Mengatasi Ketidaknyamanan Posisi Tidur Setelah Melahirkan Normal dengan Jahitan

Mengatasi Ketidaknyamanan Posisi Tidur Setelah Melahirkan Normal dengan Jahitan

Ketika hamil besar dulu, sering kali saya berandai-andai pasti nyaman sekali bisa tidur pulas tanpa harus merasakan nyeri punggung dan sesak napas seperti saat itu. Ternyata, setelah bayinya lahir, seorang ibu nggak bisa langsung merasakan tidur nyenyak. Hiks!

Mencari posisi tidur terbaik bagi ibu yang melahirkan secara caesar sama sulitnya dengan mencari posisi tidur setelah melahirkan normal dengan jahitan. Banyak ibu yang merasa khawatir tentang posisi tidur yang aman dan nyaman setelah melahirkan. Bagaimanapun posisinya, ibu merasa serba salah dan takut terjadi sesuatu dengan luka jahitan yang belum sembuh sepenuhnya.

Padahal, posisi tidur yang nyaman dan mendukung pemulihan menjadi krusial bagi ibu yang baru saja menjalani proses persalinan. Pilihan posisi tidur yang tepat dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan akibat jahitan serta mempercepat proses penyembuhan tubuh.

Rekomendasi Posisi Tidur Setelah Melahirkan Normal dengan Jahitan

Ibu-ibu, menemukan posisi tidur yang tepat setelah melahirkan bukan hanya berbicara soal kenyamanan. Di samping itu, posisi tidur yang tepat berkaitan dengan peningkatan sirkulasi darah, meminimalkan tekanan pada area yang terjahit, dan membantu tubuh selama proses penyembuhan.

Dalam mencari posisi tidur yang ideal, penting untuk mempertimbangkan berbagai faktor agar ibu bisa mendapatkan istirahat yang baik sambil mempercepat pemulihan pasca melahirkan. Nah, di bawah ini ada beberapa rekomendasi posisi tidur setelah melahirkan normal dengan jahitan yang paling nyaman untuk Mae frens yang baru saja melahirkan:

1. Posisi Tidur Miring

Pilihan posisi tidur miring direkomendasikan bagi ibu yang baru saja melahirkan normal, termasuk yang mendapatkan jahitan, karena beberapa alasan yang mendukung proses pemulihan pasca persalinan.

Tidur dalam posisi miring dengan bantuan bantal di antara lutut dapat membantu mengurangi tekanan pada area jahitan. Posisi ini akan membantu mengurangi rasa nyeri pasca melahirkan dan ketidaknyamanan saat tidur.

Posisi miring dapat membantu dalam meningkatkan aliran darah ke area yang terkena jahitan, mempercepat proses penyembuhan. Selain itu, dengan posisi miring yang tepat, tekanan pada punggung dan pinggul dapat dikurangi, memberikan kenyamanan tambahan bagi ibu yang baru melahirkan.

2. Posisi Tidur Terlentang dengan Bantal Pendukung

Selain posisi tidur miring, posisi tidur terlentang dengan bantal pendukung juga direkomendasikan bagi ibu yang baru saja melahirkan normal dengan jahitan. Posisi ini dapat memberikan dukungan tambahan pada tubuh dan mengurangi tekanan pada area yang terkena jahitan.

Dengan menggunakan beberapa bantal di bawah kepala, punggung bagian atas, dan juga lutut, posisi ini dapat menyeimbangkan tubuh, mengurangi ketidaknyamanan pada area jahitan, serta memberikan kenyamanan ketika ibu beristirahat.

Posisi ini juga memungkinkan redistribusi beban tubuh sehingga tekanan pada area yang rentan terhadap jahitan dapat diminimalkan. Dengan demikian, proses pemulihan pasca persalinan menjadi lebih nyaman bagi ibu yang baru melahirkan.

3. Posisi Tidur Miring dengan Bayi

Jika ibu memilih untuk memberikan ASI secara direct breastfeeding, tidur dalam posisi miring dengan bayi di sebelahnya dapat memberikan kemudahan dalam menyusui sambil memberikan relaksasi pada area jahitan.

Persoalan posisi tidur ini mungkin tampak sepele bagi sebagian besar orang, namun bagi ibu yang baru saja melahirkan, memilih posisi tidur yang tepat apalagi setelah melahirkan normal dengan jahitan merupakan hal yang sangat krusial. Tolong ya Pak, istrinya dibantu memilih posisi tidur mana yang paling nyaman dan tidak menyakitkan.

