Sabtu, 09 Januari 2021

Project Literasi, Tantangan Hari Ke-3


Halo teman-teman petualang!

Hari ini memasuki hari ke-3 tantangan zona 5 kelas Bunda Sayang Institut Ibu Profesional untuk project literasi. Rencananya di hari pertama sampai ke-5 nanti, aku akan rutin membacakan dengan nyaring beberapa buku yang ada di rumah untuk Dipta.

Usia Dipta saat ini 2 tahun, sehingga kegiatan pra-membaca yang tepat untuk anak seusianya salah satunya adalah read aloud.

Di zona 5 kali ini, fokusnya adalah tentang pembentukan karakter melalui stimulasi baca tulis dan literasi digital. Aku akan merangkum sedikit materi yang telah diberikan sebagai dasar untuk mengerjakan tantangan di zona 5 ini.

Ada dua definisi dari literasi baca tulis, pertama adalah memahami isi teks tertulis, baik yang tersirat maupun tersurat dan menggunakannya untuk mengembangkan pengetahuan dan potensi diri. Sedangkan definisi kedua adalah menuangkan gagasan dan ide ke dalam tulisan dengan susunan yang baik untuk berpartisipasi di lingkungan sosial.

Sedangkan, ada pula 4 keterampilan berbahasa yang harus dilatih untuk memiliki kemampuan literasi baca tulis yang baik yaitu menyimak atau mendengar, berbicara, membaca dan menulis.

Untuk perkembangan bahasa pada anak, sebelumnya aku pernah menuliskannya di tulisan berikut : Tahap Perkembangan dan Stimulasi Kemampuan Bahasa Pada Anak Usia Dini

Project Literasi - Tantangan Hari Ke-3




Project :

Read Aloud

Nama : Dipta
Kelompok Usia Pondok : 0 - 6 tahun

Rencana Project :

Setiap hari selama 5 hari ke depan, Dipta akan memilih sendiri buku bacaan yang akan dibacakan oleh aku sebagai pendampingnya. Kegiatan ini akan didokumentasikan melalui Podcast i_maesha.

Sumber Referensi dan Media Digital :

Buku cerita atau buku bergambar untuk anak-anak yang ada di rumah nenek karena saat ini Dipta sedang berada di rumah neneknya.

Aktivitas Harian :

Hari ini, aku membacakan buku eknsiklopedia milikku saat kecil dulu berjudul Mengenal Ilmu Samudera "Ikan". Buku ini merupakan tulisan Joy Palmer dan terbitan penerbit GROLIER.


Kegiatan read aloud hari ini aku dokumentasikan melalui rekaman podcast di link berikut ini : Read Aloud Mengenal Ilmu Samudera Ikan.

Refleksi :

Alhamdulillah, Dipta bisa mengikuti kegiatan read aloud hari ini dengan baik meskipun banyak hal yang mendistraksi dirinya saat membaca buku. It's okay karena walaupun disambi macam-macam kegiatan lain, ia masih dapat mengikuti cerita yang aku bacakan dan ikut menjawab saat ditanya.

Semoga esok hari, Dipta bisa lebih fokus lagi saat kami berdua melakukan kegiatan read aloud ini. Dalam project literasi ini, tantangan terbesarku adalah untuk membuat Dipta tertarik dengan buku-buku yang belum familiar untuknya, selain itu kebanyakan buku-buku yang tersedia di rumah Nenek Dipta adalah buku-buku untuk anak-anak usia sekolah, bukan untuk anak-anak usia dini. Sehingga, menjadi pekerjaanku juga untuk memilih bacaan yang tidak terlalu berat bagi Dipta.

#Harike-3
#Tantangan15hari
#Zona5MembangunKarakter
#StimulasiLiterasiBacaTulis
#StimulasiLiterasiDigital
#PantaiBentangPetualang
#InstitutIbuProfesional
#PetualangBahagia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar