Kisah Cinta Pertama, Gagal Move On atau Susah Move On?

By Imawati A. Wardhani - Juli 15, 2020


Omong-omong soal cinta, pasti langsung pada merapat nih. Haha. Cerita yang tidak pernah basi untuk dibagi, selalu ada kenangan yang tersimpan dari kisah cinta masing-masing individu. Apalagi berbicara tentang first love alias cinta pertama.

Kenapa ya, first love itu sangat membekas dan mungkin tidak akan pernah dilupakan? Kebanyakan menjawab karena pertama kalinya merasa tertarik pada lawan jenis, pertama kali merasa dugeun-dugeun saat berada di dekatnya, pertama kalinya dunia seperti berpusat pada dirinya.

First love juga menjadi berkesan karena biasanya seseorang melakukan hal konyol yang belum pernah ia lakukan sebelumnya. Misalnya mengirim pesan melalui surat cinta, sengaja menunggu gebetan di tempat yang biasa dilaluinya sekedar untuk mencuri pandang atau memberanikan diri menyapa.

Saat merasakan first love, biasanya yang ada di dalam angan hanyalah happily ever after. Tidak berpikir panjang dan hanya ingin menjalani hari-hari bahagia bersama sang pujaan hati di waktu itu. Tapi ketika merasakan patah hati untuk pertama kalinya, dunia seolah-olah runtuh dan merasa kalau sakit hati lebih perih daripada sakit gigi.

Ya bagaimanapun kisah mengenai cinta pertama selalu menarik untuk dibahas. Meskipun banyak cerita berujung tragis, tak sedikit juga loh cinta pertama yang langgeng sampai menikah. Betul-betul happily ever after!
Drama Korea, selalu memiliki ide untuk menceritakan tentang perjalanan cinta tokoh utamanya. Salah satu hal yang sering diangkat adalah tentang kisah cinta pertama. Entah karena peminatnya banyak, atau memang cerita cinta pertama begitu menarik untuk diangkat ke dalam serial drama.

Dari beberapa drama Korea yang aku tonton dengan berlatar belakang kisah cinta pertama, ada dua tipe cerita yaitu tokoh yang gagal move on dari cinta pertamanya dan tokoh yang susah move on dari cinta pertamanya.

Bedanya apa nih, Sis? Gagal move on itu, setelah berusaha mundur perlahan dari bayang-bayang cinta pertama dan mencari cinta yang lain, ujung-ujungnya kembali pada cintanya yang lama.

Sementara susah move on, ya nggak move on dari masih piyik sampai dewasa. Hanya sang pujaan hatilah the only one dalam hidupnya. Uwow!
Biasanya nih, kedua hal tersebut terjadi karena mereka berada dalam satu lingkungan dan masih saling berhubungan. Tapi, namanya berusaha mendapatkan jodoh ya bebas aja lah mau sama siapa asal jangan jadi perusak hubungan apalagi sampai rumah tangga orang. Naudzubillah..

Fight For My Way 

Source : idntimes.com
Drama yang dimainkan oleh Park Seo Joon dan Kim Ji Won ditayangkan pada tahun 2017 silam. Berkisah tentang persahabatan antara Ko Dong Man (Park Seo Joon) dan Choi Ae Ra (Kim Ji Won) yang telah dibina sejak mereka masih duduk di bangku sekolah.

Sebenarnya Choi Ae Ra sudah menyukai Ko Dong Man saat masih sekolah dulu, namun ia tidak melihat adanya peluang dari Ko Dong Man untuk membalas perasaannya. Ia pun memilih untuk melanjutkan persahabatannya dengan Ko Dong Man hingga dewasa.
Keduanya sempat berpacaran dengan orang lain sebelum menyadari kalau mereka berdua saling mencintai lebih dari sekedar sahabat. Pada akhirnya, Choi Ae Ra gagal move on dan kembali lagi ke stock lama yaitu sahabatnya sendiri.

Ko Dong Man pun baru sadar ternyata perempuan yang paling tepat untuk mengisi hatinya dan terus berada di sisinya adalah Choi Ae Ra. Ia mengerti kalau keinginan untuk melindungi dan menjaga Ae Ra selama ini adalah salah satu bentuk cintanya pada sahabat kecilnya tersebut. Kemane aje lu, Bang?!

What's Wrong With Secretary Kim?

Source : idntimes.com
Drama bergenre romantic-comedy ini tayang pada tahun 2018 lalu. Bercerita tentang Lee Young Joon (Park Seo Joon), seorang CEO dari perusahaan ternama yaitu Yoomyung Group.

