Imajinasi Dalam Dunia Kdrama

By Imawati A. Wardhani - Juni 08, 2020


Kalau ditanya genre drama Korea favorite? Jawabanku adalah fantasy-romance. Setelah melakukan penelusuran dari drama-drama yang sudah aku tonton, kebanyakan drama yang membuatku gagal move on berasal dari genre ini.

Kenapa harus yang fantasy? Jelas-jelas tidak akan mungkin terjadi dalam kehidupan nyata tapi nyatanya aku menikmati serial-serial bergenre ini. Mungkin jawabannya karena genre fantasi membuat daya imajinasiku berkembang, terhibur dan bisa menikmati ceritanya.


Kok bisa ya penulis cerita terpikir untuk membuat kisah fantasi dan menghubungkannya dengan kehidupan sehari-hari? Dan kerennya ceritanya pun dibuat sedemikian rupa sehingga tidak terlihat alay, malah biasanya kocak karena di dalam film pun dikisahkan kalau hal tersebut mustahil terjadi.

Dari beberapa drakor bergenre fantasy-romance yang sudah aku tonton, bisa dibilang terdapat beberapa kategori yang menjadi ide utama cerita. :

1. Kemampuan yang Luar Biasa

Beberapa drama yang sudah aku tonton dari kategori ini antara lain I Hear Your Voice (2013), The Girl Who Sees Smells (2015) dan Strong Woman Do Bong Soon (2017).

Ketiganya memiliki cerita yang sangat jauh berbeda satu sama lain, tapi sama-sama bercerita mengenai orang dengan kemampuan khusus.

Kemampuan khusus yang dimiliki oleh tiap-tiap karakter dalam ketiga judul drama tersebut pada intinya digunakan untuk menolong orang yang membutuhkan maupun menyelesaikan suatu kasus.

I Hear Your Voice
Source : asianwiki.com
Penonton pun dibuat penasaran dengan kasus-kasus baru yang disajikan dalam setiap episodenya. Meski demikian, ketiga drama tersebut tidak mengesampingkan romansa antara pemeran utama pria dan wanitanya.

2. Makhluk Legenda atau Asing

Drama yang bercerita tentang makhluk legenda dari masa lampau antara lain My Girl Friend is a Gumiho (2010), Gu Family Book (2013), Legend of the Blue Sea (2016), Goblin (2016), The Bride of the Habaek (2017). Sementara yang mengisahkan makhluk luar angkasa yang turun ke bumi adalah My Love From The Star (2013).

Ini putri duyung yang naksir manusia atau sebaliknya?
Source : Instagram @indosiar
Uniknya, semua makhluk legenda dan makhluk asing yang datang ke dunia manusia berwajah rupawan. Gumiho secantik Shin Min Ah dan setampan Lee Sung Gi, putri duyung berparas ayu seperti Jun Ji Hyun, goblin kharismatik yang diperankan oleh Gong Yoo, Dewa Air rupawan seperti Nam Joo Hyuk dan terakhir alien dari bintang secakep Kim Soo Hyun.

Gumiho-nya cakep bener dah!
Source : Instagram @shinminahfann
Legenda makhluk zaman dahulu yang diceritakan menyeramkan dan sering berbuat jahat pun tidak terbukti oleh paras dan kelakuan mereka dalam dunia drama. Pandangan orang-orang terhadapnya pun berubah.

Pada akhirnya, semua makhluk yang aku sebutkan dalam drama tersebut jatuh hati pada manusia. Manusianya pun dengan rela memberikan hatinya pada mereka, ya siapa yang nggak luluh dekat-dekat dengan alien macam Kim Soo Hyun kan? Haha.

Gimana, bisa nolak alien kayak gini?
My Love From The Star (Source : soompi.com)

3. Berhubungan dengan Hantu

Dalam kategori ini, beberapa drama yang aku tonton memiliki basis bercerita tentang manusia-manusia yang memiliki kemampuan khusus berkomumikasi dengan makhluk tak kasat mata.

Sebut saja Arang and the Magistrate (2012), Master's Sun (2013), Bride of The Century (2014), Oh My Ghost (2015), Let's Fight Ghost (2016)

Sebenarnya saat menonton episode-episode awal dari drama yang aku sebut di atas, ada perasaan takut ketika satu per satu hantu bermunculan. Ya memang dasarnya aku orang yang penakut.

Mbaknya ketakutan lihat hantu terus
Master's Sun (Source : asianwiki.com)

Mbak yang ini kerasukan hantu terus
Oh My Ghost! (Source : asianwiki.com)
Tapi seiring bertambahnya episode, jalan cerita dalam drama tersebut semakin seru dan hantu-hantu yang tampil juga semakin tidak menakutkan. Ditambah dengan bumbu-bumbu romansa-komedi yang dihadirkan di dalamnya, membuat aku bertahan nonton hingga episode terakhir.

