Senin, 05 April 2021

Semua Anak Adalah Bintang, Tantangan Hari Ke-4


Assalammualaikum,

Sudah memasuki hari ke-4 menuliskan jurnal observasi guna menemukan bintang dalam diri anakku. Pada zona terakhir di kelas Bunda Sayang ini, mengangkat tema Semua Anak Adalah Bintang. Setiap anak memiliki potensi dan bakatnya tersendiri, selama itu baik dan bermanfaat untuk anak maka orang tua sebaiknya ya mendukung dan memfasilitasi anak agar minat bakatnya terasah.

Sepanjang perjalanan menemani Dipta yang saat ini berusia 2 tahun lebih, aku melihat dirinya masih senang mengeksplorasi dan tentunya tertarik dengan banyak hal. Namun, ada satu yang aku perhatikan ia konsisten melakukannya hampir setiap hari, kegiatan tersebut berkaitan dengan art and craft.

Saat Dipta berusia 2 tahun kurang dan sudah melewati fase oralnya, aku memberanikan diri untuk membelikannya krayon, cat air serta kuas untuk melukis. Ketertarikan Dipta terhadap warna mulai terlihat sejak ia bisa berbicara dan kata-kata pertama yang muncul setiap hari kala itu adalah warna-warna dalam bahasa Inggris.

Ia senang menyebut benda-benda dengan warnanya, senang ketika diajak bermain mengelompokkan warna dan hal-hal semacam itu. Ini membuatku ingin mengenalkannya pada warna-warna yang biasa ia sebutkan dengan media gambar dan lukis.

Sampai sekarang, kegiatan art and craft seperti melukis dan menggunting menjadi salah satu kegiatan yang Dipta sukai dan pasti antusias saat melakukannya. Selama 5 hari ke depan, aku ingin berbagi pengalaman saat mendampingi anakku berkegiatan di area art and craft ini.

Semua Anak Adalah Bintang, Tantangan Hari Ke-4

Observasi Kegiatan Harian :

Observasi hari ke-4

Nama : Dipta

Usia : 2 tahun 5 bulan

Periode Observasi : 1-10 April 2021

Nama Aktivitas (Hari Ke-4) :
Beberapa aktivitas yang aku lakukan bersama anakku dan aku amati terbagi menjadi 5 jenis kegiatan yaitu "Pengenalan Konsep Matematika", "Art and Craft", "Stimulasi Bahasa", "Exercise of Practical Life" dan "Keagamaan".

Dalam aktivitas "Pengenalan Konsep Matematika", anakku sedang senang menghitung segala macam benda yang ia lihat. Sebab hari ini ia baru melaksanakan khitan, maka semua aktivitas kami lakukan dari tempat tidur. Ia tampak bermain-main dengan jarinya dan menghitungnya satu per satu. Ia juga mencoba menunjuk angka satu sampai lima menggunakan jari-jarinya. Aku melihat ia enjoy melakukan aktivitas ini dan menganggapnya dengan mudah dapat melakukan aktivitas ini. Sehingga bintang yang aku berikan adalah 2 bintang.

Berikutnya adalah aktivitas seputar "Art and Craft". Hari ini karena Dipta masih merasa sakit jika bergerak terlalu banyak maka ia hanya menggambar bebas menggunakan kertas dan pulpen yang ada di sekitar. Meskipun tidak bisa melakukan kegiatan melukis kesukaannya seperti biasa, namun ia tetap terlihat senang mengerjakannya. Aku memberikannya bintang 2 untuk hari ini. Aku mengulang kegiatan yang sama pada poin pengenalan konsep matematika dan art and craft karena kondisi anak yang belum fit sepenuhnya untuk bermain.

Selanjutnya, kegiatan yang aku lakukan untuk "Stimulasi Bahasa" adalah dengan bercerita mobil polisi dan ambulans yang kami temui disepanjang perjalanan dari Bandung ke Sukabumi. Dipta sudah bisa mendeskripsikan seperti apa mobil polisi dan ambulans serta apa fungsi dari kedua kendaraan tersebut. Bintang yang aku berikan adalah 2.

Kegiatan di area "Exercise of Practical Life" hari ini berlangsung dengan lumayan baik. Dipta sudah mulai mau melakukan kegiatan sendiri misalnya minum dari gelas sendiri atau menyikat gigi sendiri. Aku memberikan Dipta bintang 2 untuk kegiatan ini.

Terakhir adalah aktivitas "Keagamaan". Hari ini, Dipta belajar mendengarkan dan menghafalkan surat Al-Lahab. Biasanya aktivitas mengaji ini dilakukan sebelum tidur, namun hari ini kami lakukan di sore hari. Tampaknya ia kurang bersemangat dan tidak mau mengikuti aku melafalkan ayat-ayat dalam surat tersebut karena masih ingin bermain dengan sepupu-sepupunya. Aku memberikan bintang 1 untuk aktivitas ini.

Sekian catatan observasiku mengenai kegiatan Dipta hari ini guna menemukan minat dan bakatnya. Besok akan disambung lagi!

#harike-4
#tantangan15hari
#zona8bintang
#semuanakadalahbintang
#pantaibentangpetualang
#institutibuprofesional
#petualangbahagia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar