Berandai-andai #LihatDuniaLagi, ke Bali bersama Teman Hidup Traveloka!

lihat-dunia-lagi-teman-hidup-traveloka

Sembari membuka-buka aplikasi Traveloka, cuci mata melihat berbagai tempat wisata serta hotel-hotel di Bali, aku bergumam,

"Kapan ya my Bali o'clock akan tiba?"

Rutinitas sebagai ibu rumah tangga full-day, nyambi sebagai freelance content writer dan aktivitas mengurus balita hanya berdua dengan suami, membuatku sering banget flashback ke masa-masa masih single dulu. Masa di mana masih bebas traveling menikmati hidup, tanpa ada tanggung jawab dan prioritas lain selain diri sendiri dan pekerjaan.

Bukan berarti nggak bersyukur, tapi ada momen-momen di mana aku memimpikan untuk bisa kembali melakukan aktivitas traveling, yang mana sudah menjadi hobiku sejak dulu.

teman-hidup-traveloka
Ketika masih santuy jalan-jalan sendiri

Buat aku, nggak hanya writing yang for healing, traveling pun best way for healing juga. 

Kehidupan traveling setelah menikah tentu berbeda dengan saat masih single dulu. Kalau sekarang, traveling pasti bertiga dengan suami dan anak. Satu hal yang masih sama adalah aku masih setia menjadi teman hidup Traveloka.

Traveloka adalah cara terbaik untuk mencari penginapan maupun tiket, baik itu pesawat atau kereta api yang menjadi transportasi andalanku saat traveling. Menginap di Traveloka hotel nggak pernah mengecewakan, begitupun saat membeli tiket di aplikasi Traveloka.

Dari sekian banyak bucketlist destinasi wisata, yang paling aku inginkan adalah kembali ke Bali, Pulau Dewata, surganya para traveler.

Bali Lagi, Bali Lagi?

Lo lagi, lo lagi, Bali? 100% Yes! Rasanya nggak ada bosannya mengunjungi Bali meskipun sudah bolak balik ke sana.

Jika dijabarkan, mungkin akan ada 1001 alasan mengapa aku suka sekali dengan ambience di Bali. Pemandangan alamnya juara, suasananya ramai tapi damai at the same time, kental budaya dan adat istiadatnya, you name it deh alasan lainnya.

Tapi jauh dari itu semua, Bali sudah meninggalkan kesan yang sangat mendalam buatku pribadi. Beberapa hal yang bikin aku susah banget dan nggak mau move on dari Bali adalah karena alasan di bawah ini :

ke-bali-bersama-teman-hidup-traveloka

1. Membawa Kenangan Masa Kecil

Aku masih ingat pertama kali jatuh cinta dengan pulau Bali di tahun 2005. Saat itu, Bapak mengajak kami untuk berlibur ke sana karena beliau sudah lebih dulu menjejakkan kaki di Bali dan merasa Pulau Dewata adalah tempat yang tempat untuk membawa keluarga berlibur.

Benar saja, pertama kali berada di Bali rasanya happy sekali. Perasaan senangnya tumpah-tumpah! Apalagi dibumbui pengalaman-pengalaman menyenangkan bersama keluarga saat mengunjungi tempat wisata yang belum pernah dikunjungi sebelumnya.

Beberapa tempat wisata yang sempat kami kunjungi seperti Pantai Kuta, Pantai Sanur, Tanah Lot, Pura Besakih dan Monkey Forest Ubud.

Dua tahun berselang, Bapak mengajak aku dan keluarga kembali menyambangi Bali. Tujuan kami ke sana adalah berlibur sambil menemani Bapak dinas selama beberapa hari.

Kali itu tak hanya bersama ibu dan adik-adik saja, tapi kakek dan nenek pun ikut serta. Serombongan diangkut! Bapak berpikir kalau kakek dan nenekku pasti akan senang jika diajak liburan ke sana. 

Momen-momen tersebut tentu nggak akan terulang lagi sampai kapanpun. Sekarang, Bapak, kakek dan nenek sudah pergi ke tempat yang insha Allah jauh lebih indah. Allahuma aamiin..

2. Destinasi Impian untuk Second Honeymoon

Bulan madu bersama suami ke Bali kayaknya nggak cukup cuma sekali. Di tahun 2018 lalu, setelah aku dan suami sah menjadi suami istri, Bali menjadi destinasi honeymoon kami. Kami pun sudah merencanakan ingin kembali menikmati second honeymoon di sana. Hehe.

Sound so mainstream, ya? Sebagian orang mungkin berpendapat, "Honeymoon di Bali, ah biasa banget!"

Tapi, buat aku dan suami ya tentu luar biasa. Hehe. Sefrekuensi denganku, suami yang notabene adalah teman traveling sebelum kami menjadi teman hidup juga berpendapat kalau Bali memang salah satu destinasi wisata terbaik di Indonesia.


