Refleksi 2023 dan Resolusi 2024

resolusi-2024

Happy New Year, Mae frens! Alhamdulillah, saya dan teman-teman yang membaca tulisan ini masih diberikan kesempatan untuk menghirup oksigen di lembaran awal 2024. How's life?

Mengintip sedikit ke tahun 2023, saya merasa waktu berjalan begitu cepat. Saya ingat betul menuliskan resolusi untuk tahun 2023 lalu, tanpa saya sadari tau-tau saya sudah harus menutup buku 2023 dan menggantinya dengan lembaran yang baru di 2024. Apa kalian juga merasakan hal serupa?

Sebelum mulai menuliskan resolusi-resolusi yang ingin dicapai di tahun 2024 ini, seperti biasa saya akan meng-highlight seperti apa progress resolusi 2023 yang pernah saya buat. Apakah saya masih fokus, mencapai tujuan, atau sudah oleng bahkan keluar jalur?

Refleksi Tahun 2023

2023
Source image: Canva

Jujurly ya ges, setelah menuliskan resolusi di awal tahun, saya bukan tipe yang membuka-buka catatan goals saya setiap pekan, setiap minggu, atau setiap bulan. Biasanya saya ingat-ingat aja dan fokus ke perencanaan-perencanaan.

Sebagai orang yang suka banget dengan keteraturan, saya terbiasa menuliskan rencana-rencana yang ada dalam pikiran saya. Inilah alasan mengapa hampir setiap tahun, sejak zaman kuliah, saya selalu membuat resolusi. Tujuannya, agar kepala lebih terasa plong, dan jalan menuju tujuan bisa direncanakan. Meskipun ujung-ujungnya Tuhan yang menentukan, punya rencana dan goals membuat hidup saya lebih terarah aja gitu.

Setelah sekian lama tidak membuka catatan resolusi 2023, saya cukup kaget melihat pencapaian-pencapaian saya di tahun tersebut yang ternyata sejalan dengan apa yang menjadi resolusi saya.

Buat yang mau nyontek resolusi saya di tahun lalu, bisa baca tulisan "2023, Punya Resolusi Apa?"

Rutin Berolahraga, Yeay!

Tahun lalu, saya memantapkan diri untuk rutin berolahraga. Saya mengikuti program workout secara daring dan setelah menyelesaikan program, saya mengikuti kelas-kelas olahraga secara luring.

Senang sekali karena berat badan yang kemarin sempat naik beberapa kilogram, akhirnya kembali turun ke angka yang saya inginkan, tanpa harus membatasi makan. Hehe.

Belajar Hal Baru

Tahun lalu saya menuliskan ingin ikut kelas-kelas untuk meng-unlock skill, seperti Virtual Assistant atau SEO. Namun, keduanya tidak ada yang saya lakukan. Haha..

Saya malah mengambil kelas online tentang How to Create Online Course, sebagai persiapan saat saya akan menjadi pengajar di salah satu kelas blogging untuk pemula. Kelas ini cukup membantu saya menjadi lebih percaya diri membawakan materi mengenai Optimasi Blog dengan SEO.

Mengikuti Pelatihan di Bidang Pendidikan

Di bulan Desember 2023 lalu, saya mendaftarkan diri untuk mengikuti pelatihan Ibu Penggerak Batch XIV. Ternyata, saya pernah menuliskan ingin belajar lebih banyak tentang parenting dan pendidikan guna membersamai anak saya belajar. Asli nggak inget pernah nulis begitu di resolusi awal tahun! Haha.

Masya Allah, ternyata Allah SWT sangat memudahkan langkah saya untuk mencapai apa yang menjadi resolusi saya di tahun kemarin. Harapannya tentu saja, hal-hal baik yang sudah dilakukan di tahun kemarin bisa terus berlanjut, dan memperbaiki hal-hal yang masih kurang baik.

Resolusi Tahun 2024

Dari tahun 2023 lalu, ada beberapa catatan yang sepertinya perlu perbaikan di tahun baru ini. Inilah yang kemudian menjadi resolusi saya di tahun 2024:

resolusi-2024
Source image: Canva

1. Meningkatkan Kembali Konsistensi Menulis

Saya melihat penurunan kuantitas jumlah tulisan sejak mulai menulis di blog lagi tahun 2020. Makin ke sini bukannya masih sering nulis, kok makin sepi? Hiks! Tulisan di blog ini pun kebanyakan tulisan-tulisan bercuan. Artikel organiknya malah kelamaan mengendap di draft. Huhu..

Kalau ditanya alasannya kenapa? Ya pasti banyak aja lah alasan dan alibinya, salah satunya saya tidak hanya menulis untuk blog ini saja.


Saat ini, saya memegang beberapa website dan mengisi konten artikel juga di sana. Tapi, saya jadi merasa bersalah pada blog kesayangan ini. Kok malah jadi lupa pulang ke rumah sendiri? Sepertinya manajemen waktu saya aja yang kurang baik di tahun sebelumnya, dan tidak membuat content plan dengan jelas.

That's why, di tahun ini saya berniat untuk kembali meningkatkan konsistensi menulis di personal blog ini. Cara yang saya ambil untuk mencapai tujuan saya ini adalah dengan kembali mengikuti kelas menulis yang goals-nya adalah peningkatan konsistensi menulis selama satu tahun.

2. Mempersiapkan Dana Pendidikan dengan Lebih Baik

Tahun lalu rasanya keuangan keluarga saya berantakan banget. Sebab satu hal dan yang lain, ada aja kedaruratan yang membuat dana darurat tidak bisa terkumpul, nabung untuk kebutuhan lain pun jadi mandeg. Oh no!