Tips untuk Ibu Mendapatkan Tidur yang Nyaman dan Minim Nyeri Pasca Melahirkan

Sepengalaman saya saat awal-awal menjadi ibu, kualitas tidur yang baik itu mempengaruhi banyak hal terkait pengasuhan bayi dan kesehatan mental si ibu itu sendiri. Mendapatkan tidur yang nyaman, nyenyak dan berkualitas bisa menjauhkan ibu dari baby blues hingga post partum depression, lho.

Baca tentang: Pentingnya Menjadi Support System Hobi Ibu

Di bawah ini, ada sefruit tips yang bisa saya berikan agar ibu yang baru saja melahirkan bisa mendapatkan tidur yang nyaman dan minim rasa nyeri setelah dijahit:

domibed-kasur-empuk-ibu-melahirkan

1. Ciptakan Suasana Kamar yang Nyaman

Ibu-ibu bisa nih berkomunikasi dengan pasangan dan request untuk menciptakan suasana kamar yang nyaman. Misalnya mengatur ulang tata letak untuk menyambut kelahiran bayi, menjaga kebersihan dan kerapian kamar, menggunakan humidifier dengan aroma terapi favorit.

Baca tentang: Macam-macam Ukuran Kasur dan Tips Perawatannya

Ambience yang nyaman akan memberikan dampak positif bagi ibu. Kamar yang pengap, bau susu melulu, atau minim sirkulasi udara akan mempengaruhi suasana hati maupun kesehatan. Ibu yang baru saja melahirkan bisa jadi sangat sensitif, hal-hal yang membuat ibu tidak nyaman atau tidak menyenangkan akan sangat mempengaruhi mood.

Jangan ragu juga untuk meminta bantuan suami atau keluarga di rumah agar bergantian mengurus new born, sesederhana membantu mengganti popok di tengah malam.

2. Memilih Posisi Tidur Terbaik

Beberapa posisi tidur setelah melahirkan normal dengan jahitan yang terbaik dan dirasa paling nyaman sudah dijelaskan sebelumnya. Ketika ibu mendapatkan posisi tidur yang paling pewe, maka tidur ibu akan lebih berkualitas.

Tidur yang berkualitas sangat baik bagi ibu yang memang sudah seharusnya beristirahat penuh pasca persalinan. Selain memulihkan energi, mempercepat proses pemulihan jahitan, juga baik untuk kesehatan mental ibu.

3. Menggunakan Kasur yang Berkualitas

Di samping posisi tidur, jenis kasur yang digunakan juga akan sangat berpengaruh terhadap kenyamanan tidur bagi ibu setelah melahirkan. Salah satu rekomendasi kasur terbaik yang bisa ibu gunakan adalah bliss mattress dari Domibed.

Dibandingkan dengan kasur yang lain, bliss mattress memiliki beberapa keunggulan seperti:

  • Menggunakan open cell memory foam. Adanya open cell memory foam membuat kasur bisa menyesuaikan dengan bentuk tubuh.
  • Dapat menopang badan secara keseluruhan dengan sempurna karena telah menggunakan teknologi high density quantum base foam.
  • Menggunakan bahan hypoallergenic natural latex yang anti panas dan didesain sedemikian rupa sehingga lebih peka terhadap tekanan.

Melahirkan dan menjadi ibu adalah fase penting dalam hidup perempuan, dan membutuhkan dukungan dari berbagai pihak. Domibed menjadi salah satu supporter untuk membantu ibu mengatasi ketidaknyamanan posisi tidur setelah melahirkan normal dengan jahitan.

Gimana nih, Mae frens, jadi tertarik ganti kasur setelah melahirkan? :D

Posting Komentar

13 Komentar

  1. Kebayang perjuangan para wanita hamil dan kemudian melahirkan. Aku yang bawa lemak di perut aja kadang tidur susah dan gak nyenyak haha.

    Itu tipsnya oke banget. Cuma kebayang kl ditambahin alat pijet gitu wah makin nikmat dan enak kayaknya. Apalagi bagian kaki dan punggung gitu kalo diurut-urut. Kalo ga ada alat ya bisa berdayakan suami :))

    BalasHapus
  2. Habis lahiran emang remukk banget rasanya dan jahitan senut2. Seingatku dulu dikasih pereda nyeri juga.

