5 Manfaat Skincare untuk Ibu Rumah Tangga

manfaat skincare untuk ibu rumah tangga

Hai Mae frens! Sebagai seorang istri dan ibu yang sehari-hari berkutat dengan pekerjaan rumah, dulu saya sering berpikir, apa sih manfaatnya rutin pakai skincare untuk ibu rumah tangga? Toh, di rumah aja, nggak banyak terpapar sinar matahari, debu dan polusi. Apalagi, suami nggak protes. Hehe.

Padahal, sewaktu saya belum menikah dan masih bekerja, skincare routine itu ibarat kebutuhan yang harus saya penuhi setiap pagi dan malam hari. Nah, setelah menginjak usia 30an saya mulai merasakan adanya problem pada kulit wajah.


Kalau tadinya bekas jerawat itu cepat memudar, sekarang kok makin lama tuh ilangnya. Lalu, mulai muncul adanya fine lines yang tadinya nggak ada nih di bagian-bagian wajah tersebut. Selain itu, saya merasa kulit tampak kusam dan nggak glowing effortlessly seperti daahuluu~

Dari sana saya menyadari bahwa ibu rumah tangga juga penting untuk tetap menggunakan skincare secara rutin!

5 Manfaat Skincare Routine untuk Ibu Rumah Tangga

Setelah mengalami beberapa masalah kulit wajah yang saya sebutkan sebelumnya, akhirnya saya tobat Mae frens! Mulailah saya menganggarkan dana untuk membeli kebutuhan skincare yang sesuai dengan jenis kulit.

Manfaat setelah kembali rutin menggunakan skincare benar-benar saya rasakan. Terutama setelah saya melakukan skin cycling. Ternyata, memakai skincare itu bisa jadi salah satu me time-nya ibu rumah tangga juga, lho!

Nah, di bawah ini adalah beberapa manfaat menggunakan skincare routine untuk para ibu rumah tangga:

manfaat skincare routine

1. Menjaga Kesehatan Kulit

Paparan sinar UV ternyata dahsyat, gais! Meskipun di dalam rumah, kita tetap disarankan untuk menggunakan sunscreen karena sinar UV-A bisa menembus kaca jendela rumah. Oleh sebabnya, ibu rumah tangga tetap perlu memperhatikan perlindungan kulitnya.

Pekerjaan ibu rumah tangga seperti antar jemput anak, menjemur pakaian atau menemani anak bermain di luar rumah perlu menjadi highlight mengapa kita perlu rutin menggunakan skincare.


Tidak hanya sunscreen, beberapa produk skincare lain seperti sabun pencuci wajah, toner, serum dan pelembab juga akan menjaga kesehatan kulit wajah. Skincare tersebut dapat membersihkan, menghidrasi, dan melindungi kulit dari sinar matahari, polusi udara bahkan polutan lainnya.

2. Mencegah Tanda Penuaan Dini

Salah satu manfaat utama dari skincare dengan kandungan anti-aging adalah mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini, misalnya fine lines yang tadi saya sebutkan.

Teman-teman bisa memilih produk skincare dengan kandungan seperti retinol, ceramide, vitamin C dan sebagainya sebagai agen anti-aging. Pastikan juga kulit kalian cocok dengan kandungan-kandungan tersebut.

Dengan rutin menggunakan skincare, mari kita hempaskan stigma yang menyebutkan kalau ibu rumah tangga itu biasanya lusuh, nggak glowing dan "cepet tua". Hhhmm..

3. Memperbaiki Masalah Kulit

Jika Mae frens memiliki masalah kulit seperti kulit kusam, berjerawat, warna kulit tidak merata dan yang lainnya, teman-teman bisa mencoba menggunakan skincare yang sesuai dengan jenis dan permasalahan kulit kalian.

Dengan menemukan produk yang tepat, bukan mustahil permasalahan kulit yang selama ini kita alami menjadi lebih baik. Hasilnya, kulit wajah pun tampak lebih sehat dan terawat.

4. Meningkatkan Mood dan Percaya Diri

Mengaplikasikan produk skincare dapat membuat seseorang merasa lebih rileks. Saya merasakan sendiri, betapa mood boosternya ketika bisa melakukan skincare routine baik di pagi maupun malam hari.