Inilah yang ingin saya perbaiki di tahun 2024. Berbeda dengan saya yang lebih suka dengan perencanaan, suami saya itu tipe yang YOLO (You Only Live Once). Jadi, nggak sayang gitu ngabisin uang untuk ini dan itu, tanpa memikirkan bagaimana ke depannya. Nah, kebayang kan gimana pusingnya kepala saya sebagai orang dengan tipe kepribadian ESTJ-A?!

Tahun depan, concern saya adalah mengenai dana pendidikan. Anak saya akan naik ke TK B, setelah itu, di akhir tahun sudah mulai pendaftaran SD. Lha, kok cepet ya ternyata? Setelah mempertimbangkan banyak hal, saya dan suami pun memutuskan untuk memasukkan anak kami ke sekolah swasta saja. Oleh karenanya, bisa bengek nih kalau dana pendidikan nggak disiapkan sejak awal.

Gimana caranya? Masih dipikirkan, sih. Hehe. Blogging dan freelancing sepertinya akan masih menjadi jalan ninja saya untuk menabung. Tentunya, sambil berdo'a agar Yang Maha Kaya senantiasa memberikan kelancaran rezeki. Aamiin.


3. Belajar Hal Baru (Lagi)

Tiap taun kayaknya ada aja hal baru yang ingin dipelajari ya. Hehe. Sudah jadi fitrahnya manusia kayaknya, suka belajar dan mencoba hal baru. Sudah ada beberapa wishlist kelas yang ingin saya ikuti, semoga dimampukan untuk mengikuti dan menyelesaikan dengan baik.

Nggak usah banyak-banyak deh, ya. Kira-kira tiga hal tersebut yang menurut saya paling realistis dan bisa diusahakan sebaik mungkin di tahun 2024 ini. Mae frens sendiri, bikin resolusi apa untuk tahun 2024? Share juga yuk!

Posting Komentar

10 Komentar

  1. resolusi saya di tahun 2024 kali ini pengin belajar untuk mencintai diri sendiri karena baru menyadari ada banyak hal yang saya korbankan untuk kebahagiaan orang lain. Jadinya, saya sering merasa gelisah. Kedua, pengin belajar skill-skil baru supaya lebih bermanfaat lagi ilmunya.

    BalasHapus
  2. saya setuju banget nih dengan salah satu resolusi untuk meningkatkan konsistensi menulis. Jujur blog saya juga minim content organik duh. Harus perbaiki content plan saya nih. dan tuk 2024 ini saya ingin fokus di rutin berolahraga sama ikut short course buat upgrade skill

    BalasHapus
  3. Resolusinya simple tapi nyata ya mbak. Gak muluk-muluk yang penting bisa tercapai. Saya juga gitu tapi jarang banget menuliskannya. Alhamdulillah meski tidak sesuai rencana resolusi tahun lalu bisa tercapai walau tidak semuanya. Semoga resolusi di tahun 2024 ini bisa lancar dan berhasil ya

    BalasHapus
  4. Duh jadi malu nih, Kak. Soalnya kalau mau ngomongin refleksi tahun sebelumnya kok kayak banyak banget hal yang nggak terlaksana. Atau terlaksana tapi nggak konsisten. Terus harus memulai lagi dengan hal yang sama di tahun berikutnya.

    Hehehe... Resolusi tahun ini tuh berkaitan erat sama usaha untuk menemukan belahan jiwa a.k.a jodoh.

    BalasHapus
  5. Dari sekian resolusi yang dicanangkan utk tahun 2024 adalah kembali rutin berolahraga, karena hal itu sangat memberi manfaat bagi tubuh, selain menyehatkan tubuh, olahraga rutin bisa memberikan manfaat kesehatan lain

    BalasHapus
  6. Kalau masalah dana pendidikan tuh aku paling kerasa waktu itu ikutan deposito gitu.. Selain dipaksa buat nabung dan setelah timingnya pas, bisa diambil dan sedikit mendapatkan bunga sehingga bisa "gak kerasa" punya uang untuk sekolah anak.
    Hihih.. tapi beneran yaa.. 2023 ini terasa cepat berlalu dan kini, kita hadapi lagi 2024.

    Aku berdoa untuk terus menjadi pribadi yang baik dan dikelilingi hal-hal baik.
    Barakallahu fiik, ka Mae buat semua resolusi 2024-nya.
    Berkah selalu ilmunya.

    BalasHapus
  7. Kalau mau konsisten nulis, saran molly ikutan blogger challenge. Jadi tiap minggu, ada kayak rasa kompetisi buat nuntasin goals. Jangan sampe kalah dari yang lain.

    BalasHapus
  8. Wah, ternyata ikutan kursus bagaimana membuat kelas daring
    Pas lah ya buat proyek yang sempat kita omongin kemarin
    Aku malah pengen tahu dunia virtual assitant
    Hmm apa itu jadi hal baru yang kupelajari tahun ini y

    BalasHapus
  9. tahun ini aku nulis resolusi di buku aja nggak di blog mbak. hehe. jujur aku baru beberapa tahun terakhir nih bikin catatan resolusi dan sebagainya itu setelah tahu yang namanya LoA itu. meski pas 2023 kemarin ya sebenarnya nggak banyak sih yang tercapai dari resolusiku terutama dalam hal diet dan menyelesaikan novel hihi

    BalasHapus
  10. tahun ke tahun, aku juga pengen selalu belajar hal baru agar menambah wawasan :D

    BalasHapus