    Tapi emang paling nyaman tidur dalam posisi miring, tentu dengan bantuan banyak bantal dan guling.

    BalasHapus
  3. gak kepikiran lo kalo ternyata setelah melahirkan masih ada ketidaknyamanan dalam posisi tidur..aku pikir setelah melahirkan bisa tidur dengan nyenyak dan posisi yg enak,,tapi memang benar sie kualitas tempat tidur yang kita gunakan juga sangat berpengaruh pada kualitas tidur kita

    BalasHapus
  4. Rasanya urusan nyaman tidur penting banget ya, bliss mattress dari Domibed sepertinya sangat perduli dengan itu, sepertinya tidak melahirkanpun boleh tuh jadi alternatif kalau dibutuhkan.

    BalasHapus
  5. Menggunakan tempat tidur yang nyaman itu memang sangat perlu ya untuk kualitas tidur, apalagi buat para mom yang pasca melahirkan normal dengan banyak jahitan pastinya tidur di tempat yang nyaman wajib banget agar segera pulih

    BalasHapus
  6. Terima kasih rekomendasi posisi tidur after melahirkan, sangat bermanfaat banget, aku catet supaya enggak lupa nih.
    Ternyata memang harus memperhatikan details ya terutama kondisi kasur. Secara abis lahiran masih berasa nyeri-nyeri, kalau kasurnya ga layak dan ga nyaman, duh makin runyam susah tidur berujung bahaya buat si ibu..Buat para paksuami kudu banget nih merhatiin kenayamanan istri yang baru lahiran dan buat istri jangan sungkan minta ganti kasur supaya tidurnya nyaman..

    BalasHapus
  7. Oh ternyata lahiran normal dengan jahitan sama ga enaknya ya mba. Aku sendiri Cesar sih, dan memang jangan tanya tidurnya pas abis lahiran. Ga nyaman blaaas, Krn bekas jahitan mau seperti apapun posisi masih nyut2an 🤣🤣

    Tapi memang kasur sangaaat berpengaruh. Kasurku sendiri untungnya dari dulu latex, dan memang ini nyaman siiih, apalagi level kekerasan nya bisa dipilih. Dan kadang kalo pun di sebelah kita tidurnya lasak banget, tapi ga berpengaruh ke orang yg tidur di samping. Tetap stabil dan ga berasa getarannya. Makanya dulu aku tertarik pakai latex Krn itu.

    BalasHapus
  8. Bener banget, kasur nyaman itu nomer satu karena ibu yang baru melahirkan harus mendapatkan istirahat lebih lelap supaya pemulihan juga lebih cepat...

    BalasHapus
  9. ternyata setelah melahirkan juga ga leluasa untuk tidur sembarangan ya, ada posisi tertentu yang mungkin malah bikin bekas jahitan sakit
    biasanya bantuan bantal cukup membantu juga terutama di bagian pinggul

    bener juga kalau suasana kamar yang nyaman serta kasur yang terbaik juga ikut mempengaruhi kenyamanan si ibu untuk tidur

    BalasHapus
  10. Wah aku mah dulu gak sempat mikirin posisi tidur wkwk, krn lbh sering melek jagain bayik. Tp seingetku yg paling enak tidur miring sih, bisa mengurangi nyerinya

    BalasHapus
  11. Kasur berkualitas ini memang ngefeknya pake banget sama kualitas tidur. Aslinya aku dulu perhatiannya cuma sama bantal, tapi ternyata setelah kasurnya nyaman, tidurnya enak, meski sebentar tuh rasanya berkualitas. Apalagi pasca melahirkan yang membutuhkan banyak waktu istirahat.

    BalasHapus
  12. Habis melahirkan, baik yg operasi maupun lahiran normal hampir sama rasanya. Sama-sama terasa remuk seluruh badan. Namun, tetap bahagia apalagi saat memandangi si bayi mungil saat disusui. Tipsnya oke nih mbak, bisa saya rekomendasikan ke mantuku.

    BalasHapus
  13. Melahirkan normal ataupun operasi sama sakitnya, tp kl operasi penyembuhannya lebih lama, nyerinya terasa seumur hidup. Apalagi baru2 operasi tdr.jg gk.nyaman

    BalasHapus