Syuting di Indonesia, Salah Satu Alasan Menonton Korean Variety Show

By Imawati A. Wardhani - Juli 02, 2020


Selain Korean Drama, Variety Show juga merupakan salah satu acara televisi yang banyak ditonton oleh masyarakat Korea bahkan masyarakat dari negara-negara lain yang menayangkan acara tersebut.

Variety show diartikan sebagai ragam seni atau ragam hiburan, merupakan suatu acara hiburan yang terdiri dari beberapa pertunjukan dan biasanya dibawakan oleh pembawa acara atau host.

Program variety show yang ditayangkan di Korea banyak menarik minat penonton salah satunya adalah karena ide dan konsepnya yang cukup menarik dan berbeda dari acara reality atau variety show yang sudah ada.

Selain acara travelling atau kulineran yang biasa kita lihat di stasiun televisi nasional, variety show Korea bisa mengusung tema parenting seperti dalam The Return of Superman dimana pemeran utamanya adalah ayah dan anak-anak. Ada juga Running Man, yang menampilkan permainan-permainan seru bersama para idol. Kemudian ada yang membawa tema pernikahan virtual antar idol seperti dalam We Got Married.


Idol-idol yang ditampilkan dalam variety show di Korea sebagai bintang tamu bisa berasal dari kalangan pemain drama, komedian ataupun penyanyi baik solo maupun group (boyband atau girlband). Kehadiran idol yang ikut serta dalam variety show inilah yang menjadi daya tarik orang-orang untuk menonton acara tersebut.

Aku sendiri termasuk ke dalam kategori orang yang menonton variety show karena ada idol yang aku suka menjadi bintang tamu dalam acara tersebut. Sebut saja Running Man, meskipun acaranya memang seru dan lucu, aku hanya menonton beberapa episode yang menghadirkan biasku sebagai bintang tamunya.


Begitu pula dengan We Got Married, aku hanya menonton episode-episode tertentu dimana pemain utamanya adalah idola-idolaku seperti saat episode Yonghwa CNBLUE dan Seo Hyun SNSD.

Goguma Couple
Source : soompi.com
Alasan lain menonton variety show adalah ketika acara tersebut menampilkan Indonesia sebagai lokasi syutingnya. Penasaran dong seperti apa idol Korea saat berada di Indonesia.

Beberapa variety show tersebut antara lain :

1. Law of the Jungle

Law of the Jungle merupakan perpaduan antara acara real-variety dan dokumenter alam. Dalam acara ini, sekelompok idol akan mencoba menaklukan tantangan untuk bertahan hidup di alam terbuka.

Mereka akan ditempatkan di suatu wilayah yang asing atau bahkan terisolasi untuk kemudian bertahan hidup menggunakan peralatan sederhana dan mengandalkan alam sebagai sumber utama kehidupan mereka.

Acara ini pernah menampilkan keindahan alam Sulawesi Utara tepatnya di Manado pada episode ke-246. Para peserta yang merupakan idol baik senior maupun junior pergi ke sebuah pulau terpencil di sekitar pulau Manado. Pulau yang dituju adalah pulau Mahoro dan Manumpitaeng.

Mahoro Island, Sulawesi, Indonesia
Source : travel.trubus.id
Dalam episode tersebut, diperlihatkan betapa indahnya pemandangan laut disana. Benar-benar bikin mupeng dan rindu snorkeling serta berlayar di tengah lautan lepas. Episode bertajuk "Law of the Jungle in Kota Manado" ini tayang pada tahun 2017 silam.


2. Running Man

Siapaa yang tidak tau atau belum pernah mendengar tentang variety show yang satu ini?! Bisa dikatakan Running Man merupakan salah satu variety show paling populer dari Korea Selatan. 

Acara ini pertama tayang pada tahun 2010 loh! Sudah 10 tahun sejak pertama kali muncul di layar kaca dan hingga saat ini masih eksis meskipun sudah mengalami beberapa kali pergantian pemain (utama). Daebak, jinjja!

Mengusung konsep komedi dan dikombinasikan dengan permainan beregu, Running Man menampilkan kekocakan dan keseruan dalam tiap episodenya. Ditambah dengan bintang tamu yang selalu membawa pemandangan segar dalam episode-episodenya.

Fokus ke tempat sampahnya ya, Taman Safari punya!
Source : idntimes.com
Pada episode ke-200, Running Man menyelesaikan tantangannya di Taman Safari Bogor, Indonesia. Ada juga episode ke-491 dimana Lee Kwang So dan So Min harus menjalani hukuman dengan mencoba flying fox dan kereta gantung yang ada di Pantai Timang, Gunung Kidul, Yogyakarta.

3. Barefooted Friends

Suatu hari, aku dan seorang teman mengendarai sepeda motor melintasi daerah sekitar bundaran Hotel Inna Garuda untuk menuju ke toko Progo yang letaknya di belakang Pasar Beringharjo.

Tidak seperti biasanya, jalanan saat itu muaceeet puooll! Hampir tidak bergerak meskipun menggunakan sepeda motor, nggak bisa nyelap nyelip kayak biasa. Usut punya usut ternyata lagi ada syuting salah satu variety show Korea yaitu Barefooted Friends.

Jalan-jalan ke Candi Prambanan
Source : solopos.com
Dalam variety show ini, para peserta yang terdiri dari idol-idol melakukan perjalanan keluar negeri lalu hidup layaknya local people di daerah tujuan. Mereka diminta untuk mempelajari kearifan lokal serta merasakan menjadi bagian dari masyarakat setempat.

Setelah tayang di televisi, aku baru tau kalau syuting yang dilakukan di Yogyakarta pada waktu itu adalah untuk episode 4, 5 dan 6 yang tayang pada tahun 2013.

4. We Got Married

Keindahan pulau-pulau di Indonesia menjadi daya tarik tersendiri bagi pasangan yang ingin berbulan madu atau menghabiskan waktu bersama dalam suasana yang romantis.

Eksotisme pulau dewata Bali serta Lombok membuat variety show We Got Married beberapa kali melakukan pengambilan gambar di pulau yang terkenal sebagai destinasi utama untuk bulan madu di Indonesia tersebut.

We Got Married adalah variety show yang memasangkan idol-idol sebagai pasangan suami istri. Mereka kemudian melakukan misi untuk menyelesaikan tantangan secara bersama-sama.

Woojong Couple
Source : soompi.com
Salah satu pasangan yang melakukan syuting di Indonesia adalah Lee Jang Woo dan Eun Jung (T-Ara) di tahun 2012 silam. Mereka menghabiskan waktu di pulau Lombok tepatnya di pantai Malimbu, desa adat Sukarara serta Gili Air. Pasangan ini juga menampilkan adegan pernikahan dengan adat Lombok.

Itu tadi 4 variety show Korea Selatan yang pernah melakukan pengambilan syuting di Indonesia dan yang sudah aku tonton episode-nya.

Bagiku, menonton variety show menjadi selingan untuk mendapatkan hiburan disamping menonton drama Korea. Selain itu, aku juga bisa melihat sisi lain dari idol yang biasa aku tonton dalam serial drama.

Sayangnya sejak resign dan menjalani hari-hari sebagai ibu rumah tangga, aku sudah tidak pernah lagi menonton variety show. Saat ini lebih sering mengikuti drama Korea. Menurut kalian, variety show terbaru apa ni yang recommended dan tidak boleh terlewatkan?

Sukabumi, 03 Juli 2020

  • Share:

You Might Also Like

1 komentar

  1. Yg terbaru, TWogether juga syuting di Indonesia, Jogya dan Bali

    BalasHapus