Kalau orang lain cuci mata dengan jalan-jalan ke mall atau buka-buka marketplace, berbeda denganku dan suami. Kami lebih sering membuka aplikasi Traveloka dan melihat-lihat hotel yang potensial untuk dijadikan sebagai tempat staycation atau menginap saat berlibur.

Kalau dipikir-pikir, aku dan suami ternyata sudah lama juga jadi teman hidup Traveloka. Di tahun 2018 lalu, Traveloka hotel dan tiket jadi pilihan untuk bulan madu kami yang sangat berkesan.

teman-hidup-traveloka
Di GWK bareng ayang tahun 2018 ;p

Rencana bulan madu kedua sudah ada sejak lama. Tapi tentu saja, our second honeymoon will be different karena pasti ada bocil yang ngintil! Haha. Satu hal yang pasti, kami akan tetap setia menggunakan Traveloka sebagai sahabat perjalanan kami jika suatu saat nanti kembali ke Bali.

Buat yang masih bilang Bali adalah tempat yang mainstream untuk berbulan madu, aku kasih tau alasan mengapa Bali menjadi destinasi honeymoon favorit :

Memiliki Banyak Lokasi Romantis

Bagi pecinta pantai, Bali menawarkan banyak pantai-pantai cantik sebagai tempat pacaran halal terbaik para newlyweds. Mulai dari pantai-pantai yang sudah tersohor seperti Kuta, Sanur, Jimbaran, dan Nusa Dua, atau pantai-pantai hidden gem seperti yang terdapat di Nusa Penida atau Badung.

Nggak suka pantai? Bali memiliki banyak lokasi romantis lain dengan pemandangan alam hijau seperti area persawahan di daerah Ubud. Lokasi ini cocok untuk newlyweds yang lebih menyukai suasana pedesaan nan tenang dan damai.

Masih ada lagi nuansa alam lain yang bisa didatangi para pasangan pengantin baru yakni danau. Meskipun tidak sebanyak pantainya, danau-danau di Bali seperti Danau Batur di Kitamani atau Danau Beratan di Bedugul, juga menawarkan panorama yang tak kalah ciamik serta sarat akan kebudayaan masyarakat Bali.

Memperkaya Pengalaman Traveling

Traveling bersama pasangan di masa-masa honeymoon pastinya menjadi perjalanan yang tak terlupakan. Bali menawarkan beragam pengalaman berbeda yang bisa dicoba bersama dengan pasangan, selain itu pemandangan alam yang ditawarkan pun spektakuler.

Bagi pasangan yang doyan traveling seperti aku dan suami, Bali ibarat surga bagi para petualang. Mengeksplor Bali tentu akan memberikan pengalaman berkesan dan menyenangkan yang mungkin akan sulit didapatkan di tempat wisata lain.

Melihat langsung kawanan lumba-lumba di Lovina, menikmati pemandangan sunset di Tanah Lot atau Uluwatu Temple, belajar berbagai kearifan lokal, menyaksikan berbagai pertunjukan seni budaya sampai mencoba wahana-wahana memacu adrenalin seperti flyboard dan seawalker adalah sedikit dari sekian banyak pengalaman yang bisa didapatkan di Bali.

Banyaknya Pilihan Paket Honeymoon Berkelas dengan Harga Terjangkau

Di Bali, ada banyak sekali penginapan yang menyediakan fasilitas untuk newlyweds berupa paket honeymoon. Harganya pun beragam dan bisa disesuaikan dengan kantong masing-masing. Fasilitas paket bulan madu yang tersedia di Bali pun terbilang lengkap dan berkelas.

Nggak heran, Bali menjadi pilihan artis-artis mancanegara untuk menghabiskan momen romantisnya di sana. Sebut saja Ashton Kutcher dan Mila Kunis di tahun 2012; Jennifer Hawkins dan Jake Wall pada tahun 2014; Ashlee Simpson dan Evan Ross di tahun 2014 serta Rain dan Kim Tae Hee pada tahun 2017.

Bagi pasangan yang tidak ingin menggunakan paket honeymoon dan lebih senang membuat jadwal sendiri, di Traveloka hotel tersedia ratusan pilihan hotel dengan fasilitas dan pelayanan terbaik. Tinggal dipilih mana yang sesuai keinginan dan budget yang dimiliki. 

Akses ke Bali yang Terjangkau Berbagai Moda Transportasi

Bagi wisatawan dalam negeri, Bali bisa dijangkau dengan berbagai moda transportasi seperti kendaraan pribadi, bus, kapal maupun pesawat. Sedangkan bagi wisatawan asing, Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali, saat ini sudah menyediakan 17 rute penerbangan internasional. Hal ini membuat Bali, sebagai salah satu destinasi wisata favorit dunia semakin mudah dijangkau oleh wisatawan dari berbagai negara.

bali-with-traveloka

Bali pun pernah menyabet penghargaan Top 5 Best Honeymoon 2016 yang diberikan oleh majalah internasional Travel+Leisure. Dalam penghargaan tersebut, Bali, Indonesia, disandingkan dengan Santorini, Yunani; Maldives, Bora-bora, Hawaii, USA; Fiji, Paris, Perancis; dan Karibia.

