Pengalaman Virtual Tour ke Kerajaan Corea dan Geumga Plaza


Terakhir kali ke Korea Selatan, tahun 2010 lalu. Udah 11 tahun aja! Haha. Dulu, aku ke sana sebelum terkena K-Drama fever. Hanya tahu seputar K-Pop, itu pun terbatas Super Junior dan Girl's Generation saja.


Sepulangnya dari sana, barulah aku mulai mengikuti drama-drama Korea sebab banyak sekali teman-teman terdekat yang merekomendasikan berbagai judul sebagai tontonan.

Melihat tempat-tempat yang dipakai untuk syuting drama, rasanya Korea Selatan kembali memanggil jiwaku untuk datang menyambanginya lagi. Semoga kelak akan ada kesempatan dan rezeki untuk bisa kembali mencicipi rasa otentik dari tteokbokki di Korea Selatan. Tentunya setelah per-Corona-an ini berakhir ya.


Sembari menunggu border negara Korea Selatan dibuka untuk turis, aku menyempatkan diri untuk menjajal virtual tour ke beberapa tempat syuting drama Korea The King Eternal Monarch dan Vincenzo.

Kok bisaaa? Hehe. Di tanggal 12 Juni 2021 yang lalu, Korean Tourism Organization (KTO) Indonesia menyelenggarakan acara "Filming Virtual Tour K-Drama". Karena penasaran, aku ikut mendaftarkan diri dan ternyata menjadi salah satu dari 200 orang terpilih.

Sumber : Instagram @ktoid

Acara ini diadakan dengan tujuan agar masyarakat Indonesia dapat mengenal tempat-tempat syuting drama Korea dan menjadikannya sebagai salah satu destinasi wisata saat berkunjung ke sana.

Menurut mereka, drama Korea yang banyak digemari di Indonesia sangat mungkin untuk dijadikan sarana edukasi soal pariwisata di Korea Selatan. Sehingga, mereka mengenalkan beberapa daerah atau tempat-tempat yang dijadikan sebagai lokasi syuting drama Korea tersebut.

KTO Indonesia ini memang banyak sekali melakukan promosi-promosi baik tempat wisata, budaya, kuliner dan segala hal yang berkaitan dengan penyebaran informasi seputar pariwisata Korea Selatan.

Instagram @ktoid

The King Eternal Monarch dan Vincenzo dipilih karena kedua drama tersebut dinilai mendapat animo yang luar biasa dari drakorian Indonesia. Yaa pastilaaah yaaa secara penggemar Lee Min Ho dan Song Joong Ki bertaburan di negara kita. Haha.

Diajak ke mana aja nih sama KTO Indonesia dalam acara virtual tour kemarin? Baca terus yak! Sekalian untuk referensi tempat wisata Korea Selatan buat teman-teman semua.

Tempat Syuting The King Eternal Monarch

Lokasi pertama yang dikunjungi dalam acara virtual tour ini adalah tempat syuting The King Eternal Monarch.

Kita diajak untuk mengunjungi beberapa tempat ikonik di mana Lee Gon (Lee Min Ho) dan Jang Tae Eul (Kim Go Eun) banyak menghabiskan waktu bersama.


Taehwagang Forest - Ulsan

Hutan bambu dalam drama The King Eternal Monarch ini adalah salah satu lokasi yang tersering dijadikan setting dalam drama tersebut.

Hutan bambu tersebut adalah tempat di mana Lee Gon bisa keluar masuk dunia paralel melalui gerbang yang menghubungkan antara Kerajaan Corea dan Republik Korea Selatan. Hutan bambu yang ada pintu gerbangnya ini, terletak di Ahopsan Forest, Busan.

ahopsan forest tkem
Gerbang dunia paralel di Ahopsan Forest, Busan

Ada satu lokasi hutan bambu lain yang digunakan sebagai lokasi syuting yaitu Taehwagang Forest. Di hutan bambu yang terletak di kota Ulsan ini, teman-teman bisa menikmati pemandangan hutan bambu layaknya Jang Tae Eul saat berjalan menyusuri hutan tersebut sambil menunggu kedatangan Lee Gon.

phone box tkem
Telepon umum di Taehwagang Forest, Ulsan (Netflix)

Telepon umum yang digunakan oleh Lee Gon dan Jang Tae Eul untuk berkomunikasi dari masa ke masa juga ada di sana.

