Pro Tips Merawat Ban N Max di Musim Hujan

ban-n-max

Ban motor N Max merupakan salah satu bagian terpenting yang harus diperhatikan para pengendara selama musim hujan. Di tengah guyuran hujan yang terkadang tidak terprediksi, ban motor yang terawat dengan baik membuat aktivitas berkendara bukanlah sebuah tantangan yang serius.

Pasalnya, di musim hujan dengan curah yang cukup tinggi seperti di Indonesia, ada beberapa masalah yang umumnya muncul pada ban sepeda motor seperti kurangnya daya cengkram. Jalan yang basah dapat mengurangi daya cengkeram ban pada permukaan. Hal ini tentu dapat meningkatkan risiko tergelincir atau kehilangan kendali, terutama jika ban sudah aus atau tidak sesuai untuk kondisi jalan basah.

Baca juga: 7 Cara Meningkatkan Keamanan Area Penitipan Sepeda Motor

Masalah berikutnya adalah timbulnya aquaplaning atau hydroplaningFenomena ini dapat terjadi ketika lapisan air di atas jalan menghalangi kontak langsung antara ban dan permukaan jalan. Hal ini tentu berbahaya karena dapat menyebabkan kehilangan kendali kendaraan.

Ban dengan alur yang terlalu dangkal atau tidak dirancang untuk mengeluarkan air dengan efektif akan meningkatkan risiko aquaplaning.

6 Tips Merawat Ban Motor N Max Selama Musim Hujan

Motor Yamaha N Max menjadi salah satu motor dengan banyak peminat di Indonesia. Harganya yang terjangkau untuk ukuran skuter premium dan handling yang relatif mudah meskipun body-nya relatif besar, membuat para pengendara memilih motor ini sebagai moda transportasi sehari-hari.

Tentunya, perawatan ban N Max harus diperhatikan secara ekstra selama musim hujan, agar pengendara tetap dapat beraktivitas dengan aman dan nyaman selama berkendara. Berikut merupakan 6 tips pro dalam merawat ban motor N Max selama musim hujan:

yamaha-n-max
Sumber: oto.com

1. Melakukan Pemeriksaan Tekanan Udara secara Rutin

Selama musim hujan, perubahan suhu dan kondisi jalan yang basah dapat mempengaruhi tekanan udara dalam ban. Oleh karenanya, pastikan memeriksa tekanan udara ban secara teratur dan menyesuaikannya sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

Tekanan udara yang tidak sesuai dapat mempengaruhi daya cengkeram ban dan mengurangi kinerjanya di jalan basah.

Baca tentang: Pengalaman Perpanjang SIM Online Terbaru 2024

2. Periksa Kedalaman Alur Ban

Kedalaman alur ban sangat penting untuk menyingkirkan air dari permukaan jalan dan mencegah terjadinya aquaplaning seperti yang dijelaskan di paragraf awal. Jadi, pastikan kamu memeriksa kondisi alur ban secara rutin.

Jika kedalaman alur ban terlalu dangkal, pertimbangkan untuk mengganti ban dengan yang baru. Tentunya, sesuaikan ban N Max dengan rekomendasi yang diberikan oleh pabrikan.

3. Pilih Ban yang Sesuai untuk Musim Hujan

Ciri khas dari ban motor N Max adalah ukuran velg-nya yakni 13 inci. Berbeda dengan ban motor matic pada umumnya yang menggunakan ban dengan ukuran velg 14 inci. Penggunakan ukuran velg yang lebih kecil ini dikarenakan Yamaha menginginkan bobot dan handling dari motor N Max yang lebih ringan.

Meskipun body-nya besar, N Max dapat bergerak dengan lincah dan mudah dikendalikan terutama di musim hujan. Ban dengan alurnya yang lebih dalam dan pola yang dirancang khusus untuk mengeluarkan air lebih efektif pun dapat meningkatkan daya cengkeram dan stabilitas saat berkendara di jalan basah.