Di tahun 2021 pun Bali memenangkan #1 Winner of 2021 TripAdvisor Traveler's Choice Award. Ini mengulang kesuksesan di tahun 2017, di mana Bali juga pernah memenangkan penghargaan yang sama.

Bali is like a living postcard, an Indonesian paradise that feels like a fantasy..
(Pemandangan) Bali layaknya kartu pos hidup, surganya Indonesia yang (keindahannya) terasa seperti fantasi..

-TripAdvisor 2021

Yakin, nggak mau ngajak pasangan jalan-jalan ke Bali?

3. 'Healing' di Dunia Bawah Air  

Buatku pribadi, pantai beserta dunia underwater adalah spot refreshing terbaik yang pernah aku kunjungi. Sementara itu, Bali menyediakan pemandangan underwater yang terkenal eksotis, tak hanya di Indonesia bahkan hingga ke seluruh penjuru dunia.

Terdapat ribuan biota laut yang hidup di bawah air dan bisa dinikmati wisatawan saat snorkeling maupun diving. Membayangkan bisa berenang bersama ikan moorish idol dan ikan badut di antara anemon dan terumbu karang yang warna warni, membuat pikiran dan perasaanku menjadi lebih jernih dan tenang.

free-diving-traveloka
Rindunya menyelam bebas lagi!

Tahun 2017 lalu, aku mencoba pengalaman baru belajar free diving di Pulau Kelor, Nusa Tenggara Timur. Kalau ada kesempatan buat nyemplung lagi ke laut, ingin rasanya kembali mempraktikan ilmu-ilmu free diving yang pernah kudapatkan.

Beberapa tempat snorkeling dan diving terbaik di Bali yang ingin aku kunjungi antara lain :

Nusa Penida

Nusa Penida adalah sebuah pulau yang terletak di sebelah tenggara Bali, di mana antara pulau Bali dengan Nusa Penida dipisahkan oleh Selat Badung. Ada dua cara untuk bisa menuju ke Nusa Penida, yakni dengan berangkat menggunakan kapal dari Pelabuhan Sanur (40 menit) atau dari Pantai Kusamba Klungkung (30 menit).

Setidaknya ada dua spot snorkeling dan diving yang paling banyak dikunjungi di pulau Nusa Penida, Bali, yakni Manta Point dan Crystal Bay. Kedua tempat ini memiliki pemandangan underwater yang sama-sama menakjubkan.

teman-hidup-traveloka
Sumber gambar : nusapenida.org dan Traveloka

Manta Point di Nusa Penida adalah salah satu spot diving terbaik di dunia. Di tempat ini, para penyelam bisa menyaksikan langsung kawanan ikan pari manta berenang secara bebas, lengkap dengan biota laut lainnya.

teman-hidup-traveloka
Sumber gambar : nusapenida.org

Sementara itu, Crystal Bay menawarkan pemandangan pantai dengan air laut biru yang jernih, sebening kristal. Bahkan tanpa perlu menyelam pun, semua terumbu karang warna warni dan ikan-ikan yang hidup di antara terumbu karang tersebut bisa terlihat dengan jelas. Ikan yang banyak ditemukan di Crystal Bay salah satunya adalah ikan mola-mola.

Wah, spot seperti ini sayang banget jika dilewatkan oleh para pecinta underwater views!

Tanjung Benoa

Selain terkenal dengan water sport-nya, Tanjung Benoa juga terkenal karena adanya Pulau Penyu yang menjadi tempat penangkaran penyu hijau (green turtle). Pulau Penyu ini cocok dikunjungi bersama anak-anak. Selain liburan, anak-anak juga akan mendapatkan banyak edukasi mengenai penyu hijau yang sudah terancam punah.

Dari Tanjung Benoa, wisatawan bisa berangkat ke Pulau Penyu menggunakan glass bottom boat. Selama perjalanan kurang lebih 15 menit, penumpang yang berada di atas kapal bisa langsung melihat keindahan bawah air di Tanjung Benoa dari kaca yang terdapat di lantai kapal. Seru banget!

tanjung-benoa-bali
Sumber gambar : Traveloka dan indonesia.travel

Terakhir kali aku merasakan naik glass bottom boat adalah saat berangkat dari Manado menuju Taman Nasional Bunaken, tahun 2015. Udah lama, ya? Boleh lah kalau ke Bali kita coba lagi naik kapal model begini. Hihi.