Marine City - Haeundae Cinema Road

Masih ingat adegan ketika Jang Tae Eul berjalan-jalan di Kerajaan Corea seorang diri? Lokasi syuting yang diambil adalah di Marine City, Haeundae Cinema Road, Busan.

marina city tkem
Jang Tae Eul di Marine City Kerajaan Corea (Netflix)

Bukan hanya The King Eternal Monarch aja nih yang pernah syuting di sana. Banyak gambar-gambar dari drama Korea yang menjadikan Marine City sebagai lokasi syuting terpampang di sepanjang Haeundae Cinema Road.

The Bay - 101

Kalau teman-teman ingat adegan Lee Gon menuju istananya menggunakan boat menyusuri laut, tempat aslinya adalah di The Bay - 101.

the bay 101 evening view
Virtual tour ke The Bay - 101

Dari sana, kita bisa melihat keindahan Haeundae district dengan gedung-gedung pencakar langit yang menjadi ciri khasnya. Lebih cantik lagi apabila menyusuri lautan di malam hari. Kerlap kerlip lampu di sana pasti terlihat menawan.

Dadaepo Beach

dadaepo beach tkem
Pantai Dadaepo versi virtual tour

Terakhir adalah Dadaepo Beach, sebuah pantai dengan hamparan pasir yang luas di Busan.

Pantai ini digunakan sebagai lokasi syuting dunia paralel, dunia yang menghubungkan antara dunia Jang Tae Eul di Republik Korea Selatan dan dunia Lee Gon di Kerajaan Corea.

pantai dadaepo tkem
Adegan ini loh, aslinya di pantai Dadaepo

Tempat ini adalah tempat di mana Lee Gon, memacu kuda putihnya, Maximus, untuk menuju rumahnya atau tempat Jang Tae Eul berada. Itu loh, tempat di mana waktu berhenti berputar dan banyak petir-petirnya. Penonton The King Eternal Monarch tau lah yaa...

Tempat Syuting Vincenzo

Tempat kedua yang dikunjungi dalam acara virtual tour bersama KTO Indonesia adalah lokasi syuting Vincenzo.

Sayangnya, aku belum sempat menonton drama tersebut. Jadi, ya agak-agak nggak nyambung saat presenter mengajak kita ke spot-spot tempat Song Joong Ki berakting.

Sewoon Cheonggye Plaza

geumga plaza vincenzo
Looking at Geumga Plaza (Netflix)

Sebagai seorang yang belum menonton Vincenzo, saya sangat familiar dengan nama Geumga Plaza. Haha. Tempat di mana semua perkara dalam drama tersebut berasal.

Sewoon Cheonggye Plaza adalah pusat perbelanjaan alat-alat elektronik yang berlokasi di Seoul. Bangunan inilah yang kemudian disulap menjadi Geumga Plaza dalam drama Vincenzo.

geumga plaza virtual tour
Virtual tour ke rooftop Sewoon Cheonggye Plaza

Dari rooftop Sewoon Cheonggye Plaza, teman-teman dapat menikmati panorama ibu kota Korea Selatan yaitu Seoul yang indah.

Grandpa Factory (Cafe)

Dari penjelasan presenter yang membawa kami ke Grandpa Factory, di salah satu episode dalam drama Vincenzo, diperlihatkan Vincenzo bersama Cha Young menghabiskan waktu di pagi hari sembari menyantap hidangan mewah.

grandpa factory cafe vincenzo
Grandpa Factory Cafe dalam drama Vincenzo (Netflix)

Di kafe yang bangunannya mostly terbuat dari kayu ini, kita bisa menikmati berbagai hidangan salah satunya adalah pizza yang menjadi kuliner khas Italia.

grandpa factory vincenzo virtual tour
Presenter dalam acara virtual tour di Grandpa Factory Cafe

Lihat pizza hangat tersaji di atas meja, bikin ingin ikut menyantapnya!

Dongdaemun Design Plaza (DDP)

ddp south korea night
Spectacular night view at Dongdaemun Design Plaza (visitkorea.or.id)

Pemandangan malam hari, di luar Dongdaemun Design Plaza menjadi salah satu lokasi syuting yang ikonik di drama Vincenzo. Tidak hanya di dalam drama, tempat ini memang merupakan salah satu destinasi wisata yang populer di Korea Selatan.

DDP merupakan landmark dari Dongdaemun yang berbentuk spiral. Desainnya mewakili dinamika dari Dongdaemun Fashion Town. Selain memiliki struktur yang unik, night view di area DDP ini terbilang sangat menakjubkan. Tak heran, area DDP banyak dijadikan tujuan berkencan oleh para muda mudi. Hehe.

Kesan Mengikuti Virtual Tour

Awalnya aku merasa cukup excited karena baru pertama kali mengikuti event seperti ini dan membaca teman-teman lain yang mengikuti virtual tour kok kayaknya seru sekali?!

Tapi ternyata, di tengah-tengah acara rasanya ingin sekali skip-skip dan yaudahlah. Hehe. Selain dijelaskan mengenai di mana lokasi syuting tersebut serta adegan apa yang menggunakan lokasi syuting tersebut, aku tidak mendapatkan banyak informasi seputar tempat itu.

Misalnya saja seperti bagaimana cara menuju ke sana jika menggunakan bus atau kereta atau transportasi lainnya dari kota besar yang terdekat, serta berapa jarak tempuhnya? Kegiatan apa saja yang bisa kita lakukan di tempat tersebut (selain foto-foto tentunya)?

Akan lebih baik juga jika presenter menginformasikan jika kita berada di tempat ini, kuliner khasnya ini loh. Atau kalau kita berkunjung ke sana, kita bisa berbelanja oleh-oleh di sini loh. Dengan demikian, rasa penasaran dan keinginan penonton untuk mengunjungi tempat tersebut akan semakin besar.

Sayangnya, saat acara kemarin porsi bincang-bincang dengan guest star lebih banyak. Mereka pun membicarakan dramanya, bukan informasi seputar lokasi syutingnya. Aku kan pengen jalan-jalannya, bukan ngobrol-ngobrolnya.

Adapun saat virtual tour, presenter menjelaskan sedikit tentang sejarah atau fungsi dari tempat-tempat tersebut di luar fungsinya sebagai lokasi syuting. Sisanya, kamera jalan-jalan sendiri menyusuri lokasi syuting tersebut.

Kesimpulannya, aku kurang bisa menikmati virtual tour ini karena tidak mendapatkan cukup banyak informasi seputar tempat-tempat lokasi syuting The King Eternal Monarch juga Vincenzo, selain nama dan lokasinya. Mungkin juga ekspektasiku akan virtual tour ini terlalu besar :)

Next time, sepertinya aku akan memilih untuk ikut tour ke negaranya langsung deh daripada virtual tour. Feel-nya tentu jauh berbeda ya. Tapi, untuk teman-teman yang penasaran virtual tour itu seperti apa? Ya boleh saja dicoba. Hehe..

Sukabumi, 18 Juni 2021

Posting Komentar

31 Komentar

  1. Setujuuu, kalo virtual tour ya harusnya LBH detil juga ttg destinasi sih. Gimana cara menuju kesana, sejarah tempat, kalo cuma cerita drakornya itu mah bisa nonton sendiri ya mba :D.

    Jujurr aja, itu juga alasan kenapa aku jaraaaang bgt mau ikutan virtual trip. 1-1 nya virtual trip yg pernah aku ikutin, itu temanya tempat2 berhantu di Jepang.

    Itupun kecewa, Krn bagia peserta yg ga punya indera keenam, kesannya bakal biasa aja. Sementara peserta yg punya sixth sense pada heboh bisa melihat makhluk astral ya, bisa ngerasain dinginnya, sampe kepala pusing, ada yg mual dll. Kan aku penasaran yaaak hahahahaha.

    Setelah ikut sekali, ya sudahlaaah mndingan mah aku ikutan trip yg beneran aja ntr, pas pandemi udah selesai :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haaa iya Mbak, saya baru pertama kali ikut virtual tour. Terus kayaknya besok-besok mending nyari tau sendiri deh. Haha..

      Wkwk, kalo virtual tour horror yang bisa nikmatin yang punya kemampuan khusus aja ya. Orang biasa ya kayak dateng ke tempat-tempat yang nggak berpenghuni aja gitu..

      Aamiin. Semoga lekas udahan ini pandemi..

      Hapus
  2. Aaakk, FUN banget nih, hiburan di masa pandemi ya jelass ikutan virtual tour kayak gini :D

    Keren yaa, Korean Tourism Organization (KTO) Indonesia konsisten banget mempromosikan apapun terkait negara mereka, termasuk menyelenggarakan acara "Filming Virtual Tour K-Drama".

    Super kece!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, kto id ini banyak mengadakan acara-acara untuk mempromosikan pariwisata Korea Selatan. Ngobati kangen yang pada pengen traveling tapi belom bisaa..

      Hapus
  3. Aku belum pernah nih ikutan virtual trip. Kalau ada mau ah ikut, ingin merasakan sesekali. Btw, aku penasaran sama pulau jeju di KOrea sepertinya sering dijadikan lokasi syuting juga ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, denger-denger di sana romantis. Sekali-sekali pengen ke sana sama suami. Wkwk..

