Senin, 24 Mei 2021

Menikmati Family Time di Ale's Place Cipoho


Selama pandemi, biasanya aku bersama suami dan anakku menghabiskan waktu dengan kerja bakti membersihkan dan beres-beres rumah.

Suami dan anakku bagian bersih-bersih garasi dan teras, sementara aku sibuk di dalam rumah. Setelahnya, kami menikmati lazy time di rumah dan lebih memilih membeli makanan ketimbang memasak. Weekend ya aku juga pengen liburan lah dari dapur. Hehe.

Sudah lebih dari satu tahun sejak aku ikut suami pindah ke Sukabumi. Tapi rasanya, kok aku jarang banget ke mana-mana? Keburu pandemi, sih! Jadi milih-milih banget tempat yang mau dikunjungi, apalagi tempat wisata.


Padahal, Sukabumi kan terkenal ya dengan wisata-wisata alamnya. Cuma ya karena faktor wedhi Covid-19 tadi, aku dan suami masih ngerem kalau mau bepergian ke tempat wisata yang ramai.

Hari Minggu malam kemarin, suamiku tiba-tiba ingin ramen sebagai menu makan malam. Mau order via aplikasi kok ya takut nggak momen lagi makan ramennya, enakan langsung disantap panas-panas di dalam mangkuk kan pastinya?

Akhirnya, kami mencari-cari rumah makan ramen yang child friendly di Sukabumi. Sebagian besar review di mesin pencarian menyebut "Ale's Place Cipoho" sebagai salah satu rekomendasi terbaik.

Lepas sholat magrib, kami pun berangkat ke sana sebelum terlalu malam dan anakku keburu ngantuk.

Ale's Place Cipoho terletak di Perumahan Cipoho Indah, Jl. Gamelan No.2, Cikondang, Kecamatan Citamiang, Sukabumi, Jawa Barat. Aksesnya mudah ditemukan menggunakan Gmaps. Tidak terlalu jauh juga dari jalan besar. Tempatnya di dalam perumahan, nggak jauh dari gerbang masuk di sebelah kanan jalan.

Japanese Feel at Ale's Place

Nuansa Jepang sudah terlihat sangat kental dari luar. Tersedia area parkir yang cukup luas untuk mobil maupun motor. Di depan pintu masuk, kita akan menemukan banyak sekali lampion berwarna merah yang menjadi sumber penerangan di malam hari.

Stop! Jangan masuk sebelum foto (dokpri)

Saat masuk ke dalam, tampak ada meja yang di atasnya terdapat buku tamu untuk diisi. Ada pula petugas yang melakukan pengecekkan suhu tubuh. Sepertinya, ini dilakukan sebagai bagian dari protokol kesehatan selama pandemi.

Japanese feel-nya berasa ya (dokpri)

Suasana di bagian dalam Ale's Place mengingatkanku pada kedai-kedai ramen yang ada di Jepang, yang pernah aku lihat di buku komik atau film. Hehe, maklum belum pernah ke Jepang jadi referensinya dari dua hal tersebut.

Di salah satu sisi dindingnya terdapat gambar-gambar manga, kemudian dilengkapi juga dengan rak buku yang berisi banyak sekali komik Jepang. Dari tempat duduk bagian depan, kita juga bisa melihat koki yang sedang memasak di bagian dapurnya.


Aku meminta petugas untuk memberikan tempat duduk di area yang bebas rokok. Petugas lalu mengantarkan kami ke lantai dua. Di sana, terdapat beberapa meja lesehan yang dibatasi oleh sekat. Ada satu keluarga yang duduk di pojokan tempat di mana rak buku komik berada. Aku, suami dan anakku memilih duduk di meja ketiga untuk menjaga jarak aman.

Area lesehan di lantai 2 (dokpri)

Meskipun tempat duduk kami berada di lantai dua, aku tidak terlalu khawatir akan keselamatan anakku karena pagar pembatas yang ada cukup tinggi dan kokoh, walaupun terbuat dari kayu. Anakku kubiarkan berjalan-jalan di sekitar tempat kami duduk. Tapi, tetap dalam pengawasan ketat ya, karena kan ada tangga di sana.

Pilihan Menu yang Variatif

Tak lama kemudian, waiter datang dan memberikan kami menu. Pilihan menunya variatif sekali, semua tentu menu ala Jepang. Mulai dari ramen, okonomiyaki, takoyaki, bento hingga shabu-shabu.

