Top 3 Drama Korea Penyebab Second Lead Syndrome

By Imawati A. Wardhani - Juli 27, 2020


Lagi-lagi tulisan ini akan membahas tentang drama Korea. Haha. Jangan bosan ya! Tulisan ini adalah tulisan untuk topik ke-20 tantangan menulis drama Korea bersama teman-teman KLIP Drakor dan Literasi, teman-teman yang sehobi suka menonton drama Korea plus suka menulis.

Memang banyak sekali hal yang bisa dibahas hanya dari 2 kata, Drama Korea. Banyak tema dan cerita yang bisa digali darinya, rasanya kalau berbicara tentang drama Korea bahasannya bisa panjang dan bercabang kemana-mana. Terutama bagi fans garis kerasnya, 7x24 jam mungkin tidak cukup untuk membahas drama yang mereka sukai. lol.
Selain alur cerita yang menarik, salah satu daya tarik dari drama Korea adalah dari para pemainnya. Bukan hanya pemain utamanya tapi juga pemain pendukungnya yang disebut dengan second lead actor/actress.

Tidak jarang cerita-cerita tentang second lead couple dalam sebuah drama Korea menjadi hal yang dinanti-nanti penonton selain cerita tentang pemeran utama.

Aku sendiri termasuk orang yang selalu tertarik dengan kisah dari second lead couple. Lebih senang lagi, jika tidak ada cerita tentang perebutan pasangan dengan pemeran utama. Hidup masing-masing dengan kisah hidupnya sendiri.

Dari sekian banyak cerita second lead couple, ada beberapa yang masih membekas dalam hatiku (ejiyee~) dan bahkan membuatku cukup sulit melupakan cerita mereka karena suka sekali dengan kisah pasangan-pasangan second lead ini.
Drama-drama Korea yang membuat diriku cukup mengalami second lead couple syndrome adalah :

1. Descendants of The Sun

Letnan Yoo Myeong Joo dan Sersan Seo Dae Young
(Source : soomli.com)
Selain cerita tentang SongSong couple, ada juga kisah tentang sahabat dari Kapten Yoo Shi Jin (Song Joong Ki) dan dokter Kang Mo Yeon (Song Hye Kyo) yaitu Seo Dae Young (Jin Goo) dan Yoon Myeong Joo (Kim Ji Won).

Dari awal membaca topik tentang second lead syndrome ini, yang pertama terbesit dipikiranku adalah pasangan letnan dan sersan ini. Jinjja, mereka berdua sukses membuatku baper dan selalu menanti-nanti ceritanya dalam drama DOTS.

Letnan Yoon Myeong Joo diceritakan jatuh cinta dengan bawahannya yaitu Sersan Seo Dae Young. Mereka berdua saling tertarik awalnya ketika secara tidak sengaja Myeong Joo mengajak Dae Young untuk menghadiri pesta pernikahan mantannya dan mereka berpura-pura datang sebagai pasangan kekasih.
Tentu saja, pangkat sersan yang berada di bawah letnan menjadi ganjalan dalam hubungan keduanya. Ayah letnan Yoon Myeong Joo yaitu Letnan Jendral Yoon Gil Joon menentang keras hubungan putrinya dengan prajurit yang berpangkat lebih rendah.

Source : soompi.com
Dalam drama, kita akan melihat bagaimana perjuangan Myeong Joo meluluhkan hati Dae Young yang bersikeras tidak ingin melanjutkan hubungan mereka dengan alasan restu dari ayah Myeong Joo yang mustahil didapatkan.

Hubungan mereka bagaikan roller coaster. Naik, turun juga berkelok-kelok. Suatu hari, Myeong Joo terserang penyakit mematikan saat bertugas ke sebuah negara berkonflik di Urk. Setelah sembuh, Seo Dae Young baru menyadari betapa ia tidak ingin kehilangan Myeong Joo dari hidupnya.

Dengar-dengar, sebenarnya kisah Myeong Joo dan Dae Young seharusnya berakhir tragis dengan kematian Myeong Joo akibat terinfeksi virus tersebut. Namun, hamdallah penulis naskah mengubah cerita mereka berdua hingga berujung manis.

Kim Ji Won dan Jin Goo sukses betul memerankan peran mereka. Melihat Myeong Joo bersusah payah memperjuangkan hubungannya dengan Dae Yong, sementara sang sersan bersikeras jaim dan ingin menjauh bikin gemas hingga gregetan sendiri melihatnya. 

2. Goblin

Grim Reaper dan Sunny
Source : soompi.com
Karakter yang diperankan oleh Lee Dong Wook dan Yoo In Na sebagai Wang Yeo (Grim Reaper) dan Sunny (Kim Sun) dalam drama bertajuk Goblin ini sukses membuat banyak penonton mengalami second lead syndrome.

Berkat kesuksesan mereka berdua membuat baper para penikmat dramanya, kemudian muncul drama berjudul Touch Your Heart dimana kali ini Lee Dong Wook dan Yoo In Na menjadi pemeran utamanya.

Selain cerita masa lalu tentang Kim Shin sang Goblin, masa lalu tentang Malaikat Pencabut Nyawa dan wanita bernama Sunny ini juga membuat penonton penasaran. Ada apa dengan kehidupan mereka sebelum berada di kehidupan saat itu (dalam drama)?

