Rabu, 07 April 2021

Semua Anak Adalah Bintang, Tantangan Hari Ke-7


Assalammualaikum,

Sudah memasuki hari ke-7 menuliskan jurnal observasi guna menemukan bintang dalam diri anakku. Pada zona terakhir di kelas Bunda Sayang ini, mengangkat tema Semua Anak Adalah Bintang. Setiap anak memiliki potensi dan bakatnya tersendiri, selama itu baik dan bermanfaat untuk anak maka orang tua sebaiknya ya mendukung dan memfasilitasi anak agar minat bakatnya terasah.

Seperti yang aku sampaikan pada tulisan "Semua Anak Adalah Bintang, Tantangan Hari Ke-4" kemarin, aku akan bercerita sedikit banyak mengenai aktvitas art and craft yang aku lakukan bersama anakku selama ini. Sebelumnya, aku pernah mengikuti sebuah workshop parenting yang menjelaskan mengenai area pembelajaran seni ini. Dalam workshop tersebut dijelaskan bahwa area tempat penemu-penemu kecil tercipta adalah di "art and craft" ini.

Untuk mengasah kreativitas anak melalui pembelajaran art and craft, ada beragam cara yang dapat dilakukan untuk anak-anak usia 1 sampai 3 tahun. Misalnya saja untuk prakarya dari kertas, anak-anak dapat diajarkan meremas kertas, merobek, melipat, menggunting, menempel dan membuat kolase.

Sementara untuk bermain-main dengan warna, anak-anak dapat melukis dengan kuas, finger painting, melukis dengan sponge, melukis dengan daun atau tanaman lain, spray painting dan macam-macam lagi. Aku sendiri sudah mencoba mengenalkan Dipta beragam teknik mewarnai seperti yang sudah disebutkan tadi, juga menggunakan krayon dan pensil warna.

Sejauh pengamatanku, Dipta selalu akan antusias setiap kali aku mengajaknya untuk mewarnai dengan menggunakan teknik pewarnaan baru. Ia juga akan fokus berlama-lama membuat prakarya dan berbinar saat menunjukkan hasilnya. Sekarang, ia pun sudah dapat bercerita mengenai hasil karyanya.

Semua Anak Adalah Bintang, Tantangan Hari Ke-7

Observasi Kegiatan Harian :

Observasi hari ke-7

Nama : Dipta
 
Usia : 2 tahun 5 bulan

Periode Observasi : 1-10 April 2021

Nama Aktivitas (Hari Ke-7) :
Beberapa aktivitas yang aku lakukan bersama anakku dan aku amati terbagi menjadi 5 jenis kegiatan yaitu "Pengenalan Konsep Matematika", "Art and Craft", "Stimulasi Bahasa", "Exercise of Practical Life" dan "Keagamaan".

Dalam aktivitas "Pengenalan Konsep Matematika", permainan yang Dipta lakukan adalah menghitung jumlah mainan hewan laut dan memasukkannya ke dalam ember berisi air sebelum ia mandi. Aku melihat ia enjoy melakukan aktivitas ini dan menganggapnya dengan mudah dapat melakukan aktivitas ini. Sehingga bintang yang aku berikan adalah 2 bintang.

Berikutnya adalah aktivitas seputar "Art and Craft". Hari ini Dipta menggunakan spray bottle untuk menghasilkan lukisan dari pewarna makanan yang diteteskan ke atas kertas. Ia tampak enjoy dan sangat menikmati kegiatan tersebut. Aku memberikannya bintang 2 hari ini untuk kegiatan tersebut.

Selanjutnya, kegiatan yang aku lakukan untuk "Stimulasi Bahasa" adalah dengan menceritakan hasil gambar melalui cara pretend play. Jadi, aku bercerita mengenai gambar rumah dan pekarangan rumah dengan seolah-olah mengajaknya ikut bermain dan mampir ke rumah tersebut. Dipta mengenal kosakata baru seperti pekarangan rumah, halaman rumah dan semak belukar. Bintang yang aku berikan untuk stimulasi bahasa ini adalah 2.

Kegiatan di area "Exercise of Practical Life" hari ini Dipta tampak bersemangat untuk membuka snack paginya sendiri. Ia juga langsung mengambil sendok dan makan serealnya secara mandiri, tidak minta padaku untuk menyuapinya. Bintang yang kuberikan untuk ini adalah 2.

Terakhir adalah aktivitas "Keagamaan". Hari ini, Dipta belajar mendengarkan dan menghafalkan surat Al-Lahab. Ia tampak mau mendengarkan dan mulai tertarik untuk mengulang ayat-ayat dalam surat tersebut. Aku memberikan bintang 2 untuk aktivitas ini.

Sekian catatan observasiku mengenai kegiatan Dipta hari ini guna menemukan minat dan bakatnya. Besok akan disambung lagi!

#harike-7
#tantangan15hari
#zona8bintang
#semuanakadalahbintang
#pantaibentangpetualang
#institutibuprofesional
#petualangbahagia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar