kecil untuk anak-anak yang dalamnya hanya 70 cm. Tetap saja, anak-anak harus berada full di bawah pengawasan orang dewasa ya saat berenang.

Setelah puas bermain air, kami memutuskan untuk langsung naik ke kamar. Tentunya handukan dan mengeringkan badan dulu ya, di sana tersedia handuk khusus untuk pengunjung kolam renang yang boleh dibawa ke kamar.

berenang di hotel santika sukabumi
Waktunya main air!

Sebenarnya di sana ada juga tempat untuk mandi dan berganti pakaian. Hanya saja letaknya nggak persis di area kolam renang namun harus berbelok dulu dan ruang gantinya ada dipojokkan. Kok, aku merasa agak spooky ya? Wkwk. Mungkin karena suasana mendung dan hanya ada kami bertiga jadi kayak yang sepi banget. Dah lah, naik aja ke kamar.

Rekomendasi Menginap

Overall, Hotel Santika Sukabumi recommended sebagai tempat pilihan untuk staycation maupun saat teman-teman dari luar kota berkunjung dan menginap di Sukabumi.

Terlepas dari menu lengkap restaurant yang tidak tersedia di kamar (harus scan barcode dulu), tidak tersedianya nomor panggilan di kamar serta ruang ganti di area kolam renang yang entah mengapa suasananya tidak friendly, hal baik yang akan teman-teman dapatkan saat menginap di sana adalah :

Pelayanan yang Menyenangkan

Semua staff mulai dari security, resepsionis, cleaning service hingga petugas restaurant sangat memperlakukan tamu hotel dengan baik. Kan senang ya tamu-tamu kalau disambut dan diberikan pelayanan yang terbaik dari semua kru hotel.

Di malam pertama kami menginap, anak kami ngompol dong pagi-pagi sebelum bangun tidur. Alhasil ya basah selimut serta seprai kasur. Kami pun langsung memanggil room service dan meminta untuk ganti seprai beserta selimutnya, nggak pakai lama langsung dikerjakan :D

Saat meminta tambahan sikat gigi, ingin meminjam sendok dan garpu pun semua dilayani dengan cepat tanggap dan dengan raut wajah yang menyenangkan. Dalam hal pelayanan, aku sih no complain at all.

Penerapan Protokol Kesehatan

Hal baik lain dari hotel ini adalah diterapkannya protokol kesehatan dengan baik. Dari awal kedatangan, dilakukan pengecekan suhu tubuh dan tersedia hand sanitizer serta ada masker gratis bagi yang tidak memiliki masker.

Semua staff terlihat selalu menggunakan masker dan meminta tamu untuk menggunakan masker saat tidak menggunakan masker (dengan baik dan benar).

Sarapan menggunakan sistem buffet yang mana tamu hotel diwajibkan menggunakan sarung tangan saat mengambil peralatan makan. Makanan pun diambilkan oleh petugas untuk meminimalisir kontak melalui alat yang digunakan untuk mengambil makan.

Delicious Foods and Beverages

Satu lagi yang menyenangkan dari Hotel Santika Sukabumi adalah menu makanan yang variatif dan enak-enak seperti yang sudah aku tulis sebelumnya.

Sekian dulu cerita dan rekomendasi staycation di Hotel Santika Sukabumi, Jawa Barat. Tetap jaga kesehatan dan terapkan protokol kesehatan ya teman-teman. See you on next story!

Sukabumi, 10 Oktober 2021

Posting Komentar

16 Komentar

1. Asyik dong kalau nemu hotel yang menunya enak. Catet ah kali suatu saat ke sukabumi.

BalasHapus
  2. Hotel Santika emang pilihan tepat untuk staycation ya. Kalau di aplikasi sering ada promo, pelayanannya juga bagus, kamarnya nyaman. Makanan di buffet breakfastnya endeus, anak-anak syukaa

3. Santika memang kondang dgn menu2 khas Indonesia yg uenaakk, otentik gitu masakannya.

Aaakk, aku juga pengin kapan2 staycation di Santika Sukabumi.
    Keren nian!

BalasHapus
  4. Wah lengkap ya mbak staycationnya suasanan hotelnya nyaman dan menu breakfastnya enak2

5. Kalau disini, aku sama keluarga rekreasinya di hotel, saking tidak banyak tempat rekreasinya. Ada yang bagus tapi jarak tempuhnya jauh.

Anyway thankiss rekomendasi staycationnya ya, mbak ima

BalasHapus
  6. Pengalaman yang menyenangkan ya staycation di Hotel Santika Mba Ima. Pasti seneng bisa family time bareng keluarga. Anakku paling seneng berenang kalau di ajak staycation

7. Aaah...Hotel Santika Sukabumi ini penuh kenangan buatku.
    Jadi kami ke Sukabumi terus melewati perjalanan yang mencekam ((karena lewat jalan pintas, kata suamiku, tapi medannya warbyasaakk)). Sepanjang perjalanan gak bisa tidur sampai akhirnya tengah malam teng, sampai di Hotel Santika Sukabumi.

Uda stres rasanya dan blegsek sampai pagi.
    Lelah sekali kepikiran jalur perjalanan yang naik, turun, menikung tajam, mana kanan-kiri hutan.

MashaAllah~

BalasHapus
  8. iya, klo lagi jenuh tapi malas pergi jauh jauh emang paling enak staycation ya mbak Ima
    apalagi klo di Hotel Santika ini, fasilitasnya lengkap
    Ada poolnya, pasti anak hepi

BalasHapus
  9. sayang banget ya barcode untuk menunya nggak dikasih juga di daftar menu. kasihan dong kalau yang mau pesan lewat layanan kamar aja harus turun dulu ke restoran. tapi kalau menurutku harga hotelnya murah ya buat yang ada fasilitas kolam renangnya

10. Pas banget lagi pengen main ke daerah sukabumi dan bingung nginepnya dimana, hotel santika sukabumi recomended juga nih. Makasih mbak udah share..

11. Saya pun kangen menginap di hotel dalam kota saja. Karena pandemi saya dan suami harus berhemat jadi berusaha menekan keinginan deh. Hotelnya bagus ya mba dan pastinya berasa seperti rumah sendiri. Pasti seneng jika anak anak dibawa menginap disini

BalasHapus
  12. Duh baca tulisan bertema staycation jadi ingat udah lama ngak staycation, kebetulan aku belum pernah nih menginap di hotel Santika, anakku pasti senang nih apalagi kalau staycation ada kolam renangnya.

13. Wah, asyik, udah bisa menginap di hotel lagi ya..

14. Baca ini jadi pengen staycation di Hotel Santika Sukabumi juga hehe.
    Pertama2 yang asyik dari sebuah hotel buat saya itu makanannya. Soalnya kalau buat tidur, rata2 standard ya.

BalasHapus
  15. Hwaa di sini hotel santika juga oke banget lhoo. Aku beberapa kali jg staycation di sana. Makanannya jg enak2 wkwkwk

16. Mbak Ima tinggal di Sukabumi, yaa... Wah, jadi kangen main ke Sukabumi lagi..
    Adek, air kolam renangnya ngga dingin ta? Hihi... Hari biasa aja dingin banget, apalagi pas mendung ya? Tapi namanya anak-anak ya, Mbak, air tuh udah kayak teman main. :)