OST Kdrama Berikut Masih Stuck in My Head

By Imawati A. Wardhani - Juli 18, 2020


Selain penikmat film dan buku, aku juga seorang penikmat musik. Sejak kecil aku sudah senang mendengarkan musik. Pengaruh ayahku sangat besar karena sedari aku dan adik-adik masih bayi, kami sudah diperdengarkan berbagai jenis musik.

Ayahku juga mengenalkan kami berbagai genre musik. Mulai dari campursari, klasik, pop, rap, jazz, blues hingga musik rock. Jangan salah, aku tau Linkin Park, Eminem bahkan penyanyi lokal seperti Widi Widiana (penyanyi Bali) dari ayahku. Pengetahuan musik beliau memang luar biasa, mulai dari penyanyi lawas hingga ter-update beliau tau.

Pernah suatu ketika, ayahku memberikan pelajaran tentang musik. Memberitahu aku dan adik-adikku apa perbedaan antara musik dangdut dan campursari sampai jazz dan blues. That was an unforgettable moment.

Seperti buah jatuh tidak jauh dari pohonnya, aku pun tumbuh dengan hobi mendengarkan musik. Bahkan ketika ujian sekolah atau kuliah menjelang, belajar pun harus ada backsound musik yang menemani. Dengan mendengarkan musik, rasanya pikiran menjadi lebih rileks dan fresh. Apa yang aku pelajari pun rasanya lebih cepat nyangkut di kepala.

Lagu-lagu yang didengarkan pun bisa menjadi gambaran dari suasana hati. Senang, sedih, galau, tinggal pilih musik yang sesuai dengan suasana hati untuk menjadikannya lebih baik. Dulu, kalau lagi sedih dan mellow aku akan mendengarkan musik rap sambil berusaha mengikuti liriknya. Setelahnya, entah bagaimana perasaan menjadi lebih lega. Hehe.

Ya Allah, kebanyakan bawang merah, bawang putih serta daun bawangnya. Mana dagingnya?!

Sebenarnya, pembahasan dalam tulisan kali ini adalah mengenai original soundtrack (OST) drama Korea yang paling disuka. Yeah, ini merupakan bagian dari Kdrama Writing Challenge yang sudah memasuki topik 17.
Seperti yang aku sampaikan sebelumnya, aku suka mendengarkan berbagai jenis musik. Tidak hanya lagu-lagu berbahasa Indonesia dan Inggris, telingaku sudah cukup terbiasa dan dapat menerima lagu-lagu berbahasa asing lain seperti Perancis, China dan tentu saja Korea. Hal ini karena ayahku dulu sering memutarnya di rumah.

Drama Korea, selain memikat penonton dengan jalan cerita serta aktor-aktrisnya yang menarik, juga menonjolkan lagu pendukungnya alias original soundtrack. Banyak drama yang memiliki OST bagus-bagus dan populer menyaingi popularitas drama itu sendiri.

Aku sendiri, termasuk orang yang suka mendengarkan backsound atau lagu-lagu yang diputar saat menonton drakor. Backsound tersebut seolah membuat cerita menjadi semakin hidup dan dapat menggambarkan bagaimana situasi dan perasaan hati tokoh dalam ceritanya.

Kalau sudah terpikat oleh suatu lagu, biasanya aku akan mendengarkan lagu tersebut berulang-ulang, mencari lirik lagunya dan menghafal liriknya. Ulang terooss sampai hafal dan eneg sendiri lama-lama. Penyakit deh! Hehe.

Dari sekian banyak drama Korea, ada nih lagu-lagu dari original soundtrack drama yang masih suka aku dengarkan. Memang frekuensiku dalam mendengarkan musik sudah tidak sesering dulu, tapi beberapa lagu ini masih suka terngiang-ngiang di kepalaku :

Same, Song Ji Eun feat. Sung Hoon  - OST. My Secret Romance


Lagu ini adalah lagu pamungkas dari drama Korea berjudul My Secret Romance yang tayang pada tahun 2017. Bercerita tentang kisah cinta Cha Jin Wook (Sung Hoon) dengan Lee Yoo Mi (Song Ji Eun) yang berawal dari cinta satu malam.