Selain berkunjung ke panangkaran penyu dan melihat banyak tukik-tukik, pulau tersebut juga asyik di jadikan sebagai tempat snorkeling. Peraiannya yang cukup dangkal membuat para perenang pemula bisa ikut berenang-renang cantik sembari menikmati pemandangan bawah lautnya.

Pulau Menjangan

Isolasi Mikroba dan Aktivitas Antibakteri Ekstrak Larut Etil Asetat Mikroba Simbion Spons Kode 43C7 dari Perairan Kawasan Pulau Menjangan Bali

oleh : Imawati Annisa Wardhani

Judul di atas adalah judul skripsi yang membuatku lulus sebagai seorang Sarjana tahun 2013 silam. Sample skripsi yang aku kerjakan membuatku berandai-andai, kapan aku bisa menyusuri kawasan underwater di Pulau Menjangan untuk melihat wujud asli dari spons yang kuteliti tersebut?

Pulau Menjangan terdapat di wilayah Bali Barat. Pulau ini masuk ke dalam bagian dari Taman Nasional Bali Barat. Di bawah lautnya, terdapat berbagai jenis terumbu karang hidup dan biota laut lain yang dilindungi kelestariannya.

lihat-dunia-lagi-traveloka
Sumber gambar : Traveloka dan indonesia.travel

Sebagai salah satu tempat snorkeling terbaik, Pulau Menjangan adalah rekomendasi untuk para pemula berenang dan menikmati pemandangan bawah lautnya.

Di pulau ini, banyak juga peneliti yang datang untuk menyelam dan mengambil sample dari berbagai biota laut yang ada. Salah satunya adalah sample spons yang diambil oleh dosen pembimbingku sebagai bahan penelitian skripsiku.

Terakhir ke Bali tahun 2020 lalu, tepat sebelum pandemi menyapa negeri kita, aku bisa menghasilkan tiga tulisan berbeda yang terinspirasi dari perjalanan selama di Bali. Next kalau ke Bali lagi, terbayang aku akan kembali menuliskan setiap pengalaman berharga yang didapatkan di sana.

Hanya dengan berandai-andai melihat dunia lagi, ke Bali, sudah bisa membuat perasaan senang ini luber-luber! Yuk ah, kapan kita cus?!

Wishlist Tempat Menginap di Bali bersama Teman Hidup Traveloka

Ngomongin Bali dan Traveloka, kayaknya nggak lengkap tanpa membahas tentang Traveloka hotel atau holiday stays. Di Bali sendiri ada buanyak sekali pilihan tempat menginap di berbagai daerah dengan range harga yang bervariasi.

Kalau biasanya aku booking hotel murah di Traveloka, kali ini aku mau menuliskan keinginanku untuk menginap di hotel-hotel berbintang yang ada di Bali. Namanya juga berandai-andai yaa..

Dari pada hanya scrolling Traveloka hotel dan mupeng sendiri, sekalian aja aku ajak teman-teman untuk berandai-andai bareng nginep di 3 wishlist hotel di Bali berikut ini bersama teman hidup tercinta :

The Apurva Kempinski Bali

the-apurva-kempinski-bali-traveloka

Saat menghadiri pernikahan sahabatku di Chapel The Apurva Kempinski Bali tahun 2020 lalu, aku dan suami sudah memasukkan hotel megah tersebut sebagai salah satu wishlist tempat menginap yang paling dicita-citakan. Haha.


the-apurva-kempinski-bali-traveloka
bersama teman hidup di The Apurva Kempinski Bali

The Apurva Kempinski Bali adalah luxury 5 starts rooms and suites yang berlokasi di lot 4, Jl. Raya Nusa Dua Selatan, Benoa, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali.

Ketika pertama menginjakan kaki di hotel ini, aku sadar bahwa hotel ini adalah sebuah lambang kemewahan di tepi pantai yang menenangkan. Meskipun bangunannya super megah, tampak bahwa setiap sudut dan arsitekturnya kental dengan budaya dan menonjolkan identitas Indonesia.

the-apurva-kempinski-bali-traveloka
Sumber gambar : Traveloka

Selain adanya private beach dan fasilitasnya yang serba ada, salah satu daya tarik yang membuatku dan suami ingin sekali menginap di sana adalah Koral Restaurant. Bukan restoran biasa, Koral adalah restoran akuarium pertama di Bali. Tentunya, dinner bersama teman hidup di sana akan menjadi salah satu pengalaman yang tak terlupakan.

koral-the-apurva-kempinski
Koral Restaurant (kempinski.com)

Semua fasilitas yang ada di The Apurva Kempinski Bali sebanding dengan harga yang harus dibayarkan. Harga kamar per malamnya, jika dipesan melalui Traveloka hotel adalah mulai dari Rp5.145.158.