4. Hindari Rem Mendadak

Saat berkendara di jalan basah dan licin, sebisa mungkin hindari melakukan pengereman mendadak. Rem mendadak pada permukaan basah dapat mengurangi daya cengkeram ban dan meningkatkan risiko tergelincir.

Usahakan untuk dapat mengendalikan kecepatan kendaraan dengan lebih halus dan memberikan jarak yang cukup aman dengan kendaraan di depan.

5. Bersihkan Ban Secara Rutin

Membersihkan ban N Max dapat menghilangkan kotoran, debu, dan lumpur yang dapat mengurangi daya cengkeram ban pada jalan basah. Kegiatan pembersihan ini dapat meningkatkan traksi dan kendali saat berkendara.

Baca juga: Tips Memilih Kendaraan Bekas Berkualitas

Bersihkan ban secara rutin dengan air dan sabun ringan untuk menghilangkan kotoran dan mempertahankan daya cengkeram yang optimal.

6. Periksa Kondisi Ban secara Berkala

Selain memeriksa tekanan udara dan kedalaman alur ban, pastikan untuk memeriksa kondisi umum ban secara berkala. Pemeriksaan ini ada baiknya dilakukan secara rutin meskipun tidak dalam kondisi musim hujan saja.

Perhatikan adanya retakan, bocor, atau aus pada permukaan ban. Jika menemukan kerusakan apapun, segera lakukan perbaikan atau penggantian ban sesuai kebutuhan.

Dengan menerapkan keenam pro tips untuk merawat ban N Max di musim hujan di atas, kalian dapat memastikan performa kendaraan tetap optimal dan keamanan selama berkendara lebih terjaga. Demi keselamatan, yuk mulai perhatikan ban motor N Max masing-masing!

Posting Komentar

7 Komentar

  1. Baru tahu ukuran velg NMax lebih kecil dari motor matic lainnya. Saya kira motornya besar jadi velg nya juga besar. Tetapi, hal itu tentu juga sudah dipertimbangkan oleh perusahaan dari berbagai sisi.
    Tetap berhati-hati dalam berkendaraan dalam segala kondisi, agar selamat sampai tujuan.

    BalasHapus
  2. Sepeda motor N mAx ternyata punya ban tersendiri ya. Tidak heran mengingat sepeda motor tersebut cukup besar juga sehingga ban dan velg pasti berbeda dengan sepeda motor kebanyakan

    BalasHapus
  3. Gunakan ban yang sesuai dengan kondisi jalan dan gaya berkendara. Untuk musim hujan, ban dengan kompon yang lebih lunak dan alur yang lebih dalam lebih direkomendasikan. Jangan lupa untuk meLakukan spooring dan balancing ban secara berkala untuk memastikan kestabilan dan handling motor.

    BalasHapus
  4. ternyata rem mendadak itu gak hanya nggak bagus buat badan kita yang jadinya malah panik, buat kondisi rem pun juga berpengaruh buruk ya jadinya

    BalasHapus
  5. Baru tahu ternyata NMAX lebih ringan dari motor matic biasa, ya. Ternyata ukuran vleg lebih kecil ya, 13 inci saja. Pantesan, kalau lihat yang bawa NMAX itu, sat-set-sat-set.
    Btw, saat musim hujan memang harus hati-hati karena jalanan licin.

    BalasHapus
  6. Musim hujan licin, pastikan ban jangan gundul ya, dan jangan ngebut di jalan. N max ada ban khusus ya

    BalasHapus
  7. aku kalau naik motor gede kayak Nmax gini ga berani ngebut, soalnya badan aku kecil. Dan naik motor apapun kalau musim hujan juga ga berani ngebut, karena takut bannya selip, ngeri soalnya
    aku sendiri selalu cek tekanan ban motor, karena kalau bannya ga nyaman, aku yang nyetir jadi was was gitu

    BalasHapus