Dibalik penampilannya yang sempurna, berwajah tampan, mapan, tajir melintir dan selalu terlihat cerdas, ternyata Seo Joon memiliki trauma masa kecil yang mendalam.

Sementara itu sekertarisnya yang bernama Kim Mi So, yang sudah tersohor dengan kepiawaiannya mendampingi Seo Joon selama 9 tahun tiba-tiba mengajukan resign. Alasannya adalah karena ia ingin memiliki waktu untuk dirinya sendiri serta membangun keluarga (menikah).

Usut punya usut, ternyata Seo Joon sudah sejak lama mengenal Mi So dan sama-sama pernah terjebak dalam masa lalu yang kelam. Sekertaris Kim mengalami trauma hingga tidak bisa mengingat kejadian masa lalunya dengan baik, sementara CEO Lee sudah lama memendam rasa pada sekertarisnya sejak mereka kanak-kanak.

Hiyaa~ susah move on nih ceritanya Lee Young Joon, dari kecil hingga dewasa hanya Kim Mi So yang bisa melengkapi kepingan puzzle di hatinya.

Tokoh utama dalam kedua drama Korea tersebut adalah Park Seo Joon. Kedua plotnya sama-sama bercerita tentang kisah cinta pertama dan teman masa kecil. Bedanya, dalam drama Fight For My Way kedua pemeran utamanya yaitu Ko Dong Man dan Choi Ae Ra saling mengenal dan tumbuh dalam satu lingkungan yang sama.

Sedangkan dalam What's Wrong With Secretary Kim? diceritakan kalau Kim Mi So mengalami trauma hingga tidak ingat lagi kejadian masa kecilnya dan kembali bertemu dengan Lee Young Joon yang merupakan bagian dari masa lalunya. Ternyata Lee Young Joon tidak pernah melupakan Kim Mi So dan selalu menyukainya sejak dulu.

Sebagai penggemar drama Korea bergenre romantis, aku tidak mempermasalahkan bagaimana latar belakang kisah asmara kedua pemain utamanya. Tak apa jika mereka berdua teman sepermainan sejak kecil, atau teman masa kecil yang terpisah lalu bertemu kembali, bahkan jika pemeran utama dikisahkan jatuh cinta dengan makhluk dari planet lain. Haha.

Selama jalan ceritanya menarik, seru, tidak membosankan dan menghibur biasanya aku betah-betah saja menontonnya. Oiya, yang terpenting lainnya adalah pemeran utamanya good looking dan ceritanya berakhir bahagia.

Sukabumi, 15 Juli 2020

  • Share:

You Might Also Like

17 komentar

  1. Awwwww ada Fight For My Way :') aku nonton 1 episode doang, tapi berasa sih gimana "sahabatan lawan jenis itu pasti ada rasa-rasa"-nya gitu deh, uhuk-uhuk!

    BalasHapus
  2. kalau ngomongin kepingan puzzle park seo joon di cinta pertama, lebih cocok lagi cerita she was pretty. Literally dia punya puzzle yang 1 kepingnya disimpan si cinta pertamanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmm.. Saya gak ntn she was pretty sampai habis, kak. Padahal byk yg bilang bagus ya itu drama'y.

      Hapus
  3. 2 drama fav saya ini mba 😁😂

    BalasHapus
  4. Mbak Ima cerita juga dong cinta pertamanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha jangan atuh, ntar d bilang curhat pulak d sela2 ikut challenge 😂

      Hapus
  5. karena drama harus berakhir bahagia ya mb... hehehehe
    tosss sesama penggemar drama romance :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa atuh, nama'y juga pen nonton yg happy2 sampe akhir. Butuh hiburan. Wkwk..

      Hapus
  6. Harus hepi ending ya mbak! Hidup hepi ending! 😆

    BalasHapus
  7. Ini namanya bias park Seo joon detected, hehehe. Semakin ke sini aktingnya semakin matang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nyahahaha nggak bias2 amat juga, cuma rata2 drama yg dy mainin saya nonton sih. Wkwk..

      Hapus
  8. Ini judulnya Park Seo-jun yang selalu terjebak cinta pertama.
    Wkwkkwkw...Tapi kedua drama Seo-jun, aku gak beres nontonnya.
    Emm, asa kurang greget kalo uda mulai "manis"nya doank...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahaha bener uga, gak kepikiran saya pas nulis judul mau nulis 2 drama PSJ ini loh pdhal. Iya juga, terlalu mulus gitu ya cerita'y..

      Hapus
  9. Wah iya, aku nonton yg sekretaris kim ini..
    Lucu

    BalasHapus