Yuk, banyak-banyak baca sholawat biar rezekinya lancar dan cita-cita menginap di The Apurva Kempinski Bali bisa terwujud! :D

NusaBay Menjangan by WHM

nusabay-menjangan-by-whm-traveloka

Sejak mengerjakan penelitian dengan sampel yang diambil dari kawasan perairan Menjangan, Pulau Menjangan menjadi salah satu bucketlist yang belum tercoret dari list traveling-ku selama ini. Jadi, ketika ada kesempatan untuk #lihatdunialagi ke Bali, Pulau Menjangan bakal jadi salah satu destinasi yang wajib didatangi.

Jika diberi umur, rezeki dan kesempatan untuk pergi ke Pulau Menjangan, aku berencana menginap di NusaBay Menjangan by WHM. Resort ini berlokasi di Kotal Beach, Taman Nasional Bali Barat, Buleleng, Singaraja, Sumber Klampok, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Bali.

nusabay-menjangan-traveloka
Sumber gambar : Traveloka

Suasana di NusaBay Menjangan by WHM cocok banget bagi para pecinta alam. Konsepnya natural, bergaya pedesaan namun tetap dikombinasikan dengan desain interior yang modern dan arsitektur khas Bali.

Selain mencoba berbagai aktivitas air yang bisa dilakukan di private beach-nya, tamu hotel juga bisa bersepeda atau trekking ditemani pemandu dari Taman Nasional Bali Barat. Adapun harga kamar per malam berdasarkan Traveloka hotel untuk NusaBay Menjangan by WHM adalah mulai dari Rp1.356.116,-.

Sanctoo Suites and Villas at Bali Zoo

sanctoo-suites-and-villas-traveloka

Kalau memikirkan diri sendiri, tentu aku akan memilih semua hotel, holiday stays dan resort yang ada di tepi pantai. Aku akan memuaskan hasratku hanya untuk melihat dunia bawah air, snorkeling dan belajar diving. Akan tetapi, rasanya tidak mungkin mengabaikan kesukaan teman hidup kecilku akan hewan-hewan.

Anakku menunjukkan rasa peduli dan ketertarikan pada hewan-hewan yang cukup tinggi. Oleh sebabnya, tiap kami traveling keluar kota, kami pasti akan mengunjungi tempat-tempat wisata yang di sana anakku bisa berinteraksi dengan hewan-hewan.

Gembira Loka Zoo, Lembang Zoo dan Kuntum Farmfield Bogor adalah beberapa tempat yang pernah kami kunjungi. Di sana, anakku gembira luar biasa. Sayang anak.. sayang anak.. Kalau ke Bali, pasti ingin juga dong ya ke Bali Zoo.

sanctoo-suites-bali-zoo-traveloka
Sumber gambar : Traveloka

Menginap di Sanctoo Suites and Villas at Bali Zoo merupakan sebuah pilihan cerdas bagi traveler yang ingin berkunjung ke Bali Zoo. Selain mendapatkan fasilitas menginap yang lengkap, kolam renang dengan view yang cantik dan suguhan pemandangan hutan yang asri dan alami, tamu hotel juga diberikan akses untuk masuk ke Bali Zoo.

Alamat dari Sanctoo Suites and Villas at Bali Zoo berada di Jl. Ulun Suwi 2, Singapadu, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali. Harga per malam untuk satu kamar jika memesan di Traveloka hotel adalah mulai dari Rp1.370.465.

Ini baru berandai-andai, lho! Udah seru banget kan? Buat teman-teman yang sama-sama udah nggak sabar buat liburan, staycation atau #lihatdunialagi buka aja aplikasi Traveloka dan pesan Traveloka hotel impianmu!

Tips #LihatDuniaLagi ke Bali bersama Teman Hidup

Traveling sendiri dengan traveling bersama teman hidup tentu memiliki banyak perbedaan. Selain dari barang bawaan yang menjadi dua atau tiga kali lipat, persiapan yang dilakukan pun harus lebih matang. Berikut adalah sedikit tips yang bisa aku bagikan untuk teman-teman yang ingin #lihatdunialagi ke Bali bersama teman hidup :

teman-hidup-traveloka

1. Rencanakan dari Jauh-jauh Hari

Apabila pasangan suami istri keduanya sama-sama bekerja, rencanakan waktu yang tepat untuk bisa mengambil cuti. Apalagi, kalau anak-anak sudah memasuki usia sekolah. Jika tidak ingin berlibur di masa liburan sekolah, pikirkan juga waktu yang tepat untuk anak izin dari sekolahnya.

2. Pilih Waktu yang Tidak Banyak Hujan

Membayangkan liburan ke Bali, pikiran kita pasti identik dengan bermain-main di pantai, menikmati keindahan sunset, mengunjungi berbagai tempat wisata dan budaya, serta berburu kuliner khas yang lezat.

