Drama Korea yang Tak Lekang Oleh Waktu

By Imawati A. Wardhani - Juli 06, 2020


Tidak terasa tulisan ini adalah tulisan topik ke-13 dalam Kdrama Writing Challenge atau tulisan ke-3 tantangan menulis seputar drama Korea di bulan Juli 2020.

Kali ini, kami ditantang untuk menulis mengenai drama yang sudah beberapa kali ditonton atau yang paling disuka. Hmm.. Dari sekian banyak drakor yang sudah ditonton pasti susah ya jika disuruh memilih salah satu. Susah juga memilih yang ter-favorite diantara yang favorite.


Namun, ketika hamil tahun 2018 silam ada beberapa drama yang ingiin sekali aku tonton ulang dan akhirnya aku menghabiskan waktu luang untuk menonton ulang drama-drama tersebut. Bukannya menonton drama yang sedang happening saat itu, aku lebih tertarik untuk bernostalgia dengan drama-drama berikut :

1. My Girlfriend is a Gumiho (2010)

Gara-gara Gumiho ini, aku jadi menonton semua drama yang diperankan oleh Lee Seung Gi dan Shin Min Ah. Meski demikian, pada akhirnya aku tetap suka chemistry mereka berdua di drama fantasi satu ini.


My Girlfriend is a Gumiho bercerita tentang Cha Dae Woong (Lee Seung Gi) yang secara tidak sengaja melepaskan makhluk legenda yaitu Gumiho (Shin Min Ah) ke dunia nyata.

Source : idntimes.com
Pada awalnya Dae Woong ketakutan karena mitos-mitos yang beredar dimana Gumiho adalah pemangsa manusia. Namun, setelah mengenal Gumiho lebih jauh akhirnya Dae Woong tidak peduli lagi siapa wanita yang terus membuntutinya kemana-mana itu dan memilih untuk jatuh cinta pada siluman rubah tersebut.

Entah mengapa akting Lee Seung Gi yang cuek-cuek perhatian ala-ala drakor ditambah akting Shin Min Ah yang menggemaskan membuat aku suka sekali dengan drama ini. Walaupun aku kurang suka dengan endingnya yang bagiku pribadi tidak terlalu memuaskan. Hehe.

2. Full House (2004)

Penggemar drakor pasti tidak asing lagi dengan drama fenomenal di tahun 2004 ini. Cerita tentang seorang artis yang jatuh cinta pada wanita (bekas) pemilik rumah yang saat itu ia tinggali, membuat orang-orang yang tidak mengikuti drama Korea pun menonton drama yang satu ini.

Beberapa temanku yang bukan drakorian mengaku pernah menonton Full House sebagai satu-satunya drama yang pernah mereka tonton. Daebak!


Daya tarik utama drama ini tentunya Rain dan Song Hye Kyo sebagai pemeran utamanya. Ceritanya yang cukup ringan dan dibumbui humor pun membuat penonton (aku) betah nonton drama ini sampai tamat.

Source : idntimes.com
Akting Rain sebagai Lee Yong Jae yang diam-diam memendam rasa pada Han Ji Eun (Song Hye Kyo) suka bikin gemas dan greget. Gengsi amat dah! Haha.

3. Princess Hours (2006)

Seperti halnya setelah menonton My Girl Friend is a Gumiho, after effect setelah menonton Princess Hours adalah aku mencari-cari dan menonton semua drama yang diperankan oleh Yoon Eun Hye dan Joo Ji Hoon. Tapi, ujung-ujungnya tetap paling suka melihat akting mereka di Princess Hours ini. Hehe.

Source : korea.net
Princess Hours atau Goong pernah booming pada masa-masa penayangannya tahun 2006 silam. Bahkan, salah satu stasiun televisi swasta Indonesia mengadaptasi (menjiplak kali ya, lol) drama ini.

Ceritanya ringan, lucu dan cukup seru untuk diikuti sampai episode terakhir. Melihat Pangeran Shin yang pada akhirnya jatuh cinta pada Shin Chae Kyung tapi sok-sok jual mahal bikin geregetan sendiri. Haha.

Konflik kerajaan dan tokoh-tokoh antagonis dalam drama ini pun sukses membuatku sebal dan ingin melihat kejatuhan mereka di akhir-akhir episode. Hehe.

4. Secret Garden (2010)

Drama yang satu ini pernah aku tulis reviewnya di tulisan berjudul Review Kdrama : Secret Garden (2010), Pelopor Drama Jiwa yang Tertukar.

Entah sudah berapa kali aku menonton Secret Garden dan masih akan tertawa saat melihat adegan pertama kali jiwa Kim Joo Won dan Gil Ra Im tertukar. Akting Hyun Bin sebagai perempuan di adegan tersebut betul-betul sukses!

Source : korea.net
Berbeda dengan ketiga drama yang aku tuliskan sebelumnya, dalam Secret Garden pemeran utama laki-lakinya justru secara terang-terangan mengutarakan perasaannya sejak awal pada pemeran utama wanitanya.

Dalam drama ini, Kim Joo Won berusaha mati-matian untuk mendapatkan hati Gil Ra Im yang ragu akan masa depannya bersama seorang chaebol. Disini justru perempuannya yang jual mahal. Hihi.

Berbagai usaha dan upaya Kim Joo Won agar Gil Ra Im juga suka padanya inilah yang membuat aku melting berulang kali sampai susah move on dari drama ini, lol.

Keempat drama di atas merupakan salah satu ke-random-anku saat hamil, ngubek-ngubek drama Korea lawas untuk ditonton. Rasanya tidak begitu bernafsu memburu drama-drama yang baru dirilis walaupun banyak yang merekomendasikan.

Tapi di luar keinginan saat hamil, keempat drama tersebut memang drama-drama yang paling sering aku tonton ulang. Meskipun banyak drama baru yang sudah ditonton, aku selalu menikmati waktu menonton ulang keempat drama tersebut. Tak lekang oleh waktu, padahal sudah bertahun-tahun yang lalu.

Sukabumi, 07 Juli 2020

  • Share:

You Might Also Like

4 komentar

  1. Aku malah ga berhasil menyelesaikan My Girlfriend is Gumiho sampai sekarang. Kalau Secret Garden aku juga nonton lebih dari sekali! Hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aduuhh kenapa sih aku mah suka banget sama Gumiho? Kak Risna gak beres nonton karena terlalu fantasi kah? haha. Secret Garden kesukaan semua drakorian kayaknya ya.

      Hapus
  2. Yaassh~
    Setuju pisaan... Drama yang di tonton kapanpun, masih juga cirambaii...
    Mewek gak berenti-berenti saat tokohnya kesulitan.
    Hadjuuh~
    mellownya hatikuuh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk sama kok mba len, daku pun demikian. Nontonnya teh kudu khusyu' malem-malem biar bisa nangis bombay merasakan derita yang ada dalam drama. Haha..

      Hapus