4. Jiwa yang Tertukar

Drama yang diangkat dari kategori ini antara lain Secret Garden (2010), Big (2012), Room No.9 (2018). Ketiganya memiliki jalan cerita berbeda, Secret Garden menceritakan tentang tertukarnya jiwa antara sepasang muda mudi, Big bercerita tentang kakak beradik yang tidak pernah bertemu namun tertukar jiwanya dan Room No.9 yang mengisahkan seorang pengacara dan tahanannya dimana kedua jiwanya berpindah satu sama lain.

Ketuker kemudian baper, eh?!
Secret Garden (Source : asianwiki.com)
Drama semacam ini membuatku awalnya berpikir, "Apaan sih nggak mungkin banget?" namun cerita yang disajikan begitu menarik, ujung-ujungnya membuat penasaran kenapa hal tersebut bisa terjadi dan bagaimana akhir cerita dari kedua tokoh yang saling bertukar badan tersebut.


5. Time Travel

Bukan hanya serial dan film-film Amerika saja yang bisa mengangkat kisah mengenai time traveler. Di Korea pun ada drama yang bercerita tentang time travel seperti Rooftop Prince (2012), Queen In Hyun's Man (2012), Moon Lovers : Scarlet Heart Ryeo (2016), W (2016), Tomorrow With You (2017) dan Go Back Couple (2017).

Seneng ya Neng terjebak ke zaman Goryeo?
Moon Lovers : Scarlet Heart Ryeo (Source : Instagram @drama.review)
Ide ceritanya macam-macam mulai dari melakukan perjalanan menembus waktu dari masa lalu ke masa depan atau sebaliknya dari masa depan ke masa lalu, menembus dimensi dari dunia nyata ke dunia komik, bahkan ada yang bertahan hingga akhir ke waktu yang bukan seharusnya menjadi tempat ia tinggal.

Rooftop Prince
(Source : asianwiki.com)
Cerita semacam ini tentu yang membuat penasaran adalah bagaimana akhirnya? Bagaimana cara mereka untuk kembali ke waktu dimana mereka seharusnya berada? Apa yang terjadi dengan masing-masing tokoh setelah pergi ditinggal pasangannya yang terpisah oleh dua dimensi? Ah bisaan deh writer-nim membuat naskah. Hehe.

Sebenarnya hal utama yang membuatku tertarik untuk menonton drama-drama di atas adalah karena genre romance-nya, namun ketika dibalut dengan unsur fantasy kisah cinta dalam drama tersebut tersaji menjadi kisah yang sedikit berbeda dari drama romance lainnya.

Seperti kebanyakan penggemar drakor, genre romance ini sering kali membuatku gemas dan baper melihat adegan-adegan yang diperankan oleh para pemainnya. Apalagi kalau aktor dan aktrisnya good looking semua, mereka yang akting aku yang melting. Haha.


Padahal, banyak juga adegan dalam drakor romance yang selalu diulang di judul drama lainnya. Adegannya pun kadang terkesan cheesy dan lebay, tapi tetap saja tidak mengurangi minatku menonton drama berjenis romantis ini. Hehe.

Dibandingkan dengan cerita romance yang berangkat dari kehidupan nyata seperti sahabat jadi pacar, teman masa kecil lalu bertemu di masa depan kemudian saling suka, konflik dalam rumah tangga, drama romance dengan latar belakang fantasi membuatku lebih penasaran dengan apa yang sebenarnya terjadi dibalik kemustahilan tersebut dan apa yang akan terjadi selanjutnya.

Meskipun demikian, aku juga tetap menonton drama Korea bergenre lain dan tidak melulu atau membatasi diri hanya untuk menonton drama bergenre fantasy-romance. Oh, tentunya dengan pertimbangan siapa pemeran utamanya serta bagaimana ending ceritanya (tim di-spoiler-in dan tim drama completed).

Sekian dulu pembahasan mengenai genre drama terfavorite, topik keempat dalam KDrama Writing Challenge. Tunggu tulisanku untuk tantangan di topik berikutnya ya!

Sukabumi, 9 Juni 2020

  • Share:

You Might Also Like

4 komentar

  1. Time travel kok g bahas the king eternal monarch kak, bikin pening ya,, hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena aku belom nonton itu. Haha. Belom tamat kan ya? Gabisa aku klo nonton ongoing tuh 😅

      Hapus
  2. Paling suka Moon Lovers.
    Always di hatiii...SoSoo Couple.

    BalasHapus