5 Tips Menjalankan Kehamilan Sehat dan Minim Stress

klinik-kehamilan-sehat

Di tahun 2018 silam, sebulan setelah menikah, Allah langsung memberikan saya kepercayaan untuk menjadi orang tua. Saya sendiri tidak menyangka akan hamil secepat itu, padahal saya tidak menjalankan program hamil khusus. 

Dokter spesialis kandungan yang menangani saya pada saat itu pun cukup terkejut, karena mendapati ada kista dan miom di dalam rahim saya yang mana biasanya kondisi tersebut membuat seseorang sulit hamil.

Dengan kondisi kehamilan saya pada saat itu, ditambah morning sickness yang saya alami di trimester pertama membuat saya lumayan stress. Saya merasa sakit dan tidak bisa menjalankan aktivitas normal seperti biasanya.

Akan tetapi saya sadar, hal ini tidak baik untuk saya sendiri maupun bayi yang ada di dalam kandungan. Saya pun berusaha untuk lebih semangat dengan memperkaya pengetahuan dan mengaplikasikan tips kehamilan sehat serta cara mengusir stress pada saat hamil.

Dampak Stress pada Ibu Hamil dan Janin

kehamilan-sehat-minim-stress
source : freepik


Pengaruh perubahan hormon pada ibu hamil memang membawa banyak perubahan pada kestabilan emosi. Saya merasakan betul, dari yang biasanya apa-apa woles, dikit-dikit jadi baper, sedih, marah dan campur aduk dengan emosi lainnya.

Kadang saya heran dengan diri sendiri, padahal saya sangat bersyukur dan senang dengan kehamilan ini, but why rasanya kok jadi nano-nano banget? Setelah membaca dan mencari tahu, ternyata perubahan emosi pada ibu hamil ini memang wajar.


Wajar, akan tetapi saya nggak bisa terus-terusan mewajarkan emosi saya yang mudah berubah seperti itu terus menerus. Apalagi ketika saya banyak merasakan emosi negatif, otomatis akan berpengaruh terhadap janin dalam kandungan.

Stress pada ibu hamil pun membawa dampak yang tidak baik pada janin, di antaranya :

1. Menghambat Pertumbuhan Janin

Ternyata, ketika seorang ibu hamil merasa stress atau bahkan depresi karena tingginya hormon kortisol, maka asupan oksigen ke janin melalui pembuluh darah akan berkurang karena menyempitnya pembuluh darah.

2. Berpengaruh Terhadap Tempramen Bayi

Ini sih yang paling membuat saya termotivasi untuk menghempaskan stress berlebihan dan menerapkan tips kehamilan sehat. Saya nggak mau anak saya nantinya jadi anak yang memiliki tempramen sumbu pendek.

Hasil penelitian memang menunjukkan bahwa ada korelasi antara stress berlebih yang dialami oleh ibu hamil dengan tempramen bayi setelah lahir kelak.


3. Meningkatkan Kemungkinan Terjadinya Gangguan Tidur pada Bayi

Hormon stress bernama kortisol yang diproduksi ibu hamil, apabila berlebihan maka akan menyebabkan gangguan tidur pada bayi setelah ia lahir.

Tiga hal itu cukup membuat saya berusaha untuk berubah dengan mengaplikasikan tips kehamilan sehat untuk mengurangi pikiran-pikiran dan insecurity yang saya rasakan serta membuat bayi saya lebih happy.

5 Tips Menjalankan Kehamilan Sehat dan Minim Stress

Agus Jatmika Soegiarto, CEO PT. Klinik Kehamilan Sehat Sejahtera menyebutkan bahwa penting sekali bagi ibu hamil untuk memiliki kecakapan tentang literasi medis selama kehamilan.

Tak dipungkiri, beliau mendapati masih banyak ibu hamil terutama yang mengandung anak pertama, memiliki literasi medis soal kehamilan yang rendah. Banyak dari ibu hamil yang masih mempercayai mitos-mitos seputar kehamilan yang sebenarnya hanya menambah beban pikiran ibu hamil tersebut.

Meskipun memang perubahan hormon yang menyebabkan mood swing pada ibu hamil itu normal, bukan berarti ibu hamil boleh terus-terusan merasakan emosi yang negatif tanpa ada upaya untuk menjalankan kehamilan yang minim stress.

Hal tersebut tentu akan berpengaruh pada kondisi psikis ibu hamil untuk jangka panjang dan juga berdampak untuk kesehatan fisik dan mental bayi di dalam kandungan.

Berikut ini adalah tips menjalankan kehamilan sehat dan minim stress agar ibu dan bayi lebih bahagia :

tips-kehamilan-sehat-minim-stress

1. Beristirahat yang Cukup

Mungkin beberapa dari teman-teman di sini sering mendengar ungkapan kalau ibu hamil nggak boleh mager, harus banyak gerak dan jangan rebahan aja. That's true, memang benar demikian tapi... listen to your body, too.

Jangan karena omongan orang lalu kita memforsir diri sendiri dengan berbagai aktivitas sementara bayi yang ada di dalam kandungan sudah memberikan sinyal pada bundanya untuk beristirahat. Istirahat dan tidur yang cukup sangat penting bagi kesehatan fisik dan mental ibu hamil.

2. Rutin Berkonsultasi dengan Dokter

Kebanyakan masyarakat Indonesia, bahkan di tahun 2022 ini, masih mempercayai berbagai mitos seputar kehamilan. Beberapa yang saya dengar pada saat saya hamil 3 tahun lalu seperti ibu hamil nggak boleh tidur pagi-pagi dan ibu hamil harus makan dengan porsi 2 hingga 3 kali lipat.

Jujur kedua hal ini sempat menambah beban pikiran saya. Di trimester pertama, saya mengalami morning sickness cukup parah hingga membuat saya sulit makan dalam porsi yang normal dan sulit untuk banyak melakukan aktivitas.

Adanya mitos-mitos yang berseliweran di telinga saya dari lingkungan terdekat membuat saya tertekan. Di satu sisi pengen rebahan banget pagi-pagi, di sisi lain katanya nggak boleh. Saat saya hanya bisa makan beberapa suap, terdengar lagi anjuran agar saya menambah porsi makan saya. Pusing pala Barbie! lol.

Oleh sebabnya, saya tidak ragu untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan yang menangani kehamilan saya. Dengan memeriksakan kehamilan secara rutin, saya daat mengetahui dengan pasti bagaimana janin saya tumbuh dan berkembang.

Saya juga tidak ragu untuk bertanya hal-hal yang mengganjal dan menjadi beban pikiran saya terkait mitos seputar kehamilan. Saya juga memastikan suami saya ikut dan mendengar penjelasan dari dokter. Hehe.

3. Makan Makanan yang Sehat dan Bergizi

Asupan ibu hamil sangat erat kaitannya dengan perkembangan janin, jadi pastikan teman-teman selalu mengkonsumsi makanan dan minuman yang berfaedah baik bagi ibu dan bayi di dalam kandungan. Pastikan nutrisi untuk tumbuh kembang bocilita di dalam perut terpenuhi.

Di trimester awal, mungkin ada teman-teman seperti saya yang hanya bisa makan-makanan tertentu saja dan tidak bisa makan dalam porsi seperti biasa. Ketika itu yang saya lakukan adalah tetap makan meski dalam jumlah sedikit, tapi sering.

Selain itu, pastikan ada sayuran dan buah-buahan yang dikonsumsi setiap harinya.

4. Berolahraga Ringan

Another mitos yang sering kita dengar adalah ibu hamil nggak boleh berolahraga. Padahal, olahraga adalah salah satu tips kehamilan sehat dan minim stress yang baik untuk diaplikasikan. Pastikan dulu ke dokter kandungan bahwa kondisi teman-teman memungkinkan untuk berolahraga saat hamil.

Agus Jatmika Soegiarto, dalam acara webinar "Hamil Harus Sehat" bersama Indscript Creative di hari Kamis, 2 Juni 2022, menyampaikan bahwa normalnya ibu hamil bisa melakukan olahraga ringan di usia kandungan lebih dari 20 minggu.

Olahraga ringan yang memungkinkan untuk ibu hamil seperti pre-natal gentle yoga atau senam hamil. Bahkan, di Klinik Kehamilan Sehat yang saat ini memiliki lebih dari 15 cabang di berbagai kota, menyediakan program senam hamil couple.

Dengan adanya senam hamil couple yang of course dilakukan oleh calon ibu dan ayah, harapannya adalah para calon ayah bisa lebih memahami bagaimana kondisi fisik dan psikis ibu yang sedang hamil sehingga bisa memberikan support maksimal untuk istrinya selama hamil dan dalam mendampingi saat proses persalinan dan pasca-persalinan.

5. Melakukan Aktivitas yang Disukai

Tips menjalani kehamilan sehat dan minim stress yang terakhir adalah melakukan berbagai aktivitas yang kita sukai. Dengan demikian, ibu hamil akan memiliki tabungan emosi positif yang baik bagi ibu serta bayinya.

Menonton film atau drama favorit, pergi berkencan dengan suami atau makan makanan favorit bisa menjadi alternatif kegiatan menyenangkan yang dilakukan saat hamil.


Alternatif lain, ibu hamil bisa memanjakan diri dengan melakukan perawatan tubuh dan kecantikan untuk membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks.

Konsultasikan Kehamilan ke Klinik Kehamilan Sehat

klinik-kehamilan-sehat

Untuk teman-teman yang saat ini sedang hamil atau menjalankan program hamil, penting banget untuk fasilitas kesehatan yang memberikan dukungan penuh bagi kesehatan ibu dan bayi. Salah satu rekomendasi klinik kehamilan adalah Klinik Kehamilan Sehat.

Agus Jatmika Soegiarto menyampaikan bahwa Klinik Kehamilan Sehat didirikan untuk memberikan pelayanan maksimal bagi ibu hamil dengan harga yang terjangkau. Beberapa pelayanan yang dapat diakses di klinik ini adalah :
  • Proses persalinan normal
  • Program kehamilan
  • Pemeriksaan kehamilan (USG 2D dan USG 4D)
  • Senam hamil
  • Farmasi dan cek laboratorium
  • Vaksinasi di poli anak
  • Pemasangan IUD

Kelebihan yang ditawarkan oleh Klinik Kehamilan Sehat adalah sebagai berikut :
  • Masyarakat dapat mengakses pelayanan yang kualitasnya setara rumah sakit dengan harga yang kompetitif
  • Sudah mengikuti standar perawatan setara dengan rumah sakit
  • Mengutamakan kejujuran dan transparansi saat memberikan informasi pada pasien

Kehadiran Klinik Kehamilan Sehat diharapkan dapat memberikan edukasi yang lebih luas pada masyarakat, utamanya ibu hamil agar lebih paham mengenai literasi medis seputar kehamilan.

Di samping itu, konsultasi dan pendampingan selalu dilakukan oleh dokter spesialis yang terbaik serta berpengalaman. Para dokter dan tenaga kesehatan akan membantu teman-teman dalam memberikan tips kehamilan sehat dan minim stress.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Klinik Kehamilan Sehat, teman-teman bisa mengaksesnya melalui website Klinik Kehamilan Sehat, phone call melalui nomor 08111725959 atau melalui Instagram @kehamilansehat.

Semoga informasi kali ini bermanfaat!

Sukabumi, 3 Juni 2022


Posting Komentar

35 Komentar

  1. Stres dan kegelisahan tentu berpengaruh kuat terhadap perkembangan janin selama kehamilan, untuk itu Ibu hamil sangat disarankan untuk tenang, relaks dan bahagia. Terima kasih tips-tipsnya, Mbak.
    Sangat membantu menambah pengetahuan seputar kehamilan.

    BalasHapus
  2. Memang betul ya, ibu hamil harus pasrah menerima kehamilannya, supaya engga setres. Engga mau ya, Ibu setres, malah anaknya bisa bertemperamen keras...amit-amit...

    BalasHapus
  3. Terimakasih infonya kakak. Berarti ibu hamil disarankan tetap berolahraga raga ya, asalkan yang ringan ringan bun

    BalasHapus
  4. Saya dulu waktu hamil beruntung banget enggak terlalu parah emosi dan stress nya. Meski harus bekerja 9-5 tapi dengan kesibukan bekerja malah enggak stress, juga karena di kantor ada banyak teman.

    BalasHapus
  5. Stress bukan hanya mempengaruhi kesehatan ibu tetapi juga janin. Jadi memang ibu harus tetap mengelola stress ya mom. Sharingnya wajib dibaca oleh semua calon mommy nih :)

    BalasHapus
  6. Penting banget jaga kesehatan mental ya supaya enggak cepet stress saat hamil. Makasih tipsnya Mbak, berguna banget buat ibu hamil ^-^

    BalasHapus
  7. Wah tips yang sangat bermanfaat kak

    BalasHapus
  8. Namanya baru hamil itu memang nano nano rasanya dan bisa gampang stres. Tips yang bisa banget buat di ATM dengan cara kita sendiri, makasih mbak Ima buat tipsnya

    BalasHapus
  9. Morning sickness yg parah sampai harus bedrest kadang juga memicu strees.

    BalasHapus
  10. Belum pernah hamil, tapi akan aku ingat tips-tips ini. Bakal berguna banget, jadj ada sedikit gambaran if one day i got pregnant. Thank you for sharing

    BalasHapus
  11. Setuju banget mbak, ibu yang bahagia anak pun di dalam kandungan ikut sehat dan bahagia😊

    BalasHapus
  12. Bener banget mbak, ibu yang bahagia anakpun yang di dalam kandungan akan sehat dan bahagia,makasih mbak sudah mengingatkan kembali😊😘

    BalasHapus
  13. Saya jadi inget pas dulu hamil, memang kehamilan ini harus dijaga dengan baik, ibu tetep bahagia agar engga mudah stress. Dukungan orang terdekat penting banget buat bumil

    BalasHapus
  14. Tips sangat penting bagi bumil sekarang yang jadi bumil kakak saya semoga doi ga stress ya

    BalasHapus
  15. Laily Fitriani10 Juni 2022 13.38

    Bener banget, stress bisa berdampak pada janin ya Mbak? Dulu awal menjadi ortu daku rajin baca buku khusus serba-serbi bayi daku ulang-ulang agar paham. Alhamdulillah, ada gambaran.

    BalasHapus
  16. Memang trimester pertama biasanya sungguh menguji mommies yang sedang hamil ya. Dari morning sickness alias mual ditambah lagi kadang sakit-sakit di seluruh badan pun muncul. Dukungan dari orang sekitar jadi penting. Tujuannya mengurangi beban mental para bumil dan menciptakan suasana hati yang kondusif. Sehingga kelak 1anak pun ikut baik pertumbuhannya.

    BalasHapus
  17. Aku sudah merasakan pentingnya kesehatan mental untuk bumil :) hamil anak pertama waduh roller coaster banget mood nya. Hamil anak kedua lebih tenang dan sudah menemukan banyak tips supaya mood terjaga, salah satunya yoga ibu hamil, nyontek dari youtube. :)

    BalasHapus
  18. Thanks info klinik kehamilan sehat nyaa. sudah merasakan pentingnya kesehatan mental buat ibu hamil. pas hamil anak pertama wah mood roller coaster banget. anak kedua, sudah lebih tenang, dan menemukan yoga untuk ibu hamil di youtube :)

    BalasHapus
  19. Kehamilan minim stres...ulasan yang lengkap dan bermanfaat. Sungguh kehadiran klinik seperti Klinik Kehamilan Sehat bisa memberikan edukasi yang lebih luas pada masyarakat, utamanya ibu hamil agar lebih paham mengenai literasi medis seputar kehamilan.Sehingga akan lancar kehamilannya

    BalasHapus
  20. Beberapa kali nemenin tante yang lagi hamil atau temen lagi hamil. Ada fase mereka mengalami stres memang. Saya sendiri belum nikah. Tapi setidaknya jadi bekal pengetahuan kalau nanti sudah nikah.

    BalasHapus
  21. Wah, tulisan yang bagus sekali, sangat berguna untuk bimil. Bener banget, stres mempengaruhi kesehatan janin.

    BalasHapus
  22. Setiap bayi kabarnya membawa ke masing-masing kondisi sang Ibu.
    Tapi memang harus diperhatikan dari berbagai aspek yaa., Ya dari segi fisik sampai mental di Klinik Kehamilan Sehat.

    Kak Ima kuat banget ya..
    Betapa shock waktu tau ada miom itu...
    Semoga gak pernah kambuh-kambuh lagi sakitnya yaa, kak Ima. Plus gak ada sakit lainnya juga dan segera diberi momongan kembali #eh hehhe..

    BalasHapus
  23. poin penting untuk selalu kontrol kehamilan itu karena dari hasil kontrol ini kita bisa tahu kondisi janin serta kalopun ada masalah maka akan lebih cepat terdeteksi dan ditangani lebih awal

    BalasHapus

  24. Walau kadang ga mau stres tapi pst ada aja masalah kecil yang jadi pemicu stres bagi ibu hamil
    Membantu sekali semua saran-sarannya apalagi saya lagi hamil 7 bulan

    BalasHapus
  25. Bener banget sih, stres saat kehamilan itu dampaknya uwow banget. Bahkan bisa dirasakan sama janin dan bisa berdampak pada psikologis si anak ke depannya. Karena proses pengasuhan ternyata sudah dimulai sejak baby ada di dalam kandungan.

    Senang lah ada Klinik Kehamilan Sehat yang bisa membantu para perempuan merasakan kehamilan sehat jasmani dan rohani.

    BalasHapus
  26. Alhamdulillaah dua kehamilan saya sebelumnya minim stres dan itu juga berdampak positif saat saya telah menjadi seorang ibu. Jadi selama kehamilan memang kita harus benar2 memperhatikan kondisi tubuh ya bukan cuma fisik tapi juga psikis karena kalau mental terganggu juga bisa mempengaruhi kesehatan ibu dan janin

    BalasHapus
  27. Tipsnya saya save kak untuk nanti saya praktekan kalau pas lagi hamil, pastinya ini sangat bermanfaat sekali buat para bumil

    BalasHapus
  28. Pikiran itu bener" berpengaruh banyak ya, tak hanya mental tapi fisik jg, tak hanya diri sendiri tapi orang lain jg

    BalasHapus
  29. Ibu yang bahagia, anak (sejak janin) juga bahagia. Terima kasih ulasannya yang komplet dan sarat informasi, Mbak. Semoga bikin ibu hamil makin aware dengan kesehatan fisik dan mentalnya. Aamiin :)

    Vita mamanesia.com

    BalasHapus
  30. Informasinya sangat bermanfaat, terima kasih. Bisa dipraktekin nanti hehe

    BalasHapus
  31. Makasih infonya kak. Lagi butuh banget tips_)-tips kehamilan kayak gini buat sodaraku yg lagi hamil. Membantu banget karna ini hamil anak pertamanya. Butuh banyak pengetahuan dari yg udah berpengalaman.

    BalasHapus
  32. makasih infonya nih semoga membantu buat para perempuan yang sedang atau persiapan kehamilan nih

    BalasHapus
  33. Benar sekali kak, Bumil harus tetap fresh dimasa hamil krn klu tidak janin akan berpengaruh dalam masa perkembangannya. Cukup bermanfaat tipsnya kaka

    BalasHapus
  34. makasih tipsnya ya mbak, aku lagi jalan 7 bulan di kehamilan pertama nih mohon doanya sehat debay dan bundanya sampai hari H aamiin

    BalasHapus
  35. Iya nih, usahakan untuk tidak stres berlebih ketika sedang hamil. Saya sendiri pernah mengalami hal itu, rasanya beraaatt banget. Sudahlah badan cepat lelah, tekanan kerja menumpuk, ditambah masalah-masalah lain. Kalau tidak tepat mengelolanya, bayi yang di dalam kandungan jadi terdampak.

    BalasHapus