Macam-macam Ukuran Kasur dan Tips Merawat Kasur agar Awet

macam-macam-ukuran-kasur

Teringat hampir 6 tahun yang lalu, saya dan suami yang saat itu berstatus newlywed mengitari berbagai toko untuk mencari kasur. Memilih kasur, tampaknya sepele ya. Padahal waktu itu, rasanya susah juga lho mencari kasur dengan ukuran yang tepat dan kualitas terbaik versi kami.

Memutuskan untuk memilih ukuran kasur no 1, yang lebih kecil atau yang lebih besar dari itu pun lama banget mikirnya! Tentunya, pemilihan ini didasarkan beberapa faktor seperti kebutuhan, ukuran kamar yang saat itu kami tempati, kualitas kasur itu sendiri hingga budget yang tersedia.

Nah, buat Mae frens yang juga sedang mencari-cari kasur yang nyaman untuk rebahan dan tidur dengan nyenyak, kalian harus paham dulu apa saja macam-macam ukuran kasur yang tersedia. Di tulisan kali ini, saya juga memberikan beberapa tips yang bisa dilakukan agar kasur yang sudah kita beli terawat dan lebih awet.

Macam-macam Ukuran Kasur

Setidaknya, ada 6 macam ukuran kasur yang paling umum digunakan oleh masyarakat Indonesia. Keenam macam ukuran tersebut yakni:

6-ukuran-kasur


1. Single Bed (90x200 cm dan 100x200 cm)

Ukuran kasur ini cocok untuk digunakan oleh satu orang dan pada umumnya dipakai dalam kamar tidur anak-anak, remaja, atau kamar tamu.

Dimensi yang tersedia ada dua, 90x200 cm dan 100x200 cm. Dengan ukuran kasur yang biasa disebut dengan ukuran kasur no 4 ini, penggunanya akan mendapatkan ruang yang cukup untuk tidur sendirian dengan efisien.

2. Double Bed (120x200 cm)

Ukuran kasur berikutnya yakni double bed yang cukup lebar untuk menampung dua orang. Ukuran kasur no 3 ini banyak juga dipilih oleh pengguna yang ingin menggunakannya untuk dirinya sendiri. Tujuannya agar mendapatkan ruang yang lebih luas dibandingkan ukuran kasur single bed.

Baca juga: Elemen Utama dalam Menjaga Kesehatan Mental Anak

Meski demikian, ukuran kasur ini juga bisa menjadi pilihan yang baik bagi pasangan yang ingin berbagi tempat tidur. Akan tetapi, mungkin terasa agak sempit bagi pasangan yang menginginkan lebih banyak ruang tidur.

3. Double XL (140x200 cm)

Ukuran kasur ini setingkat lebih luas dibandingkan double bed. Akan tetapi, ukuran kasur double XL hanya bisa didapatkan di toko-toko furniture tertentu atau di tempat spesialis kasur yang lebih eksklusif. Pasalnya, kasur ini tidak tersedia di semua toko.

Ukuran kasur double XL menjadi bisa menjadi pilihan yang tepat bagi pasangan yang tetap ingin berbagi tempat tidur, dengan ruang yang lebih luas, tanpa harus membeli kasur ukuran Queen atau King.

Baca juga: Menjadi Konsumen Cerdas dalam Memilih Galon

4. Queen Bed (160x200 cm)

6 tahun lalu, akhirnya saya dan suami memutuskan untuk membeli kasur ukuran ini. Setelah ditelisik, ternyata ukuran kasur ini memang paling populer. Selain mudah didapatkan, Queen Bed juga memberikan ruang yang cukup bagi pasangan, harganya pun masih terjangkau.

5. King Bed (180x200 cm)

Kasur King Bed disebut juga sebagai ukuran kasur no 1. Jenis kasur ini lebih lebar daripada Queen Bed, sehingga memberikan lebih banyak ruang tidur bagi pasangan. Jika pasangan menginginkan kenyamanan yang maksimal, maka ukuran kasur ini bisa menjadi pilihan terbaik.

Akan tetapi, perhatikan juga ruang penyimpanan untuk meletakkan kasur ini di kamar. Jangan sampai memakan banyak tempat sehingga tidak muat untuk menyimpan perabotan lain yang dibutuhkan di kamar.

King Bed biasanya digunakan untuk kamar hotel berbintang, di mana penggunanya akan mendapatkan kenyamanan maksimal saat beristirahat.

6. California King Bed (183x213 cm)

Ukuran kasur yang setingkat lebih besar dibandingkan King Bed adalah California King Bed dengan dimensi 183x213 cm. Dengan ukuran kasur sebesar ini, daya tampungnya cukup untuk 4 orang.

Jenis kasur ini banyak digunakan di kamar hotel, dan banyak dipilih oleh pasangan yang memiliki 2 anak. Dengan memilih ukuran kasur ini saat staycation atau bermalam di kamar hotel, penggunanya tidak membutuhkan extra bed.

Tips Melakukan Perawatan Kasur

Ketika sudah memutuskan untuk membeli kasur, tentunya kita ingin benda yang menunjang kenyamanan istirahat kita tersebut bisa awet dan selalu nyaman saat digunakan. Hal ini tentu saja tak lepas dari yang namanya perawatan.

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk merawat kasur agar awet adalah sebagai berikut:

  • Memelihara kebersihan kasur, salah satunya dengan menggunakan cover bed
  • Meletakkannya di ruangan dengan ventilasi udara yang baik untuk menghindari udara lembab yang bisa menyebabkan pertumbuhan jamur
  • Mencegah kerusakan struktural pada kasur dengan cara tidak memberikan beban berlebihan
  • Pembersihan dan pemeliharaan rutin, seperti membersihkan noda atau kasur sesegera mungkin dengan cara mencucinya atau menggunakan vacuum cleaner

Umumnya, sebagian besar pakar merekomendasikan untuk melakukan penggantian kasur setiap 7-10 tahun untuk memastikan kualitas tidur yang optimal.

Baca tentang: Tips Merawat Orang Tua yang Sakit

Jika kasur menunjukkan tanda-tanda keausan, deformasi yang signifikan, atau kenyamanannya berkurang, mungkin sudah saatnya untuk mempertimbangkan penggantian kasur lebih awal.

Kasur Nyaman, Mimpi Indah Tiap Malam!

Salah satu rekomendasi merk kasur yang menyediakan berbagai macam ukuran adalah Domibed. Produk ini hadir bagi Mae frens yang mendambakan tidur nyenyak setiap harinya.

Didesain dengan material yang berkualitas, Domibed menghadirkan macam-macam pilihan ukuran kasur dan bahan terbaik sebagai tempat beristirahat yang nyaman dan mengumpulkan semangat saat bangun di pagi hari!

Udah nggak bingung lagi kan ukuran kasur mana yang paling pas untuk kebutuhan kalian?

Posting Komentar

0 Komentar