Gentlemen, Atasi Kulit Wajah Berminyak dan Berjerawat dengan Pintar Memilih Facial Wash

kahf-facial-wash

Mbak, facial wash untuk kulit berminyak dan berjerawat yang cocok buat gue apa ya?

Berasa beauty advisor banget ketika adik saya bertanya hal tersebut beberapa waktu lalu. Kalau dipikir-pikir, jenis kulit wajah adik saya ini serupa tapi tak sama dengan jenis kulit wajah saya. Jenis kulit wajah kami cenderung kombinasi, di mana ada bagian-bagian wajah yang normal, namun ada pula yang lebih berminyak di bagian lain.

Jerawat pun kerap muncul di daerah kulit wajah yang cenderung lebih berminyak. Akan tetapi, jika saya lebih sering berjerawat karena faktor hormonal, terutama saat periode datang bulan, adik saya jerawatan karena memang tidak rutin membersihkan wajah. Hhmm.. apakah kalian para gentlemen punya masalah serupa?

Penyebab Kulit Berminyak dan Berjerawat pada Pria

Banyak pria yang bersikap acuh pada kegiatan perawatan tubuh, terutama wajah. Tak hanya adik saya, suami pun demikian. Hingga akhirnya mereka berhadapan dengan masalah kulit wajah, barulah sibuk mencari produk skincare untuk mengatasi masalah tersebut.

Sebenarnya, nggak beda jauh dengan wanita ya. Kulit berminyak dan berjerawat seringkali menjadi momok bagi banyak pria dalam menjaga penampilan dan kesehatan kulitnya. Kondisi kulit yang kurang sehat juga dapat mempengaruhi rasa percaya diri mereka. Sama kan ya seperti kita, Ladies?

Baca juga: Dermies Clear Me Facial Wash pH Balance, pH Sabun Cuci Muka yang Baik untuk para Gen Z

Ada beberapa faktor yang menyebabkan kulit seorang pria berminyak dan berjerawat, diantaranya adalah sebagai berikut:

acne-problem-boy

1. Produksi Sebum Berlebihan

Penyebab utama kulit berminyak pada pria adalah produksi sebum atau minyak berlebih oleh kelenjar sebaceous. Aktivitas hormon terutama hormon androgen, dapat merangsang produksi sebum yang berlebihan. Hal ini kemudian menyebabkan kulit lebih tampak berminyak.

2. Penggunaan Produk Perawatan Kulit yang Tidak Tepat

Pemilihan produk perawatan kulit yang tidak sesuai dengan jenis kulit juga bisa menjadi faktor penyebab kulit berminyak dan berjerawat pada pria. Penggunaan produk yang terlalu oily atau tidak cocok dengan jenis kulit justru dapat memicu produksi sebum yang lebih banyak.

3. Kebersihan Kulit Kurang Terjaga

Sepertinya masalah ini yang membuat adik saya seringkali komplain masalah kulit berminyak dan jerawat. Sepulang kerja langsung tidur, bangun tidur pun jarang mencuci wajah dengan facial wash dan tidak melakukan perawatan kulit wajah lainnya. Cuek banget, deh.

Kurangnya kebersihan kulit, seperti tidak mencuci wajah secara teratur, dapat menyebabkan penumpukan kotoran dan minyak pada kulit. Lingkungan seperti ini merupakan lingkungan yang ideal untuk pertumbuhan bakteri dan perkembangan jerawat.

4. Paparan Lingkungan yang Tidak Sehat

Paparan polusi udara dan zat kimia tertentu dapat merangsang produksi sebum berlebihan pada kulit pria. Di samping itu, paparan sinar UV juga dapat merangsang aktivitas kelenjar sebaceous dan menyebabkan kulit berminyak.

5. Stress dan Pola Hidup yang Tidak Sehat

Stress dapat memicu pelepasan hormon kortisol, yang dapat memengaruhi keseimbangan hormonal dan meningkatkan produksi sebum. Pola hidup yang tidak sehat, termasuk kurang tidur dan pola makan yang tidak seimbang, juga dapat memainkan peran dalam kondisi kulit berminyak dan berjerawat pada pria.