      Hapus
  4. Memang beda ya mbak ikut virtual dan langsung menyambangi tempatnya. Tapi lumayanlah kita bisa tahu tempat2 yang buat syuting drakor yang jadi favorit, pasti seru. Itung2 buat peraiapan kalauh suatu saat nanti ke sana kita sudah lumayan tahu nih situasinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga ya bisa berkesempatan ke negara asalnya langsung. Aaakkk pengen banget balik lagi ke sana deh!

      Hapus
  5. Wah, asyik ya. Berkesempatan ikut tuor Virtual. Nenek juga mau. Tapi belum dapat kesempatan.selamat siang, ananda Imawati.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat siang, Nek. Iya asyik, kapan-kapan boleh dicoba kalau ada kesempatan. Hehe..

      Hapus
  6. Seru sepertinya..pengen juga cobain virtual tour. Jadi memperluas wawasan juga ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seru-seru lumayan membosankan sih. Wkwk. Kurang berasa travelingnya kalau buat saya Mbak..

      Hapus
  7. Virtual tour? Duh aku belum kesampaian ikut ini ni, Mbak Ima, huhuhu. Tau dan semangat baca dari tulisan para bloger aja. Kayaknya seru.

    Virtual tour adalah salah satu cara ampuh untuk menjajal sensasi baru melihat negara lain, gak perlu biaya tinggi ya, mbak. Ini apalagi yang suka banget drakor pasti semangatnya luar biasa diajak virtual tour ke tempat² syuting drakor yang populer, uhuuuy!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak. Saya awalnya tertarik karena nonton The King Eternal Monarch. Hihi..

      Hapus
  8. Wiwin | pratiwanggini.net9 Juli 2021 12.48

    Semoga para penggemar drama dan film Korea bisa punya kesempatan jalan-jalan beneran ke Korea :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Wah baik sekali doanya, terima kasih banyak mbaakk..

      Hapus
  9. Semoga pihak penyelenggara membaca artikelmu ini mba dan menjadikannya sebagai masukan agar lebih banyak lagi yang diulas saat mengadakan virtual tour. Memang sih tidak bisa memuaskan ekspektasi banyak pihak, tapi paling tidak ada perbaikan dari cara penyampaiannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak, semoga masukannya dapat diterima dengan baik. Hehe..

      Hapus
  10. Kayanya Grandpa Factory Cafe ini sering muncul di beberapa drama ya...
    Interiornya bagus dan bikin halu..hahaha...halunya di cafe..
    Di semua tempat lokasi shooting drama...rasanya pen ikutan foto.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya kalo datengin lokasi syuting drakor bakalan halu deh Mbak dimana-mana juga. Bakalan foto di setiap sudut. Wkwk..

      Hapus
  11. Wah, semoga segera bisa ikuta the real tour ke tempat-tempat menarik ini ya, Kak. Aamiin
    Memang virtual tur kadang di luar ekspetasi ga dapat feel-nya dibandingkan datang ke tempatnya. Aku belum ke Korea nih, suamiku gamau huhuhu...malah bucket listnya ke Jepang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gapapa Mbak, ke Jepang juga asyik kok. Wkwk. Siapa tau nanti suami pengen sekalian nyebrang ke Korea juga. Hehe..

      Hapus
  12. Meski kurang detil, ini hiburan di masa pandemi ya Mbak? Saya suka foto2nya cakep.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Nani, lumayan acara hiburan di masa pandemi. Hihi, pastinya foto yang dipajang di blog dipilih yang bagus-bagus..

      Hapus
  13. wahh senangnya bisa jalan jalan ke lokasi syuting kdrama
    meski virtual tetap berkesan ya mbak
    kali aja next bisa ke korea beneran dan ketemu oppa favorit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi tapi kalo ke sananya sama suami agak susah ya buat heboh pas liat oppa. Wkwk halu aja dulu deh gak papa..

      Hapus
  14. vitrtual tour ini asyik jika detil ya informasinya
    apalagi bagi kita yang memang benar2 butuh tentang suatu destinasi atau negara tujuan
    karena kalau cuma sekadar menginformasikan secara umum googling jg bisa ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. He em, semoga ke depannya dikemas dengan lebih menarik lagi. Biar makin banyak yang ikutan..

      Hapus
  15. aku belum pernah ikutan virtual tour, mbak. penasaran sih sebenarnya pengen ikutan tapi waktunya yang kadang nggak memungkinkan buat ikutan. iya sih bagusnya kalau virtual tour ini infonya sebaiknya lengkap biar nggak berasa rugi ikutannya. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak, ayok sekali-sekali ikutan kalau ada waktu luang..

      Hapus
  16. Asyik banget kayanya ya Mbak. Tapi beken gemes juga. Karena ikutan virtual gini malah bikin keinginan berkunjung langsung makin tinggi. Ya gak?

    BalasHapus