Mood yang berubah menjadi lebih baik ini juga akan berpengaruh ke rasa percaya diri seseorang. Memiliki kulit yang sehat dan terawat tentu membuat seorang ibu rumah tangga menjadi lebih percaya diri.

5. Skin Preparation for Make Up

Manfaat skincare routine berikutnya untuk ibu rumah tangga adalah sebagai bagian dari skin preparation for make up. Meskipun sehari-hari di rumah aja, ada kalanya kita sebagai ibu rumah tangga butuh untuk membubuhkan make up.


Sebut saja ketika mau antar jemput anak sekolah, pergi bareng suami dan anak-anak, kondangan, arisan dan acara-acara lainnya. Skin preparation for make up ini dilakukan untuk mempersiapkan wajah agar lebih siap menerima make up dengan baik.

Hasilnya make up akan tampak lebih flawless dan lebih tahan lama. Selain itu, mempersiapkan wajah sebelum make up juga akan memberikan perlindungan lebih optimal terhadap kulit wajah.

Melihat berbagai manfaat skincare untuk ibu rumah tangga di atas, rasanya rugi banget ya kalau kita dikalahkan oleh rasa malas merawat diri sendiri. Nah, seberapa rutin nih, teman-teman menggunakan skincare di rumah? Yuk, share di kolom komentar :)

Posting Komentar

8 Komentar

  1. Eh beneran loh, setelah jadi ibu rumah tangga kedua kalinya, saya jadi ngerti kalau skincare itu bikin mood jadi lebih baik.
    Biar kata lagi galau, kalau pegang pipi tetap lembut, rasanya mood booster banget hahaha.
    Saya agak telat sih menyadari tentang manfaat skincare ini, jadinya lebih intens pakai skincare setelah usia 30 up hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada kepuasan tersendiri ya kalo pegang kulit wajah yang plumpy dan bouncy. Hihi.. Gapapa Mba yang penting kan ttep keliatan hasilnya..

      Hapus
  2. Sebenernya agak rempong untuk melalukan perawatan kulit bagi ibu rumah tangga yang serba sibuk, sat set. Tapi berhubung aku sudah terbiasa sejak remaja untuk pakai skincare, jadinya hal itu bukan suatu hal baru. Aku menghindari perawatan di klinik kecantikan selama kondisi kulit wajahku nggak ada keluhan. Pokoknya setelah pakai makeup, wajib double cleansing sih. Setelah itu pakai moisturizer setiap kali cuci muka pakai facial wash. Cuma akhir-akhir ini jadi suka pakai retinol sebelum tidur. Lumayan ngefek, ketika bangun pagi wajah langsung halus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget mba, setelah kenal retinol rasanya game changer banget. Sebenernya skincare nggak lama kok, cuma karena lumayan banyak step jadi tampak ribet gitu ya.

      Hapus
  3. Kemarin aku kena cacar air kan...
    Jadi meliburkan diri tyda pakai skincare. Karena qodarulloh, yang terparah malah di wajah, leher dan kepala. Terus memerhatikan anakku yang pra-remaja rajin banget doi skincare-an. Dari mulai pagi sampe mau bobok pun doi inget pake sleep mask.

    Jadi merasa amazing~
    Bahwa ternyata kebiasaan pengasuhan itu beneran menurun. Mungkin dia liat Mamanya sering daily skincare routine yaa..

    Skarang, aku mulai rutin lagi pake skincare plus masker masker ituh..
    Harapannya, bekas si cacar ini bisa memudar. Agaknya, tiap ngaca tuh aku jadi liat pantulan Ny. Puff dari Spongebob. Ahiiink~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huaahhh mba leeennn sudah baikan kah sekarang? Semoga bisa segera gone ya semua bekas-bekas cacar yg pastinya nggak nyaman banget buat mba leennn 🤗🤗🤗

      Hapus
  4. walau di rumah ibu tetap wajib rajin pakai skincare yaa. aku sendiri juga jujur baru rajin pakai skincare itu setelah menikah dan punya anak pertama kalau nggak salah. makanya nih akhirnya setelah belasan tahun kulit wajahku warnanya sudah mendekati warna yang ketutup hijab karena dulunya asli belang banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wuihh mantep mba Antung konsisten terus yaa. Alhamdulillah cocok berarti ya mba sama produk2nya..

      Hapus