Cara Mengatasi Kulit Wajah Berminyak dan Berjerawat bagi Pria

Dengan memahami faktor-faktor yang menyebabkan kulit berminyak dan berjerawat, kalian para cowok-cowok nih, bisa mengambil langkah-langkah proaktif dalam memilih produk perawatan yang tepat dan menerapkan kebiasaan perawatan kulit yang lebih baik lagi.

Di bawah ini adalah hal-hal yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi permasalahan kulit wajah berminyak dan berjerawat seperti yang adik saya alami:

1. Pilih Produk Perawatan Kulit yang Tepat

Pemilihan produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit berminyak dan berjerawat sangat penting. Gunakan pembersih wajah dengan formula lembut yang dapat membersihkan minyak dan kotoran tanpa mengiritasi kulit.

Baca tentang: Review Lengkap Dewpre Tea Tree Cleansing Foam

Pilih pula produk yang mengandung bahan-bahan seperti salicylic acid atau niacinamide yang dapat membantu mengatasi jerawat dan mengontrol produksi minyak. Bisa juga memilih produk dengan bahan-bahan alami seperti ekstrak Mediterranean Sage dan French Crypress seperti yang terkandung dalam Kahf Oil and Acne Care Face Wash.

Kandungan-kandungan tersebut mampu mengangkat minyak berlebih hingga 12 jam dan merawat kulit yang berjerawat. Kahf Oil and Acne Care Face Wash diformulasikan sedemikian rupa sehingga mampu membersihkan wajah secara menyeluruh hingga ke pori-pori tanpa membuat kulit terasa kering.

Bisa jadi salah satu rekomendasi facial wash bagi kalian yang punya jenis kulit wajah berminyak dan berjerawat, nih.

2. Mencuci Wajah secara Teratur

Mencuci wajah secara teratur, khususnya setelah beraktivitas atau berolahraga, dapat membantu menghilangkan kotoran dan minyak berlebih dari kulit. Hindari penggunaan sabun yang terlalu keras, karena hal ini dapat merangsang produksi minyak yang lebih banyak.

kahf-facial-wash

Gunakan air hangat dan pilih pembersih wajah yang sesuai dengan kebutuhan kulit berminyak. Rekomendasi sabun pencuci wajah untuk para pria yang memiliki kulit berminyak dan berjerawat sudah ada di atas, ya!

3. Rutin Menggunakan Pelembab

Meskipun memiliki kulit berminyak, penggunaan pelembab tetap penting untuk menjaga kelembaban kulit. Pilihlah pelembab yang non-comedogenic agar tidak menyumbat pori-pori dan coba untuk menghindari produk yang memiliki kandungan minyak berlebih.

4. Hindari Pencet-pencet Jerawat

Emang sih, suka gemes ya kita pengen mencetin jerawat. Tujuannya biar cepet pecah dan segera sembuh. Padahal, seringkali memencet jerawat justru membuat kondisi kulit semakin buruk. Pencetan bisa menyebabkan peradangan dan meninggalkan bekas luka.

Sebagai gantinya, Mae frens bisa coba gunakan produk perawatan kulit yang mengandung bahan anti-inflamasi untuk membantu meredakan jerawat.

5. Perhatikan Pola Makan dan Gaya Hidup Sehat

Jangan anggap sepele lho, pola makan dan gaya hidup yang kita jalankan. Makanan ternyata sangat berpengaruh pada kondisi kulit. Hindari makanan yang dapat merangsang produksi minyak berlebih, seperti makanan berlemak tinggi dan makanan cepat saji.

Baca juga: Rekomendasi Sunscreen Stick untuk Pria

Perhatikan juga gaya hidup sehat yakni kebutuhan tidur yang cukup, mengelola stress, dan rutin berolahraga. Faktor-faktor ini dapat memengaruhi kesehatan kulit secara keseluruhan.

Dengan melakukan cara-cara di atas, insya Allah Mae frens sudah bisa menghindari penyebab kulit wajah berminyak dan berjerawat. Apalagi, sudah dispill juga ya cara memilih facial wash untuk kulit berminyak dan berjerawat, beserta rekomendasinya. Yuk, mulai merawat kulit wajah!

Posting Komentar

0 Komentar