Padahal, menurutku pribadi drama ini tidak meninggalkan kesan yang mendalam. Ceritanya ringan dan mudah ditebak endingnya. Untuk pengisi waktu luang dan ingin menonton tanpa harus berpikir boleh lah. Justru yang membuatku susah move on adalah lagu utamanya yang berjudul Same.

Sampai sekarang ni, lagu ini masih sering terputar secara acak di Spotify-ku dan akupun masih menikmatinya. Hehe.

That (Wo)Man, Baek Ji Young/Hyun Bin - OST. Secret Garden


Selain masih suka menonton ulang drama Secret Garden, aku juga gagal move on dari original soundtrack-nya yang dinyanyikan oleh Baek Ji Young dan Hyun Bin. Judulnya That Woman dan That Man.

Lagunya menceritakan tentang perasaan cinta seseorang pada pujaan hatinya, dimana orang tersebut mencoba untuk mengungkapkan pada cintanya kalau, "Gue loh yang selalu ada buat lo, paham nggak sih sama perasaan gue?!" kira-kira begitu lah.
Lagu ini betul-betul pas dengan berbagai adegan dalam drama Secret Garden. Bikin yang menonton ikut berempati dan merasakan apa yang sedang dirasakan oleh tokoh utamanya. Hiyaaa~ jadi makin menghayati deh.

Everytime, Chen (EXO) fet. Punch - OST. Descendants of the Sun


Oh every time i see you

Geudae nuneul bol ttaemyeon jakku
gaseumi tto seolleyeowa
Nae unmyeongijyo sesang kkeutirado
jikyeojugo sipeun dan han saram


Baby ohohohoh
Ohohohoh


Tuh malah nyanyi kan! Soundtrack drama yang super hits pada masanya ini memang easy listening dan gampang banget nempel di kepala. Selain itu, lagu ini juga diputar dimana-mana. Sempat saat sedang berbelanja di suatu pusat perbelanjaan, lagu ini terdengar dan auto bikin pengen nyanyi. Haha.

Mendengar lagu ini bikin terkenang sama adegan-adegan yang diperankan oleh SongSong couple dalam drama Descendants of the Sun. Bikin kangen sama DOTS deh!

Say Yes, Loco and Punch - OST. Moon Lovers : Scarlet Heart Ryeo


Hanya dengan mengetik judul soundtrack ini saja aku langsung membayangkan adegan Hae Soo yang nyaris terjatuh dan ditangkap oleh Pangeran Wang Soo dari atas kudanya. Hihi.

Walau aku banyak bersedih saat menonton drama ini karena tragedi yang bertubi-tubi, tapi hampir semua soundtracknya tidak mengecewakan. Sampai sekarang, lagu ini masih sering terngiang-ngiang di kepala sampai terkadang aku refleks menyanyikan beberapa bait liriknya.


Selain Say Yes, ada lagi OST Moon Lovers : Scarlet Heart Ryeo yang masih sering terputar di Spotify-ku, judulnya I Love You, I Remember You oleh I.O.I dan For You yang dinyanyikan oleh Chen, Baekhyun dan Xiumin.

Masih banyak lagi yaa sebetulnya lagu-lagu dari drama Korea yang bagus-bagus dan pernah menemani hari-hariku. Tapi, yang paling stuck in my head dari dulu hingga sekarang lagu yang aku tuliskan di atas.

Sekian dulu, teman-teman cerita tentang OST drama Korea yang tak terlupakan atau terfavorit.

Sukabumi, 18 Juli 2020

  • Share:

You Might Also Like

2 komentar

  1. Aduh hyun bin Oppa 😻👏 suaranya namja banget ya Mba Imaaa

    BalasHapus
  2. Iyayaa...ada juga drama yang tidak cukup membekas kisahnya karena B aja, tapiii...OST nya malah masih tertancap lebih dalam di hati.
    Uwww~
    Bener, kayak My Secret Romance ini.
    Kisah cinta satu malah.

    BalasHapus