5 Kekuatan Super yang Ingin Dimiliki Seorang Ibu

5 Kekuatan Super yang Ingin Dimiliki Seorang Ibu

Siapa di sini yang kecilnya pernah bermimpi ingin memiliki kekuatan super seperti Power Ranger, Super Man, Sailormoon dan tokoh superhero lainnya? Jika jawabannya pernah, berarti tontonan kita sebelas dua belas lah ya. Wkwk.

Keinginan untuk menjadi sosok superhero dengan kekuatan luar biasanya itu pada akhirnya memudar seiring berjalannya umur. Makin besar, semakin kita bisa berpikir kalau semua adegan yang ada di film-film hanyalah fiktif belaka. Misi menyelamatkan dunia dari kekacauan pun berubah menjadi misi menghindari kekacauan hidup diri sendiri. Haha.

Berbicara soal kekuatan super, beberapa hal yang terjadi belakangan sungguh membuat saya ingin menjadi Wonder Woman dengan beragam super power. Meski ternyata, tanpa saya sadari, melewati 5 tahun mengemban peran sebagai seorang ibu pun merupakan salah satu kekuatan super yang saya miliki. Mae frens yang juga sesama ibu pasti paham bagaimana roller coaster-nya perjalanan ini.

Saya menemukan tulisan saya sendiri yang berjudul Kekuatan Super Setelah Menjadi Ibu di Google saat saya sedang mencari inspirasi untuk membuat tulisan ini. Artikel tersebut saya publikasikan tahun 2020 dan membuat saya tertawa kecil, sekaligus mengapresiasi diri sendiri.

Di saat ibu-ibu lain menyebutkan multitasking, bisa menerjemahkan bahasa bayi, penemu barang-barang yang hilang, atau kuat mengangkat beban berat di rumah, kekuatan super yang ternyata saya miliki sebagai ibu adalah keberanian.

Saya berani melawan ketakutan saat harus berhadapan dengan operasi caesar, menyingkirkan hewan-hewan yang sebelumnya saya jijik atau geleuh banget demi melindungi anak saya, dan mencoba tetap staycool manakala listrik padam di malam hari sementara saya hanya berdua dengan anak di rumah. Bangga banget gue sama diri sendiri! Haha..

Baca juga: Mengatasi Ketidaknyamanan Posisi Tidur Setelah Melahirkan

Namun, setelah ditelaah lagi, masih ada nih beberapa kekuatan super yang kalau bisa ingin saya pelajari dan kuasai sebagai seorang ibu. Maybe, you'll agree with me, maybe not. We'll see..

5 Kekuatan Super yang Ingin Dimiliki Seorang Ibu

Baru 5 tahun menjalankan peran sebagai ibu, rasanya sudah nano-nano. Berasa sedang berlari di atas roda putarnya Hamtaro, kadang terjatuh, namun harus segera bangkit untuk terus berlari. Mungkin, jika saya memiliki kekuatan super di bawah ini, hidup saya sebagai seorang ibu akan menjadi lebih tenang dan balance:

kekuatan-super-ibu
Sumber gambar: Canva

1. Kekuatan Sabar Tanpa Batas

Kekuatan pertama yang saya idam-idamkan sebagai ibu adalah memiliki kesabaran tanpa batas, tidak mudah marah dan tersulut emosi.

Kayaknya rumah saya bakalan damai, tentram, dan sejahtera setiap harinya ketika saya bisa dengan mudah mengontrol emosi dengan kesabaran tak terbatas yang saya miliki, saat sedang menghadapi situasi sulit dengan anak.

2. The Flash

The Flash adalah karakter pahlawan super dari DC Comics. Ia dikenal karena memiliki kecepatan super yang luar biasa. Kecepatan ini membuatnya mampu melakukan berbagai hal dengan sangat cepat, seperti berlari dengan kecepatan kilat, melewati benda padat dengan mudah, dan bahkan melakukan perjalanan waktu.

Saya nggak perlu sih sampai melakukan perjalanan waktu segala dengan kekuatan The Flash, namun saya ingin bisa mengerjakan segala pekerjaan rumah secepat Barry Allen saat menggunakan kekuatannya.

Baca tentang: 7 Ide Topik Menulis Seputar Ibu Rumah Tangga

Asyik banget kan kalau saya bisa menyelesaikan pekerjaan rumah tangga hanya dalam waktu beberapa detik saja. Haha. Nggak perlu khawatir cucian atau setrikaan menumpuk, atau rumah berantakan. Semua bisa dibereskan dalam sekejap.

3. Bisa Membaca Pikiran Anak

Ingat betapa frustasinya Edward Cullen memahami Bella Swan karena hanya Bella satu-satunya manusia yang pikirannya tidak bisa dibaca oleh Edward yang seorang vampir? Kira-kira begitulah saya ketika mencoba memahami keinginan anak yang terkadang di luar nalar.

Beberapa hal absurd yang sulit saya pahami seperti saat anak saya ingin dilahirkan di zaman Jurrasic atau ingin tinggal di dalam Palung Mariana. Sounds funny, ya? Tapi ia mengatakan hal tersebut dengan serius, lho. Jadi penasaran kan, apa sih yang dipikirkan oleh anak ini sehingga bisa mengutarakan keinginan seperti itu.

Baca tentang: Kenali dan Kelola Emosi pada Anak

Kekuatan super ini juga tentunya akan sangat berguna saat menghadapi anak yang sedang tantrum. Tanpa harus menerka-nerka, kita bisa dengan cepat memahami apa yang sedang dipikirkan dan dirasakan oleh anak-anak. Kita pun dapat menghadapinya dengan lebih tenang dan mengajarkannya mengelola emosi dengan tepat.

4. Membaca Potensi Anak

Sekarang ini banyak banget ya orang tua yang mengikutkan anaknya ke talents mapping atau tes potensi dan minat bakat. Bayangkan, kalau setiap ibu sudah naturally memiliki kekuatan super untuk membaca potensi anak? Wah, menarik banget!

Dengan observasi sederhana, kita sudah bisa langsung mengetahui apa saja potensi yang ada di dalam diri anak kita. Tentu akan sangat menghemat biaya dan waktu untuk mengarahkan mereka ke hal-hal yang memang membuatnya bisa lebih berkembang.

5. Menyembuhkan dengan Cepat

Melihat anak saat sakit membuat hati setiap ibu juga ikutan sakit. Mereka yang biasanya cerita dan aktif, jadi pendiam dan sering menangis karena sakit yang dideritanya. Kalau sudah seperti ini, kebanyakan orang tua ingin memindahkan penyakit anaknya ke dirinya sendiri.

Baca tentang: Tips Menjaga Kesehatan Anak Selama Traveling

Saya sih, lebih memilih bisa menyembuhkan dengan cepat saja, deh. Kalau semua bisa sehat, kenapa harus ada yang sakit? Tenang sekali rasanya jika hanya dengan satu sentuhan lembut, luka fisik maupun emosional yang ada pada diri anak langsung sembuh seketika.

Well, menulis tulisan ini rasanya seperti menulis fiksi. Membayangkan hal-hal yang menyenangkan, meskipun paham tidak mungkin terjadi. Haha. Itulah 5 kekuatan super yang ingin saya miliki sebagai seorang ibu. Kalian tertarik ingin belajar dan menguasai kekuatan yang mana, nih?

Posting Komentar

0 Komentar