GEBER Ramadan, Kegiatan Sosial di Bulan Ramadan IP Tangerang Selatan

geber-ramadan

Kurang lebih sebulan yang lalu, saya resmi mutasi dari Ibu Profesional regional Sukabumi ke regional Tangerang Selatan (IPTS). Nggak lama join di Ibu Profesional Tangerang Selatan, datanglah bulan Ramadan. Komponen Sejuta Cinta IPTS pun mengadakan kegiatan Ramadan yakni GEBER (Gerakan Berbagi) Ramadan 2024.

Dalam sebuah hadist riwayat Tirmidzi disebutkan bahwa sedekah yang paling baik adalah pada bulan Ramadan. Oleh sebab itu, di bulan Ramadan ini, seluruh umat muslim dianjurkan untuk berlomba-lomba dalam berbuat kebaikan, salah satunya adalah dengan berbagi.

Inilah yang menjadi landasan diadakannya GEBER IPTS selama bulan Ramadan. Alhamdulillah, melihat laman media sosialnya, kegiatan puncak yakni berbagi di Panti Asuhan sudah terlaksana atas seizin Allah SWT.

Seperti apa rangkaian GEBER Ramadan yang diadakan oleh Ibu Profesional Tangerang Selatan?

Berbagi Kebahagiaan Bersama

Di bulan Ramadan yang penuh rahmat dan ampunan ini, Sejuta Cinta IPTS membuka kesempatan bagi seluruh membernya untuk menjadi agen kebaikan dengan rangkaian kegiatan yakni:

Sedekah Ramadan

sedekah-ramadan
Sumber: Instagram @ibuprofesionaltangsel

Kegiatan pertama yang dilaksanakan selama bulan Maret adalah Sedekah Ramadan. Konsepnya adalah sedekah harian yang disimpan sampai hari Jum'at lalu ditransferkan ke nomor rekening panitia yang bertanggung jawab atas kegiatan ini.

Hasil sedekah yang terkumpul ini disumbangkan ke Pondok Pesantren Yatim Al Falah, Serua, Ciputat, Tangerang Selatan. Setiap harinya, ada panitia yang mengingatkan member untuk mengumpulkan sebagian harta untuk disumbangkan di hari Jum'at-nya. Masya Allah.

Baca juga: Aktivitas Ngabuburit Bersama Anak

Gebernas Ifthar bersama di Panti Asuhan

Barangsiapa memberi perbukaan (makanan atau minuman) kepada orang yang berpuasa, maka dia akan mendapat pahala seperti pahala orang yang berpuasa itu, tanpa mengurangi sedikitpun pahala orang yang berpuasa tersebut (HR Ahmad)

Di bulan Ramadan ini, Sejuta Cinta IPTS juga membuka kesempatan bagi membernya untuk turut berdonasi untuk memberikan makanan dan minuman pada adik-adik di Pondok Pesantren Yatim Al Falah.

Tepat di tanggal 31 Maret 2024 kemarin, diadakan ifthar atau buka puasa bersama di panti asuhan tersebut sembari menyerahkan donasi-donasi yang sudah dikumpulkan sebelumnya. Sayangnya, saya hanya bisa melihat keseruan acara tersebut melalui media sosial sebab sedang berhalangan hadir karena acara keluarga yang lain.

Donasi Pakaian Layak Pakai

Tak hanya donasi berupa uang tunai, dan makanan untuk berbuka saja, GEBER Ramadan juga mengadakan kegiatan donasi pakaian layak pakai untuk adik-adik maupun dewasa yang ada di panti asuhan tersebut.

Adanya acara ini benar-benar angin segar sekali bagi teman-teman yang ingin mengosongkan sebagian isi lemarinya. Tentunya, kita harus memilih dan memilah dulu mana pakaian yang layak disumbangkan dan pakaian yang sebaiknya dibuang saja.

donasi-pakaian
Sumber: Instagram @ibuprofesionaltangsel

Berbeda dengan dua kegiatan sebelumnya yang mana donasi ditampung terlebih dahulu oleh panitia, donasi pakaian ini langsung dikirimkan ke panti asuhan di waktu yang sudah ditetapkan, yakni 31 Maret 2024.

Akan tetapi, bagi member seperti saya yang berhalangan dan tidak bisa mengirimkan donasi di waktu tersebut, panitia tetap menerima donasi dengan menerima paket berisi pakaian, sepatu dan lainnya di rumah mereka. Barakallah.

Baca juga: Tips Memilih Pakaian Lebaran Meski Tidak Baru

Selain aktif melakukan kegiatan sosial di bulan Ramadan, jangan lupakan juga amalan-amalan kebaikan lain yang bisa dilakukan di sisa bulan penuh rahmat dan ampunan ini seperti:

  • Melaksanakan ibadah malam
  • Perbanyak membaca Al-Qur'an
  • Tetap menjalankan sholat tarawih
  • Menjaga lisan dan perbuatan
  • Perbanyak membaca dzikir

Semoga Allah SWT mempermudah langkah dan rezeki kita ya frens, agar bisa maksimal dalam berbuat kebaikan baik secara individu maupun dalam bentuk kegiatan sosial di bulan Ramadan ini.

Posting Komentar

0 Komentar