Oleh karenanya, pilih waktu berkunjung di bulan-bulan yang tidak banyak hujan turun. Rekomendasi waktu yang tepat untuk berlibur ke Bali adalah antara bulan Mei hingga Oktober.

3. Booking Tiket dan Penginapan

Jika waktu perjalanan sudah ditentukan, tidak ada salahnya untuk mencari tiket dan penginapan terlebih dahulu. Selain masih banyak slot yang tersedia, jika beruntung kita bisa mendapatkan promo tiket atau hotel yang cukup besar, lho!

Selain itu, pertimbangkan juga transportasi selama di Bali. Apakah ingin berwisata menggunakan kendaraan umum, atau menyewa kendaraan? Jika dipikirkan dari jauh-jauh hari, masih banyak kesempatan untuk mencari tempat persewaan kendaraan atau mempelajari rute kendaraan umum yang akan digunakan di sana.

4. Buat Travel Itinerary

Sebagai well-prepared traveler, salah satu bagian paling menyenangkan saat traveling adalah membuat rencana perjalanan. Apalagi ketika kita berwisata tanpa menggunakan agen tour and travel. Supaya nggak bingung mau ke mana hari apa dan makan di mana saja, susunlah jadwal perjalanan harian selama di Bali.


Misalnya hari pertama mau tour the beaches, hari kedua menikmati wisata budaya dan melihat kearifan lokal masyarakat Bali, hari berikutnya wisata pedesaan di Ubud, dan sebagainya.

Selain membuat plan A, aku biasanya menyiapkan beberapa rencana cadangan juga. Tujuannya untuk berjaga-jaga kalau sampai rencana A tersebut gagal terlaksana.

5. Membuat Daftar Barang Bawaan

Sebagai seorang ibu, pastilah paling rempong mikirin barang bawaan. Ya barang punya sendiri, suami dan juga anak-anak. Balik lagi karena aku adalah tipe traveler yang well-prepared, aku akan membuat daftar barang bawaan yang nggak boleh ketinggalan.

Selain pakaian dan obat-obatan pribadi, sunscreen, topi dan sun glasses adalah must have item ketika ingin berwisata outdoor seperti di Bali.

6. Jaga Kesehatan Sebelum dan Setelah Traveling

Nggak seru dong ya kalau lagi liburan lalu ada salah satu anggota keluarga yang sakit. Maka dari itu penting banget menjaga kesehatan seluruh anggota keluarga sebelum bepergian. Demikian pula setelah pulang traveling, jangan sampai setelah bersenang-senang malah pada tumbang.

Aku dan suami biasanya lebih rajin mengkonsumsi vitamin beberapa waktu sebelum bepergian. Aku pun memberikan perhatian khusus pada anakku, sebab anak-anak lebih rentan sakit saat dibawa bepergian jarak jauh. Asupan makanan pun harus lebih dijaga agar badan tetap fit sebelum, saat dan setelah pulang traveling.

Ingin #LihatDuniaLagi bersama Traveloka

Telah hadir sejak tahun 2012, Traveloka sudah lama menjadi teman perjalananku berkeliling Indonesia. Aku memang selalu memercayakan Traveloka sebagai aplikasi reservasi tiket pesawat, kereta api maupun hotel.

Traveloka pun menjadi pilihanku untuk membeli tiket S.E.A Aquarium dan Museum Madam Tussauds pada saat mengunjungi Singapore tahun 2017 lalu. Ketika itu, aku memanfaatkan fitur Traveloka Attraction and Activities yang sekarang berganti nama menjadi Traveloka Xperience.

Melihat dunia lagi ke Bali, tentu tidak lengkap tanpa menggunakan layanan aplikasi Traveloka. Adapun kelebihan aplikasi Traveloka yang memiliki tagline 'Your Lifestyle Superapp' ini adalah :

teman-hidup-traveloka

1. Mudah Mencari Tiket Pesawat

Aplikasi Traveloka menyediakan lebih dari 100.000 rute penerbangan baik domestik maupun internasional. Pengguna aplikasi inipun berkesempatan mendapatkan harga tiket termurah dengan fitur Promo Tiket Pesawat maupun dengan mengaktifkan fitur Notifikasi Harga.

Kedua fitur tersebut memungkinkan pengguna aplikasi untuk mendapatkan pemberitahuan harga termurah yang ditawarkan maskapai penerbangan menuju rute yang dikehendaki. Notifikasi ini bisa diatur untuk menyala setiap hari atau setiap minggu.

2. Mudah Mencari Penginapan Terbaik

Melalui fitur Traveloka Hotel, pengguna aplikasi bisa menemukan setidaknya 50.626 rekomendasi hotel dan penginapan di seluruh Indonesia dan lebih dari 266.000 hotel di seluruh dunia. Fasilitas masing-masing hotel dan harganya pun beragam.

Pengguna aplikasi juga berkesempatan untuk menginap di hotel-hotel berbintang dengan harga yang lebih miring ketika ada promo atau diskon. Selain itu, memesan penginapan secara online juga bisa menghindarkan risiko salah pilih penginapan.

Sebelum melakukan pemesanan, pengguna aplikasi bisa melihat secara detail profil penginapan mencakup harga, review tamu hotel sebelumnya, sistem pembayaran, fasilitas yang tersedia hingga tempat-tempat wisata atau fasilitas umum yang ada di sekitar penginapan.

Kemudahan lain yang akan didapatkan ketika memesan penginapan melalui Traveloka adalah bisa melakukan check-in secara online. Pengguna aplikasi pun hanya tinggal menunjukkan bukti check-in pada resepsionis saat tiba di penginapan.

3. Bisa Bayar Liburan Pakai Fitur Traveloka PayLater

Bahkan ketika kita belum memiliki budget yang memadai untuk traveling, Traveloka memfasilitasinya dengan fitur Traveloka PayLater. Kehadiran fitur ini berguna banget bagi traveler yang sudah mengidam-idamkan perjalanan sejak lama namun terhalang biaya yang nggak kunjung terkumpul.

Tersedia limit awal hingga 10 juta rupiah yang bisa dicicil hingga setahun ke depan dengan bunga yang rendah. Pembayarannya pun mudah dilakukan yakni dengan transfer bank atau BCA virtual account.

4. Ada Traveloka Eats bagi Pecinta Kuliner

Tidak lengkap rasanya, jika datang ke Bali tanpa mencicipi beragam kuliner khasnya. Sebagai pendatang, kita kadang kebingungan mencari wisata kuliner yang khas Bali banget, rasanya enak tapi tetap ramah di kantong. Sebagai seorang muslim, tentu aku lebih senang jika ada rekomendasi tempat makan khas Bali yang halal yang bisa dikunjungi bersama keluarga.

Ciptakan momen kuliner kaya selera. Jelajahi dan temukan tempat makan di sekitar Anda, dari jajanan kaki lima hingga gourmet masa kini. Dapatkan juga inspirasi kuliner dari koleksi dan rekomendasi pilihan, serta Eats Vouchers yang menarik.

-Traveloka Eats

Traveloka sepertinya sudah memperhitungkan hal-hal seperti ini. Salah satu fiturnya yakni Traveloka Eats sangat membantu wisatawan yang datang ke Bali untuk menemukan kuliner khas yang diinginkan. Fitur ini juga memberikan berbagai voucher promo dan penawaran dari restoran yang menarik juga eksklusif khusus untuk penggunanya.

Selain menjadi panduan untuk wisatawan dalam mencari kuliner khas atau restoran favorit, pengguna Traveloka juga bisa memesan langsung menu makanan. Selanjutnya, tinggal duduk manis menunggu makanannya datang!

5. Memudahkan Wisatawan untuk Mendapatkan Kendaraan

Sebagai sahabat di setiap perjalanan, Traveloka juga menyediakan layanan rental mobil dengan harga terjangkau. Pengguna aplikasi bisa menyewa mobil dengan atau tanpa supir. Layanan ini bisa diakses baik di dalam negeri hingga ke luar negeri sekalipun.

Dengan menyewa kendaraan pribadi, aktivitas traveling tentu akan terasa lebih bebas. Selain itu, bisa menghemat biaya wara-wiri ke berbagai tempat wisata juga.

6. Memiliki Fitur Terbaik Lainnya

Traveloka juga memiliki berbagai fitur terbaik lain seperti Discovery Mode, yang memungkinkan pengguna aplikasi untuk merencanakan liburan. Ada juga fitur Reward Zone untuk para gamers. Dalam fitur ini, pengguna aplikasi bisa memainkan berbagai mini games untuk memenangkan beragam hadiah menarik.

Aplikasi ini juga bertransformasi menjadi aplikasi multifungsi yang bisa digunakan untuk melakukan berbagai pembayaran tagihan. Pengguna aplikasi bisa membayar angsuran kartu kredit, tagihan PBB, PDAM, bahkan BPJS Kesehatan.

Satu lagi kelebihan aplikasi Traveloka yang beda dari yang lain, aplikasi ini bisa digunakan untuk berinvestasi emas juga, loh! Nominal minimal pembelian pun mulai dari Rp10.000,- yang berarti semua orang berkesempatan membangun portofolio investasi dari nol.

Kelebihan-kelebihan aplikasi Traveloka di atas membuat aku yakin untuk memilih Traveloka sebagai teman traveling di kesempatan jalan-jalan berikutnya. Nggak sabar ingin melihat dunia lagi, ke Bali, bersama teman hidup Traveloka, yaitu suami dan anakku tercinta!