Ternyata sebelum bereinkarnasi menjadi Grim Reaper dan Sunny, Grim Reaper adalah seorang raja bernama Wang Yeo dari kerajaan Goryeo sementara Sunny adalah Kim Sun, adik perempuan dari Kim Shin (Goblin).
Si kehidupan sebelumnya, kisah cinta mereka benar-benar tragis. Wang Yeo diceritakan membunuh Kim Sun, perempuan yang dicintainya. Selanjutnya, Wang Yeo membunuh dirinya sendiri karena tidak sanggup kehilangan Kim Sun.

Bahkan dalam kehidupan mereka setelah menjadi Grim Reaper dan Sunny, akhir cerita mereka juga tidak bisa disebut bahagia karena Grim Reaper menghapus semua ingatan Sunny akan dirinya setelah memberikan sebuah kecupan perpisahan.

Kisah tragis mereka berdua kemudian membawa seorang produser drama untuk menjadikan mereka sebagai pasangan utama dalam drama Touch Your Heart. Karena ternyata, cukup banyak penonton yang menjadi shipper mereka berdua.

Seolah ingin mengobati luka penonton Goblin yang menginginkan cerita bahagia antara Grim Reaper dan Sunny, Touch Your Heart memberikan sentuhan berbeda dengan Goblin. Dalam drama Touch Your Heart, kita akan menyaksikan bagaimana romansa keduanya berbalut komedi dan tidak ada scene tragis dan berdarah-darah seperti dalam drama Goblin.

3. Crash Landing On You

Gu Seung Joon dan Seo Dan
Source : dramabean.com
Saat pertama Seo Dan (Seo Ji Hye) muncul sebagai tunangan dari Kapten Ri Jeong Hyeok (Hyun Bin), aku langsung naksir pada pandangan pertama dengan parasnya yang cantik. Haha. Sebagai seorang perempuan, demen juga gue liat yang bening-bening begitu kan.

Sayang seribu sayang, Kapten Ri Jeong Hyeok memilih untuk memutuskan pertunangannya dengan Seo Dan dan memilih Yoon Se Ri (Son Ye Jin), wanita asal Korea Selatan yang secara tidak sengaja mendarat ke Korea Utara.

Seo Dan yang berasal dari Korea Utara bertemu dangan Gu Seung Joon aka Alberto Gu (Kim Jung Hyun), pria asal Korea Selatan yang pernah mencoba mendekati Yoon Se Ri. Seo Dan pun lama-lama teralihkan oleh Seung Joon yang entah bagaimana selalu ada saat Seo Dan membutuhkan teman bercerita.

Source : dramabean.com
Awalnya mereka berteman karena saling membutuhkan, butuh untuk mengambil kembali Ri Jeong Hyeok dan Yoon Se Ri ke sisi masing-masing. Namun, perlahan justru perasaan pada pasangan terdahulu pudar dan tergantikan dengan cinta yang baru.

Melihat kisah cinta mereka berdua tidak kalah menarik dengan cerita pemeran utama dalam CLOY ini. Kadang, aku malah menanti-nanti adegan antara Seo Dan dan Seung Joon. Seo Dan digambarkan sebagai sosok wanita angkuh, sombong dan sangat jaga image sedangkan Seung Joon, laki-laki urakan yang tidak kaku bahkan cenderung suka berbicara atau bertingkah konyol.

Tapi nasib Seo Dan tidak sebagus mantan tunangannya yang bisa bersama Yoon Se Ri meskipun harus mengungsi hingga ke Swiss. Seung Joon diceritakan tewas di tangan mafia Korea Utara karena ingin menyelamatkan nyawa Seo Dan yang saat itu diculik.

Seo Dan bersedih dalam waktu yang cukup lama. Perjalanan cintanya begitu singkat namun meninggalkan kesan yang begitu dalam. Ia sempat membuat ibunya khawatir karena tidak keluar kamar selama beberapa waktu. Namun, Seo Dan kembali bangkit dan menjadi wanita yang lebih kuat dalam menjalani hidupnya.

Seo Ji Hye dan Kim Jung Hyun dipertemukan kembali sebagai pasangan dalam drama Dinner Mate, tapi lagi-lagi mereka tidak ditakdirkan sebagai pasangan kekasih yang long lasting. Dalam Dinner Mate diceritakan Lee Young Dong (Kim Jung Hyun) berselingkuh dari Woo Do Hee (Seo Ji Hye) dan mencampakkan dirinya untuk bersama wanita lain.

Ketiga drama tersebut adalah drama yang masuk dalam Top 3 drama Korea yang membuat aku mengalami second lead couple syndrome. Haha. 

Adapun ciri-ciri yang ditunjukkan ketika kalian mengalami second lead syndrome adalah senang saat melihat kedua pasangan pemeran pendukung dalam suatu drama, menanti-nanti scene mereka, penasaran dengan kelanjutan kisah mereka dan ingin sekali melihat kisah mereka berakhir bahagia. Bahkan para pengidap second lead syndrome ini merasa kisah para second lead ini terasa lebih menarik dibandingkan tokoh utamanya.

Jadi, drakor apa yang bikin teman-teman mengalami second lead syndrome?

Sukabumi, 27 Juli 2020

  • Share:

You Might Also Like

3 komentar

  1. emang lebih seru ya kalau second lead nya jadi couple terpisah dan ga berebutan sama first lead, jadi kita dapat bonus gitu rasanya nontonnya, bonus bahagia kalau bisa, hehhehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul. Banyak ikan dilaut, ngapa mesti rebutan mulu ya kan? Hihi..

      Hapus
  2. Hahahaha, banyak ikan di laut sungguh diksi yang menarik bgt deh >,< tapi sku setuju sama Mba Ima! kisah cinta Seo Dan kadnag lebih ditunggu daripada kisah couple utama. Hehehe

    BalasHapus