Satu Tahun (Lagi) bersama KLIP

setahun bersama KLIP

Welcome December!

Masha Allah, sudah kembali memasuki penghujung tahun 2021. Ada cerita apa di sepanjang tahun ini?

Mengawali bulan keduabelas ini, saya ingin membagikan cerita selama setahun mengikuti Kelas Literasi Ibu Profesional (KLIP). Sounds familiar mungkin bagi teman-teman yang sudah membaca tulisan seputar literasi di blog saya ini?

Kilas Balik Menulis Bersama KLIP di 2020

KLIP memang sudah beberapa kali menjadi bahan tulisan dalam blog saya. Sejak tahun 2020 lalu, saya rutin menulis dan menyetorkan tulisan saya ke KLIP sehingga rekam jejak menulis saya selama 2020 terdokumentasi dengan rapi.

Tahun 2020 lalu, selama setahun saya berhasil konsisten menulis hingga menghasilkan lebih dari 200 postingan di blog ini. Setengah tahunnya berisi jurnal perkuliahan di kelas Bunda Sayang, sih. Hehe.


Tahun lalu bisa disebut sebagai tahun comeback saya di dunia kepenulisan setelah 10 tahun on-off dari kegiatan menulis serius. Sehingga, saya berusaha untuk membiasakan diri dengan menulis (hampir) setiap hari.


Setelah ditempa selama setahun di KLIP dan merasakan banyak manfaat yang saya dapatkan dari bergabungnya saya dengan komunitas yang berisi para perempuan penulis dari berbagai belahan dunia ini, di tahun 2021 saya mantap untuk kembali mendaftarkan diri di Kelas Literasi Ibu Profesional.

Bersama KLIP di 2021

Ada perbedaan yang cukup mencolok dari target menulis saya antara tahun lalu dan tahun 2021 ini. Kalau tahun lalu, saya menitikberatkan pada 'nulis aja dulu' maka di tahun ini saya lebih pemilih terhadap topik dan sesuatu yang ingin saya tulis.

Setelah mengikuti berbagai kelas menulis dan sedikit banyak lebih paham terhadap SEO, maka menulis dan memublikasikan tulisan di blog membutuhkan waktu lebih lama dari tahun lalu. Oleh sebabnya, tahun ini jumlah setoran saya tidak sebanyak tahun lalu.

Kalau di tahun 2020 dalam satu tulisan jumlah kata rata-ratanya berkisar antara 500-800, di tahun ini jumlah kata dalam satu tulisan bisa mencapai 1000 kata. Tentunya, tulisan tersebut bukan tulisan sekali duduk. Butuh waktu beberapa hari untuk menyelesaikan tulisan tersebut.

Meskipun kuantitas setoran saya di tahun 2021 ini tidak sebanyak tahun lalu, tapi saya tetap mengapresiasi pencapaian saya bersama KLIP di tahun ini. Saya bersyukur masih bisa konsisTEN menulis sepanjang tahun dan masih sangat menikmati kegiatan menulis hingga hari ini.

Skripsian Lagi

Syarat kelulusan di KLIP tahun ini semakin menantang. Selain jumlah kata minimal yang semakin meningkat, ada persyaratan untuk membuat skripsi juga tahun ini. Saya pikir, setelah meninggalkan jenjang S1 delapan tahun lalu, nggak akan ada lagi yang namanya skripsian. Eh, sekarang ketemu lagi deh! Hehe.

Mulanya, saya ingin membukukan perjalanan parenting saya yang sebelumnya sudah saya tuliskan di blog ini. Setelah dipikir lagi, saya memutuskan untuk membukukan pengalaman traveling saya. Alasannya ya karena awal mulanya saya kembali menulis di blog adalah untuk bercerita pengalaman jalan-jalan.

skripsi KLIP
Cover skripsi KLIP saya tahun ini

Kumpulan tulisan perjalanan ini akan saya satukan dalam sebuah e-book berjudul "Satu Langkah Kecil". Dimulai dari satu langkah kecil tersebut, saya bisa melangkah ke banyak tempat dan menuliskan pengalaman traveling saya di blog.

Setelah skripsian, tinggal tunggu kelulusan nih. Kira-kira tahun depan join KLIP lagi nggak ya?

Yogyakarta, 2 Desember 2021

Posting Komentar

2 Komentar

  1. KLIP itu seperti kelas yang bisa dipilih dari Komunitas Ibu Profesional bukan sih, Mbak?

    Setahuku itu yang di instagramnya, ternyata ada kelas literasi nulis di blog?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan, Mbak. Memang bagian dari Ibu Profesional tapi ini sifatnya terbuka untuk umum. Bukan member IP pun boleh ikutan.

      Tujuannya supaya member konsisten menulis sepanjang tahun. Bisa nulis di blog atau platform lainnya, Mbak.

      Hapus