Variasi menu makanan di Ale's Place Cipoho (dokpri)

Dikarenakan doktrin suami yang ngomongin ramen mulu dari rumah, akhirnya aku nggak nengok-nengok yang lain dan langsung memesan Red Hot Beef Ramen. Suamiku memesan Beef Curry Ramen untuk disantap berdua dengan si kecil. Aku juga memesan seporsi Takoyaki isi 6.

Dengar-dengar, menu dessert di sana yaitu es krim Pingku juga terkenal. Akan tetapi, saat kami ke sana udara sedang terasa dingin karena habis turun hujan. Rasanya, nggak pas lah kalau makan es krim di cuaca seperti itu. Akhirnya, kami hanya memesan minuman yaitu Sweet Ice Tea dan Lemon Mint, serta air mineral untuk anakku.

Variasi minuman, snack dan dessert di Ale's Place Cipoho (dokpri)

Ale's Place juga menyediakan menu sushi dan aneka frozen food. Untuk harganya sendiri, nggak yang terlalu mahal banget tapi nggak murah-murah banget juga. Misalnya, untuk semangkuk ramen dibanderol dengan harga Rp19.000,- sampai Rp30.000,-. Menu paling mahalnya ada Shabu-shabu yang harganya Rp95.000,-. Semua masih di bawah Rp100.000,-.

Menurutku pribadi, menu-menunya cocok untuk menu keluarga. Bisa untuk anak-anak dan juga dewasa. Bagaimana porsi dan rasanya?

Porsi dan Rasa Makanan di Ale's Place

Saat menu-menu pesanan kami tiba, aku dan suamiku langsung tidak sabar untuk mencicipi ramennya. Hampir aja lupa foto! Hehe. Aroma pedas dari Red Hot Beef Ramen milikku sangat terasa menusuk ke hidung. Bakalan pedas banget nggak ya kira-kira?

Red Hot Beef Ramen, yumyum! (dokpri)

Pertama, tentu aku menyeruput kuah ramennya duluan. Rasanya? Wow, mantap! Pedasnya nendang banget. Pas banget nih, di cuaca yang dingin habis hujan, menyantap ramen pedas dan masih panas. Saking fokusnya sama ramen milikku, aku malah tidak sempat mencicipi Beef Curry Ramen yang dimakan oleh suami dan anakku.

Melihat reaksi mereka berdua saat makan sih, kayaknya oke juga rasanya. Namuun, kok cepat banget mangkuk ramen kami kosong?! Bagiku, seporsi ramen di Ale's Place nggak cukup untuk mengenyangkan perut. Haha. Untungnya, kami masih punya Takoyaki yang lupa aku foto wujudnya. Hiks.

Untuk takoyakinya sendiri, bentuk dan ukurannya seperti takoyaki pada umumnya. Sama lah ya cetakan takoyaki di mana-mana. Rasanya aku suka! Gurih dan lembut, pas gitu. Isiannya pun, entah potongan gurita atau cuminya itu empuk dan nggak keras serta kenyal. Best nih takoyakinya! Next kalau ke sana pasti order lagi. Hehe.

Rekomendasi Tempat Makan Ramen di Sukabumi

Meskipun rasa makanannya enak untuk dinikmati (ramennya), I can't say that was the best ramen in town, but not that bad either. Porsinya pun untuk ukuranku yang makannya (sekarang) banyak, segitu itu kurang. Haha. Mungkin tujuannya agar kami harus mencoba menu-menu lainnya juga kali ya, jadi nggak cuma datang dan makan ramen doang, Bun!

Satu lagi yang bikin agak-agak aneh sebenarnya, di sana kan rumah makan ala Jepang, tapi selama di Ale's Place lagu-lagu yang diputar adalah lagu-lagu Korea dan lagu barat. Hehe. Biarpun, aku sih tetap menikmati lagu-lagunya karena yang diputar famous semua, hanya saja yang ada dipikanku lagu-lagu yang akan terdengar adalah lagu-lagu anime seperti OST. Hunter x Hunter misalnya.


Next time kita cobain menu lainnya, ya! (dokpri)

Jadi, kesimpulannya Ale's Place Cipoho cukup recommended sebagai tempat pilihan untuk menikmati family time singkat bersama keluarga. Ketika aku di sana, tempatnya tidak terlalu ramai, jadi nyaman leluasa. Boleh lah untuk sekedar makan siang atau dinner bersama keluarga tercinta.

See you dan selalu ingat untuk menjaga protokol kesehatan tiap bepergian!

Sukabumi, 24 Mei 2021

Tidak ada komentar:

Posting Komentar