Dengan hadirnya Traveloka bersama mitra dan fitur-fitur terbaiknya, seolah menegaskan bahwa Traveloka benar-benar serius untuk berkomitmen menjadi teman hidup para traveler untuk lihat dunia lagi. Setelah 2 tahun Indonesia dihantam pandemi, yuk '#lihatdunialagi dan bikin #staycationjadi' dengan Traveloka! Langsung meluncur ke Traveloka lewat link ini : https://trv.lk/kompetisi-lihatdunialagi-bloggerperempuan.

Referensi :
Pengalaman pribadi

Posting Komentar

19 Komentar

  1. Aaakkkk Bali mah destinasi impian sejuta umaaattt

    Akupun mupeeengg ke Bali. Trakhor k sana pas 14.thn silam.
    Ya ampuuun mauuukk cuss

    BalasHapus
  2. Benar2 keindahan Bali mewarnaimu sejak kecil, ya. Pantas aja begitu istimewa di hati. Moga semua wishlistnya terkabul, deh

    BalasHapus
  3. Saya juga kepingin sekali ke Bali, Mbak. Entah kapan, semoga segera rezekinya. Amin.

    BalasHapus
  4. Sama Teh saya juga, selain menulis. Traveling is the best way for healing.

    BalasHapus
  5. Bali memang ga pernah ada habisnya ya pesonanya, mulai dari makanan, budaya, sampai dengan pesona wisatanya yang selalu memukau

    BalasHapus
  6. Informasinya komplit banget, nih, Kak. <3 Moga bisa segera terealisasi niat honeymoon kesekiannya di Pulau Dewata ini ya. Hehe.

    BalasHapus
  7. Bali selalu penuh dengan lokasi wisata yang ciamik ya Mbak. Walau saya baru 1 kali ke sana, tapi melihat berbagai tempat liburan dan hotel-hotel keren di sana rasanya wow. Apurva Kempinski salah satunya yang sedang hits nih. Dan yang seru kalau di Bali tentu watersportnya ya.

    BalasHapus
  8. Wow seru ya bisa merancang impian bersama teman hidup. Memang selayaknya sebagai perempuan kita harus pergi traveling bareng teman hidup (alias mahram bisa suami , bapak, adik ) . Semoga impiannya terwujud .

    BalasHapus
  9. Baliiii...
    Aku sebenarnya terakhir ke Bali meninggalkan kesan kurang nyaman bagiku dan keluarga. Tapi itu mungkin yang namanya kisah sebuah perjalanan. Ada duka dan banyak sukanya.

    Informasi travelling di blog kak Ima always terkeren dan terlengkap.
    Kapan lagi travelling menyenangkan kalau gak bareng Traveloka. Semuanya tersedia lengkap hanya menggunakan aplikasi di HP si burung biru.

    BalasHapus
  10. Kalau punya pasangan yang sama-sama doyan traveling asyik tuh, Mbak. Bayangin kalo pasangannya mageran. Hahaha. Sulit ke mana-mana. Moga tercapai impian jalan-jalan ke Bali.

    BalasHapus
  11. Wah infonya detail banget. Jadi ingin ke Bali bersama suamiku. Tapi pasti anak minta ikut, xixixi.

    BalasHapus
  12. Bali emang nggak ada matinya ya mbak
    Nggak akan pernah bosen kalau ke Bali
    Akan selalu banyak destinasi wisata yang bisa dikunjungi
    Pasti berkesan ke Bali bersama teman hidup

    BalasHapus
  13. Lebih suka sama sebelahnya balibak, alias lombok hihihi, tapi memang dulu ak sukatraveling, sejak nikah malah gak pernah kemana mana lagi mbak hiks

    BalasHapus
  14. wish list sy nih mba. sy blm pernah ke bali. semoga suatu saat ada rezeki buat k sana

    BalasHapus
  15. Bali kayaknya emang never ending story ya buat liburan. Nggak pernah bosan buat ke Bali lagi, ke Bali lagi

    BalasHapus
  16. Bali selalu membuatku ingin kembali kesana, ingin kesana bersama orang terkasih hmm semoga ada kesempatan untuk berkunjung kembali kesana
    traveloka banyak membantu saya untuk mengagendakan perjalanan baik dinas maupun wisata

    BalasHapus
  17. Ah kangen banget jalan2. Bener deh jalan2 gitu cukup bisa bikin healing. Apalagi traveling ke area alammm

    BalasHapus
  18. dulu kayae traveling tinggal berangkat aja ya mbak. Skr kudu dipersiapkan bener tuh bawa rombongan. Bali memang dsetinasi yang luar biasa ya mbak. dan nggak lengkap rasanya kalau nggak diving

    BalasHapus
  19. Haduh, mupeng semupeng-mupengnya ygy... jalan-jalan berduaan sama pasangan, pengen banget ke bali yang nggak ada matinya memang yaaa

    BalasHapus